PAHAM AGAMA DALAM MUHAMMADIYAH

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Esensi Puasa dari sudut pandang Hadits
Advertisements

PERJALANAN MENUJU ALLAH.
MATAN KEPRIBADIAN MUHAMMADIYAH
MANHAJ TARJIH MUHAMMADIYAH
DAKWAH ADALAH KEBUTUHAN MANUSIA
Sri Rahayuningsih ( ) Universitas Negeri Surabaya
AL-QUR’AN DAN AL-HADIS SEBAGAI PEDOMAN HIDUP
Korelasi Iman dan Ibadah
M. Nawawi Argumen Pengingkar Sunnah ونزلنا عليك الكتاب تبيانا لكل شيء وهدى ورحمة وبشرى للمسلمين (89 النحل ) وما من دابة في الأرض ولا طائر يطير بجناحيه.
SEBAB BERTAMBAHNYA IMAN
Muhammadiyah sebagai Gerakan Islam (Muhammadiyah as an Islamic Movement) Muhamad Rofiq.
Mu’tazilah, Syi’ah, Ahli Sunnah wal Jama’ah
Pendidikan Agama Hadits sebagai ajaran islam February 28,
SUMBER HUKUM ISLAM
HUKUM DAKWAH REDAKSI AYAT
SISTEM POLITIK ISLAM Pengertian Sistem Politik Islam
MUHAMMADIYAH SEBAGAI GERAKAN SOSIAL
Pertemuan Ke-15 Rohmansyah, S.Th.I., M.Hum.
PENDAHULUAN Muqoddimah AD Muhammadiyah; pokok pikiran yang menjiwai dan melandasi gerakan Muhammadiyah Isi AD/ART Muhammadiyah; aturan umum pengelolaan.
PENGERTIAN ISLAM DAN AJARANNYA
وَمَا خَلَقْتُ الْجِنَّ وَالْإِنسَ إِلَّا لِيَعْبُدُونِ
KETELADANAN RASULULLAH SAW PERIODE MADINAH
Matan Keyakinan dan Cita-cita Hidup Muhammadiyah (MKCHM)
HadiTH Tiga Serangkai KURSUS BIMBINGAN UGAMA (KBU)
Muhammadiyah sebagai Gerakan Islam (Muhammadiyah as an Islamic Movement) Muhamad Rofiq.
Pertemuan Kedua MANUSIA DAN AGAMA.
PERTEMUAN KE-3 Rohmansyah, S.Th.I., M.Hum.
Pertemuan Ke-3.
STANDAR KOMPETENSI : Memahami Khotbah, tablig, dan dakwah
ESENSI PUASA DARI SUDUT PANDANG HADITS
PROF.DR.KH.DIDIN HAFIDHUDDIN
BERIMAN KEPADA RASUL ALLAH
BAB 7 AL- QUR’AN Standar Kompetensi
BAB 2 AL QUR’AN Tentang ETOS KERJA HOME SK/KD PETA KONSEP MATERI
Bab 4 Sifat – sifat Terpuji Tawadhu Taat Qanaah Sabar.
Pertemuan Ke-4.
TEOLOGI AL-MA’UN.
Pertemuan Ke-4.
بِسْمِ اللهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ
IKHLAS DALAM BERIBADAH
Maulid Nabi Muhammad SAW
KERUKUNAN ANTAR UMAT BERAGAMA
dr. H. Agus Taufiqurrohman, M.Kes, Sp.S MPK PP MUHAMMADIYAH
HARI INI KITA BAHAS APA ITU ISLAM??? APA MISI AGAMA ISLAM???
SUMBER HUKUM ISLAM.
ETOS KERJA DALAM ISLAM Rian Hidayat, S.Pd.I.
Sumber Hukum Islam.
REDAKSI AYAT الذين ينفقون في السراء والضراء والكاظمين الغيظ والعافين عن الناس والله يحب المحسنين ,134 ما أصاب من مصيبة في الأرض ولا في أنفسكم إلا في كتاب.
TAFSIR SURAT Al-HAJJ 41 TUJUAN PENDIDIKAN NAMA : AHMAD KHOIRUL ANAM
Pertemuan Kedua MANUSIA DAN AGAMA.
Keberuntungan Dr. Hardiwinoto, SE., M.Si.
Pertemuan Ke-3.
STANDAR PERBUATAN.
By : 1. Rizal hartono 2.Muhammad fajar
AL-SUNNAH & AL-HADITS PENGERTIAN & FUNGSI
SISTEM SOSIAL:- PERBANDINGAN ANTARA ISLAM DAN MASA KINI
PENGUATAN IDEOLOGI MUHAMMADIYAH/ ’AISYIYAH
PENDIDIKAN ISLAM HADITH RASULULLAH S.A.W. TINGKATAN SATU.
Masilul khamsah.
Oleh : Dr. Octaria Saputra SABAR dan BERSYUKUR.
SISTEM POLITIK ISLAM Pengertian Sistem Politik Islam
FAHAM AGAMA DALAM MUHAMMADIYAH 6 Rabiul Awal 1433 H (31 JANUARI 2012)
SISTEM POLITIK ISLAM.
Bab 4 Sifat – sifat Terpuji Tawadhu Taat Qanaah Sabar.
Iman Kepada Kitab-Kitab Allah سبحانه وتعالى
Esensi Puasa dari sudut pandang Hadits Ust H. Abdurrahman Makatita, Lc MA Materi Kajian Islam Ramadhan (KISRA) Hari-2.
Esensi Puasa dari sudut pandang Hadits Ust H. Abdurrahman Makatita, Lc MA Materi Kajian Islam Ramadhan (KISRA) Hari-2.
Makanan Halal يَا أَيُّهَا النَّاسُ كُلُوا مِمَّا فِي الْأَرْضِ حَلَالًا طَيِّبًا وَلَا تَتَّبِعُوخُطُوَاتِ الشَّيْطَانِ ۚ إِنَّهُ لَكُمْ عَدُوٌّ مُبِينٌ
Toleransi, Kerukunan dan Menghindari Tindak Kekerasan Kelompok 1.
PENGUATAN IDEOLOGI MUHAMMADIYAH/ ’AISYIYAH
Transcript presentasi:

