Pengantar Tafsir Indonesia

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Oleh: Hatib Rachmawan, S.Pd., S.Th.I Lembaga Pengembangan Studi dan Studi Islam UNIVERSITAS AHMAD DAHLAN YOGYAKARTA.
Advertisements

BIOGRAFI ABU DAUD DAN BIOGRAFI AT-TIRMIZI
Oleh: Prof. Dr. M. Ghalib M., M.A
Metode, dan Pendekatan Menafsirkan Al-Qur’an
Metode, dan Pendekatan Menafsirkan Al-Qur’an
TEKNIK PENYULUHAN AGAMA
Praktek Menafsirkan Ayat dengan Metode Maudhu’i (tematik)
SILABI HUKUM ISLAM.
PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KODE MATA KULIAH : IPKU 1001 SKS : 2 SEMESTER : I JENJANG STUDI : S-I JURUSAN TEKNIK MESIN FAKULTAS TEKNOLOGI INDUSTRI.
PENGANTAR STUDI ISLAM APA ITU PENGANTAR STUDI ISLAM (PSI)?
Al-Quran Sebagai Filterisasi
SOFIA WIDIAWATI, Peranan Pondok Pesantren Khaudlul'Ulum Terhadap Perkembangan Pendidikan Masyarakat Desa Bojongsari Kec.Alian Kab.Kebumen Tahun.
Asas – Asas Hukum Islam.
Al Qur’an sebagai sumber Utama Hukum Islam
Sejarah Hukum Islam II (Masa Pembinaan, Pengembangan, dan Pembukuan)
RANCANG BANGUN PERANGKAT KERAS PENAMPIL AL-QUR’AN BRAILLE
OELH: APIPUDIN,S.Th.I, MA.Hum
Oleh : Ronny Mugara, S.Pd., M.Pd
AL-QUR’AN KELOMPOK 1.
Kajian Methode Tafsir : Tafsir Maudhu’i
PETA PEMIKIRAN ISLAM.
Solihat Loading... Percayalah,,, Dengan ikhtiar dan niat yang baik www. Solihat wordpress.com Percayalah,,, Dengan ikhtiar dan niat yang.
Profil kh ahmad azhar basyir
PENDIDIKAN AGAMA ISLAM OLEH : TEAM PENGAJAR
Islam Normatif dan Historis
PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
Ruang Lingkup Dan Perkembangan Studi al-Qur’an
METODE PENAFSIRAN AL-QUR’AN BERDASA,RKAN CORAK / KECENDERUNGAN
Permasalahan Yang Berhubungan Dengan Nuzul al-Qur’an
Metodologi Dalam Menafsirkan
Al Qur’an sebagai Sumber Utama Hukum Islam)
SEJARAH PEMBUKUAN HADITH & IDEOLOGI ORIENTALIS MENGENAI HADITH
KESETARAAN GENDER DALAM PERSPEKTIF HUKUM ISLAM
SATUAN ACUAN PEMBELAJARAN
CARA MEBUAT RUJUKAN.
PENGANTAR STUDI ISLAM APA ITU PENGANTAR STUDI ISLAM (PSI)?
KONSEP (PENGERTIAN), HUKUM, TUJUAN, URGENSI, DAN HAKIKAT DAKWAH
Jurusan/Prodi : Semua Jurusan
OLEH: DIAN RISMAWATI TUTI ALAWIYAH
Mata Kuliah Al Qur’an Hadis Oleh Syukur
PROSES SISTEMATIKA KEILMUAN DAKWAH
KBI 321 HUKUM EKONOMI SYARIAH ERNAWATI , SHI. MH. FAKULTAS HUKUM.
STUDI AGAMA SEBAGAI SUATU DISIPLIN ILMU
Anang Zubaidy Fakultas Hukum Universitas Islam Indonesia April 2013
FAKULTAS TARBIYAH IAIN RADEN INTAN LAMPUNG
MASA PEMBINAAN, PENGEMBANGAN, DAN PEMBUKUAN (ABAD VII-X M)
وبركاته الله ورحمة عليكم السّلام
Pendekatan Sejarah Studi Islam
SEJARAH ISLAM APA YANG DIMAKSUD DENGAN SEJARAH?
STUDI AGAMA SEBAGAI SUATU DISIPLIN ILMU
HAKIKAT PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
INTERAKSI DENGAN AL- QURAN: PEMAHAMAN & PENTAFSIRAN
STUDI ISLAM III BAB V MASALAH ORIENTALISME
BERIMAN KEPADA RASUL-RASUL ALLAH S.W.T.
Al Qur’an sebagai Sumber Utama Hukum Islam)
PELATIHAN PENULISAN MAKALAH
Pengertian Ulumul Quran & Sejarah Perkembangannya
Sejarah Peradaban Islam pada Masa Pra dan Pasca Kemerdekaan di Indonesia Kelompok 12 : Ulfa Muwahidah Vony Juliantika.
AKHLAK MULIA DALAM KEHIDUPAN
ISLAM DALAM DISIPLIN ILMU
Tertib Menulis Bagian Karya Ilmiah
PENGERTIAN AL-QUR’AN Defenisi al-Qur’an adalah:
METODOLOGI KAJIAN ILMIAH
PENGERTIAN AL-QUR’AN Defenisi al-Qur’an adalah:
MANHAJ BERINTERAKSI DENGAN RIWAYAT ISRAILIYAT DALAM TAFSIR AL-QURAN
Tafsir MawdHu’i.
BAB I PENDAHULUAN RUMUSAN MASALAH TUJUAN PENULISAN LATAR BELAKANG.
Oleh : Said Al Zubaidy, S.Ag, M.PdI Dosen METODOLOGI STUDI ISLAM.
Sesi 12: Praktikum Penilaian Status Gizi Tidak Langsung
Said Jamaluddin Al-Afghani
Transcript presentasi:

Pengantar Tafsir Indonesia Oleh: Dr. H. Hasbullah Diman, Lc. M.A FAKULTAS USHULUDDIN ADAB DAN DAKWAH JURUSAN ILMU AL-QUR’AN DAN TAFSIR IAIN PONTIANAK KALIMANTAN BARAT 2016

Sejarah al-Qur’an dan Tafsir A.H. Johns (1984; 1985); P. Riddel (1989; 1990); H. Federspiel (1994); M. Feener (1998); I. Gusmian (2003); F.F. Saenong (2006). 2

Sejarah al-Qur’an dan Tafsir Menurut Howard M. Federspiel (1994);

Periode Pertama :( Abad Ke-20 /1960-an) Sejarah Perkembangan Literatur Tafsir Al-Qur’an di Indonesia, menurut Howard M. Federspiel, terdapat Tiga Periode, yaitu : Periode Pertama : dimulai pada awal abad ke-20 hingga tahun 1960-an. Pada masa ini, tafsir telah ditandai dengan adanya penerjemahan dan penafsiran yang masih didominasi oleh model tafsir yang terpisah-pisah dan cenderung pada surat-surat tertentu tertentu sebagai objek tafsirnya. Contoh tafsir yang muncul pada era ini, dintaranya : Tafsir Al-Qur’anul Karim, Yaasin ( Medan : Islamiyah, 1951 ) karya Adnan Yahya Lubis, dan Tafsir Surat Yaasin dengan Keterangan ( Bangil : Persis, 1951 ) karya A. Hassan. Kedua literatur tafsir tersebut berkonsentrasi pada surat Yasin. Juga juga masih dalam konteks surat-surat tertentu, yang berkonsentrasi pada surat Al-Fatihah, misalnya : Tafsir Al-Qur’anul Karim Surat Al-Fatihah (Jakarta : Widjaja, 1955 ), karya Muhamad Nur Idris, Rahasia Ummul Qur’an atau Tafsir Surat Al-Fatihah ( Jakarta : Institute Indonesia, 1956 ) karya A. Bahry, dan Kandungan Al-Fatihah ( Jakarta : Pustaka Islam, 1960-an ) karya Bahroem Rangkuti, Tafsir Surat Al-Fatihah (Cirebon : Toko Mesir, 1969 ), karya H. Basri.

Lanjutan Dan juga tafsir yang berkonsentrasi pada juz-juz tertentu, muncul juga seperti : Juz ke-30 ( Juz Amma’ ) yang menjadi objek penafsirannya, contoh model ini, yaitu : Al-Burhan, Tafsir Jus Amma’ ( Padang : Al-Munir, 1922 ) karya : H. Abdul Karim Amrullah, Tafsir Juz Amma’ (Medan : Islamiyah, 1954 ) karya Adnan Yahya Lubis, Tafsir Al-Qur’anul Karim, Juz Amma’ ( Jakarta : Wijaya, 1955 ), Karya Zubeir Usman. Tafsir Djuz Amma’ dalam Bahasa Indonesia, ( Bandung, Al-Ma’rif, 1960-an) karya M. Said. Juga dalam hal ini, muncul penafsiran al-Qur’an secara utuh 30 Jus, diantaranya : Tafsir Qur’an Karim, (Jakarta : Pustaka Mahmudiyah, 1957 cet. Ke-VII karya H. Mahmud Yunus, juga muncul Tafsir Al-Qur’anul Karim, ( Medan : Firma Islamiyah, 1956 ) karya H. A. Halim Hassan, H. Zainal Arifin Abbas, dan Abdurahaman Haitami, dan Tafsir Al-Azhar ( Jakarta : Pembina Mas, 1967, cetakan I, ) Karya H. Abdulmalik Abdul Karim Amrullah (Hamka ), dan Tafsir Al-Bayan ( Bandung : Al-Ma’rif, 1966 ) Karya TM. Hasbi As-Shiddiqy. dan juga penafisran dengan cara kolektif , mucul juga pada saat ini, diantaranya : Tafsir Al-Qur’an, ( Jakarta : Wijaya, 1959 ) yang disusun oleh H. Zainuddin Hamidy dan Fachruddin Hs. Islah Gusmian, Khazanah Tafsir Indonesia dari Hermeneutika hingga Ideologi, 2003 ), cet.I, h. 66-67

Periode Kedua : