Teknik Informatika - UDINUS

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Penggunaan Symbol di dalam Movie Flash
Advertisements

Erick Kurniawan, S.Kom, M.Kom
Variasi Animasi dalam Flash
Animasi Dasar 2.
Pengenalan FLASH Dr. Lily Wulandari.
Mengimport Symbol, Instance dan Library Pengolahan Layer & Frame
A. Persiapan Perancangan Flash digunakan untuk membuat Movie yang merupakan gabungan objek-objek yang tersusun rapi dan menarik dengan alur cerita yang.
PERTEMUAN 2 NOMOR KODE/SKS : VCD0029 / 3 SKS / Semester III - Agustus 2010 / 13 Week DOSEN PEMBINA : Andre Oentoro : Rudi Margono TUTOR : Agus Susanto.
I WAYAN ORDIYASA, S.KOM, M.T.. PENDAHULUAN SEJARAH MULTIMEDIA:  Istilah Multimedia berawal dari teater, bukan dari komputer.  Pertunjukkan yang memanfaatkan.
Animasi.
Hieronimus Edhi Nugroho,M.Kom
PERTEMUAN 2 NOMOR KODE/SKS : VCD0029 / 3 SKS / Semester III - Agustus 2010 / 13 Week DOSEN PEMBINA : Andre Oentoro : Rudi Margono TUTOR : Agus Susanto.
Macromedia Flash Animasi dasar terbagi menjadi 3 = Gerak, skala, putar. M. Flash menyediakan 2 teknik pembuatan Animasi Frame by frame (dalam animasi.
NOMOR KODE/SKS : VCD0029 / 3 SKS / Semester III - Agustus 2010 / 13 Week DOSEN PEMBINA : Andre Oentoro : Rudi Margono TUTOR : Agus Susanto : David Junaedi.
DASAR-DASAR MULTIMEDIA INTERAKTIF (MMI).
Praktikum PTI Sekolah Tinggi Ilmu Statistik Oleh : SIS - BPS Pengolahan Citra.
Proses Produksi Konten Multimedia Pertemuan 3
Macromedia Flash.
ANIMASI By: Nurul Adhayanti.
Sistem Multimedia.
Praktikum PTI Sekolah Tinggi Ilmu Statistik Oleh : SIS - BPS
PENGENALAN PEMROGRAMAN APLIKASI MENGGUNAKAN MACROMEDIA FLASH Pertemuan 1 D3 Manajemen Informatika Universitas Trunojoyo.
Pertemuan 6 Alat Bantu Authoring Multimedia
Macromedia Flash Animasi dasar terbagi menjadi 3 = Gerak, skala, putar. M. Flash menyediakan 2 teknik pembuatan Animasi Frame by frame (dalam animasi.
MULTIMEDIA PEMBELAJARAN PRESENTASI
Pengolahan Citra Pertemuan 14.
1.
Oleh : Maria Etik Sulistiyani
Animasi Komputer.
SISTEM MULTIMEDIA Minggu ke 3.
Representasi dan Kompresi Data Multimedia (lanjutan)
Menguasai Dasar Animasi Stop Motion
ANIMASI 3D PADA ARCHICAD
DESAIN GRAFIS (CITRA BITMAP DAN VEKTOR)
Pengantar Komputer Grafik
I WAYAN ORDIYASA, S.KOM, M.T.
KOMPUTER GRAFIS KEHUMASAN
Pemrogaman Multimedia : Dasar Multimedia
PRAKTIKUM CASE Ati Suci Dian Martha, S.Kom., M.T. -
Pemrograman Animasi dan Multimedia
MICROSOFT POWER POINT 2007 APLIKASI KOMPUTER 2.
Materi 1. Konsep dasar, pembuatan dan aplikasi multimedia
OBYEK-OBYEK MULTIMEDIA (Lanjutan)
Produksi Konten Multimedia (lanjutan)
Animasi Pertemuan 7.
Macromedia Flash.
MENGIDENTIFIKASI FUNGSI MENU DAN IKON PADA PENGOLAH ANIMASI
KOMPUTER GRAFIS.
I WAYAN ORDIYASA, S.KOM, M.T.
FLASH WEB LAY OUT AND NAVIGATION
Macromedia Flash.
Animasi dan Suara Pertemuan 02
Animasi Tweening.
#2 Animasi Sigit Pambudi, M.Eng
Kegiatan Belajar 2: Teknik Animasi Tweening
1.
TUGAS REVIEW JURNAL GRAFIKA KOMPUTER
BAB I PENGANTAR DESAIN GRAFIS.
SELAMAT DATANG!!! Loading... ? Animasi Tweening MENU UTAMA Tujuan Indikator Materi Pokok Video Silakan Anda ganti judul utama, kelas dan semesternya.
Macromedia Flash.
UNIT 9: TEKNOLOGI ANIMASI
TUJUAN PEMBELAJARAN Setelah Mendengar Penjelasan siswa akan dapat menjelaskan pengertian teknik animasi tweening. Setelah berdiskusi dan menggali informasi,
Symbol (Movie clip, Button, Graphic)
1.
DASAR-DASAR MULTIMEDIA INTERAKTIF (MMI). Multimedia is the combination of the following elements: text, color, graphics, animations, audio, and video.
PEMBAHASAN MATERI Grafik Berbasis Vektor dan Bitmap Pengertian Grafis Bentuk komunikasi visual yang dirancang dengan menggunakan kombinasi kordinat titik-titik.
SELAMAT DATANG!!! Loading... ? Animasi Tweening MENU UTAMA Tujuan Indikator Materi Pokok Video Silakan Anda ganti judul utama, kelas dan semesternya.
Pembuatan Animasi 2 Dimensi SMK Negeri 11 Bandung Sutarsa, S.Pd.
Pembuatan Obyek Pada Aplikasi Animasi 2 dimensi. Tujuan Pembelajaran. Setelah mengikuti kegiatan belajar ini diharapkan peserta didik dapat: Memahami.
SELAMAT DATANG!!! Loading... ? Animasi Tweening MENU UTAMA Tujuan Indikator Materi Pokok Relaksasi Silakan Anda ganti judul utama, kelas dan semesternya.
Transcript presentasi:

Teknik Informatika - UDINUS PENGANTAR MULTIMEDIA (Ganjil 2010/2011) REPRESENTASI DATA MULTIMEDIA: ANIMATION ©kangmouse Teknik Informatika - UDINUS

Teknik Informatika - UDINUS Media Representation Text Image Animation Audio Video Teknik Informatika - UDINUS

Teknik Informatika - UDINUS Animation adalah “illusion of motion” yang dibuat dari image statis yang ditampilkan secara berurutan. Teknik Informatika - UDINUS

Teknik Informatika - UDINUS Aplikasi Animasi Film Video Clip Advertising Presentation Web Content Game dll Teknik Informatika - UDINUS

Teknik Informatika - UDINUS JENIS ANIMASI Animasi Sel (seluloid) Animasi Frame Animasi Sprite Animasi Lintasan Animasi Spline Animasi Vektor Animasi Karakter Animasi Komputasional Morphing Teknik Informatika - UDINUS

Teknik Informatika - UDINUS Animasi Sel Kata cel berasal dari kata “celluloid” yang merupakan materi yang digunakan untuk membuat film gambar bergerak pada tahun-tahun awal animasi. Sekarang material film dibuat dari asetat (acetate) Biasanya digambar dengan menggunakan tangan (hand-drawn animation) Merupakan lembaran-lembaran yang membentuk animasi tunggal. Masing-masing sel merupakan bagian yang terpisah, misalnya antara obyek dengan latar belakangnya, sehingga dapat saling bergerak mandiri. Animasi Cel disebut juga Animasi Tradisional Teknik Informatika - UDINUS

Teknik Informatika - UDINUS Proses Animasi Sel Storyboard Voice Recordings Animatics (story reel): Design & Timing Layout Animation Background Traditional ink-&-paint and camera Digital ink & paint Teknik Informatika - UDINUS

Teknik Informatika - UDINUS Animasi Frame Animasi frame adalah bentuk animasi paling sederhana. Contohnya ketika kita membuat gambar-gambar yang berbeda­beda gerakannya pada sebuah tepian buku kemudian kita buka buku tersebut dengan menggunakan jempol secara cepat maka gambar akan kelihatan bergerak. Dalam sebuah film, serangkaian frame bergerak dengan kecepatan minimal 24 frame per detik. Teknik Informatika - UDINUS

