Sosialisasi KRSBI 2016 RoboSoccer Humanoid League (RSHL)

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Indonesian Robot Contest
Advertisements

FUTSAL.
TECHNICAL MEETING LOMBA CERDAS CERMAT (LCC) KEBUMIAN Dies natalis VII HMTG “dr.Bumi” UNSOED GEOSENSATION.
FAKULTAS ILMU ADMINISTRASI UNIVERSITAS BRAWIJAYA 2014
The TECHNICAL MEETING.
Gambar Proyeksi Orthografi
IT DIRECTORATE BINA NUSANTARA presents Thursday, 18 December 2014 Renan Prasta Jenie, S.T.P., M.T. 1.
Technical meeting Pesona kimia Sabtu, 23 oktober 2010 Kampus b UNJ.
LOMBA DIES NATALIES KE-56 UNIVERSITAS JANABADRA
PERWASITAN SEPAKBOLA Subagyo Irianto, M.Pd
PETUNJUK SELAMAT! Tim Anda terpilih untuk mengikuti THE AMAZING RACE on KEBUN RAYA BOGOR Pastikan Tim Anda menerima 1 bingkisan yang berisikan PETA, ATURAN.
CYBER COMPETITION Robotic.
Lomba Cepat Tepat Cyber Competition 2015 Cycom Smansasi
Cara penggunaan TOILET DUDUK INSECURE ACT IN USING OF TOILETS
KECELAKAAN DI TOILET ACCIDENT WITH TOILET
PERTEMUAN KE-6 UNIFIED MODELLING LANGUAGE (UML) (Part 2)
Pencarian Pulau Komodo Team “GhoTiC-V” Nur Frandianto W. Yudho Anggara Putra Yogi Permady Jurusan Sistem Komputer Universitas Gunadarma Laporan Kemajuan.
STIKOM ENGLISH SPEECH COMPETITION 2015
Hard Disk (Hard Drive) adalah device yg berfungsi sebagai penyimpan data utama (Primary Storage) pada computer. Fungsi ini juga biasa di-istilahkan sebagai.
Revolution of Science Generation.
Babak Final EARTHQUAKE RESISTANT DESIGN COMPETITION 2017
ACCOUNTING SPORT COMPETITION2017
Don’t follow trends, start YOUR trend !
EKSHIBISI SEPAKBOLA ROBOT BERODA (ESRB) 2016
Pedoman Pengerjaan PKM-K
Jaringan Nirkabel Bab #5 – Enkoding Sinyal.
CYBER COMPETITION ROBOTIC Free PowerPoint Templates
TECHNICAL MEETING MIPA 22.
EIS (Executive Information Systems)
KOMUNIKASI DATA Materi Pertemuan 3.
Lomba Cepat Tepat Cyber Competition 2017 Cycom Smansasi.
Media Transmisi Jaringan
Pertemuan 23 Sequence Diagram
LOMBA CERDAS CERMAT PANATEEN
PERSYARATAN PESERTA Peserta masih berstatus sebagai siswa SMA/Sederajat dalam lingkup se-Jawa Terbuka. Jumlah peserta (tim) dari tiap sekolah tidak dibatasi.
Cyber Competition 8 Cyber Movie.
PRAKTEK KERJA NYATA.
KOMUNIKASI DATA Materi Pertemuan 2.
Analisis Jaringan.
PENGENALAN JARINGAN KOMPUTER
Caesar Nandito.
KEMENTERIAN PERUMAHAN RAKYAT
Permainan dan Olahraga
Peserta Kompetisi Roket Air 2017
Terkemuka, Modern dan Islami
EIS (Executive Information Systems)
Refleksi From high speed to low speed (low density to high density)
Tata Tertib Technical Meeting
Tata Tertib Technical Meeting
SEPAK BOLA IDA NILA, S.Pd KELAS XI IPA-IPS.
Pengantar Teknologi Informasi
Cara penggunaan TOILET DUDUK INSECURE ACT IN USING OF TOILETS
PERMAINAN BOLA BASKET.
ABSTRACT Animation is an image or object processing which can be moved. Firstly, animation is made using paper sheet by sheet which is flipped until get.
Ramadhan Guno Wirogo ( ) Ridho Ditama ( )
Babak Final EARTHQUAKE RESISTANT DESIGN COMPETITION 2017
Variasi menggiring Menggiring bola adalah salah satu teknik mengontrol bola yang dilakukan dengan cara bola digiring dari satu tempat ke tempat lain atau.
Media Transmisi Jaringan Electronic Engineering Polytechnic Institut of Surabaya – ITS Kampus ITS Sukolilo Surabaya.
Beasiswa Pascasarjana untuk Tenaga Kependidikan Berprestasi 2018
CC 9 Juru Teknis Lomba.
Program Kompetisi Bisnis Mahasiswa Indonesia
Cara penggunaan TOILET DUDUK INSECURE ACT IN USING OF TOILETS
CSCW (Computer Supported Cooperative Work)
Manajemen Operasional
Cyber Competition Robotik.
Lomba Cepat Tepat Cyber Competition 2017
Permainan Bola Besar - Sepak Bola  Brenda Goesnar  Chintya Praticia Wijaya  Fiona Forodes  Jimmy Feruchi Sinaga  Juvent Ar Bun  Louis Pamdinata 
SEPAK BOLA. Sepak bola adalah permainan bola yang sangat populer dimainkan oleh dua tim, yang masing-masing beranggotakan sebelas orang.permainanbola.
INFORMATICS RALLY GAMES AND LOGIC 2019
Transcript presentasi:

