MEDIA LITERASI UNTUK PEREMPUAN DAN ANAK

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Anak dan Televisi: Dampak dan Solusinya
Advertisements

IKLAN TELEVISI Ramakertamukti.wordpress.com.
Katanya PEREMPUAN .... NEGATIF Lemah Tidak mampu bekerja keras Manja
PIK M DIY 8 FUNGSI KELUARGA.
PERKEMBANGAN PESERTA DIDIK SEKOLAH DASAR
MENDIDIK ANAK DI ERA TEKNOLOGI
SEBAGAI MAKHLUK BUDAYA
PERKEMBANGAN PESERTA DIDIK PRA SEKOLAH, SD DAN SMP
PENGANTAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL Pertemuan IV: Pengaruh Media Komunikasi Terhadap Tingkah Laku.
Pendidikan Agama Islam
Universitas Dian Nuswantoro
PENGEMBANGAN KURIKULUM PAUD
MASA ANAK SEKOLAH Materi Pertemuan 2. Masa anak sekolah (6 – 12 tahun) Keterampilan yang diperlukan pada masa anak sekolah (Hurlock dalam Munandar, 1999):
Tata Krama Pergaulan.
PERKEMBANGAN EMOSI-SOSIAL
Cerdas Mendidik Anak menjadi Tangguh di Era Cyber/Digital
Sosialisasi.
MASA REMAJA DEFINISI REMAJA PERKEMBANGAN REMAJA MASALAH YANG DIHADAPI REMAJA CARA MENGATASINYA PROFILPROFIL.
TEKS DISKUSI PENGERTIAN : Secara singkat, teks diskusi adalah sebuah teks yang memberikan dua pendapat berbeda mengenai suatu hal (satu "pro" dan satu.
URGENSI LITERASI DIGITAL BAGI PENDIDIK
Penyiar Televisi.
IF 3280 Socio-Informatika & Profesionalisme: KONTEKS SOSIAL
VIENA RUSMIATI HASANAH
MENGEMBANGKAN KARAKTER PADA ANAK USIA DINI
Universitas Dian Nuswantoro
Komunikasi massa. “Saya lebih takut menghadapi tiga surat kabar daripada seribu ujung bayonet.” (Napoleon)
Komunikasi Massa.
Dasar-Dasar Dukungan Psikososial
JENIS KELAMIN DAN GENDER
MENGEMBANGKAN KARAKTER PADA ANAK USIA DINI
Media Literasi Ciciolina Dwi Nurani.
MASA ANAK SEKOLAH Materi Pertemuan 2.
Peran Orangtua dalam Perlindungan Anak untuk Membentuk Karakter Generasi Z
Kelompok 6 Defi Desiana ( ) Nurul Hasanah ( ) Legiyem ( )
KOMUNIKASI MASSA CYBER COMMUNICATION.
MENGAJAR UNTUK MEWUJUDKAN TUJUAN IPS
KOMUNIKASI MASSA Pertemuan 11
Bahasa Indonesia Jurnalistik
Altobeli Lobodally, S.Sos, M.Ikom
Media Pembelajaran Berbasis Web Interaktif
ORANG TUA HEBAT ANAK SELAMAT
Cara Belajar Yang Efektif
Oleh: Hetti Mulyaningsih
FUNGSI PUBLISITAS DAN ARUS INFORMASI
SOSIALISASI dalam Proses Pembentukan Kepribadian
KULIAH III - MINGGU V UEU, Jakarta, 11 April 2015
Cara Mengatasi Anak Malas Belajar
Pengembangan Program Pendidikan Anak Usia Dini
Salam Sejahtera Utk Kita Semua
Gender, Kelas Sosial, dan Gaya Hidup PERTEMUAN 13
Pengasuhan Anak Usia Sekolah Dasar PERTEMUAN 8
Keluarga dengan Anak Usia Prasekolah
MAKALAH SOSIOLOGI PENDIDIKAN ISLAM PASCASARJANA IAIN ANTASARI
Kritik Terhadap Media Massa
METODE PEMBELAJARAN DALAM RUMAH TANGGA
Bersama : Wirianingsih Bangkok, Januari 2008
LITERASI MEDIA&ANTISIPASI TERHADAP MASALAH SOSIAL
SERI PRESENTASI JURNALISTIK OLAHRAGA 2015 Dr. Made Pramono, M.Hum.
Gawai : Berkat atau Malapetaka?. GAWAI = GADGET Gawai (bahasa Inggris: gadget) adalah suatu peranti atau instrumen yang memiliki tujuan dan fungsi praktis.
REVOLUSI PARADIGMA Evaluasi belajar: Untuk mengembangkan potensi siswa
SEBAGAI MAKHLUK BUDAYA
FREDY AKBAR K. Tak terhingga jumlah kata dari doa yg kami panjatkan kpd-Nya utk kalian… Kami meminta kpd Allah agar kalian sehat, kuat, cerdas, sholeh,
Komponen input dan output komputer
KEPRIBADIAN, KONSEP & CITRA DIRI
Sexual Behaviour Bayi dan Anak. Perkembangan seksualitas bukan hanya perilaku pemuasan seks semata, tapi juga mencakup pembentukan nilai, sikap, perasaan,
GADGET. Barang canggih yang diciptakan dengan berbagai aplikasi yang dapat menyajikan berbagai media berita, jejaring sosial, hobi, bahkan hiburan.
PERTEMUAN 7: PERMASALAHAN SISWA DAN PENDEKATAN UMUM BK
Kelompok 5 Hasri Novidawati Purba Kristin Nanda Sitorus Marisa Monika Artauli Nainggolan.
Jurnalistik telah berkembang menjadi salah satu aspek komunikasi massa yang sering mendapat perhatian masyarakat. Jurnalistik diidentikan dengan aktivitas.
DAMPAK GAME ONLINE BAGI PELAJAR (Irsyadinnas)
Transcript presentasi:

