COMPUTER BASED INSTRUCTION

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
OLEH: NI KOMANG DEPI LESTARI
Advertisements

Pemanfaatan Komputer - 1
MENGEMBANGKAN STRATEGI PEMBELAJARAN
Materi 5 - Komputer Multimedia
KEGIATAN PEMBELAJARAN DAN PEMILIHAN MEDIA PEMBELAJARAN
DESAIN DAN PENGEMBANGAN CALL 
Pembelajaran Berbantuan Komputer
INSTRUCTIONAL SOFTWARE
Aplikasi Instruksional
Pembelajaran Berazas Komputer 3 SKS Oleh : Riduan,SE.,S.Pd.,M.Pd Fakultas Keguaruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Kutai Kartanegara Tahun Akademik 2014/2015.
MULTIMEDIA INTERAKTIF
UPACARA PENGANTIN KETERAMPILAN DASAR MENGAJAR OLEH `
Sudji Munadi, Sunaryo Sunarto, Wagiran
Paket 15 Mata Kuliah Pembelajaran Tematik
ORIENTASI PENGAJARAN MIKRO.
KETERAMPILAN DASAR MENGAJAR
PENERAPAN PEMBELAJARAN BERBASIS KOMPUTER (E-LEARNING WEB EDMODO)
PEMBELAJARAN BERBASIS KOMPUTER Kelompok II Meirisda Risholatia Putri Tiurma Tampubolon Risda Agustina Talitha Iswanto Fatin
Apl. Psi. Kognitif Sains dlm TI
KOMPUTER & MASYARAKAT Pertemuan 3.
Oleh : DAPIT MELIJANA NIM :
PANDUAN TUGAS PEER TEACHING
ORIENTASI PENGAJARAN MIKRO MICRO TEACHING `.
Pemilihan Media.
Definisi Penganjaran Berbantuan Komputer
MODEL pelaksanaan remedial & pengayaan DIREKTORAT PEMBINAAN SMA
PERANCANGAN BAHAN AJAR MODUL
ORIENTASI PENGAJARAN MIKRO MICRO TEACHING `.
TEKNOLOGI PEMBELAJARAN BERBASISKOMPUTER
Pemrograman Pembelajaran Interaktif
PEMBELAJAAN BAHASA ARAB BEBASIS KOMPUTER Rizka Anis Mubdiurrohmah
KEGIATAN PEMBELAJARAN DAN PEMILIHAN MEDIA PEMBELAJARAN
Berbasis Komputer (Studi Kasus: Mata Kuliah Sistem Keamanan Komputer) Perancangan Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan for further.
KEGIATAN PEMBELAJARAN DAN PEMILIHAN MEDIA PEMBELAJARAN
DIKLAT GURU MUDA MAPEL IPS Madrasah Tsanawiyah
PEMBELAJARAN BERBASIS KOMPUTER
disajikan oleh : Machmud SYAM
BIMBINGAN TEKNIS IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN
TEORI BELAJAR AUSUBEL, GAGNE DAN BARUDA
Nama kelompok Ni putu ayu ari anggraini Novia nisa fairuza
“ Mahasiswa Dapat Melakukan Simulasi Terkait
PEMBELAJARAN BERBASIS KOMPUTER
Pemrograman Pembelajaran Interaktif
Pemrograman Pembelajaran Interaktif
PENGEMBANGAN MEDIA SEDERHANA
6/11/2018 Orientasi Pengajaran Mikro Dwi Anggraeni Siwi/
Metoda Pemberian Tugas (Resitasi)
Oleh : Mailani Safitri, S.Pd.
MODEL-MODEL TUTORIAL/PEMBELAJARAN
Pengertian Strategi Pembelajaran pkn Dick dan carey mengatakan “strategi pembelajaran adalah komponen umum dari suatu materi pembelajaran yang akan digunakan.
Materi 2 - Komputer Multimedia
KEGIATAN PEMBELAJARAN DAN PEMILIHAN MEDIA PEMBELAJARAN
DESAIN DAN PENGEMBANGAN CALL 
KONSEP DASAR PEMBELAJARAN BERBASIS KOMPUTER
Penggunaan Komputer di Bidang Pendidikan
Remedial Dan Pengayaan
Metoda Pemberian Tugas (Resitasi)
Menuju Pembelajaran yang “PAKEM”
MODEL-MODEL PEMBELAJARAN DAN RELEVANSINYA DENGAN PENDIDIKAN KEJURUAN
“UPAYA PENINGKATAN KOMPETENSI MENGAJAR MENUJU GURU PROFESIONAL”
DESAIN DAN PENGEMBANGAN CALL 
Pembelajaran AKTIF dimaksudkan bahwa dalam proses pembelajaran guru harus menciptakan suasana sedemikian rupa sehingga siswa aktif bertanya, mempertanyakan,
ORIENTASI PENGAJARAN MIKRO MICRO TEACHING `.
KEGIATAN PEMBELAJARAN DAN PEMILIHAN MEDIA PEMBELAJARAN
Model Pembelajaran Problem Posing UNIVERSITAS NEGERI MANADO PROGRAM PASCASARJANA PRODI S-2 PENDIDIKAN MATEMATIKA 2018 ( Sekilas tentang Model Pembelajaran.
strategi pembelajaran // stah dnj
KETERAMPILAN DASAR MENGAJAR
disajikan oleh : Machmud SYAM
H. M. JUPRI RIYADI Kepala Dinas Pendidikan. Keterampilan dasar mengajar yaitu keterampilan yang bersifat mendasar atau umum yang harus dikuasai oleh setiap.
TELA’AH KURIKULUM. A.Metode Tanya Jawab Metode tanya jawab adalah suatu cara penyampaian pelajaran oleh guru dengan jalan mengajukan pertanyaan dan murid.
Transcript presentasi:

