Algoritma
Algoritma Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia Algoritma adalah urutan logis pengambilan putusan untuk pemecahan masalah. suatu metode khusus yang tepat dan terdiri dari serang kaian langkah yang terstruktur dan dituliskan secara sistematis, yang akan dikerjakan untuk menyelesaikan suatu masalah,
algoritma merupakan penjabaran dari logika atau dengan kata lain untuk mewujudkan logika maka diperlukan algoritma, dan utk membangun algoritma pasti memerlukan logika.
Flow chart (bagan alir) Adalah alat bantu yang digunakan untuk menen tukan alur logika.
Simbol Nama simbol Fungsi Terminal Permulaan & akhir program Predefined Persiapan tempat penyimpanan Input / output Menyatakan proses input output Decision Kondisi kemungkinan Proses Pengolahan yang dilakukan komputer Display Tampilan output ke monitor
Simbol Nama simbol Fungsi Document Input berasal dari dokumen dalam bentuk kertas atau output dicetak ke kertas Arus/flow Menguhubungkan antar prosedur / proses Connector Menyambung antar prosedur / proses pada halaman yang sama Page Connector Menyambung antar prosedur / proses pada halaman yang berbeda
3 Bagian utama flowchart . Input (berupa bahan dasar) Proses (pengolahan bahan dasar) Output (hasil pengolahan) OUTPUT INPUT PROSES
START READ PROCESS WRITE END
Jenis flowchart Flowchart aktifitas Flowchart Program a. Flowchart program proses perbaris b. Flowchart program event driven
Latihan 1: Flowchart aktifitas Buatlah flowchart Proses penerimaan mahasiswa baru
Flowchart aktifitas . Beli Form Pendaftaran Isi Form Pendaftaran Dapat Nomor Ujian Mulai Mengikuti ujian Tdk Ya Lulus? Mengikuti OSPEK Registrasi ulang Mengulang Tahun depan KULIAH Selesai
Latihan 2 : Flowchart program proses perbaris Buatlah flowchart Untuk mencetak angka 1 sampai dengan 10
. Flowchart program Mulai I = 0 I = I + 1 Ya I > 10 Selesai Tdk Cetak I
Latihan 3: Flowchart even driven .
Flowchart event driven Mulai Host: Local Host Database = dbx Open Database Dtabase = dbx Pesan User&Password Tidak ditemukan Input Pilihan Ya Pilihan OK EOF Ya Baca UserId & Passwd Baca Tabel UserId & Passwd Tdk Tdk User Match Tdk Pilihan CANCEL Ya Ya Tdk Password Match Tdk Tdk Klik CLOSE Ya Ya Selesai
ALGORITMA
Struktur penulisan algoritma Nama Algoritma Uraian singkat nama algoritma Deklarasi Menuliskan semua Tipe, semua Nama Deskripsi Menuliskan semua langkah algoritma
Tipe adalah tipe data yang akan diolah atau dimani pulasi, misalnya Angka dan Karakter. Angka Bilangan bulat : Tidak mengandung pecahan decimal Bilangan riil : Mengandung pecahan decimal Karakter adalah alphabet, tanda baca, angka, karakter khusus
Nama Adalah tempat menyimpan data di memori yang isinya dapat diubah. Variabel Adalah tempat menyimpan data di memori yang isinya dapat diubah. 2. Constanta Adalah tempat penyimpanan data di dalam memori yang isinya tetap selama pelaksa naan program dan tidak dapat diubah.
Contoh penulisan Variabel DEKLARASI Angka, Rata-rata : real Jumlah : integer Alamat : character
Contoh penulisan constanta DEKLARASI Const pi = 3.14 Const max = 250 Const min = 1
Pengisian nilai Memasukkan sebuah nilai ke dalam peubah (variable) langsung di dalam teks algoritma. Simbol pengisian secara langsung adalah Variabel tetapan { nilai tetapan diisikan ke dalam variable } Variabel ekspresi { hasil perhitungan diisikan ke dalam variable
Flowchart Algoritma Algoritma HITUNG Deklarasi A,B,C : integer Deskripsi B 5 C 6 A B * C WRITE A Mulai A,B,C B = 5 C = 6 A = B x C Cetak A Selesai
Latihan Membuat algoritma untuk menseleksi usia se orang untuk dapat masuk ke pertunjukkan Bila usia 17 tahun atau lebih boleh masuk Bila tidak maka tidak boleh masuk
Write “Tdk Boleh masuk” EndIf Flowchart Algoritma Algoritma Seleksi Deklarasi Umur : integer Deskripsi Read (Umur) IF (Umur) >= 17 then Write “Boleh masuk” Else Write “Tdk Boleh masuk” EndIf Mulai Umur Read Umur Umur>= 17 Tdk Cetak “Tidak Boleh masuk” Ya Cetak “Boleh masuk” Selesai
Pengulangan (loop) FOR – NEXT WHILE – WEND DO – LOOP
FOR – NEXT Pengulangan dengan FOR-NEXT digunakan jika sudah diketahui berapa kali sebuah statemen atau satu blok statemen akan diulang.
for peubah nilai_awal to nilai_akhir do aksi endfor
Flowchart Algoritma Algoritma nilai Deklarasi I : integer Deskripsi For I 1 to 10 do Write I endfor Mulai I = 0 I = I + 1 Ya I > 10 Selesai Tdk Cetak I
WHILE – ENDWHILE Pengulangan dengan WHILE – ENDWHILE berhubungan dengan nilai Boolean, Yaitu pengulangan yang dilakukan secara terus menerus selama kondisi logika memiliki nilai Boolean true.
while <kondisi> do aksi endwhile
Flowchart Algoritma Algoritma nilai Deklarasi I : integer Deskripsi While I < 11 do Write I I I + 1 EndWhile Mulai I = 0 I = I + 1 Ya I > 10 Selesai Tdk Cetak I
DO - LOOP Pengulangan dengan DO - LOOP, yaitu pengulangan yang dilakukan secara terus menerus hingga / sampai kondisi logika memiliki nilai true.
repeat aksi1 aksi2 until <kondisi>
Flowchart Algoritma Algoritma nilai Deklarasi I : integer Deskripsi Repeat Write I I I + 1 Until I < 11 Mulai I = 0 I = I + 1 Ya I > 10 Selesai Tdk Cetak I