ETNOMEDISIN Foster, George M. dan Anderson, Barbara Gallatin.1986. Antropologi Kesehatan. Jakarta: Universitas Indonesia (UI-Press) NUNIK SURYANI 3401413138
MASALAH PERISTILAHAN Adanya kesenjangan kualitatif pada pemakaian istilah antara pengobatan modern dan pengobatan yang merupakan hasil budaya pribumi, suatu dikotomi yang ditekankan dengan penggunaan istilah-istilah yang kontras seperti “ilmiah” versus “primitif”, “Barat” versus “non-Barat” dan “modern” versus “tradisional” Namun apabila istilah-istilah ini digunakan dalam konteks sistem klasifikasi dengan label istilah-istilah yang relatif netral, maka istilah-istilah itu tidak akan merugikan siapapun.
Sistem-sistem Medis Personalistik Sistem-sistem Medis Naturalistik ETIOLOGI PENYAKIT Sistem-sistem Medis Personalistik Sistem-sistem Medis Naturalistik Suatu sistem dimana penyakit (illness) disebabkan oleh intervensi dari suatu agen yang aktif, yang dapat berupa makhluk supranatural (makhluk gaib atau dewa), makhluk yang bukan manusia (seperti hantu, roh leluhur, atau roh jahat) maupun makhluk manusia (tukang sihir atau tukang tenung). Orang yang sakit adalah korbannya, objek dari agresi atau hukuman yang ditujukan khusus kepadanya untuk alasan-alasan yang khusus menyangkut dirinya saja. Penyakit (illness) dijelaskan dengan istilah-istilah sistematik yang bukan pribadi: sistem-sistem naturalisti, diatas segalanya, mengakui adanya suatu model keseimbangan sehat terjadi karena unsur yang tetap dalam tubuh, seperti panas, dingin, cairan tubuh (humor atau dosha), yin dan yang, berada dalam keadaan seimbang menurut usia dan kondisi individu dalam lingkungan alamiah dan lingkungan sosialnya.
Konsep-konsep Kausalitas Dalam Sistem-sistem Personalistik Penyakit disebabkan oleh agen-agen yang dengan beberapa cara menjatuhkan kekuatan mereka atas diri para korban mereka. Agen-agen tersebut dapat berupa makhluk manusia, ‘makhluk super’ atau makhluk bukan manusia namun senantiasa dipandang sebagai makhluk keras hati. Kematian dan yang penyakit terjadi akibat agen-agen, “sebab-sebab” yang bagi orang Barat dianggap biasa, dalam anggpan penduduk cocok dengan model ini. Contoh: Orang-orang Dobu Melaniesia Orang Mano di Liberia
Konsep-konsep Sebab-akibat Dalam Sistem Naturalistik Keadaan sehat sesuai dengan model keseimbangan: apabila unsur-unsur dasar dalam tubuh manusia “humor”, yin dan yang, serta dosha dalam Ayurveda berada dalam keadaan seimbang menurut usia dan kondisi individu maka tercapailah keadaan sehat. Versi Amerika Latin mengenai sistem ini, makanan, ramuan jamu, dan substansi-substansi lain, kondisi maupun peristiwa (seperti, es, haid, kehamilan dan gerhana) diklasifikan sebagai panas, dingin atau netral dalam artian kualitas pembawaan
Konsep-konsep Sebab-akibat Dalam Sistem Naturalistik 1. Patologi Humoral Deskripsi “Hippocrates” tentang penyakit: tubuh manusia mengandung darah, flegma, empedu kuning, empedu hitam. Rasa sakit timbul apabila salah satu dari substansi-substansi itu menunjukkan kekurangan atau kelebihan, atau terpisah dalam tubuh sehingga tidak bercampur baik satu sa lainnya. Sebagian besar pengobatan merupakan campuran dari jumlah unsur dimana ditekankan keseimbangan panas-dingin.
2. Pengobatan Ayurveda Alam semesta terdiri dari empat unsur yang sama, seperti yang dikenal oleh orang Yunani (bumi, air, api, udara) ditambah unsur ke lima yaitu eter (ether). Tubuh manusia juga memiliki tiga humor yang disebut dosha yakni flegma atau cairan lendir, empedu atau cairan empedu serta angin atau gas dalam saluran pencernaan. Keadaan sehat terjadi apabila ketiga dosha tersebut dalam keadaan seimbang, sedangkan keadaan sakit terjadi apabila satu atau lebih dosha tidak berfungsi sebagaimana mestinya.
