Pemrograman Dasar Kelas X.

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Algoritma dan Flowchart
Advertisements

PENDAHULUAN KONSEP ALGORITMA DAN DIAGRAM ALIR (FLOWCHART)
TEORI ALGORITMA.
TIPE data Tipe data yang dikenal dalam bahasa pascal antara lain :
- PERTEMUAN 2 - TIPE DATA, VARIABEL, DAN OPERATOR
Tipe Data, Variabel & Operator
Teks Algorithma Ery Setiyawan Jullev A.
Bahasa Pemrograman dan Flow Chart
Algoritma dan Struktur Data
Algoritma dan Struktur Data
Flowchart dan Pseudocode
PENGANTAR ALGORITMA DAN PEMROGRAMAN
PENEMU ALGORITMA Perangko dari Rusia pada Gambar di samping ini bergambar seorang pria dengan nama Muhammad ibn Mūsā al- Khwārizmī. Bagi kalian yang.
Logika & Algoritma -- Pertemuan II: Variabel dan Operator Logika & Algoritma --
Algoritma (Struktur, Tipe Data, Input/Output)
Notasi Algoritma.
Struktur Data dan Algoritma
Tipe Data, Variabel & Operator
Algoritama dan Pemrograman. Logika Informatika dan Algoritma Intro Intro | Pengertian | Pseudocode | download.
Bab 3 algoritma dan flowchart
PENEMU ALGORITMA Perangko dari Rusia pada Gambar di samping ini bergambar seorang pria dengan nama Muhammad ibn Mūsā al- Khwārizmī. Bagi kalian yang.
Pemrograman Dasar Kelas X.
BAB 2 BAHASA PEMROGRAMAN
Elemen Dasar C++ Norma Amalia, ST.,M.Eng.
ANALISA DAN DESAIN ALGORITMA
ALGORITMA PEMROGRAMAN 2A
Struktur Algoritma & Tipe Data
Flowchart (Diagram Alur)
Pengantar Pemrograman Basis Data (PPBD)
Notasi Algoritma & Tipe Data
PEMROGRAMAN DASAR Varian dan Invarian.
KONSEP DASAR PEMROGRAMAN
Tipe, Nama, dan Nilai Anifuddin azis.
Algoritma dan Pemrograman 2A
PENGANTAR LOGIKA & TEKNIKPEMROGRAMAN
MODUL 3 PSEUDOCODE.
ALGORITMA & LOGIKA PEMROGRAMAN
Virdiandry Putratama,ST Politeknik Pos Indonesia Tahun 2015
TEL 2112 Dasar Komputer & Pemograman Konsep Tipe Data dan Operator
Konsep Tipe Data dan Operator
penyusunan algoritma (flowchart)
Algoritma & Pemrograman 1
NILAI DAN EKSPRESI (TRANSFORMASI NILAI), TIPE DATA DAN TIPE OPERATOR
Pseudocode – Tipe Data, Variabel, dan Operator
Algoritma.
Algoritma & Pemrograman Chapter 4
ALGORITMA PEMROGRAMAN DASAR
STRUKTUR DATA ( Menjelaskan Mengenai Data & Struktur Data )
ALGORITMA DAN PEMROGRAMAN Tipe Data
Tipe Data, Nama dan Nilai
Algoritma & Pemrograman 1
Algoritma dan Pemrograman (Pertemuan 04)
Algoritma dan pemrograman
Bahasa Pemrograman dan Flow Chart
Konsep Tipe Data dan Operator
TIPE DATA, NILAI, INPUT DAN OUTPUT
ALGORITMA DAN PEMROGAMAN
PENGANTAR LOGIKA & TEKNIK PEMROGRAMAN
Pertemuan 2 Algoritma dan Pemrograman
Review Algoritma 1 Teks Algoritma terdiri dari tiga bagian :
Pemrogram 1 Agus Darmawan, S.kom.
Algoritma dan Struktur Data
PERTEMUAN II PENGANTAR
Pertemuan 2 Pengantar Pemrograman
PEMROGRAMAN DASAR Varian dan Invarian.
Algoritma dan Stuktur Data
Sekolah Tinggi Manajemen Informatika Komputer Bani Saleh
PEMROGRAMAN DASAR Varian dan Invarian.
SMK BINA INSAN Pemograman Dasar Operasi Aritmatika Dan Logika Yobi Saputra 22.
Konsep Algoritma Pemrograman
Transcript presentasi:

Pemrograman Dasar Kelas X

Komponen dalam Pemrograman VARIABEL, KONSTANTA DAN TIPE DATA Variabel, konstanta dan tipe data merupakan tiga hal yang akan selalu kita jumpai ketika kita membuat program. Bahasa pemrograman apapun dari yang paling sederhana sampai yang paling kompleks, mengharuskan kita untuk mengerti ketiga hal tersebut. Komponen dalam Pemrograman

Komponen dalam Pemrograman Variabel Variabel adalah tempat dimana kita dapat mengisi atau mengosongkan nilainya dan memanggil kembali apabila dibutuhkan. Setiap variabel akan mempunyai nama (identifier) dan nilai. Komponen dalam Pemrograman