COMPUTER BASED INSTRUCTION Kelompok 4 Aditya Krisna S Agus Wahyu P Armentoni Doni Asmil M. Reizadkha Rino Tehusiarana

KELEBIHAN & KEKURANGAN MODEL-MODEL PEMBELAJARAN SEJARAH PENGERTIAN PRINSIP FUNGSI & MANFAAT KELEBIHAN & KEKURANGAN MODEL-MODEL PEMBELAJARAN PEMBELAJARAN BERBASIS KOMPUTER

SEJARAH Sejarah pembelajaran berbasis computer dimulai dari munculnya ide-ide untuk menciptakan perangkat teknologi terapan yang memungkinkan seseorang melakukan proses belajar secara individual dengan menerapkan prinsip-prinsip didaktik-metodik tersebut.

Pembelajaran berdasarkan computer sangat dipengaruhi oleh teori belajar kognitif model pemrosesan informasi (information processing model) yang mulai berkembang pada tahun 60 dan 70-an. Model ini menampilkan konseptualisasi dari system memori pada manusia yang mirip dengan system memori pada computer.

PENGERTIAN Pembelajaran berbasis komputer adalah pembelajaran yang menggunakan komputer sebagai alat bantu (Wena, 2011:203). Menurut Hick dan Hyde : dengan pembelajaran berbasis komputer siswa akan berinteraksi dan berhadapan langsung dengan komputer secara individual

Dapat disimpulkan bahwa pembelajaran berbasis komputer adalah kegiatan belajar mengajar yang dilakukan oleh pengajar dengan komputer sebagai alat bantu pengajar dalam menyampaikan materi pembelajaran agar siswa tidak bosan dan termotivasi dalam mengikuti kegiatan pembelajaran yang sedang berlangsung di dalam kelas ataupun di lokasi lainnya.

PRINSIP Berorientasi pada tujuan pembelajaran. Berorientasi pada pembelajaran individual Berorientasi pada pembelajaran mandiri Berorientasi pada pembelajaran tuntas

Manfaat Pengajar Instansi Siswa

Pengajar akan lebih banyak berperan sebagai fasilitator bagi siswa Bagi Pengajar Pengajar akan lebih banyak berperan sebagai fasilitator bagi siswa memberi alternatif variasi metode pembelajaran menolong mengembangkan media pembelajaran memberi pedoman bagi pengembangan lebih lanjut meminimalkan tingkat kesalahpahaman konsep / teori yang sering dialami siswa

mampu meningkatkan motivasi belajar siswa selama proses pembelajaran Bagi SISWA siswa akan lebih mudah dan cepat memahami materi pembelajaran yang bersifat abstrak mampu meningkatkan motivasi belajar siswa selama proses pembelajaran meningkatkan hasil belajar siswa kendali belajar berada pada siswa dapat mengakomodasi siswa yang lambat

Pengembangan isi pembelajaran akan sesuai dengan pokok-pokok bahasan Bagi Instansi akan tersedia bahan ajar yang telah divalidasi sesuai dengan bidang studi Pengembangan isi pembelajaran akan sesuai dengan pokok-pokok bahasan sebagai pedoman praktis implementasi pembelajaran

Model Pembelajaran Berbasis Komputer Model Drills Model Tutorial Model Simulasi Model Intrukcional Games

Model Drills PENGERTIAN TUJUAN model dalam pembelajaran dengan jalan melatih siswa terhadap bahan pelajaran yang sudah diberikan. Melalui model drills akan ditanamkan kebiasaan tertentu dalam bentuk latihan Salah satu pembelajaran CBI yang bertujuan memberikan pengalaman belajar yang lebih konkrit melalui penyedian latihan-latihan soal untuk menguji kecepatan menyelesaikan soal-soal latihan.

