MUHAMMADIYAH SEBAGAI GERAKAN SOSIAL

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Matan Keyakinan dan Cita-Cita Hidup Muhammadiyah
Advertisements

URGENSI ZAKAT DALAM PEMBERDAYAAN UMMAT
KEPEDULIAN SOSIAL.
Organisasi Otonom Aisyiyah.
Ushul Al-’Amal Al-Khairi fil Islam
AMAL USAHA BIDANG KESEHATAN
MATAN KEPRIBADIAN MUHAMMADIYAH
BAB 11 KHOTBAH, TABLIGH, DAN DAKWAH
DAKWAH ADALAH KEBUTUHAN MANUSIA
PENGERTIAN DAKWAH DAKWAH: PANGGILAN, AJAKAN, SERUAN
QS. Al-’Ashr.
SIAPA KH.AHMAD DAHLAN ? لَقَدْ كَانَ فِي قَصَصِهِمْ عِبْرَةٌ لِّأُوْلِي الأَلْبَابِ مَا كَانَ حَدِيثًا يُفْتَرَى وَلَكِن تَصْدِيقَ الَّذِي بَيْنَ يَدَيْهِ
Fiqih Kelas VIII Semester 2
BAB 12 KHOTBAH, TABLIG DAN DAKWAH
Korelasi Iman dan Ibadah
MENUNTUT ILMU Pengertian Menuntut Ilmu
Konsep kerukunan dalam islam
KEPERAWATAN ISLAM Islam mengandung ajaran yang mencakup
KHITHAAH MATHLA’UL ANWAR
بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم..
Oleh: Komisi II Majlis Diktilitbang PPM
DAKWAH ISLAMIYYAH Konsep Dasar Strategi Dakwah
RANCANGAN PENDIRIAN PANTI ASUHAN " BAHAGIA "
TANTANGAN DAN PELUANG PENDIDIKAN MUHAMMADIYAH DI ABAD KE 2
HUKUM DAKWAH REDAKSI AYAT
Latar Belakang Mengamalkan sifat pribadi muslim sebagai pembawa rahmat/kasih sayang kepada seluruh alam (umat manusia, hewan, binatang, benda-benda di.
URGENSI ZAKAT DALAM PEMBERDAYAAN UMMAT
MUHAMMADIYAH SEBAGAI GERAKAN PENDIDIKAN
BAB II IMAN DAN TAQWA.
Pertemuan ke-3.
Penanggulangan Bencana dalam Perspektif Islam “Spirit AL-MAUN dan Aktivisme Kemanusiaan Muhammadiyah” Rapat Kerja Nasional PP ‘Aisyiyah Lembaga Lingkungan.
Arah Program Kajian Islam Ahad Pagi Di Masjid “ Daarul Iman “
DAKWAH NABI PERIODE MADINAH
MEMBANGUN MASYARAKAT MADANI
Oleh: Rohmansyah, S.Th,I., M.Hum
Materi III IMAN Oleh: Ahmad Arif Rifan, SHI., MSI.
FATKHUL QULUB BAIK.
TEOLOGI AL-MA’UN.
Mata Kuliah Tauhid Aqidah akhlak
Materi I AQIDAH Oleh: Ahmad Arif Rifan, SHI., MSI.
KONSEP (PENGERTIAN), HUKUM, TUJUAN, URGENSI, DAN HAKIKAT DAKWAH
PENTINGNYA AGAMA DAN USAHA AGAMA
فَضَائِلُ الدَّعْوَةِ
METODE DAKWAH QS. AN-NAHL/16: 125 QS. AL-AHZAB/33: 21
Misi Dakwah Rasulullah Saw
KERUKUNAN ANTAR UMAT BERAGAMA
HADITS IJTIMA’I.
SMP NEGERI 215 SSN JAKARTA KECAMATAN KEMBANGAN
MATAN KEYAKINAN DAN CITA CITA (MKCH) MUHAMMADIYAH 1.Muhammadiyah adalah gerakan Islam dan da’wah amar ma’ruf nahi mungkar, beraqidah Islam dan bersumber.
       
