Perjalanan Hidup Manusia Oleh: Abdul Hakim
Fase Perjalanan Hidup Manusia Alam Dzur → Alam Rahim → Alam Dunia → Alam Barzakh → Alam Akhirat
Alam Dzur وَإِذْ أَخَذَ رَبُّكَ مِنْ بَنِي آدَمَ مِنْ ظُهُورِهِمْ ذُرِّيَّتَهُمْ وَأَشْهَدَهُمْ عَلَى أَنْفُسِهِمْ أَلَسْتُ بِرَبِّكُمْ قَالُوا بَلَى شَهِدْنَا أَنْ تَقُولُوا يَوْمَ الْقِيَامَةِ إِنَّا كُنَّا عَنْ هَذَا غَافِلِينَ (١٧٢) “ Dan (ingatlah), ketika Tuhanmu mengeluarkan keturunan anak-anak Adam dari tulang punggung ayah mereka dan Allah mengambil kesaksian terhadap jiwa mereka (seraya berfirman): "Bukankah aku ini Tuhanmu?" mereka menjawab: "Betul (Engkau Tuhan kami), Kami menjadi saksi". (kami lakukan yang demikian itu) agar di hari kiamat kamu tidak mengatakan: "Sesungguhnya Kami (Bani Adam) adalah orang-orang yang lengah terhadap ini (keesaan Tuhan).” (QS. Al-A’raf : 172)
II. Alam Rahim وَلَقَدْ خَلَقْنَا الإنْسَانَ مِنْ سُلالَةٍ مِنْ طِينٍ (١٢)ثُمَّ جَعَلْنَاهُ نُطْفَةً فِي قَرَارٍ مَكِينٍ (١٣)ثُمَّ خَلَقْنَا النُّطْفَةَ عَلَقَةً فَخَلَقْنَا الْعَلَقَةَ مُضْغَةً فَخَلَقْنَا الْمُضْغَةَ عِظَامًا فَكَسَوْنَا الْعِظَامَ لَحْمًا ثُمَّ أَنْشَأْنَاهُ خَلْقًا آخَرَ فَتَبَارَكَ اللَّهُ أَحْسَنُ الْخَالِقِينَ (١٤) Dan Sesungguhnya Kami telah menciptakan manusia dari suatu saripati (berasal) dari tanah. kemudian Kami jadikan saripati itu air mani (yang disimpan) dalam tempat yang kokoh (rahim). kemudian air mani itu Kami jadikan segumpal darah, lalu segumpal darah itu Kami jadikan segumpal daging, dan segumpal daging itu Kami jadikan tulang belulang, lalu tulang belulang itu Kami bungkus dengan daging. kemudian Kami jadikan Dia makhluk yang (berbentuk) lain. Maka Maha sucilah Allah, Pencipta yang paling baik.” (QS.Al-Mukminun: 12-14)
ثُمَّ جَعَلَ نَسْلَهُ مِنْ سُلالَةٍ مِنْ مَاءٍ مَهِينٍ (٨) ثُمَّ سَوَّاهُ وَنَفَخَ فِيهِ مِنْ رُوحِهِ وَجَعَلَ لَكُمُ السَّمْعَ وَالأبْصَارَ وَالأفْئِدَةَ قَلِيلا مَا تَشْكُرُونَ (٩) kemudian Dia menjadikan keturunannya dari saripati air yang hina. kemudian Dia menyempurnakan dan meniupkan ke dalamnya roh (ciptaan)-Nya dan Dia menjadikan bagi kamu pendengaran, penglihatan dan hati; (tetapi) kamu sedikit sekali bersyukur. (QS.al-Sadjdah:8-9)
Alam Dunia اعْلَمُوا أَنَّمَا الْحَيَاةُ الدُّنْيَا لَعِبٌ وَلَهْوٌ وَزِينَةٌ وَتَفَاخُرٌ بَيْنَكُمْ وَتَكَاثُرٌ فِي الأمْوَالِ وَالأوْلادِ كَمَثَلِ غَيْثٍ أَعْجَبَ الْكُفَّارَ نَبَاتُهُ ثُمَّ يَهِيجُ فَتَرَاهُ مُصْفَرًّا ثُمَّ يَكُونُ حُطَامًا وَفِي الآخِرَةِ عَذَابٌ شَدِيدٌ وَمَغْفِرَةٌ مِنَ اللَّهِ وَرِضْوَانٌ وَمَا الْحَيَاةُ الدُّنْيَا إِلا مَتَاعُ الْغُرُورِ (٢٠) “ ketahuilah, bahwa