Sosialisasi KRSBI 2016 RoboSoccer Humanoid League (RSHL) Disampaikanoleh Dr. EndraPitowarno

TEMA LIGA SEPAKBOLA ROBOT HUMANOID: RoboSoccer Humanoid League (RSHL) Sesuai dengan cita-cita organisasi ROBOCUP internasional (http://www.robocup.org atau http), yaitu bahwa pada tahun 2050 organisasi ini mampu mencetak tim sepak bola robot yang mampu melawan tim juara dunia sepak bola. Mahasiswa dapat makin terpacu untuk berkreasi mengikuti perkembangan dunia robotika yang secara tidak langsung juga akan meningkatkan pemahaman dan penguasaan iptek dan aplikasi robotika dalam dunia industri masa depan.

RULE OF THE GAME KRSBI 2015 akan mempertandingkan kelas KidSize dengan Rule of the Game sepenuhnya diadopsi dari RoboCup.org: Humanoid League Rules 2015.pdf Dua Tim dengan masing-masing jumlah robot minimal 1 robot, maksimal 5 robot humanoid berukuran KidSize berhadap-hadapan dilapangan model KidSize skala penuh (sesuai aturan RoboCup) dalam waktu 2 x 10 menit. Pertandingan dilaksanakan dalam setengah kompetisi (untuk babak penyisihan) dan sistem gugur (untuk babak perdelapan hingga final). Perpanjangan waktu dan atau adu penalti akan dilakukan jika hasil akhir pertandingan sistem gugur adalah 0:0.

RULE OF THE GAME Untuk dapat lolos dalam proses seleksi awal (Tahap II: Laporan Perkembangan Robot dalam video) tim harus dapat menunjukkan bahwa tiap robot memiliki kemampuan mencari bola dan menendang bola. Tanpa kemampuan dasar ini tim robot TIDAK AKAN DIPERKENANKAN mengikuti pertandingan Regional. Penentuan Pemenang Kompetisi dilakukan dengan cara sepenuhnya seperti pertandingan sepak bola profesional (setengah kompetisi).

Tim Robot Anggota Tim Robot INTI harus berasal dari Perguruan Tinggi yang terdiri dari 4 (empat) mahasiswa aktif dan 1 (satu) dosen pembimbing. Anggota Tim Robot INTI ini untuk tingkat NASIONAL transportasi dan akomodasi akan dibantu pembiayaannya. Anggota Tim Robot MEKANIK (Pit Crew) maksimal 2 (dua) orang. Tim MEKANIK ini diperbolehkan berada ditepi lapangan ketika Tim sedang bertanding.