PAHAM AGAMA DALAM MUHAMMADIYAH Ahmad Hasan Asy’ari Ulama’i PAHAM AGAMA DALAM MUHAMMADIYAH Disarikan dari materi Anang Rikza Masyhudi

Ideologi Muqaddimah AD Muhammadiyah (1951) Kepribadian Muhammadiyah (1961) Matan Keyakinan dan Cita-cita Hidup Muhammadiyah (1969) Pedoman Hidup Islami Warga Muhammadiyah (2000)

Ideologi (Mu_Ke_Mat_Hidup) Muqaddimah AD Muhammadiyah (1951) Kepribadian Muhammadiyah (1961) Matan Keyakinan dan Cita-cita Hidup Muhammadiyah (1969) Pedoman Hidup Islami Warga Muhammadiyah (2000)

Muqaddimah AD Muhammadiyah Hidup Manusia harus Bertauhid Hidup Manusia itu Bermasyarakat Hanya hukum Allah untuk bahagia Berjuang untuk mewujudkannya (Sabilillah) Ittiba’ Nabi Muhammad Saw Terorganisir dengan baik Terwujudnya masyarakat Islam yang sebenar-benarnya

Muqaddimah AD Muhammadiyah Ber-7an Ber-Tauhid Ber-masyarakat Ber-pegang teguh kepada tali Allah Ber-juang fi Sabilillah Ber-Ittiba’ kepada Nabi Muhammad Saw Ber-organisasi dengan baik Ber-kehidupan Islami sebenarnya

Ber-Tauhid قل إنما أنا بشر مثلكم يوحى إلي أنما إلهكم إله واحد فمن كان يرجو لقاء ربه فليعمل عملا صالحا ولا يشرك بعبادة ربه أحدا (الكهف 110) إن الله لا يغفر أن يشرك به ويغفر ما دون ذلك لمن يشاء ومن يشرك بالله فقد افترى إثما عظيما (النساء 48)

