ASSalamu’alaikum wr. wb
PENDIDIKAN AGAMA ISLAM Joni ahmad mughni, m.e.sy Oleh: Joni Ahmad Mughni, S.EI., M.E.Sy
MANUSIA DAN AGAMA
MANUSIA Manusia menurut para ahli: Aliran Psikoanalisis; manusia adalah homovalens yaitu makhluk berkeinginan (id,ego,superego). Aliran Behaviourisme; manusia adalah homomechanicus yaitu makhluk mesin (perilaku). Aliran Kognitif; manusia adalah homosapiens yaitu makhluk berpikir. Aliran Humanisme; manusia adalah homoludens yaitu makhluk bermain (aktualisasi diri).
Manusia dalam Pandangan Islam Pengertian Manusia adalah makhluk ciptaan Allah SWT yang mempunyai multi dimensi; fisik,emosi, menyukai keindahan, mempunyai naluri untuk menyembah tuhannya, dikaruniai akal dan kehendak, mampu mengenal dirinya. A. Penamaan manusia dalam al-Quran Bani Adam ; aspek historis penciptaan (QS.Al-‘Araf:31) Basyar ; aspek biologis (QS.Al-mukminun 33, QS.Al-Kahfi:110) Insan ; aspek kecerdasan akal (QS.Al-‘alaq:5, al-ahzab:72) Annas ; aspek sosiologis (QS.Al-Baqarah-21, An-nas:1-6, az-Zumar:27) ‘Abdun ; aspek kedudukann (QS.Saba’ 34:9)
B. Proses penciptaan manusia Berasal dari tanah dan air ; QS.Al-furqan:54, QS.Al-kahfi;37, QS.As-Sajadah:7, Al-Hijr:26) Melalui proses reproduksi ; QS.Al-Mukminun: 12- 14, QS.’Abasa:19, QS.Al-Qiyamah:37-38.
Karakteristik Manusia Aspek kreasi Aspek ilmu Aspek kehendak Aspek pengarahan akhlaq Misi dan fungsi penciptaan manusia
AGAMA Pengertian secara bahasa: Bahasa sansekerta; a berarti tidak dan gama berarti pergi Bahasa arab: ad-din artinya menguasai, menundukkan, kepatuhan. Bahasa semit: din artinya undang-undang/hukum. Pengertian secara istilah; Agama adalah ajaran yang berasal dari tuhan atau hasil renungan manusia yang terkandung dalam kitab suci yang berisi tuntunan dan pedoman hidup bagi manusia yang diwariskan secara turun temurun agar mencapai kebahagiaan di dunia dan di kehidupan selanjutnya
Pengertian agama menurut para ahli Durkheim: agama adalah kesatuan sistem kepercayaan dan pengalaman terhadap sesuatu yang sakral lalu kepercayaan dan pengalaman tersebut menyatu ke dalam komunitas moral R.Benner: agama adalah penerimaan atas tata aturan terhadap kekuatan-kekuatan yang lebih tinggi daripada kekuatan yang dimiliki manusia. Frans Dahler: agama sebagai hubungan antara manusi dan sesuatu kekuatan suci yang lebih tinggi daripada manusia sehingga ia berusaha untuk mendekatinya dan bergantung kepadanya Karl Mark: agama adalah keluh kesah dari mahluk yang tertekan hati dari dunia yang tidak berhati,jiwa dari keadaan yang tidak berjiwa. Jadi agama menjadi candu bagi masyarakat. Ulama Islam: agama sebagai undang-undang kebutuhan manusia dari tuhannya yang mendorong mereka untuk berusaha agar tercapai kebahagiaan hidup di dunia dan akhirat.
Keyakinan/kepercayaan RUANG LINGKUP AGAMA Keyakinan/kepercayaan ASPEK Sistem Nilai/Hukum Peribadatan/Ritual
Sebab Manusia Memerlukan Agama Fitrah manusia; potensi beragama (QS.Ar-Rum:30, QS.Al-a’raf:172) Kelemahan dan kekurangan manusia (QS.Asy Syamsy,91:7-8) Tantangan yang dihadapi manusia (QS.Al-Anfal, 8:36)
PENGABDIAN/PENGAMALAN PROSES KONSISTENSI KEBERAGAMAAN PENGENALAN PEMAHAMAN PENGHAYATAN PENGABDIAN/PENGAMALAN PEMBELAAN
AGAMA ISLAM Pengertian secara bahasa; Islam berasal dari kata as-salamu, yang artinya menyerahkan diri, pasrah, tunduk,dan patuh Islam berasal dari kata as-salmu atau as-silmu, artinya selamat, damai dan aman. Pengertian secara istilah Islam adalah ajaran yang berasal dari allah SWT, yang dibawa oleh nabi Muhammad SAW dengan kitab sucinya al-Quran
Ruang Lingkup Agama Islam Aqidah: aspek keyakinan yaitu keimanan kepada allah SWT,malaikat, kitab-kitab Allah, rasul-rasul allah, hari akhir dan qadla dan qadar Syariah : aspek hukum yaitu aturan-aturan Allah yang mengatur hubungan manusia dengan Allah, hubungan manusia dengan sesama manusia, hubungan manusia dan alam semesta. Akhlaq: aspek perilaku yaitu sikap dan perilaku manusia yang Nampak/terlihat sebagai manifestasi pelaksanaan aqidah dan syariah.