Spesifikasi Robot Tiap tim boleh membawa lebih dari 5 (lima) robot yang akan dipertandingkan, namun maksimal hanya 4 (empat) yang boleh berlaga dalam setiap game permainan. Tiap robot harus memiliki dimensi yang sesuai dengan Bab 4 Rule RoboCup Soccer Humanoid league 2015 untuk kelas KidSize, (Lihat Lampiran A). Berat tiap robot berdimensi KidSize ini tidak dibatasi.

Dimensi Robot

Spesifikasi Robot (cont) Besar Tegangan yang digunakan dirangkaian elektronik dan aktuator robot tidak dibatasi. Namun demikian, sumber tegangan harus berasal daribaterai yang dapatdipilihdaribeberapamacambateraiberikutini: baterai kering seperti Alkaline (tidak rechargeable), NiCd, NiMH, LiIon (Lithium Ion), LiPo (Lithium Polymer) atau maintenance free lead acid ACCU (aki kering). Penggunaan aki basah (accu yg harus diisi dengan cairan secara berkala) adalah DILARANG. Robot harus bersifat autonomous tanpa perintah dar iluar atau operator. Kesengajaan mengoperasikan robot dari luar dapat menyebabkan tim didiskualifikasi dan institusinya di-black-list dalam keikutsertaan tahun berikutnya. Robot juga harus dapat menerima perintah secara WIRELESS (dari Game Controller)

Spesifikasi Robot (cont) Tim seharusnya menggunakan sensor-sensor pada robot yang merepresentasikan sensor-sensor alami dari manusia, seperti kamera (mata), sensor sentuhan (kulit), sensor tekanan (untuk telapak kaki) dsb. Robot dilarang menggunakan sensor-sensor aktif yang digunakan untuk menguji/mengukur lingkungan melalui refleksi seperti TX/RX infra merah, ultrasonic sensor, gelombang elektromagnetik, ataupun sensor-sensor lain yang beroperasi dengan cara memancarkan sinyal. (Selengkapnya lihat Lampiran A Bab 4.4)

Spesifikasi Robot (cont) Untuk penglihatan dengan menggunakan kamera dapat memakai sistem mono ataupun stereo vision, namun sudut jangkauan penglihatan mata kamera ini (dalam posisi kamera tidak bergerak) tidak boleh melebihi 180 derajat. Kamera juga harus diletakkan dikepala atau diatas sambungan leher yang leher ini dapat berputar tidak lebih dari 270 derajat.

Spesifikasi Robot (cont) Padat ubuh robot dilarang terdapat bagian robot yang berwarna: ORANGE (warna bola). Unsur kesengajaan atas peletakan warna-warna ini dapat menyebabkan Tim di diskualifikasi. Tim Robot harus menyediakan seragam bagi robot-robot nya dengan warna CYAN dan MAGENTA.

Communication and Control Robots participating in the Humanoid League competitions must act autonomously while a competition is running. No external power supply, tele-operation, remote control, or remote brain of any kind is allowed. Robots may communicate only via the wireless network provided by the organizers which must support the referee box. The total bandwidth of the robots belonging to one team may not exceed 1MBaud. The robots must not rely on availability or quality of the wireless network. They must be able to play if the network is not available or of low quality. Only robots are allowed to communicate by WLAN. Any other computers of team members are only allowed to communicate by tethered LAN. No other wireless communication is allowed onsite. All other wireless hardware must be deactivated. A team may be disqualified if one of the team members violates this rule.

Communication and Control Robots of a team may communicate with each other at any time during a game. They may receive start and stop signals from an off-the field computer. This computer is only allowed to listen to the wireless communication while the ball is in play. It may be used to send game-control signals (e.g. kick-off, penalty, free kick, ...) to the robots during game stoppages. Any other kind of transmission from an external computer to the robots is prohibited. The start and stop signal are to be sent via UDP when the ball is not in play (e.g. from a game controller/referee box via UDP broadcast). This implies that any monitoring is only done by receiving UDP communication from the robots. Sending any other transmission from an external computer to the robots has to take place during a timeout or using a direct cable between the computer and the robot during maintenance of the robot.

Communication and Control No humans are allowed on the field while the ball is in play. Robot handlers must receive permission from the referee prior to entering the field. Each team may designate only one person as robot handler. The robot handler of a team may not touch a robot of another team in order to avoid any (unintentional or intentional) damage to that robot.

