Awal Kemunculan dan Perbedaannya

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Objek Ilmu Menjual; ada 3 objek yang harus diketahui agar seorang penjual berhasil dalam menjalankan usahanya yaitu: Diri penjual; seorang penjual harus.
Advertisements

Disetting ulang oleh Fahmi Basya Disetting ulang oleh Fahmi Basya.
KONSEP DASAR HAK ASASI MANUSIA
Teori tentang sifat hakekat negara
DEMOKRASI MENURUT IMAN KRISTEN
HUKUM WARIS ADAT Perkawinan, selain bertujuan memperoleh keturunan juga untuk dapat bersama-sama hidup pada suatu masyarakat dalam suatu perikatan (keluarga).
Konsep gender dan aplikasinya
Dinamika Opini Publik dalam Komunikasi Politik
TIPE NEGARA ILMU NEGARA
Media Massa dan Politik
PEMIKIRAN POLITIK JOHN LOCKE
AAbad 18 MMendominasinya ruang privat borjuis PPertemuan antara reading societies- kaum intelektual- kaum aristokrasi SSalon & Kedai Kopi.
Ciri-Ciri Kerajaan Islam &
Ruang Publik dalam Psikologi Komunikasi (sebuah pengantar)
PERTEMUAN KE-5 MASYARAKAT SOSIO EKONOMI
TIPE, BENTUK DAN SUSUNAN NEGARA
prakolonisasi, kolonisasi, dekolonisasi
Mahasiswa, Kampus dan Perubahan Sosial
Hak Dan Kewajiban.
KESETARAAN PEREMPUAN – LAKI-LAKI
PEMIKIRAN MASA YUNANI ROMAWI KUNA
Kelompok 7 Erwin Prasetyo Thomas Rico
Hukum keluarga.
PEMIKIRAN POLITIK ABAD PERTENGAHAN
PERALIHAN GOLONGAN PENDUDUK
KOMUNIKASI POLITIK.
Pemahaman tentang bangsa, negara, hak dan kewajiban warga negara
DEMOKRASI INDONESIA EKA YULI ASTUTI , S.H., M.H.
FILOSOFI PENDIDIKAN KEAKSARAAN
Sosialisasi Politik Sosialisasi Politik bersumber pada 2 kata yaitu Sosialisasi dan Politik. Menurut Rahman : -Sosialisasi adl Permasyarakatan -Politik.
Sosialisasi Politik Sosialisasi Politik bersumber pada 2 kata yaitu Sosialisasi dan Politik. Menurut Rahman : -Sosialisasi adl Permasyarakatan -Politik.
STRATIFIKASI SOSIAL.
PENGERTIAN UMUM HUKUM INTERNASIONAL
PENDIDIKAN PEMBERDAYAAN PEREMPUAN
KONSEP DASAR HAK ASASI MANUSIA
Hukum keluarga.
KEKUASAAN (POWER) Hampir semua kegiatan politik menyangkut penggunaan kekuasaan (power). Subjek ilmiah politik adalah studi tentang kekuasaan; siapa yang.
GENDER OLEH : YESI MARINCE, M.Si.
Konsep-Konsep Dasar Feminisme
Feminisme Marxis dan Sosialis
JENIS KELAMIN DAN GENDER
Implikasi Sosial dan Politik Birokratisasi
Sejarah Ruang Publik.
Sejarah Ruang Publik.
MASYARAKAT MADANI CIVIL SOCIETY INGGRIS) CIVITAS DEI (LATIN)
By: Bianca, Jennifer, Anny.
PENGERTIAN BANGSA DAN NEGARA
HAK ASASI MANUSIA (HUMAN RIGHTS)
PELAKSANAAN HAK ASASI MANUSIA (HAM) DALAM RELASI HUKUM DAN KEKUASAAN SERTA DALAM MENGHADAPI ISU-ISU GLOBAL Kelompok 10 Anesta Ebri Dewanty
Pengertian dan Ruang Lingkup Sosiologi Politik
PERTEMUAN I PENDAHULUAN.
HAK ASASI MANUSIA (HUMAN RIGHTS)
Keluargaku dalam Gaya Hidup Modern
MUNCULNYA NEGARA MODERN
Pola perkawinan endogamy
DEMOKRASI INDONESIA NORI SAHRUN, S.Kom., M.Kom.
ISU PEMIKIRAN KEISLAMAN KONTEMPORER
Changing The Phsycal & Social Environment
SEBAGAI IDEOLOGI NEGARA
Awal Kemunculan dan Perbedaannya
AKTIVITAS KAUM PEREMPUAN
TIPE NEGARA ILMU NEGARA
Kekerasan Dalam Rumah Tangga.  KDRT adalah salah satu bentuk kekerasan berdasar asumsi yang bias gender tentang relasi laki-laki dan perempuan,  KDRT.
PERTEMUAN I PENDAHULUAN.
Take a look at these photos.... Also, in case you're wondering where this hotel is, it isn't a hotel at all. It is a house! It's owned by the family of.
Seorang terpelajar harus juga berlaku adil sudah sejak dalam pikiran, apalagi dalam perbuatan. (Bumi Manusia : Pramoedya Ananta Toer)
Siti Azizah, S.Pt,M. Sos, M. Comm..  Gender bukan hanya sekedar perbedaan jenis kelamin  Gender adalah pemahaman dan nilai-nilai sosial yang diberikan.
Assalamu’alaikum Wr.Wb
FITRI HAYATI SAg MM..  Gender bukan hanya sekedar perbedaan jenis kelamin  Gender adalah pemahaman dan nilai-nilai sosial yang diberikan kepada laki-laki.
DEMOKRASI (2) MASYARAKAT MADANI.
Transcript presentasi:

