Definisi Penganjaran Berbantuan Komputer

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
OLEH: NI KOMANG DEPI LESTARI
Advertisements

Pemanfaatan Komputer - 1
Mendesain & Mengembangkan Media Pembelajaran Berbasis ICT
Selamat Datang pada sesi ini
MENGEMBANGKAN STRATEGI PEMBELAJARAN
E-LEARNING E-LEARNING KELOMPOK III HEDI SUSANTO HERY WAHYUDI HUSMADIA
Pembelajaran Berbantuan Komputer
PERKEMBANGAN DAN PENGENALAN BEBERAPA MEDIA
Apa itu Media Materi 6 - PMBTIK. Multimedia Apakah media itu? media pembelajaran adalah segala sesuatu yang dapat digunakan sebagai perantara terjadinya.
INSTRUCTIONAL SOFTWARE
Pembelajaran Berbasis Komputer
Komputer untuk Pendidikan
MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK (PROJECT BASED LEARNING)
KOMPUTER DAN PENDIDIKAN
Aplikasi Instruksional
Pembelajaran Berazas Komputer 3 SKS Oleh : Riduan,SE.,S.Pd.,M.Pd Fakultas Keguaruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Kutai Kartanegara Tahun Akademik 2014/2015.
MULTIMEDIA INTERAKTIF
Komputer dan Pendidikan
Metode Pembelajaran (Ceramah, Ekspositori, Demonstrasi, Drill dan Latihan, Tanya Jawab) Kelompok 6 : Febi Putri Rahmadini Fuji Rahayu Wulandari.
Aplikasi Komputer.
PEMBELAJARAN BERBASIS KOMPUTER Kelompok II Meirisda Risholatia Putri Tiurma Tampubolon Risda Agustina Talitha Iswanto Fatin
Apl. Psi. Kognitif Sains dlm TI
KOMPUTER & MASYARAKAT Pertemuan 3.
KARAKTERISTIK COMPUTER ASSISTED INSTRUCTION. Menurut Simonson & Thompson (1994) ada enam aspek yang perlu dipertimbangkan: 1.Balikan 2.Percabangan 3.Penilaian.
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Jurusan Pendidikan Matematika
COMPUTER BASED INSTRUCTION
PENYUSUNAN BAHAN AJAR.
Komputer dan Pendidikan
MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK (PROJECT BASED LEARNING)
TEKNOLOGI PEMBELAJARAN BERBASISKOMPUTER
Intermezzo... Media pembelajaran merupakan salah satu faktor yang menentukan keberhasilan proses pembelajran. Media sangat bermanfaat sebagai penyampai.
PEMBELAJAAN BAHASA ARAB BEBASIS KOMPUTER Rizka Anis Mubdiurrohmah
Berbasis Komputer (Studi Kasus: Mata Kuliah Sistem Keamanan Komputer) Perancangan Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan for further.
Aplikasi Komputer.
METODE DAN MEDIA PEMBELAJARAN
Penerapan model pembelajaran
Materi 3 - Komputer Multimedia
KARAKTERISTIK COMPUTER ASSISTED INSTRUCTION
MEDIA PEMBELAJARAN By: Durinda Puspasari.
PENGGUNAAN MEDIA Oleh : Rafiqah,S.Si.
Pengertian Strategi Pembelajaran pkn Dick dan carey mengatakan “strategi pembelajaran adalah komponen umum dari suatu materi pembelajaran yang akan digunakan.
Materi 2 - Komputer Multimedia
PENGGUNAAN ICT DALAM PEMBELAJARAN
KONSEP DASAR PEMBELAJARAN BERBASIS KOMPUTER
Penggunaan Komputer di Bidang Pendidikan
PENGGUNAAN ICT DALAM PEMBELAJARAN
Remedial Dan Pengayaan
C a l l omputer ssisted anguage earning Dipresentasikan oleh :
MODEL-MODEL PEMBELAJARAN DAN RELEVANSINYA DENGAN PENDIDIKAN KEJURUAN
KOMPUTER DALAM BIDANG PENDIDIKAN & PEMBELAJARAN
MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK (PROJECT BASED LEARNING)
Natanael Dwi Nugroho Metode demonstrasi.
KOMPUTER DAN PENDIDIKAN
MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK (PROJECT BASED LEARNING)
MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK (PROJECT BASED LEARNING)
PENGEMBANGAN BAHAN AJAR SMA
PEMANFAATAN KOMPUTER DALAM BERBAGAI BIDANG
MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK (PROJECT BASED LEARNING)
MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK (PROJECT BASED LEARNING)
MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK (PROJECT BASED LEARNING)
MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK (PROJECT BASED LEARNING)
MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK (PROJECT BASED LEARNING)
Aplikasi Komputer.
MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK (PROJECT BASED LEARNING)
MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK (PROJECT BASED LEARNING)
MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK (PROJECT BASED LEARNING)
KOMPUTER DAN PENDIDIKAN
MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK (PROJECT BASED LEARNING)
MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK (PROJECT BASED LEARNING)
Aplikasi Komputer Dr. Mesterjon, S.Kom, M.Kom.
Transcript presentasi:

Definisi Penganjaran Berbantuan Komputer Pembelajaran Berbantuan Komputer

Pengantar intelijen atau cerdas Pembelajaran berbantuan komputer telah berkembang cukup lama, dari bentuk yang sederhana sampai ke bentuk yang kompleks. Contoh Sederhana : drill-and-practice dan tutorial Kompleks : pengajaran berbantuan komputer yang bersifat intelijen atau cerdas

Pengantar Untuk mendapatkan hasil yang optimal, perangkat ajar di dalam pengajaran berbantuan komputer haruslah memberikan kemungkinan- kemungkinan sehingga pemakainya dapat mengolah informasi sedalam mungkin. Kemungkinan yang dimaksud diatas adalah adanya konsep percabangan di dalam pembuatan media pembelajaran.

