Focus Group Discussion MANAJEMEN INFORMATIKA BANDUNG Penerapan Kurikulum Manajemen Informatika Universitas Komputer Indonesia Berbasis KKNI
KURIKULUM PENDIDIKAN TINGGI 1 2 3 4 5 7 8 9 6 KKNI PRESIDEN REPUBLIK INDONESIA PERATURAN PRESIDEN NOMOR 08 TAHUN 2012 TENTANG KERANGKA KUALIFIKASI NASIONAL INDONESIA Kerangka penjenjangan kualifikasi kompetensi yang dapat menyandingkan, menyeratakan, dan mengintegrasikan antara bidang pendidikan dan bidang pelatihan kerja serta pengalaman kerja dalam rangka pemberian pengakuan kompetensi kerja sesuai dengan struktur pekerjaan di berbagai sektor. KKNI terdiri atas 9 (Sembilan) jenjang kualifikasi Lulusan Diploma 3 paling rendah setara dengan jenjang 5 Lulusan Diploma 4 atau Sarjana Terapan dan Sarjana paling rendah setara dengan jenjang 6;
Kurikulum Adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai isi maupun bahan kajian dan pelajaran serta cara penyampaian dan penilaiannya yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan belajar-mengajar di perguruan tinggi SK Mendiknas 232/U/2000 Deretan matakuliah SKS
Capaian Pembelajaran (CP) Kata kunci yang mengkaitkan antara kurikulum dengan KKNI adalah capaian pembelajaran (CP) dan kualifikasi. Dalam KKNI, CP didefinisikan sebagai kemampuan yang diperoleh melalui internalisasi pengetahuan, sikap, keterampilan, kompetensi, dan akumulasi pengalaman kerja. CP merupakan penera (alat ukur) dari apa yang diperoleh seseorang dalam menyelesaikan proses belajar baik terstruktur maupun tidak.
Penetapan Capaian Pembelajaran
Alur Penyusunan CP Profil : postur yang diharapkan pada saat pembelajar lulus atau menyelesaikan seluruh proses pembelajaran dengan kesesuaian jenjang KKNI CP (Capaian Pembelajaran): dapat menyesuaiakan dengan deskriptor KKNI atau unsur CP pada SN-DIKTI. Bahan Kajian: sebagai komponen/materi yang harus dipelajari/diajarkan untuk mencapai CP yang direncanakan. Mata kuliah: merupakan wadah sebagai konsekwensi adanya bahan kajian yang dipelajari mahasiswa dan harus diajarkan oleh dosen. Metoda Pembelajaran: merupakan strategi efektif dan efesien dalam menyampaikan atau mengakuisisi bahan kajian selama proses pembelajaran. Metoda Penilaian: proses identifikasi dan penentuan tingkat penetrasi maupun penguasaan bahan kajian oleh pembelajar melalui parameter dan variabel ukur yang akuntabel. Dosen/laboran/teknisi: SDM yang tepat dan kompeten pada bidangnya sesuai dengan profil yang dituju yang harus ada dan siap. Sarana Pembelajaran: yang membangun lingkungan dan suasana belajar yang memberdayakan.
PROFIL PRODI D3 MANAJEMEN INFORMATIKA UNIVERSITAS KOMPUTER INDONESIA Didirikan pada tahun 2000 dengan akreditasi predikat Baik (B). Capaian program dari Prodi D3 MI Universitas Komputer Indonesia mengacu kepada KKNI Bidang Manajemen Informatika yang telah dikeluarkan oleh APTIKOM tanggal 11 Oktober 2015 Profil lulusan dari Prodi D3 MI Universitas Komputer Indonesia adalah mampu melakukan rancangan, mengembangkan dan mengelola sistem basis data, sistem informasi berbasis web dan merencanakan serta menerapkan konsep bisnis berbasis teknologi informasi untuk tujuan wirausaha. Profesi yang timbul dari profil tersebut adalah Database administrator (8,2 %) Web designer and web administrator (12,7 %) Programmer (23,5 %). IT Support (11,3 %). Wirausahawan di bidang teknologi informasi ( 3 %) …. ( %)
Generic Program Outcome Capaian program secara umum (Generic Program Outcome) hasil kesepakatan tim perumus KKNI APTIKOM, maka berikut ini diuraikan deskripsi spesifik masing-masing program outcome khusus untuk program studi DIII Manajemen Informatika sebagai berikut : No Capaian Program Spesifik Capaian Program Umum 1 Mampu mengidentifikasi, memformulasikan dan memecahkan permasalahan kebutuhan informasi dari suatu organisasi. Penguasaan dibidang komputasi 2 Mampu mengorganisasikan data dan informasi berbasis teknologi informasi secara efektif dan efisien pada suatu organisasi. Berfikir kritis dan taat kaidah ilmiah 3 Mampu menerapkan konsep-konsep dasar komputer yang dibutuhkan dalam merancang dan mengimplementasikan solusi teknologi Informasi Kecakapan menggunakan teknik dan perangkat komputasi 4 Perilaku etika sesuai bidang keprofesian teknologi informasi. Terlibat secara profesional dan sosial 5 Mampu berkomunikasi secara efektif pada berbagai kalangan. Komunikasi yang efektif 6 Memiliki kesadaran untuk mengembangkan kemampuan diri sepanjang hayat. Pembelajaran sepanjang hayat 7 Mampu bekerja-sama secara efektif baik sebagai anggota maupun pemimpin tim kerja. Kepemimpinan dan kerja tim lintas disiplin 8 Mampu mengidentifikasi kebutuhan untuk menjadi seorang wirausaha di bidang teknologi informasi. Cakap berwirausaha
Penetapan Capaian Pembelajaraan Deskripsi Capaian Pembelajaran (CP) menjadi komponen penting dalam rangkaian penyusunan kurikulum pendidikan tinggi (KPT). Secara umum CP dapat memiliki beragam fungsi, diantaranya : Sebagai Penciri, Deskripsi, atau Spesifikasi dari Program Studi. Sebagai kelengkapan utama deskripsi dalam SKPI (Surat Keterangan Pendamping Ijazah) Sebagai komponen penyusun kurikulum dan pembelajaran
Capaian Pembelajaran sebagai Bahan Utama Penyusunan KPT Setiap program studi wajib menyusun deskripsi CP minimal mengacu pada KKNI bidang pendidikan tinggi sesuai dengan jenjang Capaian pembelajaran dapat dipandang sebagai resultan dari hasil keseluruhan proses belajar yang telah ditempuh oleh seorang mahasiswa selama menempuh studinya pada satu program studi tertentu, dimana unsur CP mencakup sikap dan tata nilai, kemampuan, pengetahuan, dan tanggung jawab/hak. Dimana, unsur CP dapat dinyatakan bahwa siapapun orang di Indonesia, dalam perspektif sebagai SDM, pertama-tama harus memiliki sikap dan tata nilai keIndonesiaan, padanya harus dilengkapi dengan kemampuan yang tepat dan menguasai/didukung oleh pengetahuan yang sesuai, maka padanya berlaku tanggung jawab sebelum dapat menuntut/mendapat hak-nya.
Capaian Pembelajaran Sesuai KKNI 1 2 3 4 5 7 8 9 6 KKNI
KKNI Sebagai Tolok Ukur CP pada setiap jenjang KKNI diuraikan dalam diskripsi sikap dan tata nilai, kemampuan, pengetahuan, tanggung jawab dan hak dengan pernyataan yang ringkas yang disebut dengan deskriptor generik. Masing-masing deskriptor generic mengindikasikan kedalaman dan jenjang dari CP sesuai dengan jenjang program studi.
Arah Kebijakan Kurikulum Universitas Komputer Indonesia Penyusunan kurikulum dilakukan dengan mempertimbangkan capaian visi UNIKOM Penyusunan kurikulum dilakukan dengan berpedoman pada Dokumen Mutu UNIKOM Kurikulum senantiasa dapat diperbaharui (living document) sesuai dengan perubahan dan perkembangan paradigma pendidikan tinggi atas dasar telaah kritis dengan didukung bukti ilmiah yang mengarah kepada kompetensi KKNI. Penyusunan kurikulum dilakukan dengan melibatkan Tenaga Ahli, stakeholders (pemangku kepentingan), Assosiasi Bidang Studi, dan civitas academika program studi untuk mendapatkan masukan. Penyusunan dan perbaikan kurikulum dilakukan serentak di setiap Program Studi dan diharapkan penerapannya juga dilakukan secara serentak. Pengembangan kurikulum didukung oleh Landasan Yuridis, Landasan Filosofi, dan Landasan Teoritis. Pengembangan kurikulum atas dasar Landasan Teoritis didasarkan atas ilmu dan prinsip-prinsip pengembangan kurikulum yang mencakup relevansi, kontinuitas, fleksibilitas, efektivitas, efesiensi, dan pragmatis. Unikom akan menyediakan dana bantuan pemutakhiran kurikulum kepada setiap prodi untuk mengembangkan dan melaksanakan kurikulum tersebut.
