LINGKARAN Algoritma Pembentukan Lingkaran

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
PEMROGRAMAN TERSTRUKTUR
Advertisements

Introduction to Algorithm evaluation Soal Matrikulasi Buka Buku
Grafika Komputer (TIZ10)
BAB 3 PERSAMAAN GARIS LURUS Terdiri dari dua sumbu koordinat
ALGORITMA.
PENGANTAR KONSEP PEMROGRAMAN
Pemrograman Terstruktur
Grafika Komputer (TIZ10)
PEMBANGKITAN CITRA GRAFIK Dosen :Dewi Octaviani, S.T, M.C.s
BENTUK-BENTUK GEOMETRI Dosen :Dewi Octaviani, S.T, M.C.s
Function(2).
D3 Manajemen Informatika S1 Sistem Informasi
KOMPUTER GRAFIK Algoritma Garis Naïve dan DDA
Lingkaran.
Komputer Grafik Rudy Gunawan
S1 Teknik Informatika Disusun Oleh Dr. Lily Wulandari
Geometri Primitive (Lingkaran)
PENGERTIAN DASAR ALGORITMA & FLOWCHART
Clipping Edy Mulyanto.
Algoritma dan Pemrograman Subrutin
TRANSFORMASI 2D.
Latihan Soal 1 Note : Perhatikan titik berikut pada gambar di samping:
Pembentuk Grafik Grafik dapat terbentuk dengan berbagai pola : Titik
Geometri Primitive.
Gambar ini menjelaskan prosedur untuk pengisian solid dari poligon Gambar ini menjelaskan prosedur untuk pengisian solid dari poligon. Titik potong.
Algoritma dan Struktur Data 1 pertemuan 12
Persamaan Non Linier (Lanjutan 1)
Algoritma Garis DDA dan Bressenham
Dasar teori dan algoritma grafika komputer
ALGORITHMA DAN ATURAN PENULISANYA
PERHITUNGAN LUAS HASIL PENGUKURAN
MODULAR (FUNGSI)
Dasar Matematika untuk Komputer grafik
TEL 2112 Dasar Komputer & Pemograman Fungsi
Pertemuan II – Grafika Komputer
Grafika Komputer Pengenalan Grafika Komputer &
1.4 SISTEM KOORDINAT EMPAT BIDANG
Algoritma dan Pemrograman Subrutin
TUGAS_1 tidak bisa di buka
Algoritma Garis Bressenham dan Mid Point
Sistem Koordinat dan Bentuk Dasar Geometri (Output Primitif)
Algoritma Bentuk Primitif
Contoh-contoh Pemecahan Masalah 2 TEE 2103 Algoritma & Pemograman
D3 Manajemen Informatika S1 Sistem Informasi
MENGGAMBAR DENGAN PIXEL (KONVERSI SCAN)
1. Garis melalui titik (a,b) dengan gradien m persamaannya :
MODULAR (FUNGSI)
INTEGRAL PERMUKAAN.
JENIS DAN SIMBOL FLOWCHART PRODI MIK | FAKULTAS ILMU-ILMU KESEHATAN
Menerapkan dasar-dasar gambar teknik
REGRESI LINEAR oleh: Asep, Iyos, Wati
Tidak ada yang mudah, tapi tidak ada yang tidak mungkin…..
Algoritma.
Pertemuan II – Grafika Komputer
Pembangkitan Citra Grafik Dosen :Dewi Octaviani, S.T, M.C.s
PROCESSING OUTPUT PRIMITIVE.
Pengenalan Bahasa Pemrograman C++
Persamaan Garis Lurus Latihan Soal-soal.
Algoritma dan Flowchart
Pemrograman & Dasar Komputer
Kumpulan Materi Kuliah. Algoritma Pembentuk Lingkaran Komputer Grafik.
Ihr Logo Dasar teori dan algoritma grafika komputer.
Pertemuan 2 – Pendahuluan 2
D3 Manajemen Informatika S1 Sistem Informasi
Geometri Primitive (Lingkaran)
Persamaan Garis Lurus Latihan Soal-soal.
D3 Manajemen Informatika S1 Sistem Informasi
Persamaan Garis Lurus Latihan Soal-soal.
assaLamu’alaikum wr.wb ….
INTEGRAL RANGKAP INTEGRAL GANDA
Transcript presentasi:

LINGKARAN Algoritma Pembentukan Lingkaran y Algoritma Pembentukan Lingkaran Persamaan umum lingkaran adalah: dimana r = radius lingkaran, sehingga: r x Lingkaran dapat dibuat dengan menggambarkan seperempat lingkaran, karena bagian lain dapat dibuat sebagai bagian yang simetris.

LINGKARAN A. Simetris Delapan Titik Proses pembuatan lingkaran dapat dilakukan dengan menentukan suatu titik awal (x,y) maka terdapat titik di posisi lain, sehingga diperoleh delapan titik. Dengan demikian sebenarnya hanya diperlukan untuk menghitung segmen 45 dalam menentukan lingkaran selengkapnya. Dengan titik pusat lingkaran yang tertentu, delapan titik simetris dapat ditampilkan dengan procedure CirclePoint sebagai berikut: void CirclePoint(int x, int y, int value) { SetPixel(x,y,value); SetPixel(-x,y,value); SetPixel(x,-y,value); SetPixel(-x,-y,value); SetPixel(y,x,value); SetPixel(-y,x,value); SetPixel(y,-x,value); SetPixel(-y,-x,value); }

LINGKARAN Delapan titik simetris pada lingkaran y x 45 (x, y) (x, -y)

LINGKARAN B. Algoritma Lingkaran Midpoint Algoritma lingkaran Midpoint juga disebut algoritma lingkaran Bressenham. Pembentukan semua titik berdasarkan titik pusat dengan penambahan semua jalur di sekeliling lingkaran. Algoritma ini diturunkan dari algoritma Midpoint untuk pembentukan garis. Difokuskan pada bagian 45 dari suatu lingkaran, dan menggunakan procedure CirclePoints untuk menampilkan titik dari seluruh lingkaran. < 0, bila (x, y) di dalam garis lingkaran = 0, bila (x, y) pada garis lingkaran > 0, bila (x, y) di luar garis lingkaran fcircle(x, y)

LINGKARAN yk yk-1 yk-2 yk-3 yk-4 xk xk+1 xk+2 xk+3 xk+4 Midpoint

LINGKARAN Langkah-langkah pembentukan lingkaran berdasarkan Algoritma Circle Midpoint adalah: Tentukan radius r dengan titik pusat lingkaran (xc, yc), hingga diperoleh titik awal pada pusat lingkaran: (x0, y0) = (0, r) Hitung nilai parameter : 3. Untuk setiap posisi xk, dimulai dengan k=0 berlaku ketentuan: - bila pk < 0 maka titik selanjutnya adalah (xk+1, yk) dan pk+1 = pk + 2 xk+1 + 1 - bila tidak, titik selanjutnya adalah (xk+1, yk - 1) dan pk+1 = pk + 2 xk+1 + 1 – 2 yk+1 dimana 2 xk+1 = 2 xk + 2 dan 2 yk+1 = 2 yk – 2 Tentukan titik simetris pada ketujuh oktan yang lain Gerakan setiap posisi pixel (x, y) pada garis lingkaran dengan titik pusat (xc, yc) dan plot nilai koordinat : x = x + xc, y = y + yc 6. Ulangi langkah 3 sampai dengn 5 hingga x ≥ y

LINGKARAN y y=x 10 9 8 7 6 5 4 3 2 1 x

Contoh Buatlah lingkaran dengan titik pusat (0,0) dan radiusnya = 10. Jawab :

LINGKARAN Prosedur Algoritma Lingkaran Midpoint Prosedur berikut menampilkan posisi pixel pada monitor menggunakan algoritma MidPoint. Input yang digunakan untuk prosedur ini adalah koordinat titik pusat dan radius lingkaran. Posisi pixel ditentukan dengan rutin SetPixel. void circleMidPoint(int xCenter, int yCenter, int radius) { x=0; y=radius; p=1-radius; while(x<y) { x++; if(p<0) p += 2*x + 1; else { y--; p += 2*(x-y) + 1; } circlePlotPoints(); }

LINGKARAN Fungsi CirclePlotPoints() : void circlePlotpoint(int xCenter, int yCenter, int x, int y) { SetPixel(xCenter + x, yCenter + y); SetPixel(xCenter - x, yCenter + y); SetPixel(xCenter + x, yCenter - y); SetPixel(xCenter - x, yCenter - y); SetPixel(xCenter + y, yCenter + x); SetPixel(xCenter - y, yCenter + x); SetPixel(xCenter + y, yCenter - x); SetPixel(xCenter - y, yCenter - x); }

Tugas Buatlah lingkaran dengan titik pusat (0,0) dan radiusnya = 8 dengan algorithma Midpoint (Bressenham). Implementasikan algorithma lingkaran midpoint kedalam aplikasi program komputer dengan bahasa pemerograman yg anda kuasai untuk soal nomer 1. Selamat mengerjakan