BAB 12 KHOTBAH, TABLIG DAN DAKWAH
Misi Dakwah Rasulullah Saw
KODE D.11.2 TAFSIR SURAT ASY-SYU’ARA 214 OBJEK PENDIDIKAN
Al-Islam dan Kemuhammadiyahan “Sejarah Terbentuknya Muhammadiyah”
FILSAFAT KEMUHAMADIYAHAN
PRESENTASI PPKN Anggota Kelompok : - Elizabeth M P (8B/9)
APLIKASI PENGENALAN DASAR RUKUN ISLAM DAN RUKUN IMAN BERBASIS MOBILE ANDROID MUNAYA
Islam Juga untuk Anak-anak
RUNTUHNYA TEORI EVOLUSI
AKTUALISASI ISLAM BERKEMAJUAN DALAM DINAMIKA UMAT*)
Allah SWT Nabi SAW Muhammad Rasul JasadInsan Sifat Zat SHALAT (QALBU HIDUP) Tuj: Ingat pada Allah dan sampai pd Allah. Tingkat Orang Shalat: MELAKSANAKAN.
SETELAH MENONTON VIDEO TERSEBUT APA SAJA DAMPAK DARI PERILAKU MEREKA.
Materi III IMAN Oleh: Ahmad Arif Rifan, SHI., MSI.
SINERGI IMPLEMENTASI PERKADERAN DI SEKOLAH/MADRASAH MUHAMMADIYAH
Materi III IMAN Oleh: Ahmad Arif Rifan, SHI., MSI.
PELAJARAN 15 ASAS AKIDAH ISLAM
Firman Allah SWT: Surah Luqman [31:17] “Wahai anak kesayanganku, dirikanlah solat dan suruhlah (manusia) berbuat kebaikan serta laranglah (manusia) daripada.
Matan keyakinan dan cita-cita muhammadiyah
BAB 3: AKHLAK MUSLIM TERHADAP PEKERJAAN
kepedulian  berasal dari akar kata peduli artinya memerhatikan atau menghiraukan sesuatu Kepedulian merupakan suatu sikap memperhatikan atau menghiraukan.
Transcript presentasi:

MUHAMMADIYAH SEBAGAI GERAKAN SOSIAL

KELAHIRAN MUHAMMADIYAH Muhammadiyah lahir didasarkan pada pemahaman mendalam K.H. Ahmad Dahlan terhadap agama Islam K.H. Ahmad Dahlan memahami bahwa beragama bukanlah sekedar mengetahui ajarana Islam, tetapi bagaimana mengamalkannya Keberagamaan seorang mukmin tidaklah sempurna tanpa amal

KELAHIRAN MUHAMMADIYAH Demi masa; Sesungguhnya manusia itu benar-benar dalam kerugian; kecuali orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal saleh dan nasehat menasehati supaya mentaati kebenaran dan nasehat menasehati supaya menetapi kesabaran (T.Q.S. Al-Ashr ayat 1 – 3)

KELAHIRAN MUHAMMADIYAH Tahukah kamu (orang) yang mendustakan agama?; Itulah orang yang menghardik anak yatim; dan tidak menganjurkan memberi Makan orang miskin; Maka kecelakaanlah bagi orang-orang yang shalat; (yaitu) orang-orang yang lalai dari shalatnya; orang-orang yang berbuat riya; dan enggan (menolong dengan) barang berguna (T.Q.S. al-Ma’un aya 1 – 7)

KELAHIRAN MUHAMMADIYAH Surat al-Maun adalah salah satu surat yang sering diajarkan oleh K.H. Ahmad Dahlan Bahkan beliau meminta muridnya untuk mengamalkan ayat ini dengan mengumpulkan anak yatim, miskin dan gelandangan di sekitar Alun-Alun untuk diberikan pendidikan dan disantuni

KELAHIRAN MUHAMMADIYAH Semangat inilah selanjutnya yang mendorong muridnya yang bernama Haji Syujak ingin mendirikan PKO (Penolong Kesengsaraan Oemoem) yang selanjutnya berkembang menjadi Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Syujak berfikir kenapa orang non-Muslim (Kolonial Belanda) yang dapat mendirikan rumah sakit, rumah miskin dan rumah yatim hanya karena dorongan rasa kemanusiaan tanpa didasari rasa tanggungjawab kepada Allah SWT, jika umat non-Muslim saja mampu melakukan aksi-aksi sosial, mengapa umat Islam yang mempunyai landasan agama seperti yang tertera dalam QS Al Maun, tidak dapat melakukannya juga

AKSI SOSIAL BAGIAN DARI DAKWAH Dakwah berarti panggilan, seruan atau ajakan Dakwah adalah kegiatan yang bersifat menyeru, mengajak dan memanggil orang untuk beriman dan taat kepada Allah SWT sesuai dengan garis aqidah, syari'at dan akhlak Islam

AKSI SOSIAL BAGIAN DARI DAKWAH Model dakwah: dakwah bil lisan (dakwah dengan lisan; seperti ceramah, khutbah, dll); dakwah bil kalam (dakwah melalui tulisan; seperti jurnal, buletin, surat kabar dll); dan dakwah bil hal (dakwah melalui kegiatan langsung; seperti baksos, pengobatan gratis, pemberdayaan ekonomi, pendidikan gratis, dll)

AKSI SOSIAL BAGIAN DARI DAKWAH Materi dakwah tidak terbatas pada persoalan agama saja (aqidah, ibadah, akhlak) tetapi juga meliputi seluruh aspek hidup dan kehidupan manusia Penyesuaian materi dakwah dengan kebutuhan hidup manusia merupakan keniscayaan sebagai upaya menjadikan agama Islam dapat memberikan jawaban/memberikan solusi terhadap kehidupan manusia

