ALIRAN-ALIRAN & TOKOH-TOKOH FILSAFAT ILMU

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Metodologi penelitian merupakan :
Advertisements

Membangun Penalaran sebagai Basis Penulisan Ilmiah
KELAHIRAN ILMU PENGETAHUAN ALAMIAH MODERN
ESTETIKA 2 23 MEI IMMANUEL KANT ( ) EPISTEMOLOGI ESTETIKA.
Bab 11 Penutup.
EPISTEMOLOGI PENGETAHUAN
RUANG LINGKUP FILSAFAT
Filsafat Ilmu (Manajemen)
MK Filsafat dan Etika Kesejahteraan Sosial
B y : k e l o m p o k d u a b e l a s ™
Aliran Dalam Filsafat Oleh Heni Rita Susila,M.Pd
PERKEMBANGAN EPISTEMOLOGI
KEKELIRUAN DAN KESALAHAN
METODE DEDUKSI DAN INDUKSI DALAM MEMPEROLEH PENGETAHUAN
Tokoh & aliran dalam Filsafat ilmu Pengetahuan
Tokoh & aliran dalam Filsafat ilmu Pengetahuan
Socrates, Plato, Aristoteles
Logika Deduksi-Induksi dalam Pola Berpikir Ilmiah
Pertemuan 5 DIMENSI ETIS KEMAJUAN IPTEK
Proposisi dalam Bahasa
LANDASAN PENGEMBANGAN ILMU PENGETAHUAN
MASHAB-MAZHAB FILSAFAT
PENGHEGEMONI ALIRAN KRITIS
FILSAFAT, ILMU, & PENGETAHUAN
KE ARAH PEMIKIRAN FILSAFAT
F I L S A F A T Oleh: DEDY WIJAYA KUSUMA, ST., M.Pd.
FILSAFAT, ILMU, & PENGETAHUAN
Modul11 filsafat komunikasi PARADIGMA DASAR ILMU
PARADIGMA ILMU PENGETAHUAN
Bab 1. PENGETAHUAN DENGAN ILMU PENGETAHUAN TELAAH FILOSOFIS
Filsafat, Ilmu dan Filsafat Ilmu
EPISTEMOLOGI (CARA MEMPEROLEH DAN MENYUSUN ILMU PENGETAHUAN )
Hubungan Ilmu, Penelitian
ILMU PENGETAHUAN & FILSAFAT.
SYARAT DAN TUJUAN PENELITIAN Dwiyati Pujimulyani 2015
RASIONALISME SUMBER PENGETAHUAN YANG DAPAT DIPERCAYA ADALAH AKAL (RASIO) PENGALAMAN (EMPIRI) BERFUNGSI MENEGUHKAN PENGETAHUAN YANG DIPEROLEH OLEH AKAL.
E- LEARNING MATA KULIAH : FILSAFAT ILMU DAN LOGIKA
Ilmu, Penelitian Ilmiah
“POSITIVISME” Untuk memenuhi tugas Filsafat Ilmu
SEJARAH FILSAFAT ILMU.
Hubungan Etika dan Ilmu
FILSAFAT DAN SAINS (1) FILSAFAT, CARA BERFIKIR RADIKAL & MENYELURUH, SUATU CARA BERFIKIR YANG MENGUPAS SESUATU SEDALAM-DALAMNYA TUGAS FILSAFAT BUKAN MENJAWAB.
E- LEARNING MATA KULIAH : FILSAFAT ILMU DAN LOGIKA
KELOMPOK 4 CILINE RIA APRILLIA RENI SETYA
SUMBER-SUMBER PENGETAHUAN
2.3.Metode Ilmiah.
FILSAFAT PENDIDIKAN.
FEYERABEND’S GROUP PRESENTATION
MATERI KULIAH PENDIDIKAN PANCASILA
Pertemuan III Filsafat Ilmu Dan Logika
Sarana Berfikir ilmiah
Ilmu, Sejarah Perkembangan dan Aliran-Aliran Filsafat Ilmu
ILMU PENGETAHUAN & FILSAFAT.
Gagasan Awal tentang Belajar
Filsafat Sains Pertemuan ke-2.
Assalamu’alaikum Wr.Wb
FENOMENA KOMUNIKASI DALAM PRESPEKTIF EPISTEMOLOGIS
Filsafat ilmu dan ruang lingkup filsafat ilmu
LANDASAN PENDIDIKAN Siti Nurjannah Oleh:
POSITIVISME HUKUM Positivisme adalah suatu aliran filsafat yang bertitik tolak bahwa ilmu alam (fakta yang positif) sebagai satu-satunya sumber pengetahuan.
Bab 11 Penutup.
Sejarah & Aliran Psikologi
FILSAFAT PENGETAHUAN (EPISTEMOLOGI)
EPISTEMOLOGI Setelah mengkaji Ontologi, maka sampailah pada hakekat cara (teori) memperoleh pengetahuan (dan ilmu) atau pada Epistemologi. Bagaimana agar.
Sejarah Empirisme Istilah empirisme diambil dari bahasa Yunani empiria yang berarti coba – coba atau pengalaman. sebagai doktri.. Empirisme adalah lawan.
Kelompok 8 Ai Marlina Dede Ilmi Deuis Siti Sarah
Pengantar Filsafat Ilmu
POSITIVISME DAN POSTPOSITIVISME Pertemuan 4
METODE RISET (Research Method)
FILSAFAT PENGETAHUAN (EPISTEMOLOGI ) Epistemologi berasal dari bahasa yunani : Episteme : pengetahuan / kebenaran dan logos : pikiran / kata / teori Secara.
Transcript presentasi:

ALIRAN-ALIRAN & TOKOH-TOKOH FILSAFAT ILMU Bahan Kuliah Filsafat Sains & Teknologi UMBY

Pengantar Pengertian ilmu pengetahuan harus dipahami dalam konteks suatu perkembangan menuju kesempurnaan. Perkembangan filsafat ilmu berkaitan dg perkembangan filsafat pada satu sisi dan ilmu pengetahuan di sisi yang lain. Terdapat dua aliran besar yang mempengaruhi seluruh perkembangan keilmuan dan filsafat ilmu yaitu rasionalisme dan empirisme. Aurelius Teluma

1. Rasionalisme Plato dan Descartes Rasionalisme adalah aliran yang meyakini hanya rasio/akal yg menjadi dasar kepastian dan kebenaran. Rasionalisme tidak menyangkal kehadiran fungsi indra tetapi hanya melihatnya sbg pemberi rangsangan dan bahan-bahan kepada rasio agar rasio mengolahnya menjadi pengetahuan. Dua tokoh penting dari aliran ini adalah Plato (427-347 SM) dan Rene Descartes (1596-1650). Aurelius Teluma

Rasionalisme Plato Plato membedakan secara tajam dua macam pengetahuan yakni pengetahuan inderawi dan pengetahuan kejiwaan (ideal). Pengetahuan inderawi tidak dapat disebut pengetahuan sejati karena indera menangkap kesan sementara yg terus berubah. Dunia inderawi merupakan dunia yg semu, hanya sbg bayangan dari dunia ide. Untuk menembus kenyataan dan sampai pada kebenaran, manusia harus melepaskan diri dari tangkap indra lalu melampauinya dan naik ke alam ide yg bersifat umum melalui akal. Akal-lah yg memiliki kemampuan untuk mengetahui kenyataan dan kebenaran sejati. www.themegallery.com

Rasionalisme Rene Descartes Descartes dikenal sbg Bapak Filsafat Modern. Pada masanya, titik tolak kebenaran adalah iman. Descartes berusaha mencari titik tolak yg lebih pasti tentang kebenaran. Untuk itu ia memperkenalkan suatu metode penalaran yg disebut “keraguan metodis” Keraguan metodis dimulai dg meragukan segala hal. Jika semua hal telah diragukan kebenarannya, maka apa yg masih tersisa yg tidak dapat diragukan? Yang masih tersisa dan yang tidak dapat diragukan adalah bahwa saya sedang meragukan segalanya. Saya ragu karena saya berpikir. Jadi, saya berpikir maka saya ada. Cogito ergo sum. Melalui keraguan sebagai metode, saya sampai pada kebenaran. Kebenaran dapat dicari berdasarkan penalaran pada proposisi-proposisi yg terlepas dari pengalaman inderawi sebagaimana yg dipraktekkan dalam matematika (Descartes seorang matematikawan). Aurelius Teluma

2. Empirisme: Dari Aristoteles sampai David Hume Empirisme merupakan lawan dari rasionalisme. Menurut empirisme, pengalaman inderawi (emperia) merupakan sumber kebenaran. Pada umumnya, diakui bahwa filsuf Inggris John Locke (1632-1704) merupakan tokoh utama dan pelopor dari aliran ini. Tetapi, sebenarnya, sejak benih aliran ini sudah ada sejak Aristoteles yang mengkritik rasionalisme Plato, gurunya. Pemikir besar seperti Aristoteles tidak mutlak disebut penganut empirisme krn dia juga menemukan alur pemikiran deduktif dalam logika yg sangat rasional. Menurut Aristoteles: ilmu diperoleh dari hasil pengamatan manusia atas kenyataan yg banyak dan berubah yang kemudian secara bertahap sampai pada kebenaran yang bersifat “universal”. Aurelius Teluma

Empirisme… Francis Bacon (1561-1626) memperkenalkan cara kerja induksi untuk memperoleh ilmu. Menurut Bacon, akal budi bertolak dari pengamatan inderawi partikular untuk mendapatkan dan merumuskan pertanyaan yang berada dalam jangkauan pengamatan lalu secara bertahap menuju pernyataan2 yg lebih umum. John Locke menulis bukunya Essay Concerning Human Understanding (1689) dg berdasar pada premis: semua pengetahuan berasal dari pengalaman. Karena itu, ia dianggap sbg tokoh empirisme era modern. Locke menolak rasionalisme Plato lalu mengemukakan teorinya yg terkenal yaitu: tabula rasa: jiwa manusia tatkala dilahirkan kosong seperti kertas putih, dan setiap ide yg diperolehnya untuk mengisi kertas putih itu diperoleh melalui pengalaman inderawi. David Hume (1711-1776), merupakan penganut empiris radikal, yg tidak saja mengakui superioritas pengalaman inderawi, tetapi juga menolak prinsip kausalitas yang diterangkan dg akal. Baginya, kausalitas dapat diterangkan melalui pengalaman. Aurelius Teluma