Unsur dalam Capaian Pembelajaran Standar Kompetensi Lulusan merupakan kriteria minimal tentang kualifikasi kemampuan lulusan yang mencakup sikap, pengetahuan, dan keterampilan, yang dinyatakan dalam rumusan capaian pembelajaran lulusan Pasal 5 ayat (1) Permenristek dikti No. 44 Tahun 2015
Kreterian Standar Kompetensi Lulusan Sikap diartikan sebagai perilaku benar dan berbudaya sebagai hasil dariinternalisasi nilai dan norma yang tercermin dalam kehidupan spiritual, personal, maupun sosial melalui proses pembelajaran, pengalaman kerja mahasiswa, penelitian dan/atau pengabdian kepada masyarakat yang terkait pembelajaran. Pengetahuan merupakan penguasaan konsep, teori, metode, dan/atau falsafah bidang ilmu tertentu secara sistematis yang diperoleh melalui penalaran dalam proses pembelajaran, pengalaman kerja mahasiswa, penelitian dan/atau pengabdian kepada masyarakat yang terkait pembelajaran. Keterampilan merupakan kemampuan melakukan unjuk kerja dengan menggunakan konsep, teori, metode, bahan, dan/atau instrumen, yang diperoleh melalui pembelajaran, pengalaman kerja mahasiswa, penelitian dan/atau pengabdian kepada masyarakat yang terkait pembelajaran.
Kreteria Sikap Mengacu kepada Permen Dikbud Nomor 49 tahun 2014 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi dan Perpres RI Nomor 8 Tahun 2012 tentang KKNI, UU PT No.12 Tahun 2012 Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral dan etika; Dapat berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa; Dapat berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara berdasarkan Pancasila; Dapat bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan; Dapat menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain; Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara; Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri; Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik; Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan.
Keterampilan Umum Mampu menyelesaikan pekerjaan berlingkup luas dan menganalisis data dengan beragam metode yang sesuai, baik yang belum maupun yang sudah baku; Mampu menunjukkan kinerja bermutu dan terukur; Mampu memecahkan masalah pekerjaan dengan sifat dan konteks yang sesuai dengan bidang keahlian terapannya didasarkan pada pemikiran logis, inovatif, dan bertanggung jawab atas hasilnya secara mandiri; Mampu menyusun laporan hasil dan proses kerja secara akurat dan sahih serta mengomunikasikannya secara efektif kepada pihak lain yang membutuhkan; Mampu bekerja sama, berkomunikasi, dan berinovatif dalam pekerjaannya; Mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggungjawabnya; Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada dibawah tanggung jawabnya, dan mengelola pengembangan kompetensi kerja secara mandiri; Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi.