Komponen dalam Pemrograman Konstanta Konstanta adalah variabel yang nilai datanya bersifat tetap dan tidak bisa diubah. Jadi konstanta adalah juga variabel bedanya adalah pada nilai yang disimpannya. Jika nilai datanya sepanjang program berjalan tidak berubah-ubah, maka sebuah varibel lebih baik diperlakukan sebagai konstanta. Pada sebuah kode program, biasanya nilai data dari konstanta diberikan langsung di bagian deklarasi konstanta. Sedangkan untuk variabel biasanya hanya ditentukan nama variabel dan tipe datanya tanpa isian nilai data. Aturan penamaan variabel juga berlaku untuk penamaan konstanta. Demikian juga aturan penetapan tipe data. Komponen dalam Pemrograman

Komponen dalam Pemrograman Tipe Data Tipe data adalah jenis data yang dapat diolah oleh komputer untuk memenuhi kebutuhan dalam pemrograman komputer. Setiap variabel atau konstanta yang ada dalam kode program, sebaiknya kita tentukan dengan pasti tipe datanya. Ketepatan pemilihan tipe data pada variabel atau konstanta akan sangat menentukan pemakaian sumber daya komputer (terutama memori komputer). Salah satu tugas penting seorang programmer adalah memilih tipe data yang sesuai untuk menghasilkan program yang efisien dan berkinerja tinggi. Komponen dalam Pemrograman

Tipe Data Tipe data dibagi berdasarkan jenis nilainya : Integer : bilangan bulat Real : bilangan desimal Char : terbatas satu karakter String : kumpulan karakter Tipe data bentukan Tipe data terstruktur Tipe Data

Komponen dalam Pemrograman Operator Operator adalah simbol-simbol khusus yang digunakan untuk mengoperasikan suatu nilai data (operand). Ada beberapa jenis operator, yaitu : 1. Assignment Operator / Operator Penugasan 2. Arithmetic Operator / Operator Aritmatika 3. Logical Operator / Operator Logika / Boolean Operator 4. Comparison Operator / Operator Pembanding Komponen dalam Pemrograman

Cara Penulisan Algoritma 1. Structured English (SE) 2. Pseudocode 3. Flowchart Cara Penulisan Algoritma

Structured English (SE) SE merupakan alat yang cukup baik untuk menggambarkan suatu algoritma. Dasar dari SE adalah Bahasa Inggris, namun kita dapat memodifikasi dengan Bahasa Indonesia sehingga kita boleh menyebutnya sebagai Structured Indonesian (SI). Structured English (SE)

Algoritma menghitung luas segitiga Contoh 1 Start Baca data alas dan tinggi. Periksa data alas dan tinggi, jika nilai data alas dan tinggi lebih besar dari nol maka lanjutkan ke langkah ke 4 jika tidak maka stop Luas adalah alas kali tinggi kali 0.5 Tampilkan Luas Stop

Pseudocode mirip dengan SE Pseudocode mirip dengan SE. Karena kemiripan ini kadang-kadang SE dan Pseudocode dianggap sama. Pseudo berarti imitasi atau tiruan atau menyerupai, sedangkan code menunjuk pada kode program. Sehingga pseudocode adalah kode yang mirip dengan instruksi kode program sebenarnya. Pseudocode didasarkan pada bahasa pemrograman yang sesungguhnya seperti BASIC, FORTRAN atau PASCAL. Pseudocode yang berbasis bahasa PASCAL merupakan pseudocode yang sering digunakan. Pseudocode

Tujuan dari penggunaan pseudecode adalah untuk mempermudah manusia dalam pemahaman dibandingkan menggunakan bahasa pemrograman yang umum digunakan, terlebih aspeknya yang ringkas serta tidak bergantung pada suatu sistem tertentu. Pseudocode menggunakan bahasa yang mudah dipahami secara universal dan juga lebih ringkas dari pada algoritma. Tidak ada aturan baku yang mengikat tentang penulisan pseudocode. Pseudocode

Bagian-bagian Pseudocode Pseudocode biasanya terdiri dari 3 hal di bawah ini: Deklarasi Program Kamus Deskripsi Algoritma Bagian-bagian Pseudocode

Bagian-bagian Pseudocode Deklarasi Program Deklarasi program dituliskan dengan struktur : Program <NamaProgram> Kamus Kamus adalah deklarasi variabel yang akan digunakan di dalam program, dan format penulisannya adalah sebagai berikut: <namaVariabel> : <tipe_data> Bagian-bagian Pseudocode

Bagian-bagian Pseudocode Deskripsi Algoritma Mendeklarasikan jalannya algoritma. Format penulisannya adalah sebagai berikut: Assignment Nilai=20 Operasi Jumlah=nilaiA + nilaiB Input input(a) Output output(a) / output(“hello”) Bagian-bagian Pseudocode

Algoritma menghitung luas segitiga Contoh 1 Program penghitung luas segitiga alas, tinggi, luas : real output(”masukkan alas dan tinggi”) input(alas) input(tinggi) Luas=alas*tinggi*0.5 output(luas)

Flowchart merupakan gambar atau bagan yang memperlihatkan urutan dan hubungan antar proses beserta instruksinya. Gambaran ini dinyatakan dengan simbol. Dengan demikian setiap simbol menggambarkan proses tertentu. Sedangkan hubungan antar proses digambarkan dengan garis penghubung. Flowchart merupakan alat yang banyak digunakan untuk menggambarkan algoritma dalam bentuk notasi-notasi tertentu Flowchart ini merupakan langkah awal pembuatan program. Dengan adanya flowchart urutan poses kegiatan menjadi lebih jelas. Setelah flowchart selesai disusun, selanjutnya pemrogram (programmer) menerjemahkannya ke bentuk program dengan bahasa pemrograman. Flowchart

Flowchart