MODUL KE TIGA BELAS MENGGAMBAR TEKNIK PENSKETSAAN LUKISAN

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
MENGGAMBAR BANGUN RUANG
Advertisements

Teknologi Dan Rekayasa TECHNOLOGY AND ENGINERRING
GAMBAR PROYEKSI PERTEMUAN IV 1 OKT 2007.
MENGINTERPRETASIKAN SKETSA
LINGKARAN DALAM DAN LINGKARAN LUAR
LINGKARAN DALAM, LINGKARAN LUAR, DAN LINGKARAN SINGGUNG SUATU SEGITIGA
Teknologi Dan Rekayasa TECHNOLOGY AND ENGINERRING
SKETSA DAN GAMBAR TEKNIK
Dasar Perancangan Teknik Industri
Cara-cara Penggambaran Khusus
CERMIN.
Bangun Ruang dan Bangun Datar Kelas 4 Semester II.
GEOMETRI RUANG (DIMENSI 3)
GEOMETRI RUANG DIMENSI TIGA
Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi & Komunikasi
Teknologi Dan Rekayasa TECHNOLOGY AND ENGINERRING
GARIS SINGGUNG LINGKARAN GARIS SINGGUNG LINGKARAN
Teknologi Dan Rekayasa TECHNOLOGY AND ENGINERRING
Macam-Macam Bangun Ruang
FAKTORISASI SUKU ALJABAR
SKETCHING Axonometric Oblique Perspective
MENGINTERPRETASIKAN SKETSA
PROYEKSI SIKU-SIKU gambar proyeksi siku-siku dilihat dari enam arah pandang yaitu Pandangan Atas (PA) adalah tampak benda bila dilihat dari atas Pandangan.
Konstruksi Geometris.
Penyajian Benda-Benda Tiga Dimensi
Konstruksi geometri Pertemuan ke-3
MENGGAMBAR TEKNIK KONSTRUKSI GEOMETRIS MODUL KE EMPAT BELAS
GAMBAR PROYEKSI (bid. lengkung & lubang)
Untuk menghemat waktu beberapagaris perpotongan yang sebenarnya dapat
GARIS-GARIS ISTIMEWA DALAM SEGITIGA
Segitiga dan Segiempat
Proyeksi dan Perspektif
Teknologi Dan Rekayasa TECHNOLOGY AND ENGINERRING
Teknologi Dan Rekayasa TECHNOLOGY AND ENGINERRING
MODUL KE SEMBILAN MENGGAMBAR TEKNIK PROYEKSI MAJEMUK
Aturan Dasar Untuk Memberi Ukuran
MODUL KE DELAPAN MENGGAMBAR TEKNlK GAMBAR INSTRUMEN DUA PANDANGAN
MODUL KE TUJUH MENGGAMBAR TEKNIK PROYEKSI-PROYEKSI
UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT PROGRAM STUDI S-1 TEKNIK MESIN
Teknologi Dan Rekayasa TECHNOLOGY AND ENGINERRING
MODUL KE DUA BELAS MENGGAMBAR TEKNIK PANDANGAN BENDA
DASAR MENGGAMBAR TEKNIK
KELOMPOK I: BAB 5; PENYAJIAN BENDA-BENDA TIGA DIMENSI
Teknologi Dan Rekayasa TECHNOLOGY AND ENGINERRING
MENERAPKAN DASAR-DASAR GAMBAR TEKNIK
Teknologi Dan Rekayasa TECHNOLOGY AND ENGINERRING
Teknologi Dan Rekayasa TECHNOLOGY AND ENGINERRING
GARIS SINGGUNG LINGKARAN
BAB 2 INTEGRAL LIPAT.
LINGKARAN DALAM DAN LINGKARAN LUAR SEGITIGA
MELUKIS GARIS TEGAK LURUS
MELUKIS GARIS TEGAK LURUS
GARIS DAN SUDUT Sudut dapat dipandang sebagai suatu bangun yang terjadi dari dua buah sinar atau ruas garis yang bertemu di suatu titik. Jumlah dua sudut.
TUJUAN Merumuskan indikator dari SK-KD yang sesuai.
GAMBAR PROYEKSI PERTEMUAN V TT-PNJ 2013~2014.
MELUKIS GARIS TEGAK LURUS
SIMBOL KONSTRUKSI, TANAH, BATU, BETON
HURUF BESAR AAAAAAAAAAAAAAAA BBBBBBBBBBBBBBBB CCCCCCCCCCCCCC DDDDDDDDDDDDDD FFFFFFFFFFFFFFFFF GGGGGGGGGGGGG HHHHHHHHHHHHHH IIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIII.
Firda ( ) Yuliana Dwi Wijayanti ( )
Teknologi Dan Rekayasa TECHNOLOGY AND ENGINERRING
10 LINGKARAN DAN ELIPS Ir. Pranto Busono M.Kom. FASILKOM
Menggambar Geometris Gatot S ( ). Menggambar Bujur Sangkar Tentukan lingkaran dengan titik pusat M. Tarik garis tengah memotong titik A dan.
TIA 102 Menggambar Teknik Pekan ke-2: Gambar Dasar Geometri
Teknologi Dan Rekayasa TECHNOLOGY AND ENGINERRING Mapping And Surveing Department MACAM-MACAM GARIS.
MELUKIS GARIS TEGAK LURUS
MELUKIS GARIS TEGAK LURUS
MELUKIS GARIS TEGAK LURUS
Teknologi dan Rekayasa  Menggambar Lingkaran Menerapkan Prosedur Gambar Bentuk – Bentuk Bidang  Tentukan panjang jari-jari lingkaran  Buat garis AB.
PENUNJUKKAN UKURAN.
Konstruksi Geometris. Untuk menggambar bentuk-bentuk geometri diperlukan ketrampilan dasar menggambar dengan menggunakan penggaris, jangka, segitiga,
Transcript presentasi:

MODUL KE TIGA BELAS MENGGAMBAR TEKNIK PENSKETSAAN LUKISAN Kita sering mencermati beberapa metode persiapan sederhana untuk sketsa lukisan yang akan merupakan bantuan yang sangat besar dalam mempelajari prinsip-prinsip proyeksi pandangan majemuk. PENSKETSAAN ISOMETRIK Pensketsaan isometrik merupakan salah satu dari beberapa metode sederhana untuk persiapan sketsa lukisan yang merupakan bantuan yang sangat besar dalam mempelajari prinsip-prinsip proyeksi banyak pandangan. Untuk membuat sketsa isometrik dari benda sebenarnya, pegang bendanya dengan tangan Anda dan miringkan benda tersebut ke arah Anda, seperti yang ditunjukkan pada Gbr. la. Pada kedudukan ini, sudut depan akan tampak tegak, dan kedua tepi bawah dan tepi lain yang masing-masing sejajar dengan keduanya, akan tampak kira-kira 300 dengan bidang mendatar, seperti yang ditunjukkan. Langkah-langkah dalam mensketsanya ialah sebagai berikut: http://www.mercubuana.ac.id

tarik garis sumbu AB dan CD tarik garis sumbu AB dan CD. Titik A, B, C, dan D akan merupakan titik tengah sisi-sisi paralelogram ini, dan elips akan menyinggung sisi-sisi di keempat titik tersebut. Sumbu mayor akan berada pada diagonal EF, yang tegak lurus dengan garis sumbu lubang, dan sumbu minor akan berimpit dengan diagonal pendeknya. Sketsa sisi elips yang agak rata, CA dan BD, seperti yang ditunjukkan. 2. Sketsa busur pendek, berjari-jari kecil CB dan AD untuk melengkapkan clips tersebut (Gbr. 3.11). Hindarilah untuk membuat ujung-ujung elips "menyudut" atau meruncing seperti bola tangan. 3. Sketsa secara halus paralelogram untuk elips yang terletak pada bidang belakang bendanya, dan sketsa elips tersebut dengan cara yang serupa dengan elips depan (Gbr. 3.111). 4. Tarik garis-garis GH dan JK yang menyinggung kedua clips (Gbr. 3.IV). Hapus semua garis bantu dengan penghapus lunak, dan tebalkan seluruh garis akhirnya. Metode lain untuk menentukan elips belakang ditunjukkan pada Gbr. 4. 1. Pilih titik-titik acak pada elips depan dan sketsa "baris ketebalan" yang sama panjangnya dengan ketebalan baloknya. (Gbr. 4.1) 2. Sketsa elips melalui ujung-ujung garis ini (Gbr. 4.II). Dua pandangan sebuah bantalan dengan lubang setengah-lingkaran ditunjukkan pada Gbr. 5a. Langkah-langkah dalam mensketsanya ialah sebagai berikut: 1. Buat kerangka bendanya, termasuk ruang persegi panjang untuk setengah-Silindernya (Gbr. 5.1). 2. Buat kerangka yang meliputi silinder seluruhnya (Gbr. 5. II). Sketsa keseluruhan silinder secara halus. 3. Hilangkan semua garis bantu, dan pertebal seluruh garis akhirnya, yang hanya menunjukkan paruh bawah silinder ( Gbr. 5.Ill). MENSKETSA PADA KERTAS ISOMETRIK Dua pandangan balok penuntun ditunjukkan pada Gbr. 6a. Langkah-langkah pensketsaan melukiskan tidak hanya penggunaan kertas isometrik, tetapi juga pensketsaan bidang-bidang atau muka-muka individu untuk membina pemvisualisasian lukisan dari pandangan yang diberikan. http://www.mercubuana.ac.id

PENSKETSAAN MIRING Metode sederhana lain untuk mensketsa secara lukisan ialah pensketsaan miring. Pegang bendanya dengan tangan Anda (Gbr. 7a), lalu: http://www.mercubuana.ac.id