Program Studi Teknologi Game Politeknik Elektronika Negeri Surabaya pertemuan 3: Modelling Oleh: Moh. Zikky, M.T Program Studi Teknologi Game Politeknik Elektronika Negeri Surabaya
Polygon Merupakan pembentuk dasar bangun 3 dimensi Polygon tidak selalu berbentuk bidang geometri misalnya kubus, kerucut atau lainnya, tetapi merupakan penyusun dasar bidang- bidang dalam objek Terdiri panjang dan lebar
Polygon (lanj) Face / sisi Edge / garis tepi Vertex / point / titik penghubung Origin Point
Mesh Origin Point = Vertices Edges Faces
A triangle, a quad, and an n-gon Polygon (lanj) A triangle, a quad, and an n-gon
Modelling pada Blender Direct mesh editing pengeditan berdasarkan vertex, edge dan face Sculpting membentuk objek, “memahat” objek
Modelling pada Blender (lanj) Edit Mode Tab key
Modelling Pada Blender (lanj) Vertex Mode Face Mode Edge Mode
Edit mode Limit selection
Modelling pada Blender (lanj) Lakukan experiment pada object primitive pada Blender Anda Klik kanan untuk memilih bidang seleksi yang akan di edit/modifikasi
Tool Mesh Editing Extrude penebalan bidang seleksi E Fill isi bidang F
Tool Mesh Editing (lanj) Edge loop pengeditan pada sekumpulan vertice dihubungkan dalam sebuah garis atau lingkaran. ctrl + r
The Edges Menu Ctrl+E : Edge Slide: This allows the selected edgeloop (or part of an edgeloop) to be moved from side to side. Edge Loop: If you have one edge selected, this option will continue the line to select the rest of the edgeloop until it comes to a fork in the edgeflow or a dead end. Edge Ring: If one edge is selected, using this option selects a parallel ring running perpendicular to the selected edge. In other words, two edgeloops are selected, running through the vertices of the selected edge.
Delete Edgeloop Simply select the edgeloop (you can use the Edges menu’s Edge Loop option to do this), press the X key, and choose Edgeloop from the pop-up menu
Tool mesh editing (lanj) Penggabungan vertice/merging vertice menggabungkan vertice menjadi satu titik Alt+M
Tool mesh editing (lanj) Penggabungan ctrl + J Pemisahan object mesh membuat potongan mesh dari objek yang dipilih P loose part
Adding a Multiresolution Modifier Click the Modifiers tab (the wrench) in the main Properties panel to the right of the screen. You should see a button labeled Add Modifier. On pressing this you will be confronted with an extensive list of possible modifiers. In the leftmost column (under Generate), choose Multiresolution.
Adding a Multiresolution Modifier
Latihan Editlah objek monkey (Shift+A Monkey) dengan vertex dan sculpt Buatlah Objek seperti Gambar dibawah ini: Kursi dan Meja Rak b) Lowpoly Human