OPERASI VEKTOR DAN MATRIKS
VEKTOR PANJANG VEKTOR BESARAN VEKTOR PENAMBAHAN VEKTOR PERKALIAN VEKTOR DOT PRODUCT CROSS PRODUCT
PANJANG VEKTOR a = (x2-x1, y2-y1) = (5, 5) Translasi, tx= 2, ty = 4
BESARAN VEKTOR (X1,Y1) = (2,3) ||a|| = π π + π π (X2,Y2) = (7,8) = ππ+ππ = ππ
PENAMBAHAN VEKTOR a+b = b+a b = (8,9) a (2,5) a+b = ((8+2),(5+9)) = (10,14)
PERKALIAN VEKTOR : DOT / SKALAR PRODUCT a.b = |a||b|cos ΞΈ a = (xa,ya), b = (xb, yb) |xa| |xb| |ya| . |yb| |za| |zb | = (xa.x+ya.y+za.z).(xb.x+yb.y+zb.z) = xa.xb.x.x + xa.yb.x.y + xa.zb.x.z + ya.xb.y.x + ya.yb.y.y + ya.zb.y.z + za.xb.z.x + za.yb.z.y + za.zb.z.z KARENA SUDUT X,Y,Z ADALAH 90 DERAJAT DAN COS 90 ADALAH 0, SUDUT ANTARA X DENGAN X, Y DENGAN Y, Z DENGAN Z ADALAH 0 DERAJAT, COS 0 ADALAH 1, MAKA : xa.xb.x.x + ya.yb.y.y + za.zb.z.z = xa.xb+ ya.yb + za.zb
PERKALIAN VEKTOR : CROSS PRODUCT a X b = |a||b|sin ΞΈ a = (xa,ya), b = (xb, yb) x x y = z, y x x = -z, x x z = -y, z x x = y, y x z = x, z x y = -x |xa| |xb| |ya| x |yb| |za| |zb| = (xa.x+ya.y+za.z)x(xb.x+yb.y+zb.z) = xa.xb.x X x + xa.yb.x X y + xa.zb.x X z + ya.xb.y X x + ya.yb.y x y + ya.zb.y x z + za.xb.z X x + za.yb.z X y + za.zb.z X z =
MATRIKS m x n, m adalah baris, n adalah kolom Contoh : matriks 2 x 3 1 2 3 4 5 6
PERKALIAN MATRIKS β SKALAR Kalikan tiap elemennya 1 2 3 4 5 6 . 3 = 3 6 9 12 15 18
PERKALIAN MATRIKS-MATRIKS Syarat : jumlah kolom di matriks pertama = jumlah baris di matriks kedua, kalikan baris dengan kolom 1 2 3 4 5 6 . 1 2 3 4 5 6 = (1.1+2.3+3.5) (1.2+2.4+3.6) (4.1+5.3+6.5) (4.2+5.4+6.6) = 22 28 49 64
PERKALIAN MATRIKS β VEKTOR Perlakukan vektor seperti matriks
MATRIKS TRANSPOSE Kolom jadi baris dan baris jadi kolom (AB) T =BT AT
MATRIKS IDENTITAS I3X3 = 1 0 0 0 1 0 0 0 1 AA-1= A-1A = I (AB) -1 = B-1A-1
PERKALIAN VEKTOR DALAM BENTUK MATRIKS DOT PRODUCT a.b = aTb π₯π π¦π π§π . π₯π π¦π π§π = (xa.xb + ya.yb + za.zb) CROSS PRODUCT a x b = A*b A = dual matriks dari a, maka : π₯π π₯ π₯π π₯π π₯ π¦π π₯π π₯ π§π π¦π π₯ π₯π π¦π π₯ π¦π π¦π π₯ π§π π§π π₯ π₯π π§π π₯ π¦π π§π π₯ π§π . π₯π π¦π π§π = 0 π§π βπ¦π βπ§π 0 π₯π π¦π βπ₯π 0 . π₯π π¦π π§π
ORTHOGONAL DUA VEKTOR ATAU LEBIH DISEBUT ORTHOGONAL JIKA SUDUTNYA 90 DERAJAT a(1,0,-1) b(1,β2,1) c(1, -β2, 1) a.b = (1,0,-1). (1, β2,1) = 1+0+-1 = 0 a.c = (1,0,-1). (1, -β2, 1) = 1+0+-1 = 0 b.c = (1, β2,1). (1, -β2, 1) = 1+-2+1=0
a(1,0,-1), |a| = β2 b(1,β2,1), |b| = 2 c(1, -β2, 1), |c| = 2 Normalisasi = v / |v| a / |a| = (1,0,-1) / β2 = (1/β2, 0, -1/β2) b/ |b| = (1, β2,1) / 2 = (1/2, β2/2,1/2) c / |c| = (1, β 2 ,1) / 2 = (1/2,-β2/2,1/2)
ORTHONORMAL HARUS ORTHOGONAL BESARANNYA HARUS 1 a(1,0,-1) = ||a|| = π₯ 2 + π¦ 2 +π§ 2 = β2 b(1, β2,1) = ||b|| = 2 c(1, - β2, 1) = ||c|| = 2
ORTHONORMAL BESARAN : ||a||= β2 ||b|| = 2 ||c|| = 2 NORMALISASI : v / ||v|| a(1/ β2, 0, -1/ β2), jadi ||a|| = 1 b(1/2, β2 /2, Β½), jadi ||b|| = 1 c(1/2, - β2 /2, Β½ ), jadi ||c|| = 1
COORDINATE FRAME Ada sistem koordinat lokal, global, bagian dari karakter (kepala, tangan, dll) Diperlukan untuk transformasi antar sistem koordinat Coordinate frame : ORTHONORMAL ||u||=||v||=||w||=1 u.v = u.w = v.w = 0 w = u x v
COORDINATE FRAME Misal : arah pandang diwakili dengan vektor a Maka untuk membuat koordinat perlu vektor b dan c Asosiasikan a dengan w, dan b dengan v, dimana b adalah arah atas dari kamera Vektor ketiga adalah u yang harus tegak lurus dengan v dan w
COORDINATE FRAME Maka lakukan normalisasi untuk w : Kemudian tentukan u, dimana harus tegak lurus dengan w dan b, maka : u = π π₯ π€ | π π₯ π€ | Maka v = w x u