BELAJAR DAN PEMBELAJARAN

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Media pembelajaran di komunitas
Advertisements

Metode Pembelajaran Pusat Pendidikan dan Pelatihan
DASAR-DASAR KOMUNIKASI
DASAR-DASAR KOMUNIKASI KETERAMPILAN DASAR MENGAJAR
KEGIATAN PEMBELAJARAN DAN PEMILIHAN MEDIA PEMBELAJARAN
disajikan oleh : Machmud SYAM
Keterampilan Dasar Mengajar
STRATEGI BELAJAR MENGAJAR
METODE DAN MEDIA PEMBELAJARAN DALAM STANDAR PROSES PENDIDIKAN
TRAINING DESIGN / PENYUSUNAN PROGRAM TRAINING
Pembinaan Kompetensi Mengajar Fisika (PKMF)
METODE PEMBELAJARAN DR. RAHMI SUSANTI, M.Si..
METODE PEMBELAJARAN KEWIRAUSAHAAN DI SMK
STKIP-PGRI Banjarmasin
KETERAMPILAN DASAR MENGAJAR
DASAR-DASAR KOMUNIKASI KETERAMPILAN DASAR MENGAJAR
KETERAMPILAN DASAR MENGAJAR
Pengertian Microteaching
ALAT PERAGA.
METODE DAN DESAIN PELATIHAN
MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PROBLEM BASED LEARNING)
KONSELING KELOMPOK.
Keterampilan Membelajarkan Kelompok Kecil
KEGIATAN PEMBELAJARAN DAN PEMILIHAN MEDIA PEMBELAJARAN
KEGIATAN PEMBELAJARAN DAN PEMILIHAN MEDIA PEMBELAJARAN
disajikan oleh : Machmud SYAM
METODE DAN MEDIA PEMBELAJARAN
KETRAMPILAN DASAR MENGAJAR
TEKNIK PELATIHAN.
MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PROBLEM BASED LEARNING)
KOMUNIKASI DALAM PENDIDIKAN KESEHATAN
MEDIA PEMBELAJARAN By: Durinda Puspasari.
Belajar ≠ Menuntut Ilmu, Menyerap Ilmu pengetahuan
PENGERTIAN Interaksi berasal dari kata: inter & aksi.
KETERAMPILAN DASAR MENGAJAR
Keterampilan Dasar Mengajar
STKIP Kusuma Negara Jakarta
Pengertian Strategi Pembelajaran pkn Dick dan carey mengatakan “strategi pembelajaran adalah komponen umum dari suatu materi pembelajaran yang akan digunakan.
KEGIATAN PEMBELAJARAN DAN PEMILIHAN MEDIA PEMBELAJARAN
PENGERTIAN Interaksi berasal dari kata: inter & aksi.
Ahmad Muntaha PP IRM Yogyakarta 2008
KETERAMPILAN DASAR MENGAJAR
METODE PEMBELAJARAN KEWIRAUSAHAAN DI SMK
Keterampilan Dasar Mengajar
Model problem based learning
DASAR-DASAR KOMUNIKASI KETERAMPILAN DASAR MENGAJAR
PENDIDIKAN BAHASA INGGRIS FAKULATAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
“UPAYA PENINGKATAN KOMPETENSI MENGAJAR MENUJU GURU PROFESIONAL”
TEKNOLOGI PENDIDIKAN drg Elizabeth Mailoa, SpPros.
KEGIATAN PEMBELAJARAN DAN PEMILIHAN MEDIA PEMBELAJARAN
MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PROBLEM BASED LEARNING)
Belajar ≠ Menuntut Ilmu, Menyerap Ilmu pengetahuan
PERTEMUAN 6 HARLINDA SYOFYAN, S.Si., M.Pd
MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PROBLEM BASED LEARNING)
MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PROBLEM BASED LEARNING)
MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PROBLEM BASED LEARNING)
MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PROBLEM BASED LEARNING)
MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PROBLEM BASED LEARNING)
MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PROBLEM BASED LEARNING)
MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PROBLEM BASED LEARNING)
MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PROBLEM BASED LEARNING)
MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PROBLEM BASED LEARNING)
KETERAMPILAN DASAR MENGAJAR
disajikan oleh : Machmud SYAM
MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PROBLEM BASED LEARNING)
KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN BADAN PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN DAN PENJAMINAN MUTU PENDIDIKAN MODEL PEMBELAJARAN.
KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN BADAN PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN DAN PENJAMINAN MUTU PENDIDIKAN MODEL PEMBELAJARAN.
H. M. JUPRI RIYADI Kepala Dinas Pendidikan. Keterampilan dasar mengajar yaitu keterampilan yang bersifat mendasar atau umum yang harus dikuasai oleh setiap.
TELA’AH KURIKULUM. A.Metode Tanya Jawab Metode tanya jawab adalah suatu cara penyampaian pelajaran oleh guru dengan jalan mengajukan pertanyaan dan murid.
KETRAMPILAN DASAR MENGAJAR Oleh : Marsianus Pendidikan Bahasa dan Sastra STKIP PK.
Transcript presentasi:

BELAJAR DAN PEMBELAJARAN

TUJUAN PEMBELAJARAN Mampu memahami Konsep Dasar Belajar dan Pembelajaran Mampu memahami Ragam Metode Pembelajaran

Belajar diartikan proses perubahan tingkah laku individu sebagai hasil interaksi dengan lingkungannya Penekanan pada peserta didik/anak

Pembelajaran diartikan sebagai upaya yang dilakukan dengan sengaja oleh pendidik yang dapat menyebabkan peserta didik melakukan kegiatan belajar Penekanan pada Pendidik/pamong/guru

Ciri-ciri Perilaku Belajar Perubahan tingkah laku terjadi secara sadar Perubahan bersifat kontinu dan fungsional Perubahan bersifat permanen Perubahan bersifat positif dan aktif Perubahan bertujuan dan berarah Perubahan mencakup seluruh aspek tingkah laku

Ragam Metode 1 2 3 Pembelajaran 4 5 6 7 8 Kuliah/Ceramah Demonstrasi Diskusi 3 Pembelajaran Studi kecil (buzz group) 4 Brainstorming/curah pendapat 5 Studi Kasus 6 Role Play (bermain peran) 7 Simulasi 8

TUJUAN PEMBELAJARAN YANG DICAPAI HUBUNGAN METODE PEMBELAJARAN DENGAN TUJUAN PEMBELAJARAN YANG DICAPAI   Nama Metode Pembelajaran Rana Pembelajaran Pengetahuan (P), Kognitif Sikap-nilai (S), Afektif Ketrampilan (K), Psikomotorik Ceramah  Diskusi   Buzz Group Curah pendapat Demonstrasi Studi kasus Role play Simulasi

CERAMAH Memberikan informasi pada peserta Mengandalkan kekuatan fasilitator dalam menggunakan bahasa verbal & bahasa tubuh DOMAIN KOGNITIF Sasaran Terjadinya perubahan pada domain pengetahuan Mengandalkan kekuatan fasilitator dalam menggunakan bahasa verbal dan bahasa tubuh CERAMAH

Diikuti banyak orang, Tidak memerlukan banyak peralatan Penekanan pada hal yg penting dan menarik perhatian Peserta cenderung pasif Tidak dpt mengingat semua materi yg disampaikan Membosankan

Motivasi peserta agar muncul keinginan untuk bertanya & menjawab pertanyaan fasilitator . DOMAIN KOGNITIF Terjadi perubahan pada domain kognitif pembelajar Motivasi pembelajar agar muncul keinginan untuk bertanya dan menjawab pertanyaan fasilitator TANYA JAWAB

DOMAIN KOGNITIF/ AFEKTIF Sasaran Terjadi perubahan pada domain kogitif dan afektif dengan mengandalkan partisipasi para anggota Pengalaman belajar didapat melalui tukar pikiran/pengalaman diantara peserta. Metode ini bertujuan untuk tukar menukar gagasan, pemikiran, informasi/ pengalaman diantara peserta, sehingga dicapai kesepakatan pokok-pokok pikiran (gagasan, kesimpulan). Untuk mencapai kesepakatan tersebut, para peserta dapat saling beradu argumentasi untuk meyakinkan peserta lainnya. Kesepakatan pikiran inilah yang kemudian ditulis sebagai hasil diskusi. Diskusi biasanya digunakan sebagai bagian yang tak terpisahkan dari penerapan berbagai metode DISKUSI Pengalaman belajar didapat melalui tukar pikiran/ pengalaman diantara peserta.

Anggota kelompok terlibat aktif Mengembangkan rasa tanggung jawab perorangan, Menumbuhkan rasa percaya diri, Aplikasi hasil diskusi baik karena ide yg disampaikan orisinil Banyak menyita waktu Mempersyarat kan peserta memiliki latar belakang yang cukup dalam membahas topik, Perlu persiapan matang sebelum diskusi, Dapat menimbulkan frustasi krn anggota kelompok ingin cepat melihat hasilnya.

