Makian dalam Bahasa Arab الشتم والسب في اللغة العربية

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Dari Tindak Tutur ke Fungsi Bahasa
Advertisements

BENTUK KOMUNIKASI.
Aryani Widyaningsih, S.Pd.
BAHASA INDONESIA KEILMUAN (BIK) Pengantar Keterampilan Berbicara dan Menulis Moh. Badrih, S.Pd., M.Pd Program Studi Manajemen Fakultar Ekonomi Universitas.
BERWAWANCARA DENGAN NARASUMBER DARI BERBAGAI KALANGAN DENGAN
KOMUNIKASI BAHASA.
Faktor-faktor Penghambat Komunikasi
ASKEP WAHAM.
KONSEP DASAR BAHASA INDONESIA
Oleh: Septia Sugiarsih. sarana  Makhluk sosial  Eksistensinya diakui Bentuk Dasar Ujaran Beda dgn makhluk lain.
TEKNIK KOMUNIKASI EFEKTIF
DIKSI PENGERTIAN Diksi berarti pilihan kata yang tepat dan selaras untuk mengungkapkan gagasan sehingga memperoleh efek tertentu (seperti yang diharapkan)
Page 1 EMPAT TAHAP PERKEMBANGAN EMOSI ANAK Emotional Competences (Saarni, 2006) Lisda Sofia.
WAHYU HASTHO SUSILO, PILIHAN BAHASA DALAM IKLAN TELEVISI.
FIRMANNIALA, TUTURAN PERFORMATIF PARTAI POLITIK DALAM KAMPANYE MONOLOG 2009 DI SCTV.
BAB V TEMA, TOPIK DAN JUDUL.
KELOMPOK 1 Andre Tika Diana Riko yozi.
RITA FIYANI, Pemakaian Tingkat Tutur Bahasa Jawa Mahasiswa Kos di Lingkungan Kampus Universitas Negeri Semarang.
RIZQIYA AFIFATUN NISRINA, Struktur Frasa Pengisi Fungsi Predikat Pada Kumpulan Romansa Jawa Tembange Wong Kangen.
KODE ETIK PROFESI TEKNOLOGI PENDIDIKAN
M. NASIR A, JARGON POLITIK PEMILU LEGISLATIF 2009 DI KOTA SEMARANG.
PENGERTIAN DAN OBYEK LINGUISTIK
ODA SHYANTICA HANINGTYAS, DEIKSIS DALAMROMANVENDREDI OU LAVIE SAUVAGE KARYA MICHEL TOURNIER.
KHORIDATUL MAULA, KESANTUNAN BERBAHASA DALAM WACANA SMS PEMBACA PADA KOLOM SUARA WARGA DI HARIAN KOMPAS.
Proposal Penyusunan perencanaan penelitian hukum perlu dijelaskan mengenai metode analisa yang akan diterapkan. Misalnya metode kualitatif atau metode.
 ARIEF RIJADI  NIM: / DIND  PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA INDONESIA  PASCASARJANA UNIVERSITAS NEGERI MALANG.
Komunikasi Non-Verbal
Komunikasi Non-Verbal
Hakikat dan Fungsi Bahasa Hakikat dan Fungsi Bahasa.
Materi 1 SEJARAH DAN PERKEMBANGAN BAHASA INDONESIA
Prof. Dr. H. Engking S. Hasan, M.Pd.
KOMUNIKASI TERAPIUTIK
Macam-Macam Norma Dalam Masyarakat
BAB IV. Sikap Berbahasa (lisan dan tulisan) Kompetensi Dasar: Mahasiswa dapat menggunakan bahasa lisan dan bahasa tulisan dengan tepat Sikap berbahasa.
Pembinaan Bahasa Diena San Fauziya, M.Pd. STKIP Siliwangi Bandung
Latihan Kasus.
RPKPS SOSIOLINGUISTIK
Keterampilan Memberi Penguatan
PSIKOLOGI INDUSTRI.
Komunikasi Verbal dan Non verbal
BAB II Kompetensi Kepribadian Sosial dan Profesi Guru
ETIKA.
Pemakaian Tanda Baca dalam Bahasa Indonesia
Pengembangan Bahasa Indonesia
Kebudayaan Minggu 5.
SOPAN Hormat akan atau kepada ketertiban menurut adab yang baik, merupakan bagian dari perilaku diri yang terekspresi dari kualitas moral, nurani dan juga.
BAGASKARA MAHARASTU PRADIGDAYA IRAWAN
CARA MEBUAT RUJUKAN.
Matakuliah Sosiolinguistik
PERTEMUAN KE-3 DAN 4 karakter siswa
Hakikat dan Fungsi Bahasa
KOMUNIKASI PADA KLIEN ANAK
OLEH: MUHAMMAD AZIZ HABIBI Intan zahirah m Sintia ramayanti
ILMU SOSIAL DAN BUDAYA “NILAI, NORMA, MORAL, DAN HUKUM”
Reflect Feeling ( menggambarkan perasaan)
EMPAT TAHAP PERKEMBANGAN EMOSI ANAK
Pemerolehan Bahasa dan Landasan Pembelajaran BI
PROSES KOMUNIKASI ORGANISASI
PERTEMUAN KE-3 DAN 4 karakter siswa
Pengenalan Media Pembelajaran
REVITALISASI DAN PENGEMBANGAN KKG DAN MGMP KEMENTERIAN PENDIDIKAN NASIONAL DIREKTORAT JENDERAL PENINGKATAN MUTU PENDIDIK DAN TENAGA KEPENDIDIKAN DIREKTORAT.
Fungsi dan Ragam Bahasa
PENGERTIAN LINGUISTIK
PENGANTAR LINGUISTIK AM BBM3201
KB 1 HAKIKAT DAN KEDUDUKAN BAHASA INDONESIA, PEMEROLEHAN, PEMBELAJARAN BAHASA ANAK Oleh : Tatat Hartati Dwi Heryanto.
Pengertian, Kedudukan, dan Fungsi Bahasa Indonesia
Fungsi dan Ragam Bahasa
ETIKA DAN MORAL. MANUSIA AHLAK ETIKA MORAL Makna Etika dan Moral Etika adalah filsafat moral. Antara etika dan moral dapat dijadikan sebagai bentuk konsep.
Komunikasi Interpersonal  Komunikasi interpersonal menduduki peran yang sentral dalam kehidupan sehari-hari.  Komunikasi ini juga akan memenuhi terhadap.
E TIKA P ERGAULAN D ENGAN TEMAN SEBAYA. Kata etika pergaulan adalah pedoman/aturan-aturan tentang sopan santun/tatakrama, yang sesuai dengan situasi dan.
Transcript presentasi:

Makian dalam Bahasa Arab الشتم والسب في اللغة العربية Kajian Sosiolingistik

Pengantar Bahasa Menurut Ibn Jinniy (dalam Mansur, 1982:6), bahasa merupakan bunyi-bunyi ujaran yang digunakan oleh setiap masyarakat (bangsa) untuk menyampaikan segala tujuannya.

Bahasa Bahasa dipergunakan pada waktu manusia berinteraksi dan berkomunikasi dengan manusia lain, berangan-angan, bahkan dalam bermimpi pun manusia juga sering menggunakan bahasa (Kartomiharjo, 1988: 1).

Bahasa Bahasa dapat juga dipakai untuk menyampaikan maksud yang spesifik yang berkaitan dengan kondisi psikologis, baik kepada diri sendiri maupun kepada orang lain), seperti perasaan sedih, senang, heran, bahkan marah (Alwi, 1995:137).

Dalam kondisi marah, biasanya orang yang tidak kuat menahan emosi akan melontarkan kata-kata yang menghasilkan tuturan-tuturan yang biasa disebut makian atau umpatan.

Makian atau umpatan merupakan salah satu wujud dari fungsi emotif bahasa. Wijana (2004:242) menjelaskan bahwa kata-kata makian mempunyai kedudukan yang sentral di dalam aktivitas berkomunikasi secara verbal sebagai salah satu sarana untuk menjalankan fungsi emotif bahasa.

Fungsi emotif (untuk menyatakan perasaan) merupakan salah satu fungsi bahasa yang terpenting di samping lima fungsi lainnya, seperti fungsi konotatif, referensial, metalingual, poetik, dan fatis.