Ber-masyarakat يا أيها الناس إنا خلقناكم من ذكر وأنثى وجعلناكم شعوبا وقبائل لتعارفوا إن أكرمكم عند الله أتقاكم إن الله عليم خبير (الحجرات 13) ولو شاء الله لجعلكم أمة واحدة ولكن يضل من يشاء ويهدي من يشاء ولتسألن عما كنتم تعملون (النحل 93) عَنْ شَيْخٍ مِنْ أَصْحَابِ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ عَنْ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ الْمُسْلِمُ إِذَا كَانَ مُخَالِطًا النَّاسَ وَيَصْبِرُ عَلَى أَذَاهُمْ خَيْرٌ مِنْ الْمُسْلِمِ الَّذِي لَا يُخَالِطُ النَّاسَ وَلَا يَصْبِرُ عَلَى أَذَاهُمْ قَالَ أَبُو عِيسَى قَالَ ابْنُ أَبِي عَدِيٍّ كَانَ شُعْبَةُ يَرَى أَنَّهُ ابْنُ عُمَرَ (الترمذي)

Ber-pegang teguh kepada tali Allah واعتصموا بحبل الله جميعا ولا تفرقوا واذكروا نعمت الله عليكم ... (ال عمران 103) أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ تَرَكْتُ فِيكُمْ أَمْرَيْنِ لَنْ تَضِلُّوا مَا تَمَسَّكْتُمْ بِهِمَا كِتَابَ اللَّهِ وَسُنَّةَ نَبِيِّهِ (مالك)

Ber-juang fi Sabilillah الذين آمنوا وهاجروا وجاهدوا في سبيل الله بأموالهم وأنفسهم أعظم درجة عند الله وأولئك هم الفائزون (التوبة 20) وقاتلوا في سبيل الله الذين يقاتلونكم ولا تعتدوا إن الله لا يحب المعتدين (البقرة 190) وأنفقوا في سبيل الله ولا تلقوا بأيديكم إلى التهلكة وأحسنوا إن الله يحب المحسنين (البقرة 195) ومن يهاجر في سبيل الله يجد في الأرض مراغما كثيرا وسعة (النساء 100)

Ber-Ittiba’ kepada Nabi Muhammad Saw قل إن كنتم تحبون الله فاتبعوني يحببكم الله ويغفر لكم ذنوبكم والله غفور رحيم (ال عمران 31) عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ عَمْرٍو قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ لَيَأْتِيَنَّ عَلَى أُمَّتِي مَا أَتَى عَلَى بَنِي إِسْرَائِيلَ حَذْوَ النَّعْلِ بِالنَّعْلِ حَتَّى إِنْ كَانَ مِنْهُمْ مَنْ أَتَى أُمَّهُ عَلَانِيَةً لَكَانَ فِي أُمَّتِي مَنْ يَصْنَعُ ذَلِكَ وَإِنَّ بَنِي إِسْرَائِيلَ تَفَرَّقَتْ عَلَى ثِنْتَيْنِ وَسَبْعِينَ مِلَّةً وَتَفْتَرِقُ أُمَّتِي عَلَى ثَلَاثٍ وَسَبْعِينَ مِلَّةً كُلُّهُمْ فِي النَّارِ إِلَّا مِلَّةً وَاحِدَةً قَالُوا وَمَنْ هِيَ يَا رَسُولَ اللَّهِ قَالَ مَا أَنَا عَلَيْهِ وَأَصْحَابِي (الترمذي)

Ber-organisasi dengan baik إن الله يحب الذين يقاتلون في سبيله صفا كأنهم بنيان مرصوص (الصف 4)

Ber-kehidupan Islami sebenarnya يا أيها الذين آمنوا ادخلوا في السلم كآفة ولا تتبعوا خطوات الشيطان إنه لكم عدو مبين (البقرة 208) Integrasi iman, islam dan ihsan

Anggaran Dasar Muhammadiyah Gerakan Islam, Berasas Islam, Bersumber pada Al-Qur’an dan Sunnah Nabi yang maqbulah, Dakwah amar ma’ruf nahi mungkar dan tajdid, Menjunjung tinggi agama Islam Terwujudnya masyarakat Islam yang sebenar-benarnya.