Sesungguhnya kehidupan dunia ini hanyalah permainan dan suatu yang melalaikan, perhiasan dan bermegah- megah antara kamu serta berbangga-banggaan tentang banyaknya harta dan anak, seperti hujan yang tanam-tanamannya mengagumkan Para petani; kemudian tanaman itu menjadi kering dan kamu Lihat warnanya kuning kemudian menjadi hancur. dan di akhirat (nanti) ada azab yang keras dan ampunan dari Allah serta keridhaan-Nya. dan kehidupan dunia ini tidak lain hanyalah kesenangan yang menipu.” (QS.al-Hadid: 20)
زُيِّنَ لِلنَّاسِ حُبُّ الشَّهَوَاتِ مِنَ النِّسَاءِ وَالْبَنِينَ وَالْقَنَاطِيرِ الْمُقَنْطَرَةِ مِنَ الذَّهَبِ وَالْفِضَّةِ وَالْخَيْلِ الْمُسَوَّمَةِ وَالأنْعَامِ وَالْحَرْثِ ذَلِكَ مَتَاعُ الْحَيَاةِ الدُّنْيَا وَاللَّهُ عِنْدَهُ حُسْنُ الْمَآبِ (١٤) “Dijadikan indah pada (pandangan) manusia kecintaan kepada apa-apa yang diingini, Yaitu: wanita-wanita, anak-anak, harta yang banyak dari jenis emas, perak, kuda pilihan, binatang-binatang ternak dan sawah ladang. Itulah kesenangan hidup di dunia, dan di sisi Allah-lah tempat kembali yang baik (surga).” (QS.Ali ‘Imran: 14)
وَابْتَغِ فِيمَا آَتَاكَ اللَّهُ الدَّارَ الْآَخِرَةَ وَلَا تَنْسَ نَصِيبَكَ مِنَ الدُّنْيَا وَأَحْسِنْ كَمَا أَحْسَنَ اللَّهُ إِلَيْكَ وَلَا تَبْغِ الْفَسَادَ فِي الْأَرْضِ إِنَّ اللَّهَ لَا يُحِبُّ الْمُفْسِدِينَ “Dan carilah pada apa yang telah dianugerahkan Allah kepadamu (kebahagiaan) negeri akhirat, dan janganlah kamu melupakan bahagianmu dari (kenikmatan) duniawi dan berbuat baiklah (kepada orang lain) sebagaimana Allah telah berbuat baik kepadamu, dan janganlah kamu berbuat kerusakan di (muka) bumi.Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang berbuat kerusakan.” (QS. 28:77) وَمِنْهُمْ مَنْ يَقُولُ رَبَّنَا آَتِنَا فِي الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِي الْآَخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ Dan di antara mereka ada orang yang berdo'a:"Ya Tuhan kami, berilah kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat dan peliharalah kami dari siksa neraka". (QS. 2:201) قُلْ يَا عِبَادِ الَّذِينَ آَمَنُوا اتَّقُوا رَبَّكُمْ لِلَّذِينَ أَحْسَنُوا فِي هَذِهِ الدُّنْيَا حَسَنَةٌ وَأَرْضُ اللَّهِ وَاسِعَةٌ إِنَّمَا يُوَفَّى الصَّابِرُونَ أَجْرَهُمْ بِغَيْرِ حِسَابٍ Katakanlah:"Hai hamba-hamba-Ku yang beriman, bertaqwalah kepada Tuhanmu".Orang-orang yang berbuat baik di dunia ini memperoleh kebaikan.Dan bumi Allah itu adalah luas.Sesungguhnya hanya orang-orang yang bersabarlah yang dicukupkan pahala tanpa batas. (QS. 39:10)