Islam adalah agama yang sempurna (QS.Al-Maidah : 3) KENAPA ISLAM? Islam adalah agama yang diridlai oleh Allah SWT (QS.Al-Maidah : 3) Islam adalah agama yang paling benar di sisi Allah SWT (QS.Ali Imran:19) Islam adalah agama universal (QS.Al-Anbiya:107)
Q.S Al-baqarah : 256 Tidak ada paksaan untuk (memasuki) agama (Islam); sesungguhnya telah jelas jalan yang benar daripada jalan yang sesat. Karena itu barangsiapa yang ingkar kepada Thaghut162 dan beriman kepada Allah, maka sesungguhnya ia telah berpegang kepada buhul tali yang amat kuat yang tidak akan putus. Dan Allah Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui.
KARAKTERISTIK ISLAM RABBANIYAH INSANIYAH SYUMULIYAH WASATIYAH TUDDDDD
Sifat Dasar Ajaran Islam Konsep dasar ajaran Islam adalah seluruh alam semesta diciptakan oleh Allah SWT yang merupakan Tuhan dan penguasa alam semesta, Dialah pencipta alam semesta, Dan penguasa alam semesta dan Dia pula yang akan mencukupinya. Sifat dasar Islam antara lain: a. Kesederhanaan, rasionalitas, dan praktis b. Kesatuan antara materi dan rohani c. Sebuah cara hidup yang lengkap d. Keseimbangan antara pribadi dan masyarakat e. Universalitas dan Humanisme f. Keajegan dan perubahan
KERANGKA AJARAN ISLAM AQIDAH SYARIAH AKHLAQ 1. Ibadah (Mahdah) 1. Uluhiyah 2. Nubuwwah 3. Ruhaniyah 4. Sam’iyat SYARIAH 1. Ibadah (Mahdah) 2. Muamalah (ghairu mahdhah) AKHLAQ 1. Khaliq 2. Makhluq
AQIDAH Aqidah berasal dari bahasa Arab dari kata ‘aqada-ya’qidu-‘aqdan-‘aqidatan berarti simpul, ikatan, perjanjian yang kokoh. Sedangkan secara terminology aqidah adalah beberapa kebenaran/hak yang dapat diterima oleh manusia berdasarkan akal, fitrah dan wahyu, yang wajib diyakini kebenarannya oleh hati dengan keyakinan yang bulat/utuh. Ruang lingkup aqidah : Uluhiyah, nubuwah, ruhaniyah, dan sam’iyah. Ciri-ciri aqidah Islam: (1) didasarkan pada keyakinan hati,(2) sesuai dengan fitrah manusia,(3)merupakan perjanjian yang kokoh,(4) tidak hanya diyakini tapi juga harus diucapkan dan diamalkan.
Term iman Iman (percaya) = amanah (terpercaya)= aman (keadaan aman) Etimologi Iman : pembenaran (tashdiq) Al-mitsaq al-ilahiyah : perjanjian ketuhanan (QS.Al-’araf ayat 172) Terminologi, IMAN : Domain afektif : Tashdiq Domain Kognitif : qawl Domain psikomotorik : ‘amal
Metode pencapaian aqidah DOKTRINER yang bersumber dari wahyu Allah SWT Melalui hikmah (filosofis) Melalui metode ilmiah ‘irfaniyah ; suluk
Prinsip-prinsip aqidah Didasarkan pada TAUHID Dipelajari, diamalkan, diajarkan secara kontinyu Membatasi pembahasan mengenai dzat Allah SWT Akal untuk memperkuat aqidah bukan untuk mencari
SYARIAH Secara bahasa syariah berarti jalan menuju mata air, sedangkan menurut istilah syariah adalah aturan atau undang-undang yang diturunkan Allah SWT untuk mengatur hubungan manusia dengan allah, dengan sesama manusia dan dengan alam semesta. Ruang lingkup syariah terdiri dari ibadah dan muamalah Ciri-ciri Syariah Islam; (1) Berlaku untuk seluruh umat manusia,(2) berlaku sepanjang jaman, (3) sesuai dengan kemampuan manusia,(4) sesuai dengan fitrah dan akal manusia.
Prinsip-prinsip syariah Berdasarkan tauhid Langsung tanpa perantara Relevan dengan akal manusia Penyempurnaan keimanan Media pembersih jiwa Seimbang dunia akhirat Keadilan dan persamaan Amar ma’ruf nahi munkar Toleransi Kemerdekaan Berpegang pada hukum
Asas-asas syariah Meniadakan kesulitan Penyederhanaan dan menyedikitkan beban Berangsur-angsur/bertahap Sejalan dengan kemaslahatan umat keadilan
AKHLAQ Akhlaq berasal dari kata khuluq yang berarti tingkah laku, perangai, tabiat. Sedangkan secara terminologi akhlaq adalah daya kekuatan jiwa yang mendorong perbuatan dengan mudah dan spontan tanpa dipikir dan direnungkan lagi Ruang Lingkup : Akhlaq kepada khaliq dan akhlaq kepada makhluq; kepada diri sendiri, orang tua, sesama manusia, makhluq lainnya dan alam semesta.
Metode pencapaian akhlaq Metode takhalli : mengosongkan diri dari sifat tercela dan maksiat lahir bathin. Metode tahalli : mengisi diri dengan sifat terpuji lahir bathin. Metode tajalli : merasakan akan keagungan Allah SWT
Prinsip-prinsip akhlaq Berdasarkan al-Qur’an dan Hadits Keseimbangan Bersamaan dengan aqidah dan syariah Karena Allah SWT proporsional
AJARAN ISLAM ULUHIYAH NUBUWWAH AQIDAH RUHANIYAH SAM’IYYAH IBADAH SYARIAH MUAMALAH KHALIQ AKHLAQ MAKHLUQ