AL-QUR’AN & SUNNAH Dakwah Islam Amar ma’ruf nahi mungkar Tajdid MASYARAKAT ISLAM YANG SEBENAR-BENARNYA

Landasan Ideal Muhammadiyah {وَلْتَكُن مِّنْكُمْ أُمَّةٌ يَدْعُونَ إِلَى الْخَيْرِ وَيَأْمُرُونَ بِالْمَعْرُوفِ وَيَنْهَوْنَ عَنِ الْمُنْكَرِ وَأُوْلَـئِكَ هُمُ الْمُفْلِحُونَ} (آل عمران: 104) Dan hendaklah ada di antara kamu segolongan umat yang menyeru kepada kebajikan, menyuruh kepada yang ma'ruf dan mencegah dari yang munkar; merekalah orang-orang yang beruntung. “Ber-Muhammadiyah itu, harus dimulai dari dan selanjutnya harus tetap bersandar kepada pengertian atau faham dan keyakinan agama, yang meliputi: a) Memahami sungguh-sungguh ajaran agama Islam dengan tepat, b) menyadari sungguh-sungguh bahwa untuk melaksanakan dan menerapkan agama Islam dalam arti yang sebenar-benarnya, tidak akan dapat tanpa “ber-organisasi” dengan disertai “jihad bil amwal wal anfus” (HM. Djindar Tamimy, 1978:3)

وَلْتَكُن مِّنْكُمْ أُمَّة ...ٌ Dakwah amar ma’ruf nahi mungkar dapat dilaksanakan oleh sekelompok orang dalam umat. Hukumnya fardlu kifāyah. Muhammadiyah mengambil inisiatif terdepan untuk melaksanakan fardlu kifāyah tersebut. Dan untuk mewujudkannya perlu wadah organisasi. MUHAMMADIYAH GERAKAN DAKWAH ISLAM

الخير --- يَدْعُونَ إِلَى الْخَيْرِ Terminologi الخير --- يَدْعُونَ إِلَى الْخَيْرِ المعروف --- وَيَأْمُرُونَ بِالْمَعْرُوفِ المنكر --- وَيَنْهَوْنَ عَنِ الْمُنْكَرِ Buruk الشر Baik الخير Mungkar المنكر Ma’ruf المعروف

المعروف ------- يأمرون الخير --------- يدعون المعروف ------- يأمرون الخير ------ Serulah المعروف ----- Perintahkanlah Normatif Aplikatif

3 دين الحضارة Umat Tengahah أمة وسطا Muhammadiyah memandang Islam sebagai agama yang komprehensif atau menyeluruh; meliputi: (a) akidah, (b) akhlak, (c) ibadah, dan (d) mu’amalah duniawiah (MKCH butir ke-4). 3 Ideologi Islam Transformatif Pandangan keagamaan yang berorientasi kepada perubahan dan kemaslahatan di kalangan umat. Umat Tengahah أمة وسطا Islam yang Berkemajuan دين الحضارة

Islam yang Berkemajuan? اَلدِّيْنُ (اَلدِّيْنُ اْلإِسْلاَمِيُّ لِلْمُحَمَّدِيِّ) هُوَ مَااَنْزَلَهُ اللهُ فِى الْقُرْآنِ وَمَاجَاءَتْ بِهِ السُّنَّةُ الصَّحِيْحَةُ مِنَ اْلأَوَامِرِ وَالنَّوَاهِى وَاْلإِرْشَادَاتِ لِصَلاَحِ الْعِبَادِ دُنْيَاهُمْ وَاُخْرَاهُمْ لِصَلاَحِ الْعِبَادِ دُنْيَاهُمْ وَاُخْرَاهُمْ kemaslahatan dunia dan akhirat

لِصَلاَحِ الْعِبَادِ دُنْيَاهُمْ وَاُخْرَاهُمْ kemaslahatan dunia dan akhirat Sufistis Materialistis Umat Tengahan أمة وسطا

Paham Agama dalam Muhammadiyah الرجوع إلى القرآن والسنة التجديد Kembali kepada Al-Qur’an & Sunnah Tajdid

الرجوع إلى القرآن والسنة Islam sebagai satu mata rantai ajaran Allah S.w.t yang diturunkan kepada para nabi hingga Nabi Muhammad S.a.w. sebagai nabi dan rasul terakhir (MKCH butir ke-2). Bahwa agama Islam yang dibawa oleh Nabi Muhammad S.a.w adalah apa yang diturunkan Allah S.w.t berupa perintah, larangan, dan petunjuk-petunjuk untuk kebaikan manusia di dunia dan akhirat (Kitab Masalah Lima).