MEDIA LITERASI UNTUK PEREMPUAN DAN ANAK Dr. Tri Hastuti Nur R, M.Si Sekretaris Pimpinan Pusat ‘Aisyiyah Dan Dosen Ilmu Komunikasi FISIPOL UMY

AISYIYAH DAN GERAKAN MEDIA LITERASI SEKILAS AISYIYAH DAN GERAKAN MEDIA LITERASI

DASAR GERAKAN MEDIA LITERASI AISYIYAH QS At-Tahrim: 6 Hai orang-orang yang beriman, peliharalah dirimu dan keluargamu dari api neraka yang bahan bakarnya adalah manusia dan batu; penjaganya malaikat-malaikat yang kasar, keras, dan tidak mendurhakai Allah terhadap apa yang diperintahkan-Nya kepada mereka dan selalu mengerjakan apa yang diperintahkan

GERAKAN MEDIA LITERASI ‘AISYIYAH DIMULAI TAHUN 2007 GERAKAN MEDIA LITERASI MELALUI SEKOLAH-SEKOLAH, KELOMPOK PENGAJIAN, KOMUNITAS KERJASAMA DENGAN YPMA, UNICEF, DIREKTORAT PENDIDIKAN LUAR SEKOLAH ‘AISYIYAH MEMASUKI ABAD KEDUA : GERAKAN MEMBACA

MODEL PENDEKATAN MEDIA LITERASI DI SEKOLAH PENDEKATAN INTEGRASI DALAM KURIKULUM PENDEKATAN MANDIRI

FAKTA : PERKEMBANGAN MEDIA MEDIA KONVENSIONAL MEDIA BARU JUMLAH STASIUN TELEVISI BAIK NASIONAL MAUPUN LOKAL Minimnya program acara untuk anak-anak Penayangan acara pada jam belajar anak-anak Media baru berkembang dengan beragam fitur Anak-anak dapat mengakses informasi, gambar, audio visual melalui internet Perkembangan gadget yang semakin canggih dan beragam : Tab, Iphone, Ipod, Android, Black Berry,

POLA MENONTON TV PADA ANAK-ANAK MENONTON ACARA YANG BUKAN ACARA UNTUK ANAK-ANAK MENONTON TV TANPA MENGENAL WAKTU

SULIT BERKONSENTRASI : pergeseran acara ke iklan. DAMPAK NEGATIF ASOSIAL. ANAK-ANAK CENDERUNG MENARIK DIRI DARI PERGAULAN NYATA DAN LEBIH MEMILIH UNTUK BERINTERAKSI DI DUNIA MAYA. SULIT BERKONSENTRASI : pergeseran acara ke iklan. BUDAYA INSTANT. Mudah mengeluh dan putus asa karena kurangnya ketrampilan mengendalikan emosi, kedewasaan.