AKSI SOSIAL BAGIAN DARI DAKWAH Karenanya proses dakwah harus didasarkan pada kebutuhan masyarakat yang menjadi obyek dakwah (al-mad’u) Untuk itulah diperlukan pengamatan dan kajian terlebih dahulu sehingga dakwah bisa berjalan dengan efektif, efisien, dan tepat sasaran Di samping itu untuk menentukan pendekatan apa yang tepat dalam melakukan kegiatan dakwah

MODEL DAKWAH SOSIAL Dakwah sosial merupakan bagian dari dakwah bil hal, yaitu dakwah yang mengedepankan perilaku yang nyata Dakwah model ini sudah dicontohkan oleh Nabi Muhammad SAW, semisal dengan persaudaran kaum Muhajirin dan Anshar, dll Dakwah sosial ini dapat dilakukan dengan berbagai pendekatan keilmuan dan kebutuhan masyarakat

MODEL DAKWAH SOSIAL Ekonomi: pemberdayaan ekonomi, pemberian modal, pelatihan keterampilan khusus, dll Pertanian/Peternakan: pemberdayaan petani, pengolahan hasil pertanian, pelatihan berternak lele, dll Kesehatan: Rumah Sakit, Rumah Bersalin, Pengobatan Gratis, dll Sosial: Panti Asuhan Anak Yatim, Santunan Fakir Miskin, Panti Jompo, Rehabilitasi Sosial, dll

DAKWAH SOSIAL BAGI MUHAMMADIYAH Perwujudan iman dan ibadah Tanggungjawab sebagai khalifah Pelakasanaan misi dakwah: Islam sebagai Rahmatan Lil ‘Alamin Mewujudkan maksud dan tujuan Muhammadiyah

Jenis Amal Usaha Jumlah TK/TPQ 4.623 Sekolah Dasar (SD)/MI 2.604 Sekolah Menengah Pertama (SMP)/MTs 1.772 Sekolah Menengah Atas (SMA)/SMK/MA 1.143 Pondok Pesantren 67 Perguruan tinggi Muhammadiyah 172 Rumah Sakit, Rumah Bersalin, BKIA, BP, dll 457 Panti Asuhan, Santunan, Asuhan Keluarga, dll 318 Panti jompo 54 Rehabilitasi Cacat 82 Sekolah Luar Biasa (SLB) 71 Masjid 6.118 Musholla 5.080 www.muhammadiyah.or.id

KRITIK GERAKAN SOSIAL MUHAMMADIYAH Muhammadiyah sering menuai kritik sebagai gerakan sosial yang mulai terjangkit penyakit elitisme Perkembangan Muhammadiyah yang kian pesat dari hari ke hari dalam banyak hal menyebabkan terjadinya pergeseran orientasi, termasuk orientasi gerakan sosialnya

KRITIK GERAKAN SOSIAL MUHAMMADIYAH Pada mulanya, amal usaha Muhammadiyah, khususnya dalam bidang sosial lebih banyak “berbicara” pada bidang-bidang sosial yang berorientasi voulentaire (sukarela) Kini seluruh amal usaha Muhammadiyah terlihat lebih berorientasi pada persoalan ekonomi dan sampai batas-batas tertentu cenderung profit oriented

KRITIK GERAKAN SOSIAL MUHAMMADIYAH Pergeseran ini disebabkan oleh adanya tuntutan profesionalitas dalam pengelolaan amal usaha Muhammadiyah, dalam hal ini untuk Rumah Sakit dan Lembaga Pendidikan Hal ini selanjutnya menimbulkan dilema: pada satu sisi Muhammadiyah memang harus terus mengembangkan profesionalitasnya, tetapi yang juga harus diingat adalah, jangan sampai profesionalitas yang hendak dicapai itu melupakan fungsi-fungsi sosial Muhammadiyah sebagai sebuah gerakan sosial keagamaan

KRITIK GERAKAN SOSIAL MUHAMMADIYAH Untuk inilah menurut Kuntowijoyo, Muhammadiyah harus mampu melakukan dinamisasi untuk melakukan transformasi sosial secara berkesinambungan Proses ini dapat dilakukan dengan semangat dakwah yang dimiliki oleh Muhammadiyah, yaitu Dakwah Islam Amar Ma’ruf (berarti humanisasi dan emansipasi) Nahi Munkar (berarti liberalisasi)

KRITIK GERAKAN SOSIAL MUHAMMADIYAH Amar Ma’ruf (berarti humanisasi dan emansipasi) ------ proses dakwah yang diorientasikan pada peningkatan kualitas kemanusiaan umat sehingga menjadi manusia yang bermartabat Nahi Munkar (berarti liberalisasi) ----- proses dakwah yang diorientasikan pada pembebasan umat pada segala potensi yang bisa menjerumuskan pada kehidupan yang hina dan terlebih lagi menjauhkan umat dari kekufuran

Bagaimana cara anda membendung gerakan misionaris kristen dalam bidang sosial?