FAKTOR MANUSIA (Lanjutan)

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Peserta mengerti tahap-tahap pada ADC
Advertisements

KIMIA UNSUR-UNSUR TRANSISI
PERTEMUAN 3 Algoritma & Pemrograman
Penyelidikan Operasi 1. Konsep Optimisasi.
KEBIJAKAN PEMERINTAH PROVINSI JAWA TIMUR
Penyusunan Data Baseline dan Perhitungan Capaian Kegiatan Peningkatan Kualitas Permukiman Kumuh Perkotaan DIREKTORAT PENGEMBANGAN KAWASAN PERMUKIMAN DIREKTORAT.
BALTHAZAR KREUTA, SE, M.SI
PENGEMBANGAN KARIR DOSEN Disarikan dari berbagai sumber oleh:
Identitas, persamaan dan pertidaksamaan trigonometri
ANGGOTA KELOMPOK WISNU WIDHU ( ) WILDAN ANUGERAH ( )
METODE PENDUGAAN ALTERNATIF
Dosen Pengampu: Muhammad Zidny Naf’an, M.Kom
GERAK SUGIYO, SPd.M.Kom.
Uji Hipotesis Luthfina Ariyani.
SOSIALISASI PEKAN IMUNISASI NASIONAL (PIN) POLIO 2016
PENGEMBANGAN BUTIR SOAL
Uji mana yang terbaik?.
Analisis Regresi linear berganda
PEERSIAPAN DAN PENERAPAN ISO/IEC 17025:2005 OLEH: YAYAN SETIAWAN
E Penilaian Proses dan Hasil Belajar
b. Kematian (mortalitas)
Ilmu Komputasi BAGUS ADHI KUSUMA
Uji Hipotesis dengan SPSS
OVERVIEW PERUBAHAN PSAK EFFEKTIF 2015
Pengolahan Citra Berwarna
Teori Produksi & Teori Biaya Produksi
Pembangunan Ekonomi dan Pertumbuhan Ekonomi
PERSIAPAN UN MATEMATIKA
Kriptografi.
1 Bab Pembangunan Ekonomi dan Pertumbuhan Ekonomi.
Ekonomi untuk SMA/MA kelas XI Oleh: Alam S..
ANALISIS PENDAPATAN NASIONAL DALAM PEREKONOMIAN TIGA SEKTOR
Dosen: Atina Ahdika, S.Si., M.Si.
Anggaran biaya konversi
Junaidi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Jambi
Pemodelan dan Analisis
Bab 4 Multivibrator By : M. Ramdhani.
Analisis Regresi – (Lanjutan)
Perkembangan teknologi masa kini dalam kaitannya dengan logika fazi
DISTRIBUSI PELUANG KONTINU
FETAL PHASE Embryolgy II
Yusuf Enril Fathurrohman
3D Viewing & Projection.
Sampling Pekerjaan.
Gerbang Logika Dwi Indra Oktoviandy (A )
SUGIYO Fisika II UDINUS 2014
D10K-6C01 Pengolahan Citra PCD-04 Algoritma Pengolahan Citra 1
Perpajakan di Indonesia
Bab 2 Kinerja Perusahaan dan Analisis Laporan Keuangan
Penyusunan Anggaran Bahan Baku
MOMENTUM, IMPULS, HUKUM KEKEKALAN MOMENTUM DAN TUMBUKAN
Theory of Computation 3. Math Fundamental 2: Graph, String, Logic
Strategi Tata Letak.
Theory of Computation 2. Math Fundamental 1: Set, Sequence, Function
METODE PENELITIAN.
(Skewness dan kurtosis)
Departemen Teknik Mesin dan Biosistem INSTITUT PERTANIAN BOGOR
Dasar-dasar piranti photonik
Klasifikasi Dokumen Teks Berbahasa Indonesia
Mekflu_1 Rangkaian Pipa.
Digital to Analog Conversion dan Rekonstruksi Sinyal Tujuan Belajar 1
SEKSI NERACA WILAYAH DAN ANALISIS BPS KABUPATEN TEMANGGUNG
ASPEK KEPEGAWAIAN DALAM PENILAIAN ANGKA KREDIT
RANGKAIAN DIODA TK2092 Elektronika Dasar Semester Ganjil 2015/2016
Ruang Euclides dan Ruang Vektor 1.
Bab Anuitas Aritmetrik dan Geometrik
Penyelidikan Operasi Pemrograman Dinamik Deterministik.
Kesetimbangan Fase dalam sistem sederhana (Aturan fase)
ANALISIS STRUKTUR MODAL
Transcript presentasi:

FAKTOR MANUSIA (Lanjutan) Interaksi Manusia – Komputer Rani Susanto, M.Kom FAKTOR MANUSIA (Lanjutan)

FAKTOR MANUSIA PEMODELAN SISTEM PENGOLAH PENGENDALI MOTORIK PANCA INDERA LINGKUNGAN SEKITAR

(3) PANCA INDERA

Indera Penglihatan (Mata) Indera Pendengaran (Telinga) Indera Perasa

Indera Penglihatan

Indera Penglihatan Melihat bentuk 3 dimensi Untuk menghasilkan persepsi yang terorganisir akan gerakan, ukuran, bentuk, jarak, posisi relatif, tekstur dan warna Nyata Melihat bentuk 3 dimensi Komputer Objek 2 dimensi harus dipahami sebagai objek 3 dimensi.