Alam Barzakh كُلُّ نَفْسٍ ذَائِقَةُ الْمَوْتِ وَإِنَّمَا تُوَفَّوْنَ أُجُورَكُمْ يَوْمَ الْقِيَامَةِ فَمَنْ زُحْزِحَ عَنِ النَّارِ وَأُدْخِلَ الْجَنَّةَ فَقَدْ فَازَ وَمَا الْحَيَاةُ الدُّنْيَا إِلا مَتَاعُ الْغُرُورِ (١٨٥) “Tiap-tiap yang berjiwa akan merasakan mati. dan Sesungguhnya pada hari kiamat sajalah disempurnakan pahalamu. Barangsiapa dijauhkan dari neraka dan dimasukkan ke dalam syurga, Maka sungguh ia telah beruntung. kehidupan dunia itu tidak lain hanyalah kesenangan yang memperdayakan.” (QS.Ali ‘Imran:185)
حَتَّى إِذَا جَاءَ أَحَدَهُمُ الْمَوْتُ قَالَ رَبِّ ارْجِعُونِ (٩٩)لَعَلِّي أَعْمَلُ صَالِحًا فِيمَا تَرَكْتُ كَلا إِنَّهَا كَلِمَةٌ هُوَ قَائِلُهَا وَمِنْ وَرَائِهِمْ بَرْزَخٌ إِلَى يَوْمِ يُبْعَثُونَ (١٠٠) “(Demikianlah Keadaan orang-orang kafir itu), hingga apabila datang kematian kepada seseorang dari mereka, Dia berkata: "Ya Tuhanku kembalikanlah aku (ke dunia), agar aku berbuat amal yang saleh yang dulu aku tinggalkan. sekali-kali tidak. Sesungguhnya itu adalah Perkataan yang diucapkannya saja. dan di hadapan mereka ada barzakh (dinding) sampal hari mereka dibangkitkan.” (QS.al-Mukminun: 99-100)
يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا لا تُلْهِكُمْ أَمْوَالُكُمْ وَلا أَوْلادُكُمْ عَنْ ذِكْرِ اللَّهِ وَمَنْ يَفْعَلْ ذَلِكَ فَأُولَئِكَ هُمُ الْخَاسِرُونَ (٩)وَأَنْفِقُوا مِنْ مَا رَزَقْنَاكُمْ مِنْ قَبْلِ أَنْ يَأْتِيَ أَحَدَكُمُ الْمَوْتُ فَيَقُولَ رَبِّ لَوْلا أَخَّرْتَنِي إِلَى أَجَلٍ قَرِيبٍ فَأَصَّدَّقَ وَأَكُنْ مِنَ الصَّالِحِينَ (١٠)وَلَنْ يُؤَخِّرَ اللَّهُ نَفْسًا إِذَا جَاءَ أَجَلُهَا وَاللَّهُ خَبِيرٌ بِمَا تَعْمَلُونَ (١١) “Hai orang-orang beriman, janganlah hartamu dan anak-anakmu melalaikan kamu dari mengingat Allah. Barangsiapa yang berbuat demikian Maka mereka Itulah orang-orang yang merugi. Dan belanjakanlah sebagian dari apa yang telah Kami berikan kepadamu sebelum datang kematian kepada salah seorang di antara kamu; lalu ia berkata: "Ya Rabb-ku, mengapa Engkau tidak menangguhkan (kematian)ku sejenak hingga aku dapat bersedekah dan termasuk orang-orang yang saleh?“ Dan Allah sekali-kali tidak akan menangguhkan (kematian) seseorang apabila telah datang waktu kematiannya. dan Allah Maha Mengetahui apa-apa yang kamu kerjakan.” (QS.al-Munafiqun:9-11)
6 Peristiwa Penting di Alam Barzakh Pencabutan Roh oleh Malaikat Maut Mi’raj Roh Menuju langit ke-7 Pengembalian Roh ke Jasadnya di Bumi Pertanyaan Malaikat Munkar dan Nakir as dalam Kubur Nikmat atau Azab Kubur Masa Menanti hingga hari Kebangkitan