Penetapan Capaian Pembelajaran Menurut SN-DIKTI
Program Studi Manajemen Informatika Jenjang Kualifikasi 5 (D3) Pengetahuan 1 Menguasai konsep teoritis bidang pengetahuan Manajemen Informatika secara umum, serta mampu memformulasikan penyelesaian masalah prosedural Keterampilan Umum 1-8 Memiliki keterampilan umum program D3 Keterampilan Khusus (Spesifik pada masing-masing program studi, sesuai dengan profil lulusan dan SDM)
PENGETAHUAN Pembentukan Karakter Ilmu Matematika Algoritma dan Pemrograman Rekayasa Perangkat Lunak Kecakapan Hidup Manajemen Informasi
Roadmap berdasarkan ranah keilmuan (Body of Knowledge) Manajemen Informasi
Capaian pembelajaran Program Studi Manajemen Informatika (1) Untuk memenuhi kualifikasi lulusan Ahli Madya Program Manajemen Informasi sesuai KKNI level 5 dengan merujuk pada capaian pembelajaran yang direkomendasikan oleh APTIKOM No. Ranah Topik Capaian Pembelajaran 1. Matematika dan Statistik 1.1 Menerapkan konsep-konsep probabilitas dan statistik untuk mengorganisasikan data guna mendukung pemecahan masalah 1.2 Menjelaskan konsep dan teori dasar logika dan struktur diskrit untuk mendukung permodelan dan penganalisaan masalah 1.3 Menyajikan hasil pengolahan data dalam bentuk dan format yang dimengerti oleh pihak yang berkepentingan 2. Algoritma dan Pemograman 2.1 Memahami konsep-konsep algoritma dan kompleksitas, meliputi konsep- konsep sentral dan kecakapan yang dibutuhkan untuk merancang, menerapkan dan menganalisis algoritma untuk menyelesaikan masalah. 2.2 konsep dan prinsip algoritma serta teori ilmu komputer yang dapat digunakan dalam pemodelan dan desain sistem berbasis komputer. 2.3 Menguasai konsep-konsep bahasa pemrograman, serta mampu membandingkan berbagai solusi serta berbagai model bahasa pemrograman. 2.4 Menguasai bahasa dan algoritma pemrograman yang berkaitan dengan program aplikasi untuk memanipulasi model gambar, grafis dan citra
Capaian pembelajaran Program Studi Manajemen Informatika (2) 3. Rekayasa Perangkat Lunak 3.1 Menjelaskan prinsip-prinsip dasar dalam pengembangan basis data 3.2 Mengidentifikasi dan merancang basis data sesuai dengan kebutuhan organisasi 3.3 Mengimplementasikan rancangan basis data pada suatu DBMSMenjelaskan prinsip-prinsip dasar dari integritas, keamanan dan tingkat kerahasiaan data pada suatu basis data 3.4 Menjelaskan berbagai metodologi pengembangan sistem informasi 3.5 Menggunakan berbagai perangkat dan metoda untuk menganalisis aliran dan struktur informasi dalam proses organisasi 3.6 Menggunakan tools untuk memodelkan rancangan konseptual dari suatu sistem informasiMengaplikasikan konsep dasar basis data dan prinsip pemrograman untuk mengembangkan sistem aplikasi 3.7 Merancang sistem informasi manajemen sesuai dengan prinsip-prinsip user centred design 3.8 Menjelaskan pentingnya keterkaitan antara strategi bisnis dan sistem informasi manajemen dalam menunjang efisiensi dan efektifitas investasi organisasi
Capaian pembelajaran Program Studi Manajemen Informatika (3) 4. Arsitektur Komputer 4.1 Mengidentifikasi kebutuhan software dari suatu organisasi 4.2 Merancang topologi dari suatu jaringan komputer 4.3 Mengidentifikasi dan menformulasikan kebutuhan keamanan sistem informasi manajemen dari suatu organisasi 4.4 Mengidentifikasi kebutuhan sistem operasi dari suatu sistem computer 5. Manajemen Informasi 5.1 Menjelaskan komponen organisasi, teknologi dan manusia dari sistem informasi manajemen 5.2 Menjelaskan bagaimana organisasi dapat menggunakan sistem informasi manajemen untuk kepentingan kompetitif 5.3 Menjelaskan bagaimana sistem informasi manajemen dapat mendukung proses pengambilan keputusan dalam suatu organisasi 5.4 Menerapkan konsep dan teori dasar pemrograman komputer untuk membantu memecahkan masalah 5.5 Mengidentifikasi beberapa bahasa pemrograman beserta karakteristiknya 5.6 Mengidentifikasi dampak sistem informasi manajemen terhadap organisasi, aktivitas bisnis, masyarakat maupun individu
Capaian pembelajaran Program Studi Manajemen Informatika (4) 6. Kecakapan Hidup 6.1 Berfikir kritis, mengidentifikasi akar masalah dan pemecahannya secara komprehensif. 6.2 Mampu bekerja dalam tim, mandiri dan bertanggung jawab terhadap pekerjaannya. 6.3 Memiliki integritas profesional dan berkomitmen terhadap nilai-nilai etika. 6.4 Mendemonstrasikan kemampuan komunikasi lisan dan tulisan yang berkaitan dengan aspek teknis dan non-teknis. 6.5 Memiliki sikap untuk belajar sepanjang hayat (life-long learning).
