Set & Props Design.

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Exel J. Permadi Teori Film dan Televisi
Advertisements

Tujuan Perkuliahan Menentukan bagaimana faktor budaya, sosial, personal, dan psikologis mempengaruhi perilaku pembelian pelanggan. Menggambarkan bagaimana.
Unsur-unsur dalam Karya Sastra
Bahan KLB Pertemuan ke 11 Kamis, 12 Mei 2011 Jam Oleh: Sarmiati
1.Kelompok sama perilaku berbeda 2.Individual deferences Kesempatan, Kondisi yang Sama tapi menunjukkan Perilaku Berbeda ATRIBUT-ATRIBUT Menjadi kajian.
BUDAYA ORGANISASI FANNY WIDADIE.
MERANCANG MENU UNTUK MEMENUHI KEBUTUHAN PASAR
Konsep Pertumbuhan dan Perkembangan Manusia
STANDAR KOMPETENSI GURU
Ruang Lingkup Psikologi
DEVELOPMENT ACROSS THE LIFE SPAN
Herdito Sandi Pratama, M.Hum Dari beberapa sumber
PERTEMUAN XIV (EMPAT BELAS)
URBANISASI DAN PENYIMPANGAN PERILAKU
MENGELOLA PERBEDAAN “MENUMBUHKAN POTENSI SETIAP KARYAWAN”
BUDAYA ORGANISASI PERTEMUAN 13.
TAHAP PENGEMBANGAN FILM KARTUN-4 M.SUYANTO
Pemilihan/penyeleksian pemain (tokoh)
Pertemuan 3 Charisma Ayu Pramuditha, B. Tech Mgt, MHRM
STIGMA DAN IDENTITAS SOSIAL
MANUSIA DAN KEBUDAYAAN
CONTEXT COMMUNICATION
Sosiologi Antropologi Pendidikan
Kompetensi Dasar : 7.1 Mengidentifikasi unsur intrinsik teks drama
DIRI, KONSEP DIRI, dan PENYESUIAN DIRI
TUJUAN INSTRUKSIONAL MATERI PERKULIAHAN BUKU REFERENSI QUIZ
Pembuatan Desain Karakter Pertemuan 05 Matakuliah : UO522 / Screen Play of Animation Tahun : 2007.
 ADE ERMAWATI  BERLIANI REGINA NILOPA  CICI  DESI RAHMAWATI  LITA OCKTARIA  NURJANAH  SELLY  WARDHATILLAH KELOMPOK 1.
Purwati Staf pengajar Polsri
Definisi Desain BERASAL DARI KATA (ITALIA): DISEGNO INTERNO (KONSEP UNTUK KARYA YANG AKAN DILAKSANAKAN) DAN DISEGNO ESTERNO (KARYA YANG SUDAH TERLAKSANA)
METODE METODE DALAM ANTROPOLOGI PSIKOLOGI
BUDAYA ORGANISASI dan Etika Organisasi
MANUSIA DAN KEBUDAYAAN
PENGARUH KEPRIBADIAN DAN GAYA HIDUP
Friendship and Love Relationship
SET & PROPS DESIGN Analysis.
Memahami Perilaku Manusia
Intervensi Organisasi : BUDAYA ORGANISASI
Pertemuan-3 Beberapa pendekatan untuk memahami perilaku :
Adhyatman Prabowo, M.Psi
Persepsi, Sikap, dan Nilai
Antropologi.
TUGAS PENGENDALIAN KUALITAS
Survei Rumah Tinggal Pertemuan 4-6
BUDAYA ORGANISASI PERTEMUAN 13.
KEPEMIMPINAN DAN BUDAYA ORGANISASI
TATA RUANG DALAM MODUL PRAKTIKUM.
KONSEP DESAIN Pertemuan 2
BUDAYA ORGANISASI PERTEMUAN 13.
Survey Data dan Lokasi Mata Kuliah : W Desain Interior 1
Ruang Lingkup Psikologi
Karateristik dan Perbedaan Individu
BUDAYA ORGANISASI dan Etika Organisasi
BAB II PERTUMBUHAN & PERKEMBANGAN
Unsur-unsur dalam Karya Sastra
RISET – OBSERVASI Pertemuan 5
SEKILAS PSIKOLOGI JUNG
PERKEMBANGAN PESERTA DIDIK “PERTUMBUHAN FISIK”
SOCIAL MARKETING (PEMASARAN SOSIAL)
Pengertian dan Ruang Lingkup Sosiologi Politik
BUDAYA DAN ETIKA ORGANISASI (Pertemuan ke-13)
PEMASARAN SOSIAL Pengertian Pemasaran:
PROSPEK DAN TANTANGAN TEKNOLOGI PEMBELAJARAN
Unsur-unsur dalam Karya Sastra
BUDAYA ORGANISASI dan Etika Organisasi
BUDAYA PERUSAHAAN (CORPORATE CULTURE)
Unsur-unsur dalam Karya Sastra
BUDAYA ORGANISASI Eni Farida
Pemrograman berorientasi objek
SEBAGAI SALAH SATU SUMBER KEUNGGULAN BERSAING
Transcript presentasi:

Set & Props Design

MISE EN SCENE FUNGSI NARATIF FUNGSI DRAMATIK

MISE EN SCENE KARAKTER KOSTUM & MAKE UP SET & PROPS CINEMATOGRAPHY

DESAIN SET & PROPS Genre Desain Karakter Ruang & Waktu

DESAIN KARAKTER

Desain Set & Props Ada 3 Faktor sebagai pertimbangan desain : Karakter : 3 Dimensional Karakter & Archetype Ruang dan Waktu : Ruang; Here, There, Anywhere. Waktu; Past, Present, Future. Genre : Romantik, Komedi, Action, Sci-Fi, dsb.

