PENGEMBANGAN KREATIVITAS DI SMK
Kreativitas Kamus Besar Bahasa Indonesia, kreativitas ada-lah kemampuan untuk mencipta atau daya cipta Kreativitas adalah pengalaman mengekpresikan dan mengaktualisasikan identitas individu dalam bentuk terpadu dalam hubungan dengan diri sendiri, dengan alam, dan dengan orang lain. (Clark Moustatis) Kreativitas merupakan kemampuan untuk memberi gagasan baru yang menerapkannya dalam pemecahan masalah. (Conny R. Semiawan)
Kreativitas Kreativitas adalah kecenderungan untuk mengaktualisasikan diri, mewujudkan potensi, dorongan untuk berkembang dan menjadi matang, kecenderungan untuk mengekpresikan dan mengaktifkan semua kemampuan organisme (Rogers) Kreativitas adalah kegiatan yang mendatangkan hasil yang sifatnya: baru, berguna, dapat dimengerti (David Cambell)
dimensi kreativitas dimensi person adalah upaya mendefinisikan kreativitas yang berfokus pada individu atau person dari individu yang dapat disebut kreatif Dimensi process merupakan upaya mendefinisikan kreativitas yang berfokus pada process berpikir sehingga memunculkan ide-ide unik atau kreatif
dimensi kreativitas Dimensi press atau dorongan baik internal/diri sendiri berupa keinginan dan hasrat untuk mencipta atau bersibuk diri secara kreatif, maupun eksternal/dari lingkungan sosial dan psikologis dimensi product merupakan upaya mendefinisikan kreativitas yang berfokus pada produk atau apa yang dihasilkan oleh individu baik sesuatu yang baru/original atau sebuah elaborasi/penggabungan yang inovatif
Proses Kreatif Persiapan, pada tahap ini ada prosesmendefinisikan masalah, tujuan, atau tantangan. Inkubasi, dimana terjadi mencerna fakta-fakta dan mengolahnya dalam pikiran. Iluminasi, yang terjadi desakan ke permukaan, gagasan-gagasan bermunculan. Verifikasi, pada tahap ini memastikam apakah solusi itu benar-benar memecahkan masalah. Aplikasi, saat dimana mengambil langkah- langkah untuk menindaklanjuti solusi tersebut
Ciri-ciri orang yang kreatif Mampu menghasilkan banyak ide dalam waktu yang singkat Mampu menghubungkan dan menggabungkan ide yang berbeda menjadi satu kesatuan ide yang utuh Mampu mengembangkan hal yang sederhana menjadi hal yang lengkap dan sempurna Mampu bekerja secara detail dan kompleks Memiliki rasa ingin tahu yang tinggi Berani mengambil risiko Cepat tanggap dan mandiri Suka mencari ide-ide yang unik
10 karakter Creativepreuner Memulai sesuatu yang baru yang asli berasal dari dalam dirinya Percaya bahwa kreativitas adalah komponen vital untuk kesuksesan bisnisnya dan secara natural menumbuhkan kreativitas menjadi kultur usahanya Melakukan praktik dasar dari suatu bisnis yang bernama kerjasama
10 karakter Creativepreuner (lanjutan) Mengerti nilai dari produknya dan mengerti bahwa margin yang sehat sangat diperlukan untuk kelangsungan hidup bisnis dan industri yang digeluti Mengerti kebutuhan dan selera pasar berikut idealisnya, serta mengerti bagaimana mencari titik temunya Tidak berhenti saat terpuruk karena melakukan kesalahan, tetapi bangkit dan belajar dari kesalahan tersebut
10 karakter Creativepreuner (lanjutan) Tidak terjebak dalam rutinitas bisnis melainkan menyediakan waktu untuk berhenti sejenak, mengambil jarak pandang untuk mengevaluasi bisnisnya, dan terus bereksperimen Mengerti kapan dan bagaimana memperiapkan/mempercepat/menunda peluncuran produk impian Saat kesulitan datang, dihadapi dengan tabah dan memutar otak kreatifnya untuk mencari solusi Bekerja untuk tujuan yang baik
Ciri-ciri Kreativitas Ciri-ciri pokok: kunci untuk melahirkan ide, gagasan, ilham, pemecahan, cara baru, penemuan Ciri-ciri yang memungkinkan: mampu mempertahankan ide-ide kreatif, sekali sudah ditemukan tetap hidup. Ciri-ciri sampingan: tidak langsung berhubungan dengan penciptaan atau menjaga agar ide-ide yang sudah ditemukan tetap hidup dalam dirinya, tetapi sering mempengaruhi perilakunya
metode SCAMPER Subtitute, Combine, Adapt, Modify (Minify, Magnify), Put to other uses, Eliminate, Rearange ; Reverse.
metode SCAMPER (lanjutan) S = Subtitute Bagaimana kalau diganti dengan yang lain? C = Combine Bagaimana bila dikombinasikan dengan itu? A = Adapt Bagaimana jika disesuaikan dengan kondisi yang ada? M = Modify, Minify, Magnify Bagaimana bila diubah/dimodifikasi, diperkecil, atau diperbesar?
metode SCAMPER (lanjutan) P = Put to Other Uses Bagaimana kalau diganti dengan yang lain? E = Eliminate Bagaimana kalau bagian-bagian tertentu dihilangkan? R = Rearange ; reverse Bagaimana kalau dilakukan penyusunan kembali, atau bila dikerjakan dari sebaliknya ?
pola pikir yang mendorong perkembangan kreativitas Jangan berpikir bahwa jawaban yang benar hanya ada satu Jangan terpaku pada hal-hal yang praktis saja, biarkan imajinasi berkembang Jangan berpikir bahwa berbuat salah itu salah Jangan berpikir humor itu tidak ada gunanya Jangan mengatakan mereka aneh, karena setiap terobosan kreatif selalu ‘dibilang gila’ Jangan menyebut peserta didik tidak punya bakat kreatif