Etika & Moral dalam Menggunakan Teknologi Informasi & Komunikasi

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Menerapkan aturan yang berkaitan dengan etika dan moral terhadap perangkat keras & lunak informasi & komunikasi Oleh : Joko Supriyanto, SST.
Advertisements

HAK CIPTA.
HAK ATAS KEKAYAAN INTELEKTUAL (HAKI)
K3.
ETIKA DALAM E-BISNIS Suatu Pemahaman : Suatu Pemahaman : Wacana kritis agar pelaku bisnis dalam beraktivitas mengindahkan / menyadari rasa altruistik dan.
Undang-undang Hak Cipta
ETIKA DAN MORAL DALAM MENGGUNAKAN TIK
Aturan Hak Cipta Perangkat Lunak
HAK CIPTA.
Undang-undang Hak Cipta dan Perlindungan Terhadap Program Komputer
I. PENDAHULUAN II. PERANGKAT HUKUM III. UU HAK CIPTA IV. CATATAN UU HC 1987 V. UU HC NOMOR 12 TAHUN 1997 VI. UU HC NOMOR 19 TAHUN 2002 VII. PENUTUP Modul.
Hak atas kekayaan Intelektual (HAKI)
2 sks / Semester V Agus Lahinta Prodi : D3 Teknik Komputer Jaringan
Legal Aspek Produk TIK Hak Cipta - Aurelio Rahmadian -
Presented By : MMMMunyati sulam NNNNur laela qodariyah MMMM.kasyiful Asror NNNNadidah Al-Badriah MMMMuhammad Royhan Habibie NNNNur.
ETIKA penggunaan teknologi informasi dan komunikasi
SMA SWASTA HARAPAN MEDAN
SMA SWASTA HARAPAN MEDAN
Muhammad faris prabowo
Teknologi Informasi dan Komunikasi
Oleh : Syafrinaldi,SH.MA
Intellectual Property Rights (IPR) Hak Kekayaan Intelektual (HKI)
Desain Tata Letak Sirkuit Terpadu
HAKI Hak atas Kekayaan Intelektual
ASPEK HUKUM USAHA WARALABA
Hak atas Kekayaan Intelektual
Segi Hukum Kartu Kredit
HAK CIPTA (COPYRIGHT).
Etika & Moral dalam Menggunakan Teknologi Informasi & Komunikasi
PSB - SMA.. Rela Berbagi Ikhlas Memberi. PSB-SMA Rela Berbagi Ikhlas Memberi.
ETIKA dan KETENTUAN dalam Teknologi Informasi dan Komuikasi
HKI Hak Kekayaan Intelektual Etika Profesi - Fasilkom Udinus
Hak Cipta Legal Aspek Produk TIK.
INISIASI 2 HAK MILIK INTELEKTUAL (HAKI).
Undang-undang Hak Cipta dan Perlindungan Terhadap Program Komputer
UNDANG-UNDANG REPUBLIK INDONESIA NOMOR 19 TAHUN 2002 TENTANG HAK CIPTA
Dosen: Erni Karyati, SH, MM. UNIVERSITAS GUNADARMA
ETIKA penggunaan teknologi informasi dan komunikasi
HAK ATAS KEKAYAAN INTELEKTUAL
Hak Desain Industri Miko Kamal
Legal Aspek Produk TIK Ardisa P., S.Kom, MMSI.
Miko Kamal FAKULTAS HUKUM UNIV. BUNG HATTA, 2016
Desain Tata Letak Sirkuit
HAK ATAS KEKAYAAN INTELEKTUAL (HAKI)
HAK KEKAYAAN INTELEKTUAL (HAKI)
HUKUM DAGANG Mochamad Dika Rinaldy Sandi Tyas Frenki Suvijana Audrey
UU REPUBLIK INDONESIA NO
Etika Dan Moral Penggunaan teknologi Informasi Dan Komunikasi
I. PENDAHULUAN Hak Cipta (copyright) adalah hak khusus bagi pencipta maupun penerima hak untuk mengumumkan atau memperbanyak ciptaannya maupun memberi.
PROFESI DI BIDANG TEKNOLOGI INFORMASI
TEKNOLOGI INFORMASI I HERY SUHARSO.
HAKI Kelas : X Semester : 1.
2 sks / Semester III Agus Lahinta Prodi : D3 Manajemen Informatika
HAK CIPTA.
HAKI 6 NOV 2014, Ahmad Fauzi , ST.
Undang-undang Hak Cipta dan Perlindungan Terhadap Program Komputer
HAK CIPTA.
PROGRAM STUDI TEKNIK INFORMATIKA FAKULTAS ILMU KOMPUTER
“HAK KEKAYAAN INTELEKTUAL”
OPERASI DASAR – DASAR KOMPUTER
Intellectual Property Rights (IPR) Hak Kekayaan Intelektual (HKI)
Universitas Esa Unggul Fakultas Ekonomi
HAKI Kelas : X Semester : 1.
DESAIN INDUSTRI, RAHASIA DAGANG dan DESAIN TATA LETAK SIRKUIT TERPADU
PELANGGARAN HAK CIPTA / HAKI DI TINJAU DARI ETIKA & MORALITAS
Tentang Eksrepsi Budaya Tradisional dan Ciptaan yang Dilindungi
PENGERTIAN HAKI: Hak Atas Kekayaan Intelektual (HAKI) atau Hak Milik Intelektual (HMI) atau harta intelek (di Malaysia) ini merupakan padanan dari bahasa.
PERATURAN & REGULASI 1 (HAK CIPTA).
Hak atas Kekayaan Intelektual
Perlindungan Program Komputer berdasarkan UU HKI
Transcript presentasi:

Etika & Moral dalam Menggunakan Teknologi Informasi & Komunikasi ETIKA : Ajaran tentang baik & buruknya sesuatu MORAL : Aspek Kejiwaan yang sangat erat berhubungan dengan sikap & perilaku seseorang TI& K-MATERI HAKI

Etika & Moral dalam Menggunakan Teknologi Informasi & Komunikasi Etika & moral harus mndapat perhatian yg utama dlm penggunaan TIK, terutama dalam perangkat lunak (dalam hal ini software komputer). Teknologi Informasi & Komunikasi berorientasi pd perangkat2nya, yaitu komputer (sbg hardware) & perkembangan software (sbg perangkat lunak). Software merupakan hasil dari pemikiran dan budidaya manusia. Di dalam teknologi informasi, perangkat lunak atau program komputer ini lebih dihargai drpd produk lainnya. Jika kita bicara software, maka ada kaitannya dgn mslh hakikat & kekuatan hukum kepemilikan. Dlm menciptakan suatu kepemilikan, suatu hasil karya yg baru, maka perlu mendapat perlindungan hukum dari pembajakan maupun tindakan ilegal lainnya. Dalam hal ini ditekankan kepada masalah : 1. Hak Cipta 2. Merek Dagang 3. Paten 4. Desain Produk Industri 5. Indikasi Geografi 6. Layout Desain 7. Perlindungan informasi yg dirahasiakan Yg mnjadi masalah di dunia TIK kita saat ini adalah pelanggaran hak cipta, dimana banyak sekali pembajakan software2. Kebiasaan seperti meng-copy secara ilegal sering dilakukan oleh para pengguna software baik individu, perusahaan, atau instansi tertentu.. Sekedar info saja, pada tahun 2003 kegiatan peng-copyan ilegal ini menempatkan Indonesia pada urutan keempat dunia stlh Vietnam, China, dan Ukraina sbgai negara dgn tingkat pembajakan tertinggi. TI& K-MATERI HAKI

HAK CIPTA Hak Cipta : hak ekslusif bagi pencipta untuk mengumumkan atau memperbanyak hasil ciptaannya atau memberikan izin untuk itu dengan tidak mengurangi pembatasan-pembatasan menurut peraturan perundang-undangan yang berlaku. TI& K-MATERI HAKI

Menghargai Kreasi Orang Lain a. Jika kita akan menggunakan ciptaan tersebut, maka kita harus minta ijin kepada penciptanya atau pemegang hak cipta. b. Kita menggunakan ciptaan yang asli, bukan hasil bajakan. c. Tidak melakukan pembajakan terhadap ciptaan orang lain. d. Tidak menggunakan hasil karya orang lain untuk kejahatan atau perbuatan yang melanggar hukum. e. Tidak merubah hasil karya orang lain TI& K-MATERI HAKI

UNDANG-UNDANG HAK CIPTA UU No. 6 Tahun 1982 UU No. 7 Tahun 1987 UU No. 12 Tahun 1997 UU No. 19 Tahun 2002 TI& K-MATERI HAKI