TAHAPAN 1) Penyajian masalah dalam bentuk latihan soal pada tingkat tertentu dari kemampuan dan performance siswa. 2) Siswa mengerjakan soal-soal latihan 3) Program merekam penampilan siswa, mengevaluasi, kemudian memberikan umpan balik. 4) Jika jawaban yang diberikan siswa benar maka lanjut kepada materi berikutnya, tapi jika jawaban siswa salah, program menyediakan fasilitas  untuk mengulangi latihan (remedial).

Model Tutorial PENGERTIAN TUJUAN Tutorial adalah bimbingan pembelajaran dalam bentuk pemberian arahan, bantuan, petunjuk dan motivasi agar para siswa belajar secara efisien dan efektif. Isi tutorial meliputi tujuan materi dan evaluasi. Untuk meningkatkan penguasaan  pengetahuan para siswa sesuai dengan yang dimuat dalam software pembelajaran, Untuk meningkatkan kemampuan dan keterampilan siswa tentang cara memecahkan masalah, Untuk meningkatkan kemampuan siswa untuk belajar mandiri

TAHAPAN 1) Penyajian informasi yaitu berupa materi pelajaran yang akan dipelajari siswa. 2) Pertanyaan dan yaitu berupa soal-soal yang harus dikerjakan siswa. 3) Penilaian repons yaitu komputer akan memberikan respons atas jawaban yang diberikan siswa. 4) Pemberian balikan respons yaitu setelah selesai, program akan memberikan balikan. 5) Apakah telah sukses/berhasil atau harus mengulang. 6) Pengulangan 7) Segmen pengaturan pelajaran

Model Simulasi PENGERTIAN TUJUAN Model simulasi adalah model yang menampilkan materi pelajaran  yang dikemas dalam bentuk simulasi-simulasi pembelajaran dalam bentuk animasi yang menjelaskan konten secara menarik bertujuan memberikan pengalaman belajar yang lebih konkret melalui penciptaan tiruan-tiruan bentuk pengalaman yang mengikuti suasana sebenarnya dan berlangsung dalam suasana yang tanpa resiko

TAHAPAN 1. Pengenalan, 2. Penyajian informasi (simulasi 1, simulasi 2 dan seterusnya), 3. Pernyataan dan respon jawaban, penilaian respons, 4. Pemberian feedback tentang respons, pebetulan, 5. Segmen pengaturan pengajaran dan penutup.

Model Intrukcional Games PENGERTIAN TUJUAN Instructional games adalah model pembelajaran berbasi komputer dengan menggunakan format permainan, tidak perlu menirukan realita, namun dapat memiliki karakter yang menyediakan tantangan yang menyenangkan bagi siswa. Tujuan instructional games adalah untuk menyediakan pengalaman belajar yang memberikan fasilitas belajar untk menambah kemampuan siswa melalui permainan yang mendidik.

TAHAPAN Tujuan, yaitu tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan. Aturan, yaitu penetapan setiap tindakan yang dapat dilakukan dan tidak dapat dilakukan oleh pemain. Kompetisi, seperti menyerang lawan, melawan diri sendiri Tantangan, yaitu menyediakan beberapa tantangan. Khayalan, permainan sering tergantung pada pengembangan imajinasi untuk memberikan motivasi kepada pemain. Keamanan, permainan menyediakan jalan aman untuk menghadapi bahaya nyata Hiburan, permainan dalam pembelajaran itu berperan sebagai penumbuh motivasi.

KELEBIHAN & KEKURANGAN .      Menyediakan presentasi yang menarik Menyediakan pilihan isi pembelajaran yang beragam Mampu membangkitkan motivasi siswa dalam belajar Mampu mengaktifkan dan menstimulasi metode mengajar dengan baik Meningkatkan pengembangan pemahaman siswa

Menstimulasi siswa belajar dengan penuh semangat KELEBIHAN Menstimulasi siswa belajar dengan penuh semangat Siswa mendapat pengalaman yang bersifat konkret Memberi umpan balik secara langsung Siswa dapat menentukan sendiri laju pembelajaran Siswa dapat melakukan evaluasi diri

Hardware dan software yang compatability dan incompability KEKURANGAN Tingginya biaya pengadaan dan pengembangan program komputer, terutama yang dirancang khusus untuk maksud pembelajaran. Hardware dan software yang compatability dan incompability Perancangan program pembelajaran memerlukan banyak waktu dan keahlian khusus Apabila tampilan fisik dari isi pembelajaran tidak dirancang dengan baik atau hanya merupakan tampilan seperti pada buku teks biasa Pengajar yang tidak memahami aplikasi program komputer tidak dapat merancang pembelajaran lewat media komputer

makasih *untuk tidak bertanya