Muhammadiyah dalam paham agamanya bersumber pada Al-Qur’an dan Sunnah maqbulah dengan menggunakan akal pikiran yang sesuai jiwa ajaran Islam (MKCH butir ke-3). Muhammadiyah memandang Islam sebagai agama yang komprehensif atau menyeluruh; meliputi: (a) akidah, (b) akhlak, (c) ibadah, dan (d) mu’amalah duniawiah (MKCH butir ke-4).

التجديد Muhammadiyah dalam memaknai tajdid mengandung pengertian pemurnian (purifikasi) dan pembaruan (dinamisasi) (AD Muh 2005, Munas Tarjih di Malang) عن جابرٍ رضيَ اللَّهُ عنهُ قَالَ النَّبِيُّ صلى الله عليه وسلم: «قِوَامُ الْمَرْءِ عَقْلُهُ، وَلاَ دِينَ لِمَنْ لاَ عَقْلَ لَهُ». (جامع المسانيد والمراسيل) Jati diri seseorang terletak pada akalnya, dan tidak ada agama bagi orang yang tidak memiliki akal.

Islam sebagai satu mata rantai ajaran Allah S. w Islam sebagai satu mata rantai ajaran Allah S.w.t yang diturunkan kepada para nabi hingga Nabi Muhammad S.a.w. sebagai nabi dan rasul terakhir (MKCH butir ke-2). 1 Gejala munculnya nabi-nabi palsu? Fenomena munculnya aliran-aliran sesat? Sikap warga Muhammadiyah?

وَمَآ آتَاكُمُ الرَّسُولُ فَخُذُوهُ وَمَا نَهَاكُمْ عَنْهُ فَانتَهُواْ وَاتَّقُواْ اللَّهَ إِنَّ اللَّهَ شَدِيدُ الْعِقَابِ (الحشر : 7) Apa yang diberikan Rasul kepadamu, maka terimalah. Dan apa yang dilarangnya bagimu, maka tinggalkanlah. Dan bertakwalah kepada Allah. Sesungguhnya Allah amat keras hukumannya.

{مَّا كَانَ مُحَمَّدٌ أَبَآ أَحَدٍ مِّن رِّجَالِكُمْ وَلَـكِن رَّسُولَ اللَّهِ وَخَاتَمَ النَّبِيِّينَ وَكَانَ اللَّهُ بِكُلِّ شَيْءٍ عَلِيماً} (الأحزاب : 40) Muhammad itu sekali-kali bukanlah bapak dari seorang laki-laki di antara kamu, tetapi dia adalah Rasulullah dan penutup nabi-nabi. Dan adalah Allah Maha Mengetahui segala sesuatu.

Pedoman hidup paling fundamental Bahwa agama Islam yang dibawa oleh Nabi Muhammad S.a.w adalah apa yang diturunkan Allah S.w.t berupa perintah, larangan, dan petunjuk-petunjuk untuk kebaikan manusia di dunia dan akhirat (Kitab Masalah Lima). 2 Perintah Pedoman hidup paling fundamental Larangan Petunjuk

{قُلْ أَطِيعُواْ اللَّهَ وَأَطِيعُواْ الرَّسُولَ فَإِن تَوَلَّوْاْ فَإِنَّمَا عَلَيْهِ مَا حُمِّلَ وَعَلَيْكُمْ مَّا حُمِّلْتُمْ وَإِن تُطِيعُوهُ تَهْتَدُواْ وَمَا عَلَى الرَّسُولِ إِلاَّ الْبَلاَغُ الْمُبِينُ} (النور : 54) Katakanlah: "Taat kepada Allah dan taatlah kepada rasul; dan jika kamu berpaling maka sesungguhnya kewajiban rasul itu adalah apa yang dibebankan kepadanya, dan kewajiban kamu sekalian adalah semata-mata apa yang dibebankan kepadamu. Dan jika kamu taat kepadanya, niscaya kamu mendapat petunjuk. Dan tidak lain kewajiban rasul itu melainkan menyampaikan (amanat Allah) dengan terang."

{يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُواْ أَطِيعُواْ اللَّهَ وَأَطِيعُواْ الرَّسُولَ وَأُوْلِي الأَمْرِ مِنْكُمْ فَإِن تَنَازَعْتُمْ فِي شَيْءٍ فَرُدُّوهُ إِلَى اللَّهِ وَالرَّسُولِ إِن كُنْتُمْ تُؤْمِنُونَ بِاللَّهِ وَالْيَوْمِ الآخِرِ ذلِكَ خَيْرٌ وَأَحْسَنُ تَأْوِيلاً} (النساء : 59) Hai orang-orang yang beriman, taatilah Allah dan taatilah Rasul (Nya), dan ulil amri di antara kamu. Kemudian jika kamu berlainan pendapat tentang sesuatu, maka kembalikanlah ia kepada Allah (Al Quran) dan Rasul (sunnahnya), jika kamu benar-benar beriman kepada Allah dan hari kemudian. Yang demikian itu lebih utama (bagimu) dan lebih baik akibatnya. {يأَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُواْ أَطِيعُواْ اللَّهَ وَأَطِيعُواْ الرَّسُولَ وَلاَ تُبْطِلُواْ أَعْمَالَكُمْ} (محمد : 33) Hai orang-orang yang beriman, taatilah Allah dan taatilah Rasul dan janganlah kamu merusakkan (pahala) amal-amalmu.

{يأَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُواْ أَطِيعُواْ اللَّهَ وَرَسُولَهُ وَلاَ تَوَلَّوْا عَنْهُ وَأَنْتُمْ تَسْمَعُونَ} (الأنفال : 20) Mengapa kamu tidak taat kepada Allah dan Rasul-Nya, padahal kamu sudah mendengar penjelasan ini? {قُلْ أَطِيعُواْ اللَّهَ وَالرَّسُولَ فإِن تَوَلَّوْاْ فَإِنَّ اللَّهَ لاَ يُحِبُّ الْكَافِرِينَ} (آل عمران : 32)

Muhammadiyah dalam memaknai tajdid mengandung pengertian pemurnian (purifikasi) dan pembaruan (dinamisasi) (AD Muh 2005, Munas Tarjih di Malang) 4 عن أَبي هُرَيْرَةَ ، فِيمَا أعْلَمُ عن رَسُولِ الله صلى الله عليه وسلم قالَ: «إنَّ الله يَبْعَثُ لِهَذِهِ الأمَّةِ عَلَى رَأْسِ كُلِّ مِائَةِ سَنَةٍ مَنْ يُجَدِّدُ لَها دِينَهَا». (رواه أبو داود) Sungguh, Allah akan mengutus kepada umat ini pada setiap permulaan 100 tahun orang yang akan memperbarui agamanya.

عَنْ أَبِي حَازِمٍ عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ ، قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللّهِ : «بَدَأَ الإِسْلاَمُ غَرِيبا وَسَيَعُودُ كَمَا بَدَأَ غَرِيبا . فَطُوبىٰ لِلْغُرَبَاءِ». (رواه مسلم) Islam itu asing pada awalnya, dan akan kembali asing seperti pada awalnya. Maka beruntunglah orang-orang yang asing.

Bagi Muhammadiyah pintu ijtihad selalu terbuka عن أبي هريرة رضي الله تعالى عنه قال: قال رسول الله صلى الله عليه وسلم: إذا اجتهد الحاكم فأصاب فله أجران اثنان، وإذا اجتهد فأخطأ فله أجر واحد (منتقى ابن الجارود) Seorang hakim yang berijtihad, lalu benar dengan ijtihadnya, ia akan mendapat dua pahala, dan apabila ijtihadnya salah ia akan tetap mendapatkan satu pahala.