UU Hak Cipta Nomor 19 Tahun 2002 Terdiri dari 15 Bab dan 78 Pasal. Pasal 1 ayat 1,2,3,4,14, membahas definisi dari hak cipta & yang berkaitan dengan hak cipta. Pasal 2 ayat 2 membahas izin atau hak melarang menyewakan karya sinematografi dan program komputer. Pasal 12 ayat 1, membahas apa saja ciptaan yang perlu dilindungi Pasal 15 : membahas perbuatan yang tidak melanggar hak cipta Pasal 30 ayat 1 membahas masa berlakunya Hak cipta atas ciptaan program komputer & database yaitu selama 50 tahun sejak diterbitkan. Pasal 72 ayat 1 & 2 membahas sanksi pelanggaran terhadap Hak Cipta, yaitu penjara paling lama 5 tahun & denda paling banyak 500 juta TI& K-MATERI HAKI

Perbuatan Yang Tidak Melanggar Hak Cipta. untuk kepentingan pendidikan, penelitian, penulisan karya ilmiah, penyusunan laporan, penulisan kritik atau tinjauan suatu masalah dengan tidak merugikan kepentingan yang wajar dari pencipta. keperluan pembelaan di dalam atau di luar pengadilan. Keperluan ceramah yang semata-mata untuk tujuan pendidikan dan ilmu pengetahuan Pertunjukkan atau pementasan yang tidak dipungut bayaran dengan ketentuan tidak merugikan kepentingan yang wajar dari pencipta. bidang ilmu pengetahuan, seni, dan sastra dalam huruf braille guna keperluan para tuna netra, kecuali jika perbanyakan itu bersifat komersial; perbanyakan suatu ciptaan selain Program Komputer, secara terbatas dengan cara atau alat apapun atau proses yang serupa oleh perpustakaan umum, lembaga ilmu pengetahuan atau pendidikan, dan pusat dokumentasi yang nonkomersial semata-mata untuk keperluan aktifitasnya; perubahan yang dilakukan berdasarkan pertimbangan pelaksanaan teknis atas karya arsitektur, seperti ciptaan bangunan; pembuatan salinan cadangan sutau Program Komputer oleh pemilik Program Komputer yang dilakukan semata-mata untuk digunakan sendiri. TI& K-MATERI HAKI

Tata Cara Mengutip atau Mengcopy Hasil Karya Orang Jika menggunakan hasil karya orang lain yang berupa buku atau yang sejenisnya, maka kita harus memasukkan daftar nama judul, nama pengarang, perusahaan/penerbit, halaman dari hasil karya yang dipakai dan tahun pembuatan/penerbitan. Jika kita menggunakan Program Komputer, maka kita harus meminta ijin (mendapat lisensi) dari pencipta/perusahaan yang bersangkutan TI& K-MATERI HAKI

KESEHATAN DAN KESELAMATAN KERJA (K3) DALAM PENGUNAAN KOMPUTER Menggunakan Komputer dengan posisi yang benar Menggunakan Komputer dengan Prosedur yang benar

POSISI MENGGUNAKAN KOMPUTER

Posisi Komputer yang baik Posisi monitor diatur agar tidak memantulkan sumber cahaya lain. Letak layar monitor lebih rendah dari garis horizontal mata dengan membentuk sudut 30 derajat. Dekstop disetting dengan warna yang gelap. Meja komputer harus mempunyai sandaran kaki & bawah meja memberikan ruang gerak bebas kaki.

Prosedur Pemakaian Komputer Lengkapi dengan Stabilizer untuk mengurangi akibat buruk dari tegangan listrik yang tidak stabil Tata letak kabel tidak semrawut. Prosedur menghidupkan komputer yaitu,hubungkan listrik-Stabilizer/UPS On-CPU-Monitor. Prosedur Mematikan komputer: tutup semua aplikasi-klik Start-Turn Off-Turn Off- matikan monitor-Stabilizer/UPS Off- Cabut kabel Listrik.

TUGAS TIDAK TERSTRUKTUR MATERI : HAKI & K3 Carilah pasal apa saja dari UU Hak Cipta No. 19 tahun 2002 yang berkaitan dengan TIK ! Apa yang dimaksud dengan UU ITE dan carilah pasal yang memuat sanksinya! Jelaskan perbedaan dari UU ITE dan UU HAK CIPTA TI& K-MATERI HAKI