Pengantar PBK tepat sebagai media pembelajaran individual, namun PBK masih memerlukan kehadiran guru. PBK merupakan suatu alat bantu untuk meringankan beban guru, sehingga guru mempunyai kesempatan untuk lebih memperhatikan siswa secara individual.

Pengantar Penggunaan komputer dapat meningkatkan prestasi belajar siswa, namun komputer tidak dapat mengganti peran guru secara keseluruhan, karena peran guru tidak dapat digantikan oleh media apapun termasuk komputer. Penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan komputer dan guru lebih efektif daripada pembelajaran dengan komputer saja atau guru saja (Wihardjo, 2008).

Pengertian Pembelajaran Berbantuan Komputer adalah aplikasi komputer sebagai bagian integral dalam sistem pembelajaran terhadap proses belajar dan mengajar yang bertujuan membantu siswa dalam belajarnya. Istilah asing yang menafsirkan diri sebagai PBK antara lain : Computer Assisted Instruction (CAI), Computer Based Instruction (CBI), Computer Assisted Learning (CAL), Computer Managed Instruction (CMI), dan Computer Based Education (CBE) (Alessi, 1991).

Komponen PBK terdiri dari Hardware, Software, dan Brainware. Hardware, yaitu komputer dan piranti pendukungnya. Software, dapat berupa sistem operasi atau modul program komputer untuk merepresentasikan materi perangkat ajar. Brainware, yaitu pembuat sistem, pengajar, atau siswa.

Jenis Secara umum, PBK di bagi menjadi 4 kategori: Tutorial Drill and Practice Simulation Games

Tutorial Tutorial bertujuan untuk menyampaikan atau menjelaskan materi tertentu, dimana komputer menyampaikan materi, sesuai dengan bahan yang akan diajarkan. Dalam menyajikan materi, tutorial dapat dibedakan menjadi tutorial linier dan tutorial bercabang (Hastuti, 1997). Tutorial bercabang lebih menarik dan attractive karena memberikan kebebasan kepada audience untuk memilih topik yang ingin di tampilkan.

Drill and Practice Digunakan untuk menguji tingkat pengetahuan siswa dan mempraktekkan pengetahuan mereka, Siswa bertugas menjawab soal setelah selesai menjawab, kemudian siswa memberikan feedback. Feedback dapat berupa pertanyaan tentang soal-soal yang sulit.

Simulation Simulasi digunakan untuk memperagakan sesuatu (keterampilan) sehingga siswa merasa seperti berada dalam keadaan yang sebenarnya. Pada perangkat ajar simulasi siswa dihadapkan pada situasi yang mirip dengan kehidupan nyata. Simulasi banyak digunakan pada pembelajaran materi yang membahayakan, sulit, atau memerlukan biaya tinggi, misalnya untuk merakit komputer, pemasangan processor.

Games Tepat jika diterapkan pada siswa yang senang bermain. Bahkan, jika didesain dengan baik sebagai sarana bermain sekaligus belajar, maka akan lebih meningkatkan motivasi belajar siswa. Dibagi menjadi dua jenis, Intrinsic Games dan Extrincic Games. Penelitian University of Rochester di New York menyimpulkan, para gamer bergenre Action memiliki fokus yang lebih pada lingkungan sekelilingnya daripada yang jarang main, apalagi yang tidak main sama sekali.

Kelebihan Meningkatkan perhatian dan konsentrasi siswa. Meningkatkan motivasi siswa. Menyesuaikan materi dengan kemampuan siswa. Mereduksi penggunaan waktu penyampaian materi. Membuat pengalaman belajar lebih menyenangkan, memuaskan dan menguatkan siswa.

Lanjutan.. Kelebihan Dapat mengakomodasikan banyak siswa dan menjalankan fungsinya dengan sedikit kesalahan. Dapat menggunakan fasilitas penyimpanan untuk mengetahui kemajuan belajar siswa. Materi dapat di desain lebih menarik. Dapat mendorong guru untuk meningkatkan pengetahuan dan kemampuan mengenai komputer.

Kekurangan Dikembangkan dalam dialog terbatas sehingga tidak dapat menjawab semua permasalahan siswa. Masih relatif mahal. Tidak dapat melihat teknik siswa dalam menjawab soal dan penguatan sudah tertentu. Pengembangan PBK memerlukan biaya, waktu dan tenaga yang tidak sedikit. Pada kasus khusus, PBK hanya dapat dijalankan pada spesifikasi komputer tertentu. Kecepatan perkembangan teknologi komputer memerlukan upgrade yang terus-menerus.

Lanjutan.. Kekurangan Penilaian tidak mempertimbangkan apakah siswa sedang lelah, mengantuk atau sakit. Pada umumnya hanya menilai hasil akhir, bukan proses belajar. Komputer tidak dapat meniru tingkah laku guru, misalnya senyuman, raut muka, gerakan tangan dan badan, serta tidak dapat menggantikan ikatan batin antara siswa dan guru.