SURAT AL-MĀ’ŪN {أَرَأَيْتَ ٱلَّذِي يُكَذِّبُ بِٱلدِّينِ * فَذَلِكَ ٱلَّذِي يَدُعُّ ٱلْيَتِيمَ * وَلاَ يَحُضُّ عَلَىٰ طَعَامِ ٱلْمِسْكِينِ * فَوَيْلٌ لِّلْمُصَلِّينَ * ٱلَّذِينَ هُمْ عَن صَلاَتِهِمْ سَاهُونَ * ٱلَّذِينَ هُمْ يُرَآءُونَ * وَيَمْنَعُونَ ٱلْمَاعُونَ} (الماعون : 1-7) Tahukah kamu siapakah orang yang mendustakan agama itu? (yaitu) orang yang menghardik anak yatim, dan tidak menganjurkan memberi makan kepada orang miskin. Maka, celakalah orang-orang yang shalat, (yaitu) orang-orang yang shalatnya lalai, orang-orang yang berbuat riya’ Dan enggan menolong dengan barang-barang yang berguna

أَرَأَيْتَ الَّذِي يُكَذِّبُ بِالدِّينِ فَذَلِكَ الَّذِي يَدُعُّ الْيَتِيمَ وَلاَ يَحُضُّ عَلَى طَعَامِ الْمِسْكِينِ فَوَيْلٌ لِّلْمُصَلِّينَ الَّذِينَ هُمْ عَن صَلاَتِهِمْ سَاهُونَ أَرَأَيْتَ الَّذِي يُكَذِّبُ بِالدِّينِ الَّذِينَ هُمْ يُرَآءُونَ وَيَمْنَعُونَ الْمَاعُونَ حبل من الناس حبل من الله Horisontal (!) Vertikal (?) عملوا الصالحات آمنوا

فَوَيْلٌ لِّلْمُصَلِّينَ * الَّذِينَ هُمْ عَن صَلاَتِهِمْ سَاهُونَ فَوَيْلٌ لِّلْمُصَلِّينَ * الَّذِينَ هُمْ عَن صَلاَتِهِمْ سَاهُونَ وَأَقِمِ الصَّلاَةَ إِنَّ الصَّلاَةَ تَنْهَى عَنِ الْفَحْشَآءِ وَالْمُنْكَرِ (العنكبوت : 45) Al-Qur’an menggunakan kata “سَاهُونَ” ism fa’il dari سهى – يسهو bukan jadian dari نسي - ينسى

السهو عن الصلاة = النفاق وهوالمنافقون : الذين يصلون في العلانية ولا يصلون في السر. Fisiknya shalat, tetapi hati, jiwa dan perilakunya tidak ikut shalat. Yaitu yang shalatnya tidak berdampak pada perilaku sosialnya sehari-hari. السهو في الصلاة = النسيان : في عدد الركعات أو بعض القراءات, وهذا يقع من كل أحد حتى النبي صلى الله عليه وسلم. KH. Ahmad Dahlan : “Betulkah kita sebagai orang Islam yang berani menyerahkan harta dan jiwa raganya di bawah hukum Allah?”

SKEMA IBADAH AL-RABB (ALLAH) TASKHIR HAMBA Pemanfaatan lahan pertanian, sungai, laut, binatang ternak, dll M A H D O Shalat, puasa, zakat dll TASKHIR AKHLAK Menyantuni anak yatim, berbuat baik kepada tetangga, dll ALAM (MASYARAKAT/LINGKUNGAN) HAMBA

(MASYARAKAT/LINGKUNGAN) SKEMA IBADAH AL-RABB (ALLAH) M A H D O حبل من الله ...آمنوا... TASKHIR AKHLAK حبل من الناس ...عملوا الصالحات... ALAM (MASYARAKAT/LINGKUNGAN) HAMBA