Kel Studi Kecil/ Buzz Group Pemecahan kelompok besar menjadi kelompok yang lebih kecil . DOMAIN KOGNITIF/ AFEKTIF Terjadinya perubahan domain kognitif, afektif dan ketrampilan dalam berfikir Mengandalkan partisipasi dan kreatifitas berfikir semua pesearta Kel Studi Kecil/ Buzz Group

Mendorong peserta yg malu, Suasana menyenangkan Pembagian tugas kepemimpinan Pengumpulan pendapat Angg kelompok bisa terdiri dr org yg tidak tau apa2 Ada pemimpin yg lemah Laporan tidak tersusun dg baik

BRAINSTORMING Bentuk diskusi dalam rangka menghimpun gagasan, pendapat, informasi, pengetahuan, pengalaman, dari semua peserta . DOMAIN KOGNITIF/ AFEKTIF Terjadinya perubahan domain kognitif, afektif dan ketrampilan dalam berfikir Metode curah pendapat adalah suatu bentuk diskusi dalam rangka menghimpun gagasan, pendapat, informasi, pengetahuan, pengalaman, dari semua peserta. Berbeda dengan diskusi, dimana gagasan dari seseorang dapat ditanggapi BRAINSTORMING

Mendorong peserta u/ aktif, Tidak menyita waktu, Digunakan u/kelompok besar atau kecil, Perlu sedikit pengalaman Mudah terlepas dari kontrol, Peserta tidak mengetahui bahwa semua pendapat diterima Peserta mengevaluasi langsung setelah pendapat diberikan

DEMONSTRASI Memperagakan suatu proses secara senyatanya dengan menggunakan alat/benda sesungguh dalam situasi sebenarnya atau tiruan. Sasaran utama perubahan domain psikomotor atau afektif Memperagakan suatu proses secara senyatanya dengan menggunakan alat/benda sesungguh dalam situasi sebenarnya atau tiruan. DOMAIN PSIKOMOTOR/ AFEKTIF

Menimbulkan minat Memperjelas prinsip2 & prosedur yg masih blm dipahami Butuh waktu persiapan Peralatan mungkin mahal Dilakukan kelompok kecil/ terbatas

Pengalaman belajar yang didapat adalah MENGALAMI karena dihadapkan pada situasi dengan berbagai pilihan DOMAIN KOGNITIF/ AFEKTIF/ KETERAMPILAN Sasaran Terjadi perubahan pada domain kognitif atau afektif atau ketrampilan berfikir Pengalaman belajar yang didapat adalah “ mengalami “ karena dihadapkan pada situasi dengan berbagai pilihan STUDI KASUS

Menambah wawasan, Alternatif pemecahan masalah Pertukaran pendapat Evaluasi Bersama Pengalaman menerapkan kepemimpinan Memotivasi orang lain Keterbatasan waktu Frustasi bila tidak ada pemecahan masalahnya

ROLE PLAY Memainkan suatu peran Tertentu sehingga pemain Sasaran Terjadinya perubahan pada domain afektif dengan mengandalkan aspek “emosi” Merangsang semua indera Melakukan kegiatan memerankan/menjadi figur orang lain dalam situasi lingkungan tiruan ROLE PLAY Memainkan suatu peran Tertentu sehingga pemain Harus mampu berbuat spt peran yg dimainkannya DOMAIN AFEKTIF

Mendorong keterlibatan peserta secara aktif Mengembangkan sikap emphati terhadap peran yg dimainkan Mengembangkan sikap dan cara pandang baru dan menimbulkan keceriaan dalam belajar Perlu waktu banyak, Peserta tdk sepenuhnya dapat menghayati peranannya, Sangat tergantung skenario yg disusun Dapat menimbulkan kebosanan pada peserta bila masalah yg dihadapi tidak bervariasi

Sasaran Terjadi perubahan pada domain psikomotor dan afektif dengan melibatkan “emosi” Merangsang semua indera penerima Melakukan kegiatan tiruan dengan menggunakan alat pengganti/tiruan dalam situasi yang tidak sesungguhnya. SIMULASI Melakukan kegiatan tiruan dengan menggunakan alat pengganti/tiruan dalam situasi yang tidak sesungguhnya. DOMAIN PSIKOMOTOR & AFEKTIF

Membentuk pemahaman dan ketrampilan bagi pekerjaan yg akan dilakukan Mendorong peserta terlibat aktif dan mengambil keputusan Memerlukan fasilitas khusus yg harus disediakan, Waktu lebih lama agar semua peserta dpt berlatih Menggunakan media tiruan tidak sama persis dgn situasi yg sebenarnya

Peran Guru : Korektor Inspirator Informator Organisator Motivator Inisiator Fasilitator Pembimbing Demonstrator Pengelola Kelas Mediator Supervisor Evaluator