Dampak Negatif Anak-anak mudah terpapar situs-situs pornografi; jumlahnya ribuan bahkan jutaan. Obesitas, malas bergerak Berita/gambar/film yang ada di televisi dipercaya; dianggap sebagai hal yang nyata Kemampuan abstraksi rendah, minat baca rendah

ANAK-ANAK DAN GADGET

DAMPAK NEGATIF MINIMNYA KONTROL ORANGTUA PADA ANAK MENYEBABKAN ANAK KECANDUAN PADA GADGET. ANAK YANG KECANDUANG GADGET, antara lain : (1) sebagian waktunya untuk bermain gadget (2) Lupa kegiatan lainnya (3) Kurang mengindahkan teguran

MEDIA DEWA JANUS : DUA MUKA

DAMPAK POSITIF TELEVISI SEBAGAI SUMBER BELAJAR DAN MENDAPATKAN INFORMASI BAGI ANAK-ANAK MEMBANGUN SPORTIVITAS : acara olahraga MEMBERIKAN HIBURAN

ACARA TELEVISI YANG DIREKOMENDASIKAN

Acara TV yang direkomendasikan

DAMPAK POSITIF INTERNET Anak-anak belajar mengembangkan keterampilan teknis dan social terkait dengan perkembangan teknlogi atau era digital saat ini. Anak-anak mendapatkan inspirasi dari berbagai peristiwa dan keberhasilan orang lain melalui internet dan media sosial. Anak-anak mendapatkan pengetahuan baru dari internet Jejaring social membuat anak menjadi lebih bersahabat, perhatian, dan empati, melalui sikap emphati pada temannya.

DAMPAK POSITIF MENAMBAH PERTEMANAN DENGAN PENGGUNA LAIN DI SELURUH DUNIA. MEMPERMUDAH KOMUNIKASI : email, group. MENDAPATKAN INFORMASI-INFORMASI TERBARU

LITERASI/MELEK MEDIA …….pemahaman dan tindakan di mana pengguna media secara aktif memberdayakan diri kita sendiri dalam menafsirkan pesan-pesan yang kita terima dan bagaimana cara mengantisipasinya (Potter, 2005) …..kemampuan seseorang untuk mengakses, menganalisis, mengevaluasi, dan mengkomunikasikan isi pesan media.

TUJUAN Mengenalkan mengenalkan media (jenis, kharakteristik, proses produksinya, cara penggunaannya, nilai yang terkandung di dalamnya, dsb) Menumbuhkan sikap kritis pada media Meningkatkan kemampuan menganalisis dan membedakan antara informasi/pesan yang benar dan tidak

MEMAHAMI ACARA TV YANG SEHAT Acara yang sehat adalah acara yang mengandung unsur pendidikan, misalnya Si Bolang dan George. Acara yang sehat bisa dinilai dari minimnya adegan kekerasan dalam acara tersebut. Adegan kekerasan ini berupa memukul, menendang, menggunakan senjata tajam dan senjata api, membunuh dan sejenisnya.

MEMAHAMI ACARA TV YANG SEHAT Acara yang sehat adalah acara yang tidak menampilkan pornografi. Pornografi ini bisa dilihat dari cara berpakaian yang tidak sopan, gerakan yang erotis dan kata-kata jorok. Acara yang sehat adalah acara yang menampilkan tema cerita yang masuk akal dan tidak mendorong anak berfikir instan

ACARA TV YANG SEHAT Acara yang sehat adalah acara yang menampilkan tema cerita yang tidak berlawanan dengan norma dan nilai sosial dan agama. Acara yang sehat berisi sportivitas dan keteladanan yang berasal dari usaha keras. 7Acara yang sehat adalah acara yang menceritakan karakter orang yang positif, seperti jujur, suka menolong, sabar, mencintai alam dan sebagainya. Acara yang sehat adalah acara yang mencantumkan peringatan batas usia penonton di sebelah kiri atas atau kanan atas layar televisi.

