Materi 1. Konsep dasar, pembuatan dan aplikasi multimedia

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Kategori Desain Grafis
Advertisements

Bab 6 Multimedia.
Dasar-dasar Web Design
Microsoft Powerpoint Oleh: ARIF, S.Sos..
FAKULTAS TEKNOLOGI INFORMASI1DESAIN DAN PEMROGRAMAN WEB 1 – PG110 – 3 SKS © 2009 Fakultas Teknologi Informasi Universitas Budi Luhur Jl. Ciledug Raya Petukangan.
Aplikasi PHOTOSHOP CS series pemula dasar
Elemen multimedia User interface.
Prinsip Perancangan Multimedia
Teknik Mendownload File T e k n i k M e n d o w n l o a d F i l e Presentasi Materi Ajar SMK & MA 2011.
Pengantar Content Pertemuan 1.
DASAR-DASAR MULTIMEDIA INTERAKTIF (MMI).
Memahami etimologi multimedia
Tahapan Proyek Pembuatan Situs Web
ELEMEN MULTIMEDIA (LANJ..)
Merancang Multimedia Interaktif
Pemrograman multimedia
SIDANG PENULISAN TUGAS AKHIR Pembuatan Aplikasi Pembelajaran Pengenalan Ilmu Astronomi Berbasiskan Komputer Cerdas dan Interaktif Menggunakan Python dan.
Pertemuan 6 Alat Bantu Authoring Multimedia
Pemrograman Multimedia
1 Pertemuan 12 Manajemen Dialog (02) Matakuliah: M0154 / Management Support Systems Tahun: 2005 Versi: 1/1.
PENGEMBANGAN APLIKASI MULTIMEDIA
UNIT 1 Pengembangan APLIKASI MULTIMEDIA
1 Pertemuan 8 Memilih Media Matakuliah: D0514 / Aplikasi Software Komputer Tahun: 2005 Versi: 1.
Pertemuan 12 Perancangan dan Pengembangan Sistem Multimedia Interaktif
TUTORIAL AUTOPLAY MEDIA STUDIO
ANIMASI 3D PADA ARCHICAD
KOMPUTER DALAM PEMB. FISIKA
Produksi Konten Multimedia
Pemrograman Visual I Outline: Pengenalan bahasa C#
PENGEMBANGAN MULTIMEDIA
Pemrograman Visual Oleh : Erni Fatmawati.
ARSITEKTUR APLIKASI WEB
Tahapan Pengembangan Multimedia
MEDIA PEMBELAJARAN KUIS BERBASIS MACROMEDIA FLASH 8.0
Pemrograman Pembelajaran Interaktif
Multimedia Authoring For Health Information
Multimedia Authoring Tools
Tahapan Proyek Pembuatan Situs Web
CD Interaktif Panduan Membuat Slide Presentasi Yang Menarik Untuk Guru
MICROSOFT POWER POINT 2007 APLIKASI KOMPUTER 2.
Bagian 1-Apa itu Multimedia?
Produksi Konten Multimedia (lanjutan)
GAME PEMBUATAN for further detail, please visit
Pemanfaatan Sistem Multimedia Sebagai Media Pembelajaran
Pemrograman Pembelajaran Interaktif
Pemrograman Pembelajaran Interaktif
TOT FASILITATOR By N a h d i.
MULTIMEDIA Loading … masuk keluar.
MEMANFAATKAN DESIGN TEMPLATE
Sikllus Pengembangan Aplikasi Multimedia
Bina Sarana Informatika
Pengenalan Borland Delphi 7.0
Multimedia Authoring Tools
PENGEMBANGAN MULTIMEDIA
By : ijaa.wordpress.com.
#2 Animasi Sigit Pambudi, M.Eng
TUGAS REVIEW JURNAL GRAFIKA KOMPUTER
STIESS BATANG.
Pembangunan Media Pembelajaran Untuk Konsep Struktur Kontrol Pada Algoritma Berbasis Multimedia ALFIN AKBAR
PENGENALAN KEPADA SISTEM MULTIMEDIA (WXET 3142)
ELEMEN MULTIMEDIA (LANJ..)
CorelDRAW Graphics Suite X4
Pemrograman Multimedia
DREAMWEAVER.
DASAR-DASAR MULTIMEDIA INTERAKTIF (MMI). Multimedia is the combination of the following elements: text, color, graphics, animations, audio, and video.
PPG DALAM JABATAN Kegiatan Belajar 4: DESAIN MULTIMEDIA INTERAKTIF STORYBOARD.
Pemrograman Multimedia Dede heru. s.kom. OVERVIEW Position : Contact Address: Phone: - Handphone : dedeheru Homepage:
Modul 5 Kegiatan Belajar 4: DESAIN MULTIMEDIA INTERAKTIF Kelompok 4: Nur Awaludin Warjito Totok Hermawan.
IMK Notasi & Desain Dialog.
KOMUNIKASI MULTIMEDIA
Transcript presentasi:

Materi 1. Konsep dasar, pembuatan dan aplikasi multimedia 2. Organisasi pengembang multimedia 3. Perangkat pembuatan aplikasi multimedia 4. Kerangka bangun multimedia 5. Metodologi pengembangan multimedia 6. Piranti authoring multimedia 7. Pengembangan/perancangan multimedia 8. Konsep dasar toolbox 9. Pembuatan proyek, menu bar