Karakter Secara Garis Besar Karakter dibagi jadi 2 hal: 3 Dimensional Karakter; Pembentukan karakter yang lebih melihat kedalam diri karakter itu sendiri. Archetype; Fungsi psikologis karakter dalam cerita.

3 Dimensional Karakter Kondisi Fisik (Physiology) :Berkaitan dengan segala hal yang terlihat secara fisik pada karakter. Dimana orang lain bisa menilai secara langsung. (Internal) Kondisi Psikologis (Psychology) : Kondisi dari dalam diri karakter yang mempengaruhi cara karakter berfikir dan bertindak. (Internal) Kondisi Sosial (Sociology) : Kondisi diluar karakter yang akan mempengaruhi cara kararakter berfikir dan bertindak. (Eksternal)

Kondisi Fisik Jenis kelamin, Umur, Tinggi badan, Berat badan, Warna & jenis rambut, Warna & jenis mata, Jenis kulit, Postur tubuh, Penampilan, Kondisi kesehatan, Tanda lahir, Cacat tubuh, Kelainan turunan.

Kondisi Psikologis Standart moral, Ambisi, Hal- hal yang membuat frustasi, Temperamen, Sikap terhadap hidup, Penyakit kejiwaan (complex), Percaya takhayul, Imajinasi.

Kondisi Sosial Status sosial - ekonomi, Jenis pekerjaan, Tingkat pendidikan, Kehidupan dirumah, Komunitas yang diikuti, Afiliasi politik, Agama, Hobi, Jenis bacaan yang di baca.

Proses Desain Ke 3 Dimensional Karakter tidak pernah berdiri sendiri tetapi sudah terintegrasi menjadi sebuah karakter yang sangat kompleks. Keputusan Desain Set & Properti yang berdasarkan karakter pun tidak berdiri sendiri walaupun memperhatikan karakter adalah untuk menentukan segala hal yang bersifat pribadi. Dengan menganalisa 3 Dimensional Karakter kita akan dapat melihat segala benda yang menjadi sangat personal terhadap kebutuhan Set & Properti.

Archetype Pada setiap cerita didunia terdapat berbagai tipe Karakter, Simbol dan juga berbagai jenis hubungan antar karakter (Relationship) . Psikolog Swis bernama Carl G. Jung menamakannya ARCHETYPE. ARCHETYPE: means an ancient patterns of personality that are the shared heritage of the human race. Jung berfikir ada ketidaksadaran (unconcious) kolektif yang mungkin sama seperti ketidaksadaran (unsoncious) personal pada setiap kultur atau kebudayaan yang terdapat di seluruh dunia. Cerita rakyat maupun legenda pada setiap kultur selalu muncul karakter-karakter yang hampir sama.

Jenis Archetype Hero = Ego ----------------------Protagonis Shadow = Biggest Fear ------ Antagonis Mentor = God Threshold Guardian = Fear -- Obstacles Herald = characters issue challenges and announce the coming of significant change. Shapeshifter = "You can expect the unexpected.” It’s nature is to be shifting and unstable. Ally = who can serve a variety of necessary functions, such as companion, sparring partner, conscience, or comic relief. Trikcster = embodies the energies of mischief and desire for change.

Proses Desain Dengan mengetahui Archetype; Kita akan dapat menentukan skema warna, jenis material, pattern dan tekstur antara sisi Hero dan Shadow, maupun mentor. Karena Archetype ada dalam setiap kultur maka ada beberapa hal yang bersifat semiotik dianggap sama. Dengan mengetahui Archetype kita bisa memainkan desain yang ada sesuai dengan desain cerita yang akan kita buat.

RUANG & WAKTU

Desain Set & Properti Ruang (Space) Waktu (Time) Here There Anywhere Past Present Future

Ruang Arsitektur & Interior Style dan Kultur setempat : Setiap areal cakupan desain mempunyai bentuk arsitektur dan interior yang menandakan atau ciri khas areal tersebut berdasarkan kulturnya. Ukuran : Luas areal yang akan menjadi bagian desain, dari besar sampai yang terkecil; Dunia, Benua, Negara, Kota, Wilayah, Rumah, Kamar atau Ruangan.

Ruang Personalitiy : Dengan makin kecilnya areal desain, seperti rumah, ruangan- ruangan dalam rumah serta kamar; desain tidak hanya mengacu kepada hal yang bersifat umum tetapi menjadi lebih personal tergantung dari analisa karakternya.

Waktu Trend & Style : Desain berdasarkan waktu sangat di pengaruhi oleh apa yang menjadi panutan desain saat itu. Arsitektur & Interior Style : Pengaruh waktu pada desain arsitektur dan interior akan terlihat.

Desain Dalam sebuah proses desain berdasarkan Ruang dan Waktu, kita akan membagi Set dan Properti berdasarkan : wilayah publik, wilayah semi-publik, wilayah semi-pribadi wilayah pribadi.

Dunia, Negara, Kota adalah wilayah publik sehingga yang akan mempengaruhi desainnya mencakup desain arsitektur dan interior, kultural, trend saat itu dan style. Rumah, Ruangan dalam rumah terutama kamar adalah wilayah pribadi, sehingga yang mepengaruhi desainya tidak hanya desain arsitektur, interior serta berdasarkan kultur, trend dan style tetapi juga analisa personality karakter. Wilayah semi-publik dan semi-pribadi; wilayah diantara wilayah publik dan wilayah pribadi tergantung bagaimana kita mendefinisikannya dalam cerita, karena tergantung dari kebutuhan cerita kita. Contoh; Halaman rumah. Publik vs Private

HERE THERE ANYWHERE PAST Here & Past There Anywhere PRESENT Present FUTURE Future