Awal Kemunculan dan Perbedaannya Publik & Privat Awal Kemunculan dan Perbedaannya

Pandangan Awal Pandangan mengenai kosmologi The Mother-earth menjadi awal penentu adanya pembagian publik dan privat. Mereka memiliki anggapan bahwa bumi yang kita tempati ini memiliki ciri yang sama dengan perempuan; mengandung dan melahirkan. Laki-laki memperlakukan alam secara eksploitatif untuk mempertahankan hidupnya Imbas dari prilaku ini adalah; perempuan diperlakukan sama seperti alam, yakni dieksploitasi.

Pada saat itu, muncullah pembagian kerja, di mana laki-laki berurusan dengan hal yang di luar rumah (publik), sedangkan perempuan di tempatkan di wilayah rumah tangga (ekonomi/privat) Perempuan dipisahkan dari kehidupan privat, sebagaimana yang pernah terjadi di negara kota Athena. Mereka tidak dianggap sebagai warga negara dan tidak memiliki hak politik. Contoh lain: dalam masyarakat Arab, memiliki anak perempuan merupakan sesuatu yang hina. Mereka juga melarang perempuan untuk keluar rumah dan harus menutupi wajahnya dengan cadar. Pembagian kerja atas jenis kelami hingga saat ini masih terus berlangsung. Beberapa jenis pekerjaan identik dengan jenis kelamin.

Jurgen Habermas PUBLIK Publik dianggap sebagai identitas keningratan (status sosial) Keberadaan raja / pendeta di hadapan masyarakat disamakan dengan istilah kepublikan Privat lebih diartikan sebagai keistimewaan yang disandang kalangan ningrat. Kondisi ini mulai berubah ketika memasuki masa kapitalisme niaga dan keuangan di awal abad 13 Raja dan gereja mulai dipisahkan sehingga pembagian tegas antara ruang publik dan ruang privat mulai dilakukan

Agama juga sudah mulai dipisahkan dari urusan publik (menjadi awal bagi istilah kebebasan beragama) Ruang publik seperti di caffe atau salon menjadi tempat yang digunakan untuk melawan otoritas kekuasaan. Pers mulai muncul seiring dengan berkembangnya ruang publik di eropa. Musik tidak hanya dinikmati oleh kalangan bangsawan, tetapi setiap orang bisa mengaksesnya. Keterbukaannya ruang publik menjadi ciri utama dari pemerintah yang menerapkan sistem demokrasi.

PRIVAT Berasal dari kata Latin, privatus yang artinya tidak memegang jabatan publik. Ruang privat dibedakan menjadi dua wilayah; keluarga konjugal dan pertukaran komoditas & kerja sosial. Persoalan keluarga seperti kepemilikan (property) maupun pernikahan adalah wilayah yang tidak dapat diganggu siapapun. Negara hanya bisa turut campur ketika ada satu pihak yang merasa dirugikan. Pasar sebagai tempat pertukaran komoditas juga dianggap sebagai sesuatu yang privat. Pertukaran dilakukan secara bebas oleh masyarakat

Hannah Arendt PUBLIK Everything that appears in public can be seen and heard by everybody and has widest posible publicity. Yang termasuk dalam publik adalah segala sesuatu yang dapat dilihat dan menjadi sensible oleh setiap masyarakat. Public signifies the world itself... Is not identicaly with the earth or with nature... It is related, rather, to the human artifact, the fabrication of human hand. Common world is what we enter when we are born and what we leave behind when we die.

PRIVAT What ever he does remains without significance and concequence to other, and what matters to him is without interest to other people. Pada dasarnya pemikiran Arendt dan Habermas mengenai pembagian publik dan privat tidak jauh berbeda Baginya, segala hal yang tidak ada kepentingannya dengan urusan publik, adalah ruang privat. Kebebasan yang akan menjadi penentu ruang publik dan ruang privat didapat sejak manusia lahir. Opini publik (Arendt dan Habermas), merupakan hak yang mesti dihargai dalam setiap ruang publik.

Sumber Utama Habermas, Jurgen, 1989, The Structural Transformation of the Public Sphere, (trans.) Thomas Burger, Polity Press, Britain. Arendt, Hannah, 1958,TheHuman Condition, University of Chicago Press. Untuk sejarah Kapitalisme: Mulyanto, Dede, 2010, Kapitalisme; Perpektif Sosio- Historis, Ultimus, Bandung.