1. Proses Pencabutan Ruh / Jiwa عَنِ الْبَرَاءِ بْنِ عَازِبٍ قَالَ خَرَجْنَا مَعَ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فِي جِنَازَةِ رَجُلٍ مِنْ الْأَنْصَارِ فَانْتَهَيْنَا إِلَى الْقَبْرِ وَلَمَّا يُلْحَدْ فَجَلَسَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَجَلَسْنَا حَوْلَهُ وَكَأَنَّ عَلَى رُءُوسِنَا الطَّيْرَ وَفِي يَدِهِ عُودٌ يَنْكُتُ فِي الْأَرْضِ فَرَفَعَ رَأْسَهُ فَقَالَ اسْتَعِيذُوا بِاللَّهِ مِنْ عَذَابِ الْقَبْرِ مَرَّتَيْنِ أَوْ ثَلَاثًا ثُمَّ قَالَ إِنَّ الْعَبْدَ الْمُؤْمِنَ إِذَا كَانَ فِي انْقِطَاعٍ مِنْ الدُّنْيَا وَإِقْبَالٍ مِنْ الْآخِرَةِ نَزَلَ إِلَيْهِ مَلَائِكَةٌ مِنْ السَّمَاءِ بِيضُ الْوُجُوهِ كَأَنَّ وُجُوهَهُمْ الشَّمْسُ مَعَهُمْ كَفَنٌ مِنْ أَكْفَانِ الْجَنَّةِ وَحَنُوطٌ مِنْ حَنُوطِ الْجَنَّةِ حَتَّى يَجْلِسُوا مِنْهُ مَدَّ الْبَصَرِ ثُمَّ يَجِيءُ مَلَكُ الْمَوْتِ عَلَيْهِ السَّلَام حَتَّى يَجْلِسَ عِنْدَ رَأْسِهِ فَيَقُولُ أَيَّتُهَا النَّفْسُ الطَّيِّبَةُ اخْرُجِي إِلَى مَغْفِرَةٍ مِنْ اللَّهِ وَرِضْوَانٍ قَالَ فَتَخْرُجُ تَسِيلُ كَمَا تَسِيلُ الْقَطْرَةُ مِنْ فِي السِّقَاءِ فَيَأْخُذُهَا فَإِذَا أَخَذَهَا لَمْ يَدَعُوهَا فِي يَدِهِ طَرْفَةَ عَيْنٍ حَتَّى يَأْخُذُوهَا فَيَجْعَلُوهَا فِي ذَلِكَ الْكَفَنِ وَفِي ذَلِكَ الْحَنُوطِ وَيَخْرُجُ مِنْهَا كَأَطْيَبِ نَفْحَةِ مِسْكٍ وُجِدَتْ عَلَى وَجْهِ الْأَرْضِ Dari al-Bara bin ‘Azib ra, ia berkata: Kami keluar bersama Nabi saw untuk menghadiri pemakaman jenazah seorang laki-laki dari kalangan Anshar. Sampailah kami di kuburan tersebut. Ketika jenazah dimasukkan ke liang lahat duduklah Rasulullah saw maka kami pun duduk di sekeliling beliau. Seakan-akan di atas kepala kami ada burung (karena hening dan tidak bergerak). Sementara itu beliau menggores tanah dengan kayu yang ada di tangannya.Tiba-tiba beliau mengangkat kepalanya seraya berkata, ” Berlindunglah kalian dari azab kubur (dua atau tiga kali)!” Kemudian berkata lagi,” Seorang hamba yang mukmin apabila telah terputus dari dunia dan menghadap ke akhirat maka turunlah padanya malaikat-malaikat dari langit. Wajah putih bercahaya seperti matahari. Mereka membawa kafan dan wewangian dari surga. Lalu duduklah mereka di dekatnya. Banyaknya sejauh mata memandang. Kemudian datanglah malaikat maut a.s. lantas duduk dekat kepalanya. Berkatalah malaikat maut,” Wahai jiwa yang baik keluarlah menuju ampunan dan keridhaan Allah.” Maka keluarlah jiwa itu mengalir seperti aliran tetesan air dari mulut teko, lalu dipegang oleh malaikat maut. Sekejap kemudian jiwa itu diambil oleh malaikat-malaikat pengiring dan diletakkan di kafan dan wewangian tadi. Memancarlah dari jiwa tadi harum semerbak seperti kesturi terharum di seluruh penjuru bumi.