PIRANTI AUTHORING MULTIMEDIA Pertemuan 09 3 SKS

Multimedia Authoring lingkungan • Menyediakan lingkungan terintegrasi untuk mengikat semua elemen secara bersama-sama dalam sebuah proyek Multimedia

Komponen/Fitur Dalam Pirati Authoring • Kebanyakan sistem authoring menyediakan fasilitas : - Loading dan saving aset media (graphics, sounds, videos, text, dan lain-lain) - Creating/editing audio dan graphics images - Pembuatan page/slide (layering data multimedia untuk membuat sebuah single page) - Efek animasi/transisi - Menspesifikasikan urutan aplikasi - Menambahkan kontrol interaktif untuk nevigasi dan aksi pada saat run-time - Pembuatan CD-ROM atau distribusi berbasis web

Jenis-jenis piranti authoring 1. Slide, Card atau Frame Based 2. Icon Based 3. The Score Model 4. Score dan Timelines 5. Scripting Language Based 6. Object-oriented Models  Beberapa sistem mengkombinasikan satu atau lebih kategori tersebut untuk membuat tools yang lebih baik

1. Slide, Card / Frame Based • Pada kategori ini, elemen sistem authoring diorganisasikan menyerupai halaman buku atau tumpukan kartu • Dalam sistem authoring ini diperbolehkan untuk menghubungkan antar halaman atau kartu ke suatu urutan yang terorganisasi • Dapat melompat dari satu halaman ke halaman lain yang diinginkan dalam suatu pola navigasi yang terstruktur • Sebuah halaman dapat berisi hyperlinks ke halaman lain untuk menyediakan navigasi atau halaman dapat dilihat secara sequential • Memungkinkan adanya parameter global yang dapat di set untuk keseluruhan aplikasi - Contoh : background colour, default font, etc

2. Icon Based direpresentasikan dengan sebuah icon (symbolic picture) • Setiap bagian direpresentasikan dengan sebuah icon (symbolic picture) • Setiap icon memiliki tugas yang specifik, contoh : plays a sound • Semua icon-icon dihubungkan untuk membentuk suatu aplikasi lengkap • Dapat memvisualisasikan struktur dan navigasi dari aplikasi final secara mudah

3. The Score Model • Model ini mengambil analogi musical score • Namun dalam hal ini bukan nada-nada yang dimainkan oleh alat musik, melainkan obyek-obyek multimedia (sounds, images, video, text) yang dimainkan pada titik (waktu) tertentu pada score tersebut • Biasanya ada beberapa cara untuk menganimasikan suatu obyek (contoh : rotasi, scaling, perubahan warna) antara tiap transisi (yaitu saat satu obyek mulai dan selesai dimainkan) • Setiap obyek multimedia hidup dalam suatu track • Suatu score memiliki lebih dari satu track

4. Scores and Timelines - Time direpresentasikan sepanjang x-axis • Timelines merupakan cara yang berguna untuk merepresentasikan data multimedia dalam presentasi atau aplikasi - Time direpresentasikan sepanjang x-axis - Tracks direpresentasikan sepanjang y-axis • Pengembang dapat memindahkan obyek- obyek ke kiri dan ke kanan untuk mengubah urutan informasi dan memanjangkan atau memendekkan

5. Scripting Language Based Models • Merupakan versi pendek dari bahasa pemrograman yang lengkap • Memiliki feature yang lebih sedikit dan karena itu lebih mudah untuk dipelajari • Memungkinkan pengembang untuk menulis script pendek (program) yang dapat diasosiasikan dengan sebuah obyek multimedia

6. Object-Oriented Models • Dalam sebuah object-oriented model, semua yang dapat diletakkan dalam suatu aplikasi dianggap sebagai obyek • Setiap object memiliki : - State : suatu deskripsi dari properties-nya yang unik • Contoh  Suatu state dari graohics image akan mendeskripsikan ukurannya, colour depth-nya, nama pembuatnya - Behavior : hal-hal yang dapat dilakukan oleh suatu obyek • Contoh  Suatu video dapat dimainkan, dihentikan/dimainkan

6. Object-Oriented Models • Icon dan score-based models biasanya juga memiliki feature-feature object- oriented • Obyek-obyek memiliki sifat self contained dan dapat digunakan dalam proyek yang lain

Multimedia Programming Tools • Programming tools berbeda dengan authoring tools, dimana programming tools lebih low level dan pengembang yang menggunakannya harus memiliki pengetahuan tentang hardware dan bahasa pemrograman. • Programming tools memungkinkan pegembang untuk mengakses banyak fungsionalitas daripada authoring tools tetapi membutuhkan banyak usaha

Authoring vs Programming Programming Language Authoring System • Membutuhkan • Didesain untuk non- programmers kemampuan programming • Sulit dalam penggunaan • Mudah digunakan • Murah • Mahal • Low level program • High level program • Program berjalan lebih • Program berjalan lebh lambat cepat • Menfasilitasi perancangan Multimedia & instructional • Tool untuk penggunaan lebih umum