Pembelajaran Online Koesnandar
Prinsip Aktif; belajar itu proses aktif, me…kan, bukan di…kan. Individual; belajar itu proses individual, satu siswa dengan siswa lainnya berbeda, kecepatan, gaya, minat, cara … Aneka Sumber; sumber belajar itu banyak dan beraneka, orang, barang, media Terarah dan berkelanjutan; belajar itu proses berkelanjutan, melalui pendekatan yang terarah dan terukur hasilnya. Interaktif; respon positif memberikan penguatan, respon negatif melemahkan… Mandiri dan terbimbing; Belajar mandiri akan lebih berhasil kalau ada rel dengan pentahapan yang jelas, terbimbing dan terukur.
BELAJAR ONLINE? Mengapa harus didesain? internet sebagai sumber belajar (ensiklopedia online, situs jurnal, dan situs pembelajaran) bahan ajar digital; baik yang bersifat online (artikel online, e-book online, materi multimedia online, situs pembelajaran) atau yang bersifat offline (teks digital, cd audio, cd video, cd interaktif ) digital library Mengapa harus didesain?
Jalan mana dan cara apa yang paling efektif untuk ditempuh? Mengapa Desain Pembelajaran? tujuan Jalan mana dan cara apa yang paling efektif untuk ditempuh? masuk 30 December, 2017 4 Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Indonesia Maju Copy Right (c) Uwes A. Chaeruman
Blended Learning Conventional Learning IT Based Learning e-Learning Multimedia Learning Multimedia Learning Distance learning Distance learning Distance learning
Komputer dalam Pembelajaran Belajar Komputer Belajar melalui Komputer Belajar dengan Komputer Komputer sbg Object Komputer sbg Media Komputer sbg Alat Pelajaran Komputer Multimedia Interaktif on / offline Word Proccessor u/ membuat makalah, Autocad untuk menggambar konstruksi
Implementasi E-learning Merupakan Garis Kontinum ICT-Based Learning Learning + ICT Sewart, 1982
eLearning memungkinkan Multi-sensory delivery : visual, audio, kinestetik Belajar secara aktif : interaktif, menarik minat (stimulating) Eksplorasi aktif. Belajar kooperatif (cooperative learning) Individualisasi. Belajar mandiri (independent learning). Pengembangan keterampilan komunikasi (communication skills) Pembentukan komunitas dan networking
Unsur Penilaian Kualitas Multimedia Pembelajaran 7 C Hannafin & Peck, 1996 7 C Hannafin & Peck, 1996 Unsur Penilaian Kualitas Multimedia Pembelajaran Curriculum & Instructional Design Content Communication Computer Capacity Creativity Compatibility Cosmetic home
Curriculum & Instructional Design Kesesuaian sasaran Kelengkapan unsur-unsur pembelajaran Kejelasan tujuan Konsistensi tujuan-materi-evaluasi Pemberian contoh Aspek-aspek pedagogis home
BAHAN BELAJAR ONLINE Navigasi – link - tracking Self Test, Self Assessment Urutan Non Linear
PENGEMBANGAN ODL/ONLINE LEARNING ANALISIS; Learner characteristic, competencies, instructional strategy DESAIN: Learning Management System, Interactivity, Organizing the content, hyperlink. PRODUKSI: programming, animation, etc IMPLEMENTASI: tutorial, discussion forum, chatting, etc EVALUASI: output, impact
Desain Pembelajaran Analisis Desain Produksi Implementasi Evaluasi
Level Desain Pembelajaran Sistem Produk Kelas
Level Desain Pembelajaran Video Audio Multimedia Cetak dll Produk
Komponen Desain
TAHAPAN (Rowntree, 1994) PLANNING PREPARING PRODUCING Aims and objectives Outlines content Choose media Plan learner support Consider existing materials Sequence idea Develop activities and feedback Find examples Think graphics Consider physical format Start first draft Complete and edit first draft Write assignment material Pilot and improve materials PLANNING PREPARING PRODUCING
Tahapan Tentukan Sasaran Rumuskan Tujuan Siapkan Evaluasi Petakan Materi, buat Outline Buat Flowchart Pilih Media (Gambar, grafik, animasi, video, suara, dll) Tentukan Format Sajian Draft, Review, Revisi, Final Perancangan Naskah Produksi
Konsisten TUJUAN EVALUASI MATERI MEDIA