2. Mi’raj Ruh Menuju Langit ke-7 قَالَ فَيَصْعَدُونَ بِهَا فَلَا يَمُرُّونَ يَعْنِي بِهَا عَلَى مَلَإٍ مِنْ الْمَلَائِكَةِ إِلَّا قَالُوا مَا هَذَا الرُّوحُ الطَّيِّبُ فَيَقُولُونَ فُلَانُ بْنُ فُلَانٍ بِأَحْسَنِ أَسْمَائِهِ الَّتِي كَانُوا يُسَمُّونَهُ بِهَا فِي الدُّنْيَا حَتَّى يَنْتَهُوا بِهَا إِلَى السَّمَاءِ الدُّنْيَا فَيَسْتَفْتِحُونَ لَهُ فَيُفْتَحُ لَهُمْ فَيُشَيِّعُهُ مِنْ كُلِّ سَمَاءٍ مُقَرَّبُوهَا إِلَى السَّمَاءِ الَّتِي تَلِيهَا حَتَّى يُنْتَهَى بِهِ إِلَى السَّمَاءِ السَّابِعَةِ فَيَقُولُ اللَّهُ عَزَّ وَجَلَّ اكْتُبُوا كِتَابَ عَبْدِي فِي عِلِّيِّينَ وَأَعِيدُوهُ إِلَى الْأَرْضِ فَإِنِّي مِنْهَا خَلَقْتُهُمْ وَفِيهَا أُعِيدُهُمْ وَمِنْهَا أُخْرِجُهُمْ تَارَةً أُخْرَى Beliau saw bersabda,” Malaikat-malaikat itu membawanya terbang ke langit. Tidaklah rombongan malaikat pengantar tersebut melewati kelompok malaikat lain melainkan malaikat yang dilewati tersebut bertanya: Ruh siapakah yang begitu harum ini? Maka dijawablah ruh fulan bin fulan dengan sebutan terbaik yang mereka panggilkan padanya semasa di dunia. Ketika sampai di langit dunia rombongan malaikat pengantar tadi meminta untuk dibukakan pintu langit bagi jiwa tersebut. Maka dibukakanlah pintu langit. Mereka pun mengantarkan jiwa itu dari satu langit ke langit lain hingga samapai langit ke-7. Berfirmanlah Allah ‘Azza wa Jalla,” Tuliskanlah hamba-Ku ini di ‘Illiyyin. Kembalikanlah ia ke Bumi karena Aku telah mencipkakan mereka dari Bumi, ke Bumi itu pula Aku mengembalikan mereka dan dari Bumi itu pula nanti Aku akan mengeluarkan mereka.”
3. Pengembalian Roh Ke Jasad di Bumi قَالَ فَتُعَادُ رُوحُهُ فِي جَسَدِهِ فَيَأْتِيهِ مَلَكَانِ فَيُجْلِسَانِهِ Bersabda Nabi saw,” Maka dikembalikanlah ruhnya ke dalam jasadnya. Lalu datanglah dua orang malaikat yang mendudukkannya .”
4. Pertanyaan Malaikat Munkar dan Nakir as dalam Kubur فَيَقُولَانِ لَهُ مَنْ رَبُّكَ فَيَقُولُ رَبِّيَ اللَّهُ فَيَقُولَانِ لَهُ مَا دِينُكَ فَيَقُولُ دِينِيَ الْإِسْلَامُ فَيَقُولَانِ لَهُ مَا هَذَا الرَّجُلُ الَّذِي بُعِثَ فِيكُمْ فَيَقُولُ هُوَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَيَقُولَانِ لَهُ وَمَا عِلْمُكَ فَيَقُولُ قَرَأْتُ كِتَابَ اللَّهِ فَآمَنْتُ بِهِ وَصَدَّقْتُ فَيُنَادِي مُنَادٍ فِي السَّمَاءِ أَنْ صَدَقَ عَبْدِي Kedua malaikat itu bertanya,” Siapakah Tuhanmy?” Orang itu menjawab,” Tuhanku adalah Allah.” Mereka bertanya lagi,” Apa agamamu?” Ia menjawab,” Islam agamaku.” Mereka bertanya,” Laki-laki yang diutus kepada kalian ini, siapakah dia?” Ia menjawab,” Ia adalah Rasulullah saw.” Mereka bertanya,” Apa Ilmumu?” Orang itu menjawab,” Aku membaca Kitab Allah lantas aku mengimaninya dan membenarkannya.” Maka terdengarlah seruan di langit,” Benar hamba-Ku itu.” 4. Pertanyaan Malaikat Munkar dan Nakir as dalam Kubur