Teknik Informatika - UDINUS Animasi Sprite Pada animasi sprite, gambar digerakkan dengan latar belakang yang diam. Sprite adalah bagian dari animasi yang bergerak secara mandiri, seperti misalnya: burung terbang, planet yang berotasi, bola memantul, ataupun logo yang berputar. Dalam animasi sprite yang dapat kita edit adalah animasi dari layar yang mengandung sprite, kita tidak dapat mengedit bagian dalam yang ditampilkan oleh layar untuk masing-masing frame seperti pada animasi frame. Teknik Informatika - UDINUS

Teknik Elektro Unibraw Contoh animasi sprite Teknik Elektro Unibraw

Teknik Informatika - UDINUS Animasi Path Animasi path adalah animasi dari obyek yang bergerak sepanjang garis kurva yang ditentukan sebagai lintasan. Misalnya dalam pembuatan animasi kereta api, persawat terbang, burung dan lain-lain yang membutuhkan lintasan gerak tertentu. Pada kebanyakan animasi path dilakukan juga efek looping yang membuat gerakan path terjadi secara terus menerus. Teknik Informatika - UDINUS

Teknik Informatika - UDINUS Animasi Spline Spline adalah representasi matematis dari kurva. Sehingga gerakan obyek tidak hanya mengikuti garis lurus melainkan berbentuk kurva. Teknik Informatika - UDINUS

Teknik Informatika - UDINUS Animasi Vektor Vektor adalah garis yang memiliki ujung-pangkal, arah, dan panjang. Animasi vektor mirip dengan animasi sprite, tetapi animasi sprite menggunakan bitmap sedangkan animasi vektor menggunakan rumus matematika untuk menggambarkan sprite-nya. Teknik Informatika - UDINUS

Teknik Informatika - UDINUS Animasi Karakter Biasanya terdapat di film kartun, semua bagian selalu bergerak bersamaan. Software yang biasa digunakan adalah Maya Unlimited. Contoh: Film Toy Story dan Monster Inc. Apapun jenis animasinya, yang penting adalah memberikan efek “hidup” (visual efek) pada gambar atau obyek. Visual efek dapat dibuat dengan cara: Motion dynamics, efek yang disebabkan perubahan posisi terhadap waktu. Update dynamics, efek yang disebabkan perubahan pada suatu obyek (bentuk, warna, struktur, dan tekstur) Perubahan cahaya, posisi, orientasi dan fokus kamera. Teknik Informatika - UDINUS

Teknik Informatika - UDINUS Morphing Perubahan (transisi) bentuk objek satu ke objek yang lainnya Teknik Informatika - UDINUS

Teknik Informatika - UDINUS Visual Efek Apapun jenis animasinya, yang penting adalah memberikan efek “hidup” (visual efek) pada gambar atau obyek Visual efek dapat dibuat dengan cara: Motion dynamics, efek yang disebabkan perubahan posisi terhadap waktu. Update dynamics, efek yang disebabkan perubahan pada suatu obyek (bentuk, warna, struktur, dan tekstur) Perubahan cahaya, posisi, orientasi dan fokus kamera. Teknik Informatika - UDINUS

Teknik Informatika - UDINUS Contoh : Motion Dynamic Update Dynamic Teknik Informatika - UDINUS

Computer Based Animation Adalah teknik pengolahan animasi menggunakan komputer dengan tool untuk membuat visual effect. Input process Composition Stage In-between Process Pengubahan Warna Teknik Informatika - UDINUS

Teknik Informatika - UDINUS Input process: Sebelum komputer dapat dipakai dalam animasi, gambar harus didigitalisasi untuk membentuk keyframe terdigitasi. Composition Stage: Adalah stage dimana foreground dan background dikombinasikan untuk menghasilkan individual frame untuk animasi final. Teknik Informatika - UDINUS

Teknik Informatika - UDINUS In-between Process: Pergerakan dari satu posisi ke posisi lain membutuhkan komposisi frame dengan posisi intermediate antar key frame. Proses tersebut dilakukan dengan menggunakan interpolasi. Kelemahan interpolasi adalah kurang realistis. Sehingga dapat pula dilakukan dengan menggunakan spline (menggunakan vektor). Teknik Informatika - UDINUS