3. Positivisme Comte, Neopositivisme dan Perlawanan Karl Popper Positivisme merupakan aliran filsafat yg dibangun oleh Auguste Comte (1798-1857). Intinya, positivisme ingin membersihkan ilmu dari spekulasi-spekulasi yg tidak dapat dibuktikan secara positif. Comte mau mengembangkan ilmu dg melakukan percobaan (eksperimen) terhadap bahan faktual yang terdapat dalam kenyataan empiris, bukan dg menyusun spekulasi rasional yg tidak dapat dibuktikan secara positif melalui eksperimen. Bagi Comte, positivisme merupakan tahap akhir atau puncak dari perkembangan pemikiran manusia. Ia membagi tahap perkembangan pemikiran manusia menjadi: 1. tahap mistik-teologis; 2. tahap metafisika; 3. tahap positif. Aurelius Teluma

Neopostivisme Positivisme Comte kemudian dikembangkan oleh para pemikir yg dikenal dg Lingkaran Wina yg didirikan tahun 1924. Anggota Lingkaran Wina: Moritz Schlick, Hans Hahn, Otto Newrath, Hans Reichenbach dan Victor Craft. Pemikiran Lingkaran Wina dikenal dg sebutan neopositivisme/ positivisme logis/ empirisme logis. Pokok-pokok pemikiran Lingkaran Wina: Sumber pengetahuan adalah pengalaman tentang data-data inderawi. Dalil-dalil matematika yg tidak dihasilkan melalui pengalaman, diakui keberadaannya dan digunakan untuk mengolah data pengalaman inderawi. Pernyataan-pernyataan dinyatakan bermakna jika terbuka untuk diverifikasi (dibuktikan benar secara empiris); pernyataan2 yg tidak dapat diverifikasi seperti etika, estetika dan metafisikan dinyatakan sbg pernyataan yg tidak bermakna. Menolak pembedaan antara ilmu-ilmu alam dan ilmu sosial. Berupaya mempersatukan semua ilmu dalam satu bahasa ilmiah yg universal. Aurelius Teluma

Perlawanan Karl Raimund Popper Popper menentang pemikiran kelompok Wina. Bagi Popper, bermakna atau tidaknya suatu pernyataan tidak ditentukan oleh verifikasi secara empiris. Popper lebih menekankan perbedaan antara pernyataan ilmiah dan tidak ilmiah, bukan bermakna dan tidak bermakna. Hukum-hukum ilmiah dapat berlaku bukan dg cara pembenarannya secara verifikasi melainkan justru melalui falsifikasi atau dapat dibuktikan salah! Artinya: jika kita telah menyusun hipotesis, yg harus dilakukan bukan mengumpulkan sebanyak mungkin data utk membenarkan hipotesis, melainkan mencari data utk membuktikan bahwa hipotesis itu salah. Jika hipotesis itu bertahan maka utk sementara diterima. Jika terbukti salah, maka ditinggalkan. Dg cara inilah ilmu dapat berkembang maju. Contoh Popper: “Dengan observasi terhadap angsa putih, betapa pun besar jumlahnya, tidak dapat sampai pd kesimpulan bahwa semua angsa berwarna putih, tetapi cukup satu kali observasi terhadap seekor angsa hitam untuk menyangkal pendapat tadi.” Aurelius Teluma

Kritisime Kant Filsuf Jerman Immanuel Kant (1724-1804) dibesarkan dalam tradisi rasionalisme tetapi terbangun dari dogmatismenya berkat Hume (empiris). Kant menamakan pemikirannya sbg: kritisisme. Bagi Kant, yg harus menjadi pusat perhatian adalah subyek yang mengetahui, bukan obyek yg diketahui (antidogmatisme). Telaah pertama terhadap subyek yg mengetahui adalah: menyelidiki kemampuan dan batas rasio, sejauh mana klaimnya terhadap kebenaran dapat dipertanggungjawabkan. Lalu; sintesis rasional-empiris: manusia mendapatkan berbagai kesan dari berbagai obyek dan peristiwa di sekitarnya, semuanya merupakan bahan mentah yg masuk dalam kesadaran manusia yg “diolah” secara aktif oleh subyek. Pengetahuan selalu bersifat sintesis: merupakan hasil akhir yg diperoleh karena adanya kerja sama dua unsur yaitu bahan yg diperoleh dari pengalaman inderawi dan cara mengolah yg dilakukan oleh subyek dg rasionya. Aurelius Teluma

Thank You !