أَرْجِعَ إِلَى أَهْلِي وَمَالِي 5. Nikmat atau Azab Kubur فَأَفْرِشُوهُ مِنْ الْجَنَّةِ وَأَلْبِسُوهُ مِنْ الْجَنَّةِ وَافْتَحُوا لَهُ بَابًا إِلَى الْجَنَّةِ قَالَ فَيَأْتِيهِ مِنْ رَوْحِهَا وَطِيبِهَا وَيُفْسَحُ لَهُ فِي قَبْرِهِ مَدَّ بَصَرِهِ قَالَ وَيَأْتِيهِ رَجُلٌ حَسَنُ الْوَجْهِ حَسَنُ الثِّيَابِ طَيِّبُ الرِّيحِ فَيَقُولُ أَبْشِرْ بِالَّذِي يَسُرُّكَ هَذَا يَوْمُكَ الَّذِي كُنْتَ تُوعَدُ فَيَقُولُ لَهُ مَنْ أَنْتَ فَوَجْهُكَ الْوَجْهُ يَجِيءُ بِالْخَيْرِ فَيَقُولُ أَنَا عَمَلُكَ الصَّالِحُ فَيَقُولُ رَبِّ أَقِمْ السَّاعَةَ حَتَّى أَرْجِعَ إِلَى أَهْلِي وَمَالِي تعليق شعيب الأرنؤوط : إسناده صحيح رجاله رجال الصحيح Allah Ta’ala berfirman,” Hamparkan baginya hamparan dari surga. Pakaikan baginya pakaian dari surga. Bukakan baginya sebuah pintu ke surga!” Nabi saw bersabda,” Maka berhembuslah angin dan keharuman surga padanya. Dilapangkan kuburnya sejauh mata memandang.” Beliau saw berkata,” Datanglah kepadanya seorang laki-laki yang demikian elok wajah dan pakaiannya, harum semerbak baunya. Laki-laki itu berkata:Bergembiralah dengan apa yang menyenangkanmu karena inilah hari yang dijanjikan padamu. Orang itu bertanya kepada laki-laki tersebut,” Siapakah engkau ini, wajahmu adalah wajah orang yang membawa kebaikan?” Laki-laki itu menjawab,” Aku adalah amal shalihmu.” Maka orang itu pun berdoa,” Tuhanku, datangkanlah hari kiamat agar aku dapat kembali kepada keluarga dan hartaku.” (HR.Ahmad dan al-Hakim) Catatan Syu’aib al-Arnauth: Sanadnya sahih dan perawinya sahih
6. Masa Menanti hingga hari Kebangkitan 1. Roh di tempatkan sesuai dengan derajatnya di sisi Allah Ta’ala - Roh mukmin seperti burung-burung ثم يفتح له باب من أبواب الجنة فيقال له : هذا مقعدك منها وما أعد الله لك فيها فيزداد غبطة وسرورا ثم يفتح له باب من أبواب النار فيقال له : هذا مقعدك منها وما أعد الله لك فيها لو عصيته فيزداد غبطة وسرورا ثم يفسح له في قبره سبعون ذراعا وينور له فيه ويعاد الجسد لما بدأ منه فتجعل نسمته في النسم الطيب وهي طير يعلق في شجر الجنة Beliau saw bersabda,” Kemudian dibukakan sebuah pintu dari berbagai pintu surga. Dikatakan padanya inilah tempat dudukmu di surga dan apa yang telah Allah janjikan untukmu di dalamnya. Maka bertambahlah kegembiraan dan kesenangannya. Kemudian dibukakan baginya sebuah pintu dari pintu-pintu neraka. Lalu dikatakan lagi kepadanya inilah tempat dudukmu di neraka dan apa yang Allah janjikan padamu di dalamnya seandainya engkau mendurhakai-Nya. Maka bertambah-tambahlah kegembiraan dan kesenangannya. Kemudian dilapangkan kuburnya 70 hasta, diberikan cahaya di dalamnya, tubuhnya dikembalikan seperti semula dan jiwanya ditempatkan di hembusan yang harum dan rohnya seperti burung terbang hinggap di pepohonan surga.” (HR. Ibu Hibbah,berkata Syu’aib al-Arnauth sanadnya hasan)
عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ مُرَّةَ عَنْ مَسْرُوقٍ قَالَ Roh syuhada ditempatkan di tembolok burung-burung Hijau عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ مُرَّةَ عَنْ مَسْرُوقٍ قَالَ سَأَلْنَا عَبْدَ اللَّهِ عَنْ هَذِهِ الْآيَةِ { وَلَا تَحْسَبَنَّ الَّذِينَ قُتِلُوا فِي سَبِيلِ اللَّهِ أَمْوَاتًا بَلْ أَحْيَاءٌ عِنْدَ رَبِّهِمْ يُرْزَقُونَ } قَالَ أَمَا إِنَّا قَدْ سَأَلْنَا عَنْ ذَلِكَ فَقَالَ أَرْوَاحُهُمْ فِي جَوْفِ طَيْرٍ خُضْرٍ لَهَا قَنَادِيلُ مُعَلَّقَةٌ بِالْعَرْشِ تَسْرَحُ مِنْ الْجَنَّةِ حَيْثُ شَاءَتْ ثُمَّ تَأْوِي إِلَى تِلْكَ الْقَنَادِيلِ فَاطَّلَعَ إِلَيْهِمْ رَبُّهُمْ اطِّلَاعَةً فَقَالَ هَلْ تَشْتَهُونَ شَيْئًا قَالُوا أَيَّ شَيْءٍ نَشْتَهِي وَنَحْنُ نَسْرَحُ مِنْ الْجَنَّةِ حَيْثُ شِئْنَا فَفَعَلَ ذَلِكَ بِهِمْ ثَلَاثَ مَرَّاتٍ فَلَمَّا رَأَوْا أَنَّهُمْ لَنْ يُتْرَكُوا مِنْ أَنْ يُسْأَلُوا قَالُوا يَا رَبِّ نُرِيدُ أَنْ تَرُدَّ أَرْوَاحَنَا فِي أَجْسَادِنَا حَتَّى نُقْتَلَ فِي سَبِيلِكَ مَرَّةً أُخْرَى فَلَمَّا رَأَى أَنْ لَيْسَ لَهُمْ حَاجَةٌ تُرِكُوا(رواه مسلم) Dari Abdullah bin Murrah dari Masruq, ia berkata: Kami bertanya kepada Abdullah ibnu Ma’ud tentang ayat,” Janganlah kalian kira orang-orang yang terbunuh di jalan Allah itu mati. Tidak, bahkan mereka hidup di sisi Tuhan mereka, mereka mendapatkan rezeki.”(QS.Ali ‘Imran:169). Ibnu Mas’ud menjawab,” Aku pun menanyakannya kepada Rasulullah saw, dan beliau menjawab: Arwah mereka di perut burung hijau yang tinggal di pelita-pelita yang bergantungan di ‘Arsy. Burung itu terbang di surga sesukanya lalu kembali lagi ke pelita-pelita tersebut. Lalu Tuhan mereka menampakkan diri pada mereka dan bertanya,” Apakah kalian menginginkan sesuatu?” Mereka menjawab,” Apa lagi yang kami inginkan, kami boleh pergi ke surga sesuka kami.” Tuhan kembali bertanya, sampai tiga kali. Ketika mereka melihat bahwa Tuhan tidak membiarkan mereka jika tidak meminta maka mereka pun berkata,” Tuhan, kami ingin Engkau mengembalikan arwah kami ke jasad kami agar kami dapat berperang lagi di jalanMu sekali lagi.” Ketika Tuhan melihat mereka tidak memiliki lagi keinginan selain hal tersebut maka Ia pun meninggalkan mereka (HR. Muslim)
2. Diperlihatkan tempatnya di surga atau neraka pada waktu pagi dan petang عنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ عُمَرَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُمَا قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِذَا مَاتَ أَحَدُكُمْ فَإِنَّهُ يُعْرَضُ عَلَيْهِ مَقْعَدُهُ بِالْغَدَاةِ وَالْعَشِيِّ فَإِنْ كَانَ مِنْ أَهْلِ الْجَنَّةِ فَمِنْ أَهْلِ الْجَنَّةِ وَإِنْ كَانَ مِنْ أَهْلِ النَّارِ فَمِنْ أَهْلِ النَّارِ Dari ‘Abdullah bin ‘Umar ra, ia berkata: Telah bersabda Rasulullah saw,” Apabila seseoran gdi antara kalian telah meninggal dunia maka akan diperlihatkan tempat duduknya setiap pagi dan petang. Bila ia termasuk penghuni surga maka ia akan melihat dirinya sebagai penduduk surga dan kalau ia termasuk penghuni neraka maka ia akan melihat dirinya sebagai penghuni neraka.” (HR. Bukhari) 3. Mendapatkan manfaat dari doa-doa,istighfar dan hadiah amal dari orang-orang yang hidup di dunia وَالَّذِينَ جَاءُوا مِنْ بَعْدِهِمْ يَقُولُونَ رَبَّنَا اغْفِرْ لَنَا وَلِإِخْوَانِنَا الَّذِينَ سَبَقُونَا بِالْإِيمَانِ وَلَا تَجْعَلْ فِي قُلُوبِنَا غِلًّا لِلَّذِينَ آَمَنُوا رَبَّنَا إِنَّكَ رَءُوفٌ رَحِيمٌ Dan orang-orang yang datang sesudah mereka (Muhajirin dan Anshar), mereka berdoa:"Ya Tuhan kami, beri ampunlah kami dan saudara-saudara kami yang telah beriman lebih dahulu dari kami, dan janganlah Engkau membiarkan kedengkian dalam hati kami terhadap orang-orang yang beriman Ya Tuhan kami, sesungguhnya Engkau Maha Penyantun lagi Maha Penyanyang". (QS. 59:10) عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ إِذَا مَاتَ الْإِنْسَانُ انْقَطَعَ عَنْهُ عَمَلُهُ إِلَّا مِنْ ثَلَاثَةٍ إِلَّا مِنْ صَدَقَةٍ جَارِيَةٍ أَوْ عِلْمٍ يُنْتَفَعُ بِهِ أَوْ وَلَدٍ صَالِحٍ يَدْعُو لَهُ Dari Abu Hurairah r.a bahwa Rasulullah saw bersabda,” Apabila seorang manusia meninggal maka terputuslah amalnya kecuali melalui tiga hal. Melalui sedekah jariyah atau ilmu yang dimanfaankan orang atau anak shalih yang mendoakannya.” (HR. Ahmad, Muslim, Abu Dawud)
4. Dapat bertemu dengan sesama mereka yang telah wafat dan dapat bertemu dengan roh orang hidup dalam mimpi اللَّهُ يَتَوَفَّى الْأَنْفُسَ حِينَ مَوْتِهَا وَالَّتِي لَمْ تَمُتْ فِي مَنَامِهَا فَيُمْسِكُ الَّتِي قَضَى عَلَيْهَا الْمَوْتَ وَيُرْسِلُ الْأُخْرَى إِلَى أَجَلٍ مُسَمًّى إِنَّ فِي ذَلِكَ لَآَيَاتٍ لِقَوْمٍ يَتَفَكَّرُونَ “Allah memegang jiwa (orang) ketika matinya dan (memegang) jiwa (orang) yang belum mati di waktu tidurnya; maka Ia tahanlah jiwa (orang) yang telah ia tetapkan kematiannya dan Dia melepaskan jiwa yang lain sampai waktu yang ditentukan.Sesungguhnya pada yang demikian itu terdapat tanda-tanda kekuasaan Allah bagi kaum yang berfikir.” (QS. 39:42) Abu Abdillah bin Mandah menyebutkan dari Ibnu Abbas r.a, ia berkata,” Aku mendengat kabar bahwa roh orang yang hidup dan roh orang yang sudah meninggal dapat bertemu kala tidur, lalu mereka saling bertanya. Kemudian Allah swt menahan roh orang yang sudah meninggal dan mengembalikan roh orang yang hidup ke jasadnya.” Demikian pula keterangan serupa diberikan Ibnu Abi Hatim dalam Tafsirnya dari As-Saddy.