3. Pengobatan Tradisional Cina Pengobatan tradisional Cina mewakili kasus khusus tentang konsep sentral dalam kosmologi Cina, “ pasangan kekuatan yin dan yang, dimana interaksi mereka yang terus menerus berada di balik seluruh gejala alam, termasuk bentukan dan fungsi tubuh manusia”. Prinsip harmoni yang memandang penyakit terutama disebabkan oleh kerusakan akibat unsur luar atau dalam, sebab-sebab fisik atau mental, tetap merupakan masalah pokok dalam pengobatan Cina selanjutnya. Penyakit yang dianggap terjadi karena kekuatan-kekuatan luar (eksternal) adalah penyakit yang, sedangkan penyakit yang diduga sebagai akibat dari kekuatan-kekuatan dalam (internal) adalah penyakit yin.
Unsur-unsur Emosional Dalam Teori Penyebab Kepercayaan yang tersebar luas bahwa pengalaman-pengalaman emosional yang kuat, seperti iri, takut, sedih, malu, dapat mengakibatkan penyakit Di Meksiko dan Amerika Tengah, Chipil dapat menyerang anak-anak kecil pada waktu mereka disapih. Dokter-dokter Barat menjelaskan tangisan, rengekan dan apati yang merupakan gejala dari kondisi itu, sebagai sesuatau yang terutama disebabkan oleh kekurangan protein, waktu si anak dilepaskan dari susu ibunya.
Hubungan Sebab-Akibat 1. Etiologi-etiologi Komprehensif dan Terbatas Sistem-seistem personalistik, penyakit hanya merupakan suatu kasus khusus dalam penjelasan tentang segala kemalangan. Penyakit bukan merupakan kategori yang terpisah dari kemalangan pada umumnya. Etiologi-etiologi yang naturalistik hanya terbatas pada penyakit-penyakit tertentu dalam hal terdapatnya dikotomi panas-dingin, peranannya terbatas pada penjelasan terhadap penyakit dan bimbingan untuk pengobatannya.
2. Penyakit, Religi dan Magi Jansen mengatakan bahwa “religi, pengobatan dan magi terkait erat satu sama lain. Dalam sistem naturalistik, prosedur pengobatan jarang bersifat ritual, dan unsur-unsur religi dan magi sedikit sekali berperan di dalamnya. Di Amerika Latin dan daerah Laut Tengah, para korban penyakit meletakkan saji-sajian sakral di atas atau di dekat patung Kristus dan Bunda Maria, mereka terlibat dalam tindakan keagamaan yang ditujukan untuk penyembuhan.
3. Tingkatan-tingkatan Penyebab Pada sistem naturalistik, penyakit biasanya dijelaskan melalui penyebab tunggal, seperti kelebihan panas atau dingin dalam tubuh, yang telah mengacaukan keseimbangan alamia. Sistem personalistik adalah lebih kompleks, dalam arti dalam dua tingkatan kausalitas atau lebih dapat dibedakan, dan dalam usaha penyembuhan, tingkatan ini harus diperhitungkan. Paling sedikit dibedakan antara agen personal ( dukun sihir, hantu atau dewa) dan teknik yang digunakan untuk agen tersebut (memasukkan objek penyakit, racun, pencurian jiwa, kesurupan, atau ilmu sihir), namun tindakan ini belum dianggap cukup. Tingkatan dari kausalitas yang berbeda amat penting untuk memahami perbedaan-perbedan landasan dalam teknik-teknik pengobatan yang terdapat dalam kedua sistem tersebut.
4. Shaman dan Pengobat lainnya Shaman dan dukun sihir biasanya ditemukan dikalangan penduduk yang etiologi utamanya adalah naturalistik. Baik penyembuh atau pasien biasanya sepakat tentang apa yang telah terjadi dan yang menjadi soal adalah penentuan pengobatan yang tepat untuk memulihkan kembali keseimbangan yang hilang. Dalam sistem naturalistik, penyembuh cenderung sebagai ‘dokter’ dalam arti bahwa mereka melalui observasi dan praktek, dan bukan memperolehnya melalui intervensi makhluk gaib.
5. Diagnosis Dalam hal personalistik, diinginkan shaman atau dukun sihir yang mempunyai kekuatan besar, untuk mengidentifikasikan agen penyebab. Diagnosis oleh diri sendiri dalam amsyarakat yang menganut etiologi neturalistik dilukiskan melalui apa yang dilakukan oleh Tzintzuntzan, Meksiko. Apabila seorang individu merasa tidak sehat ia akan mengingat suatu pengalaman dimalam sebelumnya, sehari sebelumnya, bahkan dibulan atau setahun sebelumnya, sampai suatu peristiwa diketahui dan dianggap sebagai gejala yang menganggu kesehatan.
Pengobatan Rakyat Amerika Konsep etnomedisin (yakni kepercayan-kepercayaan dan praktek-praktek yang secara eksplisit bukan berasal dari pengobatan modern) adalah sama manfaatnya untuk memahami pengobatan rakyat Amerika seperti halnya untuk memahami sistem medis non-Barat.