Hal – hal yang mempengaruhi Mata dalam menangkap Informasi : Luminans (Luminance) Kontras Kecerahan Sudut dan Ketajaman Penglihatan Area Penglihatan Warna

Luminans (Luminance) Luminasi  banyaknya cahaya yang dipantulkan oleh permukaan obyek Besaran satuan  lilin/meter persegi Semakin besar luminans suatu objek, maka detil objek yang dilihat semakin besar Implikasi berpengaruh terhadap posisi mata terhadap layar untuk mendapatkan rasa nyaman pada mata ketika sedang bekerja didepan layar tampilan

Kontras Kontras  Hubungan antara cahaya yang dipancarkan oleh suatu obyek dan cahaya latar belakang obyek tersebut. Kontras adalah selisih antara luminasi obyek dengan latar belakangnya di bagi dengan luminasi latar belakang 𝐾𝑜𝑛𝑡𝑟𝑎𝑠= (𝑙𝑢𝑚𝑖𝑛𝑎𝑠𝑖 𝑜𝑏𝑦𝑒𝑘 −𝑙𝑢𝑚𝑖𝑛𝑎𝑠𝑖 𝑙𝑎𝑡𝑎𝑟 𝑏𝑒𝑙𝑎𝑘𝑎𝑛𝑔) 𝑙𝑢𝑚𝑖𝑛𝑎𝑠𝑖 𝑙𝑎𝑡𝑎𝑟 𝑏𝑒𝑙𝑎𝑘𝑎𝑛𝑔 Nilai kontras positif, Cahaya yang dipancarkan objek > Cahaya Latar Belakang Nilai Kontras Negatif, Cahaya yang dipancarkan objek < Cahaya Latar Belakang (objek tidak nampak)

Kecerahan Kecerahan  Tanggapan subjektif objek terhadap cahaya Semakin tinggi Luminans suatu objek maka semakin cerah Batas Kecerahan tinggi ke rendah : Efek Herman Orang akan melihat ‘titik putih’ pada pertemuan antara baris hitam dan ‘titik hitam’ pada pertemuan antara baris putih Tapi titik tersebut akan ‘lenyap’ jika pertemuan tersebut dilihat dengan fokus

Sudut dan Ketajaman Penglihatan Sudut Penglihatan  Sudut yang berhadapan oleh objek pada mata Ketajaman Penglihatan  Sudut Penglihatan minimum ketika mata masih dapat melihat objek dengan jelas

Area Penglihatan Area/Medan Penglihatan  Area/Wilayah yang dapat dilihat oleh mata normal Sudut yang dibentuk ketika mata bererak ke kiri terjauh dan ke kanan terjauh Besarnya medan penglihatan dinyatakan dalam derajat. Area penglihatan merupakan faktor yang sangat penting dalam menentukan ukuran layar penampil khususnya, atau tata letak penampilan dan kontrol peralatan pendukung. Informasi tersebut menyediakan petunjuk dalam menentukan ukuran dan posisi penampil untuk memperoleh manfaat tampilan yang optimal.

Warna Warna bukan besaran fisik tapi suatu sensasi yang dihubungkan dengan syaraf kita Sensasi warna diperoleh dari adanya interaksi antara warna dengan sistem syaraf sensitif warna kita Warna memiliki Efek Kromostereopsis  Efek yang menyebabkan warna murni pada jarak yan sama tetapi terlihat seperti memiliki jarak yang berbeda Contoh Warna merah biasanya cenderung mempunyai jarak paling dekat Warna biru cenderung mempunyai jarak paling jauh

ASPEK PENGGUNAAN WARNA PSIKOLOGI PERSEPTUAL KOGNITIF

Aspek Psikologi Hindarkan penggunaan tampilan yang secara bersamaan menampilkan sejumlah warna tajam. Hindarkan warna biru murni untuk teks, garis tipis dan bentuk yang kecil Hindarkan warna berdekatan yang hanya berbeda dalam hal komponen warna biru Warna akan berubah kenampakannya jika cahaya disekelilingnya berubah Hindari warna merah dan hijau bersebrangan pada tampilan berskala besar Merah – hijau, Kuning – biru adalah kombinasi warna yang baik untuk tampilan sederhana

Aspek Perseptual Tidak semua warna mudah dibaca, secara umum warna latar belakang cenderung lebih gelap Persepsi adalah pengalaman seseorang dalam menggunakan sensor warnanya

Aspek Kognitif Jangan menggunakan warna berlebihan Warna yang sama membawa pesan yang berbeda Kecerahan akan menarik perhatian

Kombinasi Warna Terjelek

Kombinasi Warna Terbaik

Indera Pendengaran

Bagi manusia normal, indera pendengaran merupakan indera terpenting selain penglihatan Dengan pendengaran, informasi yang didapat dapat lebih lengkap dan akurat Sebagian besar manusia bisa mendeteksi suara pada kisaran frekuensi 20Hz – 20KHz tetapi dipengaruhi umur dan kesehatan seseorang Penggunaan suara harus sesuai kebutuhan

Indera Perasa

LINGKUNGAN SEKITAR

LINGKUNGAN SEKITAR Lingkungan Sosial Lingkungan Kognitif

LINGKUNGAN SOSIAL Mempengaruhi cara manusia menggunakan komputer Paradigma komputasi yang berbeda menunjukan adanya perbedaan lingkungan sosial.( komputasi pribadi = aktivitas tunggal di rumah atau kantor dan sebaliknya untuk komputasi publik). Komputer yang digunakan secara berkelompok harus menyediakan umpan balik suara yang memadai.

LINGKUNGAN KOGNITIF Faktor Kognitif Umur Kondisi ketidakmampuan/ cacat pada manusia. Derajat pengetahuan tekniks/ pengalaman. Fokus, sistem komputer dapat dirancang untuk orang yang memfokuskan diri secara penuh pada suatu pekerjaan. Tekanan kognitif, sistem komputer digunakan di lingkungan yang berbeda dengan tekanan kognitif yang berbeda pula.