(MASYARAKAT/LINGKUNGAN) SKEMA IBADAH AL-RABB (ALLAH) M A H D O (Qs, al-Baqarah/2:43) TASKHIR (Qs, Luqman/31:20) AKHLAK ALAM (MASYARAKAT/LINGKUNGAN) HAMBA (Qs, al-Ma’un 4-7)

SURAT AL-’ASHRI {وَٱلْعَصْرِ * إِنَّ ٱلإِنسَانَ لَفِى خُسْرٍ * إِلاَّ ٱلَّذِينَ آمَنُواْ وَعَمِلُواْ ٱلصَّالِحَاتِ وَتَوَاصَوْاْ بِٱلْحَقِّ وَتَوَاصَوْاْ بِٱلصَّبْرِ}(العصر : 1-3) Demi masa, Sesungguhnya manusia itu benar-benar merugi, kecuali orang-orang yang beriman, mengerjakan amal saleh, nasehat-menasehati supaya mentaati kebenaran dan nasehat menasehati supaya menetapi kesabaran.

Surat al-’Ashr di mata Kyai Dahlan Kyai Dahlan merenungkan dan mengulang-ulang surat al-’Ashr ini lebih dari 7 bulan. Dalam tafsir Juz Amma karangan Syaikh Muhammad Abduh dari Mesir, terdapat 37 surat, tetapi yang dipilih oleh Kyai Dahlan hanya satu surat ini. Oleh Kyai Dahlan, surat ini selalu dibacakan kepada kaum lelaki tiap pukul 07.00 pagi, kepada kaum Aisyiyah tiap 08.00, dan kepada pemuda-pemudi tiap ba’da Zuhur.

Perhatikan ayat sebelum dan sesudahnya ! Manusia IMAN AMAL SHALEH إِنَّمَا ٱلْمُؤْمِنُونَ ٱلَّذِينَ آمَنُواْ بِٱللَّهِ وَرَسُولِهِ ثُمَّ لَمْ يَرْتَابُواْ وَجَاهَدُواْ بِأَمْوَالِهِمْ وَأَنفُسِهِمْ فِي سَبِيلِ ٱللَّهِ أُوْلَـٰئِكَ هُمُ ٱلصَّادِقُونَ (الحجرات : 15) Sesungguhnya orang-orang yang beriman itu hanyalah orang-orang yang percaya (beriman) kepada Allah dan Rasul-Nya, kemudian mereka tidak ragu-ragu dan mereka berjuang (berjihad) dengan harta dan jiwa mereka pada jalan Allah. Mereka itulah orang-orang yang benar. Perhatikan ayat sebelum dan sesudahnya !

JIHAD {أَمْ حَسِبْتُمْ أَن تَدْخُلُواْ الْجَنَّةَ وَلَمَّا يَعْلَمِ اللَّهُ الَّذِينَ جَاهَدُواْ مِنكُمْ وَيَعْلَمَ الصَّابِرِينَ} (آل عمران : 142) Apakah kamu mengira bahwa kamu akan masuk surga, padahal belum nyata bagi Allah orang-orang yang berjihad dan orang-orang yang sabar.(Q, s. Ali Imran / 3:142) Jihad Sabar

لَـكِنِ الرَّسُولُ وَالَّذِينَ آمَنُواْ مَعَهُ جَاهَدُواْ بِأَمْوَالِهِمْ وَأَنْفُسِهِمْ وَأُوْلَـئِكَ لَهُمُ الْخَيْرَاتُ وَأُوْلَـئِكَ هُمُ الْمُفْلِحُونَ (التوبة : 88) Tetapi Rasul dan orang-orang yang beriman bersama dia, mereka berjihad dengan harta dan diri mereka. Dan mereka itulah orang-orang yang memperoleh kebaikan, dan mereka itulah orang-orang yang beruntung. “ ... menerapkan agama Islam dalam arti yang sebenar-benarnya, tidak akan dapat tanpa “ber-organisasi” dengan disertai “jihad bil amwal wal anfus” (HM. Djindar Tamimy, 1978:3) Harta Jihad Jiwa

MUHAMMADIYAH GERAKAN AMAL Sosial Pendidikan Kesehatan Dan lain sebagainya Aktualisasi dan Implementasi Nilai-nilai Islam dalam Kehidupan