Bagaimana mendampingi…. Buatlah kesepakatan dengan anak-anak tentang jadwal menonton televisi. Program acara apa saja yang akan ditontonnya. Jangan biarkan anak-anak menonton TV secara acak tanpa direncanakan. Sepakati juga jumlah waktu menonton televisi yaitu 2 jam maksimal sehari. Biasanya orangtua memberikan tempat yang sangat nyaman di rumah untuk menonton televisi. Adanya sofa atau kursi yang nyaman di ruang televisi membuat anak-anak betah menonton TV. Oleh karena itu buatlah tempat yang paling nyaman di rumah itu adalah tempat membaca daripada ruang televisi.

Bagaimana mendampingi…. Hal yang ideal adalah mendampingi anak-anak menonton televisi. Namun seringkali orangtua harus bekerja sehingga tidak bisa secara terus menerus mendampingi anak-anak menonton televisi. Menjadikan televisi sebagai teman belajar anak. Kita tidak dapat menghakimi bahwa semua acara di televisi dapat dianggap sebagai acara yang tidak sehat bagi anak dan remaja. Untuk itu buatlah daftar acara yang sehat dengan menggunakan tips-tips yang telah disebut di atas untuk menentukan acara yang sehat bagi anak.

TATA ATURAN BERMAIN GADGET Menerapkan aturan sejak dini, gadget menjadi sarana alternatif pembelajaran. Batasi waktu penggunaan gadget pada anak-anak ( 1-2 jam/hari)

TATA ATURAN BERMAIN GADGET Anak usia di bawah 5 tahun dibatasi setengah jam dan hanya saat senggang misalnya hari Minggu. Anak usia di bawah 5 tahun lebih pada aplikasi untk mengenalkan fitur pengenalan warna, bentuk, dan suara.

TATA ATURAN BERMAIN GADGET Di atas usia 5 tahun waktu bermain gadget lebih banyak, Diperbolehkan bermain games  atau browsing mencari informasi, tetap dengan supervisi orangtua.

Selalu belajar dan mengikuti perkembangan teknologi terbaru. PERAN ORANGTUA Selalu belajar dan mengikuti perkembangan teknologi terbaru. Memberi tahu anak informasi mana yang layak untuk dibagikan dan diakses oleh anak-anak.  Memberi tahu anak tentang foto, gambar, berita dan kata-kata yang boleh diunggah di media sosial

PERAN ORANGTUA DALAM PENGGUNAAN MEDIA Memberitahukan pada anak-anak agar berhati-hati menerima pertemanan Bertemanlah dengan anak anda di dunia maya. Membuat kesepakatan dengan anak-anak jumlah waktu untuk menggunakan gadget. Melarang anak-anak mengakses situs porno

Literasi Media untuk Perempuan

MEDIA DAN PEREMPUAN MEDIA KONVENSIONAL DAN MEDIA BARU MEMPOSISIKAN PEREMPUAN DENGAN CITRA YANG SALAH, DEHUMANISASI, TERDISTORSI, KOMODIFIKASI DAN OBYEK SEKS MEDIA KONVENSIONAL DAN MEDIA BARU DAPAT DIGUNAKAN SEBAGAI MEDIA MEMBANGUN CITRA BARU ATAS PEREMPUAN

CITRA PEREMPUAN DALAM MEDIA STEREOTIPE/PELABELAN STEREOTIPE (PELABELAN) Perempuan cantik kurus dan putih Perempuan mengurus RT

CITRA PEREMPUAN DALAM MEDIA STEREOTIPE/PELABELAN STEREOTIPE (PELABELAN) Perempuan obyek seks (komoditi) Perempuan obyek seks (komoditi)

Media Cetak KORAN KUNING MAJALAH POPULAR

CITRA POSITIF PEREMPUAN

STRATEGI PENONTON HARUS KRITIS ATAS CITRA PEREMPUAN DALAM MEDIA MEDIA MELAKUKAN KONSTRUKSI ATAS REALITAS SOSIAL ( foto, feature, berita, film, iklan) MENGGUNAKAN MEDIA SOSIAL UNTUK MENDEKONSTRUKSI CITRA PEREMPUAN DALAM MEDIA DAN ALAT PERJUANGAN

EMAIL : trihastuti.aisyiyah@gmail.com/nursolo@yahoo.com +62 81227941412