CONTOH FORMAT MATRIKS KOMPETENSI DENGAN BAHAN KAJIAN
PENETAPAN BEBAN BELAJAR MATA KULIAH DAN SKS Program diploma tiga: masa studi paling lama 5 (lima) tahun dengan beban belajar paling sedikit 108 (seratus delapan) sks Desain kurikulum 6 semester untuk program diploma tiga Mata Kuliah wajib disuatu program studi Diploma-III terdiri atas: Mata Kuliah wajib Universitas adalah Pendidikan Agama 2 sks, Bahasa Indonesia 2 sks, Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan 2 sks. Mata Kuliah wajib fakultas adalah Bahasa Inggris, KAMI, KAIT, ANIMASI ( 2 Sks) SKS = 1T + ½ S + 50/170 P + 50/170 L 16 x 50
Learning Outcome /LO (1) No Ranah Topik (Topic Area) Ranah Keilmuan (Bidang Kajian/Area of Knowledge/Body of Knowledge) Mata Kuliah Terkait 1 Pembentukan Karakter Agama, Pancasila, Bahasa Indonesia, Pendidikan Kewarganegaraan, Bahasa Inggris. 2 Matematika dan Statistik Statistik, Ilmu Komputasi, Kalkulus 1, Kalkulus 2, Aljabar Linear, Statistika dan Probabilitas, 3 Algoritma dan Pemrograman Algoritma dan Kompleksitas, Bahasa Pemrograman Dasar-dasar Pemrograman, Struktur Data dan Algoritma, Pemrograman Berorientasi Objek. Web programming. 4 Rekayasa Perangkat Lunak Dasar-dasar Pengembangan Perangkat Lunak, Interaksi Manusia-Komputer, Pengembangan Berbasis Platform Sistem Basis data, Interaksi Manusia-Komputer, Pengantar Teknologi Informasi, Analisa dan Perancangan Sistem Informasi
Learning Outcome /LO (2) No Ranah Topik (Topic Area) Ranah Keilmuan (Bidang Kajian/Area of Knowledge/Body of Knowledge) Mata Kuliah Terkait 5 Arsitektur Komputer Grafis dan Visualisasi, Arsitektur dan Organisasi Komputer, Sistem Operasi, Dasar-dasar Sistem, Penjaminan dan Keamanan Informasi Pengantar Organisasi Komputer, Sistem Operasi, Jaringan Komputer, Pemrograman Sistem, Keamanan Komputer. 6 Kecakapan Hidup Isu Sosial dan Praktik Profesional Komputer dan Masyarakat, Etika Profesi, Kecakapan Antar Personal, Kerja Praktik/Magang, Tugas Akhir 7 Manajemen Informasi Sistem Informasi, Pengantar Manajemen Sistem Informasi Manajemen, Dasar Manajemen dan Bisnis, Manajemen Perkantoran, Manajemen Pemasaran, Dasar Akuntansi
Kurikulum Manajemen Informatika UNIKOM SMT KODE MATAKULIAH SKS I Bahasa Inggris I 2 Matematika I 3 Agama Algoritma dan pemrograman Lab Dasar Dasar Pemrograman Konsep Sistem Informasi KASI Dasar Manajemen dan Bisnis Jumlah 20 II Bahasa Inggris II Matematika 2 Bahasa Indonesia Struktur Data Praktikum Struktur Data dan Algoritma KAIT Pancasila Pengantar Ilmu Komputer 19 III Pendidikan Kewarganegaraan Pemodelan Proses Bisnis Basis Data Lab Pemrograman Berorientasi Objek Dasar Sistem Operasi Lab Basis Data Pemrograman Berorientasi Objek 18 IV Analisis dan Perancangan Sistem Informasi 1 Probabilitas dan Statistik Lab Statistik Dasar Akuntansi Perancangan Basis Data Desain Jaringan Komputer & Komunikasi Data 1 Animasi 1 V PEMROGRAMAN WEB 3 Rekayasa Perangkat Lunak Analisis dan Perancangan Sistem Informasi 2 Lab Hardware 2 Kerja Praktek Desain Jaringan Komputer & Komunikasi Data 2 Animasi 2 Jumlah 18 VI E-Commerce Manajmen Proyek SI Metode Penelitian dan Penulisan Karya Ilmiah Entrepeneurship Kecakapan Antar Personal Mobile Aplikasi Tugas Akhir 4 19 Total 112
Contoh Jejaring Matakuliah
Terima kasih