LapanganPertandingan

LapanganPertandingan: material lapangan Lapangan permainan (A×B) berukuran (900×600)cm terbuat dari kayu multipleks yang dilapisi karpet polyester halus berwarna HIJAU TUA polos, sedangkan karpet melapisi lantai kayu keseluruhan yang berukuran minimal (970×670)cm. Lapangan ini tidak memiliki dinding disekelilingnya. Garis-garis pembatas lapangan permainan berukuran 5 cm yang dibuat dari kertas sticker putih atau cat sablon putih.

LapanganPertandingan Ukuran dan warna gawang: Warna gawang adalah PUTIH (LihatLampiran A)

PengaturanLapangan Di atas lapangan diletakkan lampu-lampu berwarna putih lembut yang cahaya nya merata keseluruh permukaan lapangan. Pencahayaan minimal dipermukaan lapangan adalah 300 Lumen Posisi robot ketika START adalah: Robot Penjaga Gawang didepan gawang, robot-robot yg lain ditengah lapangan (bisa ditentukan sendiri oleh tim)

Posisi Bola Seperti pada permainan sepak bola, hanya ada SATU BOLA berwarna orange, danpada awal permainan diletakkan dititik putih tengah lapangan dihadapi oleh tim yg bermain duluan (dipilih melalui undian).

Game Controller Software dapat dilihat diLampiran (Silakan kunjungi web Robocup.org)

Diskualifikasi Robot tidak memenuhi spesifikasi seperti yang diterangkan dalam Rule. Anggota Tim dengan sengaja menyentuh robot tanpa seijin juri/wasit ketika sedang bertanding. Anggota Tim tidak patuh pada arahan WASIT dan atau JURI. Anggota Tim melakukan tindakan yang dapat dikategorikan sebagai tindakan menodai spirit of fair play selama kegiatan kontes.

INFORMASI TAMBAHAN dan FAQ (FREQUENTLY ASK QUESTIONS) Informasi Tambahan dan kolom FAQ akan diberikan sesuai dengan kebutuhan hingga menuju hari pertandingan.

PENDAFTARAN PESERTA Tiap Perguruan Tinggi dapat melakukan pendaftaran untuk ikut serta dengan pertama kali mengirimkan proposal kealamat: Panitia Pusat KRSBI 2015 Direktorat Kemahasiswaan – Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kementerian Riset,Teknologi dan Pendidikan Tinggi, Gedung D Jl.Jend.Sudirman Pintu I, Senayan, Jakarta,10270. TEL. 021-5700049, 5731251, 5731956 (hunting) ext. 1855. FAX. 021-5732468

Proposal berisisetidak-tidaknya: Identitas tim yang terdiri dari satu pembimbing (dosen) dan 4 (empat) anggota tim (mahasiswa aktif) disertai dengan lembar pengesahan dari pejabat diperguruan tinggi. Bentuk rekaan robot yang akan dibuat disertai penjelasan tentang sistem prosesor, sensor dan aktuator yang akan digunakan. Penjelasan secara singkat tentang strategi yang akan digunakan dalam pertandingan.

BIAYA PEMBUATAN ROBOT, TRANSPORTASI DAN AKOMODASI PESERTA Untuk pertandingan tingkat regional panitia hanya akan menanggung biaya akomodasi selama berada dilokasi pertandingan. Biaya pembuatan robot dan transportasi adalah tanggung jawab masing-masing tim. Untuk pertandingan tingkat nasional, peserta akan mendapat bantuan biaya untuk pembuatan robot, akomodasi dan transportasi dari daerah asal ketempat pertandingan.

SIMPOSIUMKRSBI2016 ke-4 (4rdISRSC2016)

JADWAL DAN TEMPAT KONTES

JADWAL DAN TEMPAT KONTES .

PENYELENGGARA

CONTACT PERSON Dr. Ir. Endra Pitowarno, M.Eng, Tel: 031-5947280 ext. 4179, HP: 0812.3030.162, Email: epit@eepis- its.edu, Mailing List: krci@groups.eepis-its.edu ErtantoBudi K, DP2M DIKTI, E-mail: tantointer@gmail.com