MODUL KE TUJUH MENGGAMBAR TEKNIK PROYEKSI-PROYEKSI

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
MENGGAMBAR BANGUN RUANG
Advertisements

Masih Ingatkah Kamu: 1. Proyeksi Garis pada Bidang?
GAMBAR PROYEKSI PERTEMUAN IV 1 OKT 2007.
PROYEKSI DALAM GAMBAR TEKNIK
PERSPEKTIF 1 TITIK HILANG
BAB II PROYEKSI DAN POTONGAN
CERMIN.
MARI BELAJAR Semoga: Berhasil Bermanfaat Dan enjoy MGMP SMANEGA.
Bangun Ruang dan Bangun Datar Kelas 4 Semester II.
Teknologi Dan Rekayasa TECHNOLOGY AND ENGINERRING
Teknologi Dan Rekayasa TECHNOLOGY AND ENGINERRING PROGRAM STUDI KEAHLIAN (SKILL DEPARTEMEN PROGRAM) : TEKNIK BANGUNAN (BUILDING TECHNOLOGY) KOMPETENSI.
3. Menggambar dan menghitung besar sudut antara dua bidang.
GEOMETRI RUANG (DIMENSI 3)
GEOMETRI RUANG DIMENSI TIGA
Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi & Komunikasi
Teknologi Dan Rekayasa TECHNOLOGY AND ENGINERRING
SK/KD INDIKATOR MATERI LATIHAN TEST.
Kedalaman semu Perbandingan kedalaman semu dengan kedalaman sebenarnya. Jika pengamat berada di udara. Perbandingan kedalaman semu dengan kedalaman sebenarnya.
Grafika Komputer (Defiana Arnaldy, M.Si)
Tujuan Instruksional Umum : Tujuan Instruksional Khusus :
Sifat-Sifat Bangun Datar
Konsep Dasar Matematika DIMENSI TIGA (TITIK, GARIS DAN BIDANG)
Teknologi Dan Rekayasa TECHNOLOGY AND ENGINERRING
Macam-Macam Bangun Ruang
GEOMETRI.
Teknologi Dan Rekayasa TECHNOLOGY AND ENGINERRING
TEKNIK GAMBAR PROYEKSI
GAMBAR KONSTRUKSI PERSPEKTIF
Teknologi Dan Rekayasa TECHNOLOGY AND ENGINERRING
PROYEKSI SIKU-SIKU gambar proyeksi siku-siku dilihat dari enam arah pandang yaitu Pandangan Atas (PA) adalah tampak benda bila dilihat dari atas Pandangan.
PROYEKSI ORTHOGONAL (1)
Penyajian Benda-Benda Tiga Dimensi
GEOMETRI ANALITIK RUANG SUDUT DALAM RUANG
Proyeksi dan Perspektif
Teknologi Dan Rekayasa TECHNOLOGY AND ENGINERRING
Teknologi Dan Rekayasa TECHNOLOGY AND ENGINERRING
MODUL KE TIGA BELAS MENGGAMBAR TEKNIK PENSKETSAAN LUKISAN
Yunita Syafitri Rambe, ST, MT
MODUL KE SEMBILAN MENGGAMBAR TEKNIK PROYEKSI MAJEMUK
Aturan Dasar Untuk Memberi Ukuran
MODUL KE DELAPAN MENGGAMBAR TEKNlK GAMBAR INSTRUMEN DUA PANDANGAN
BAB 11 CAHAYA & ALAT OPTIK.
Teknologi Dan Rekayasa TECHNOLOGY AND ENGINERRING
MODUL KE DUA BELAS MENGGAMBAR TEKNIK PANDANGAN BENDA
Created By : Anita Iskhayati, S.Kom
Teknologi Dan Rekayasa TECHNOLOGY AND ENGINERRING
Nama kelompok Elan Wirda Safetra ( Aliza Ramadhani ( )
DASAR MENGGAMBAR TEKNIK
Teknologi Dan Rekayasa TECHNOLOGY AND ENGINERRING
KEDUDUKAN TITIK, GARIS DAN BIDANG DALAM DIMENSI TIGA
Pertemuan 5 Konsep Pembentukan dan Proyeksi Benda
Teknologi Dan Rekayasa TECHNOLOGY AND ENGINERRING
MENERAPKAN DASAR-DASAR GAMBAR TEKNIK
PROYEKSI Heri Risdianto, S.Si Oleh :
RUANG DIMENSI TIGA SK / KD INDIKATOR MATERI LATIHAN UJI KOMPETENSI.
Teknologi Dan Rekayasa TECHNOLOGY AND ENGINERRING
Teknologi Dan Rekayasa TECHNOLOGY AND ENGINERRING
PROYEKSI ORTHOGONAL (1)
UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT PROGRAM STUDI S-1 TEKNIK MESIN
FLUKS LISTRIK, RAPAT FLUKS LISTRIK, HK. GAUSS
GARIS DAN SUDUT Sudut dapat dipandang sebagai suatu bangun yang terjadi dari dua buah sinar atau ruas garis yang bertemu di suatu titik. Jumlah dua sudut.
GAMBAR PROYEKSI PERTEMUAN V TT-PNJ 2013~2014.
LATIHAN04-1 Soal 1 : Diberikan D = dalam koordinat bola .
Irma Damayantie, S.Ds., M.Ds Prodi Desain Interior - FDIK
HURUF BESAR AAAAAAAAAAAAAAAA BBBBBBBBBBBBBBBB CCCCCCCCCCCCCC DDDDDDDDDDDDDD FFFFFFFFFFFFFFFFF GGGGGGGGGGGGG HHHHHHHHHHHHHH IIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIII.
GAMBAR PERSPKTIF Kata “Perspektif” berasal dari kata bahasa Itali “Prospettiva” yang berarti “gambar pandangan”. Menggambar Perspektif adalah suatu.
BAB 6 Geometri Standar Kompetensi: Kompetensi Dasar:
Peta Konsep. Peta Konsep A. Menggambar dan Menghitung Jarak.
Teknologi Dan Rekayasa TECHNOLOGY AND ENGINERRING PROGRAM STUDI KEAHLIAN (SKILL DEPARTEMEN PROGRAM) : TEKNIK BANGUNAN (BUILDING TECHNOLOGY) KOMPETENSI.
Sumber : pixabay.com/Manseok CAHAYA DAN ALAT OPTIK BAB 12.
Transcript presentasi:

MODUL KE TUJUH MENGGAMBAR TEKNIK PROYEKSI-PROYEKSI Di belakang setiap gambar suatu benda terdapat suatu hubungan ruang yang melibatkan empat benda imajiner: 1. Mata pengamat (station point). 2. Benda (object). 3. Bidang proyeksi (plane of projection). 4. Proyektor-proyektor, disebut juga sinar-sinar penglihatan (visual rays) atau garis-garis pandangan (lines of sight). Misalnya, pada Gbr. 1 .a gambar EFGH adalah proyeksi dari bujur sangkar ABCD pada bidang proyeksi A sebagaimana dipandang oleh seorang pengamat yang matanya pada titik 0. http://www.mercubuana.ac.id

METODE PROYEKSI Melode memandang suatu benda untuk memperoleh proyeksi pandangan majemuk diilustrasikan untuk pandangan depan pada Gbr. 3 a. Di antara pengamat dan benda, suatu bidang tembus-pandang atau sekeping kaca yang mewakili suatu bidang proyeksi ditempatkan sejajar dengan permukaan depan benda tersebut. Tata letak pada bidang proyeksi menunjukkan bagaimana benda tampak pada pengamatnya. Secara teoretis, pengamat berada pada jarak yang tak terhingga dari benda sehingga garis-garis penglihatan akan sejajar. Dalam istilah yang lebih tepat, pandangan ini diperoleh dengan menggambar garis- garis tegak lurus, atau proyektor (garis proyeksi), dari semua titik pada tepi atau kontur benda tersebut ke bidang proyeksi (Gbr. 3b). Jumlah titik tembus kolektif dari garis-garis proyeksi ini membentuk garis-garis pada kepingan kaca tadi (Gbr. 3c). Seperti yang ditunjukkan, garis proyeksi dari titik 1 pada benda menembus bidang proyeksi di titik 7, yang merupakan suatu pandangan atau proyeksi titik tersebut. Prosedur yang sama berlaku untuk titik 2, yang proyeksinya ialah titik 9. Karena 1 dan 2 merupakan titik ujung garis lurus pada bendanya, proyeksi 7 dan 9 dihubungkan untuk memberikan proyeksi garis 7-9. Serupa halnya, jika proyeksi keempat sudut 1, 2, 3, dan 4 diperoleh, proyeksi 7, 9, 10, dan 8 dapat dihubungkan oleh garis-garis lurus untuk membentuk proyeksi permukaan persegi panjangnya. http://www.mercubuana.ac.id

KOTAK KACA Jika bidang-bidang proyeksi ditempatkan sejajar dengan muka utama benda, bidang- bidang tersebut akan membentuk "kotak kaca," seperti yang ditunjukkan pada Gbr. 5.a. Perhatikan bahwa pengamat selalu berada di luar untuk melihat ke dalam, sehingga bendanya terlihat melalui bidang proyeksi. Karena kotak kaca itu memiliki enam sisi, enam pandangan benda tersebut dapat diperoleh. http://www.mercubuana.ac.id