Ungkapan-ungkapan makian atau umpatan yang dilontarkan penutur barangkali akan mempengaruhi kondisi psikologis dan perilaku mitra tuturnya karena makian tersebut biasanya diucapkan dengan emosi dan kurang enak didengar.

Makian/الشتم والسب Makian atau dalam bahasa Arab disebut dengan asy-syatam tidak hanya dimiliki oleh masyarakat Indonesia saja, tetapi dikenal secara universal dalam semua bahasa, termasuk dalam bahasa Arab yang tentunya mempunyai bentuk yang berbeda dalam mengungkapkannya.

Makian merupakan salah satu fungsi bahasa, yaitu fungsi personal atau emotif (Chaer, 2004: 15). Maksudnya, penutur menyatakan sikap terhadap apa yang dituturkannya. Penutur bukan hanya mengungkapkan emosi lewat bahasa, tetapi juga memperlihatkan emosi ketika menyampaikan makiannya.

Bentuk Makian dalam Bahasa Arab Makian yg referennya binatang Makian yg referennya profesi Makian yg referennya penyimpangan perilaku seksual Makian yg referennya anggota tubuh Makian yg referennya perbuatan yg tdk terpuji Makian yg referennya hasil perbuatan yg tdk terpuji

1. Ungkapan makian yang referensnya binatang Nama-nama binatang yang dipakai untuk memaki adalah كلبة kalbah ‘anjing betina’, زمالة zumalah ‘keledai betina’, حنجيرة hinjirah ‘babi’, بهيمة bahimah ‘sapi betina’, ثورة saurah ‘kerbau betina’, seperti dalam ungkapan (1) dan (2) berikut. أنت حنزيرة ! Anta hinzirah! ‘Kamu babi betina! يا بهيمة ! لا تعرف الصديق Ya bahimah! La ta’rif as-sadiq ‘Dasar sapi betina! Tidak tahu teman’

2. Ungkapan makian yang referensnya profesi Ada beberapa profesi yang dipakai untuk memaki mitra tutur. Profesi tersebut tentunya profesi yang dianggap masyarakat melanggar norma dan kesusilaan, seperti profesi: عاهرة ‘ahirah ‘pelacur’, قهبة qahbah ‘pelacur’ (lebih kasar), قواد qawwad ‘germo’.

3. Ungkapan makian yg referensnya penyimpangan prlk seksual Kata-kata makian yang digunakan untuk memaki mitra tutur yang berkaitan dengan penyimpangan perilaku seksual ini antara lain adalah خول khaul ‘gay/homo’, سحاق suhaq’ lesbian’, أمم دودة umamu daudah ‘perempuan gatal’.

4. Ungkapan makian yang referensnya anggota tubuh yang kadang-kadang masyarakat tabu untuk menyebutnya. Ungkapan ini seperti pada contoh (3) berikut. (3) أنت عير Anta ‘airun! ‘Kamu (nama alat vital laki-laki)!’

5. Ungkapan makian yang referensnya perbuatan yang tidak terpuji Kata-kata yang dipakai untuk mengungkapkan makian dari jenis ini seperti حقير haqir ‘ keji’ dan وضيعة wadi’ah ‘hina, rendah’.

6. Makian yg referennya hasil dari perbuatan yang tidak terpuji Ungkapan makian yang referensnya merupakan hasil dari perbuatan yang tidak terpuji dan melanggar norma agama dan masyarakat. Kata yang digunakan untuk memaki adalah نغل nagal ‘anak haram’.

Daftar Pustaka Alwi, Hasan, 1995. Teori dan Metode Sosiolinguistik (Terjemahan). Jakarta: Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa. Chaer, Abdul, 2004. Sosiolinguistik Perkenalan Awal. Jakarta: Rineka Cipta. Kartomihardjo, Soeseno, 1983. Bahasa Cermin Kehidupan Masyarakat. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Proyek Pengembangan Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan. Mansur, Ahmad, 1982. ‘Ilm Al-Lugah An-Nafsiy. Riyad: ‘imadah Syu’un al-Maktabat-Jami’ah Al-Muluk Sa’ud. Wijana, I Dewa Putu, 2004. Makian dalam Bahasa Indonesia: Studi tentang Bentuk dan Referensinya. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Gadjah Mada