1. Pengobatan Rakyat Ero-Amerika Istilah Ero-Amerika digunakan untuk menyebutkan kepercayaan dan praktik medis para imigran Eropa dan keturunannya di Amerika Serikat. Pengobatan rakyat terbentuk melalui penalaman-pengalaman hidup yang sama di daerah baru; yaitu langkanya dokter-dokter powwow Indian, dan kemandirian serta ketergantungan pada sumber daya keluarga yang merupakan hal yang sangat penting untuk bertahan hidup.
Pada tradisi-tradisi lisan masyarakat Amerika, dapat dilihat bahwa banyak kebudayaan rakyat mencerminkan kebudayaan yang canggih dari generasi sebelumnya, demikian pula halnya dengan banyaknya kepercayaan dan praktek-praktek yang merupakan warisan dari pengobatan kuno dari masa lalu. Kepercayaan terhadap ilmu sihir adalah bagian dari tardisi Ero-Amerika. Imigran Eropa yang datang kemudian, terutama mereka yang berasal dari laut Tengah membawa kepercayaan yang tebal terhadap kekuatan supranatural yang terwujud dalam perasaan takut penduduk terhadap ilmu sihir dan mata jahat. Pengobatan rakyat Ero-Amerika nyatanya senantiasa lebih menonjolkan etiologi naturalistik, walaupun penyakit sering dijelaskan akibat dari hukuman Tuhan, hal yang menarik adalah frekuensi dari penggunaan alasan-alasan nonsupranatural dan nonmagis.
2. Pengobatan Rakyat Kulit Hitam Pengobatan tradisional kulit hitam Amerika merupakan pengobatan rakyat resmi yang sepenuhnya merupakan tradisi lisan. Snow yakin bahwa kepercayaan pengobatan rakyat, terutama dari orang-orang kulit hitam, mencerminkan tiga tema pandangan hidup: alam ini merupakan tempat yang berbahaya dan tidak bersahabat, individu akan senantiasa dapat diserang oleh sumber-sumber eksternal, dan ia harus menangguhkan dirinya pada bantuan luar untuk mengatasi serangan-serangan tersebut.
3. Pengobatan Rakyat Amerika Spanyol Pengobatan rakyat Amerika-Spanyol di Amerika berbeda dengan pengobatan rakyat lainnya. pertama dapat diperdebatkan bahwa pengobatan ini merupakan ‘sistem’ yang lebih terintegrasi daripada dua sistem yang lain. Kedua pengobatan ini berbeda dari yang lain karena lebih merupakan transplantasi langsung dari negeri asalnya terutama Meksiko, Cuba, dan Puerto-Rico. Menurut kepercayaan humoral Amerika-Spanyol, “dingin” dan “panas” yang mengganggu keseimbangan seseorang yang sehat, dapat masuk ke dalam tubuh melalui beberapa cara. Akibatnya dari aire atau udara, maka dingin dapat mengenai kepala, yang menyebabkan sakit di mata dan di telinga serta sakit kepala dan flu biasa.
Penyembuhan di kalangan masyarakat Amerika-Spnyol kebanyakan tidak mengandalkan curandero maupun obat-obatan rumah. Tuhan adalah penyembuh utama bagi banyak penyakit (dan kemalangan umumnya), penduduk Amerika-Spanyol sering minta pertolongan orang-orang suci, Bunda Maria, atau Kristus, menyalakan lilin dan melakukan sembahyang pada altar-altar mereka. Ziarah sebagai bagian dari pengobatan juga dimanifestasikan pada pola-pola yang lebih baru, dimana seorang yang sakit pergi ke tempat yang dianggap suci, tempat bermukimnya seorang penyembuh yang terkenal, yang baik sebelu maupun sesudah meninggalnya memiliki kausalitas sifat-sifat seorang suci dari Gereja.
Pengobatan Rakyat Amerika Dipandang Sebagai Etnomedisin Etiologi dikotomi personalistik-naturalistik cocok bagi pengobatan rakyat Amerika maupun dalam sistem-sistem lainnya. Etiologi personalistik mencakup kepercayan yang luas terhadap ilmu sihir, mata jahat dan hukuman Tuhan atas dosa yang diperbuat. Etiologi naturalistik meliputi kepercayaan bahwa dingin dalam berbagai cara menyebabkan penyakit. Kesehatan yang baik dikelaskan dengan suatu bentuk keberuntungan misalnya sukses, uang, pekerjaan yang baik, rumah tangga yang damai. Penyakit dapat dilihat sebagai peristiwa yang tak diinginkan, berbarengan dengan kemalangan, kemiskinan, pengangguran, rumah tangga yang kacau dan seterusnya.
Terimakasih Terimakasih