Teknik Informatika - UDINUS Transmisi Animasi Symbolic Representation Obyek animasi (misal bola) direpresentasikan bersamaan dengan perintah operasinya (bola digelindingkan), kemudian di sisi penerima baru ditampilkan. Ukuran file lebih kecil, tetapi waktu untuk mendisplay akan lebih lama karena harus ada scan-converting telebih dahulu di sisi penerima. Pixmap Representation Pixmap ditransmisikan semua dan ditampilkan di sisi penerima.Waktu transmisi lebih lama, namun waktu mendisplay lebih cepat Teknik Informatika - UDINUS

Teknik Informatika - UDINUS Flash & Animasi Web Animasi dapat ditambahkan ke dalam halaman web dalam bentuk animasi GIF atau video embedded. Format yang paling populer untuk animasi web adalah SHOCKWAVE FLASH (SWF), biasanya di-generate menggunakan Macromedia Flash, yang berupa animasi vektor. Animasi SWF memerlukan bandwidth yang lebih rendah dibandingkan video dan format bitmap. Flash lebih dari sekedar program animasi. Flash mendukung scripting language, yang disebut Action Script, sehingga dimungkingkan untuk membuat animasi yang interaktif dan membuat aplikasi web dengan user­interface berupa Flash Teknik Informatika - UDINUS

Flash: Timeline dan Stage Animasi Flash diorganisasikan dengan timeline (representasi grafik yang terdiri dari kumpulan frame). Stage adalah sub-window di mana frame dibuat dengan menggambarkan objek. Objek dapat dibuat dengan menggunakan drawing­tool (hampir sama dengan Illustrator dan Corel), import dari aplikasi lain (BMP, JPG, PNG, fasilitas auto-trace), animasi text (outline font). Layer dapat dipergunakan untuk mengorganisasikan elemen frame (layer background, layer tanaman, layer awan, layer…) Flash interface berisi vector drawing tool, host of palletes (colour mixing, alignment, applying transformations, setting typographics options, ….) Teknik Informatika - UDINUS

Flash: Symbol dan Tweening Objek dapat disimpan pada library dalam bentuk khusus, yang dinamakan symbol, sehingga dapat dipergunakan ulang. Beberapa instance symbol dapat ditempatkan pada stage. Symbol dapat ditransformasi (ukuran, orientasi). Tweening: animasi /pergerakan objek Motion tweening: Gerakan gambar ditentukan terlebih dahulu dengan membuat motion path. Shape tweening: Dikenal dengan nama morphing. Perubahan bentuk suatu objek menjadi bentuk baru. Teknik Informatika - UDINUS

Teknik Informatika - UDINUS Tiga macam symbol di dalam Flash : Graphic symbol. Objek vektor atau bitmap yang bisa digunakan. Dipergunakan untuk motion tweening. Button symbol. Dipergunakan untuk membuat bagian interaktif (tombol). Movie clip symbol. Animasi yang dapat ditambahkan ke dalam movie utama. Teknik Informatika - UDINUS

Teknik Informatika - UDINUS Anime Animasi buatan Jepang. Anime biasanya menggunakan tokoh-tokoh karakter dan background yang digambar menggunakan tangan dan sedikit bantuan komputer. Cerita anime biasanya bermacam-macam jenis (adventure, science fiction, children, romance, medieval fantasy, erotica/hentai, horror, action, dan drama), memiliki banyak tokoh cerita, dan ada yang dibukukan dalam bentuk komik (atau disebut manga) dan disiarkan di televisi dan video, bahkan ada yang dibuat game-nya. Teknik Informatika - UDINUS

Teknik Informatika - UDINUS

Teknik Informatika - UDINUS Animasi 3 Dimensi Animasi objek dalam bentuk 3 dimensi Animasi 3D mudah untuk di deskripsikan, tapi lebih sulit untuk dikerjakan. Properties 3D model didefinisikan dengan angka-angka. Dengan merubah angka bisa merubah posisi objek, rotasi, karakteristik permukaan, dan bahkan bentuk. Teknik Informatika - UDINUS

Animation Authoring Tools Animasi 2D Macromedia Flash, Swish Max, GIF Animator, ULead Animator Animasi 3D: 3D Studio MAX, Maya, Softimage, Light-wave, Poser Teknik Informatika - UDINUS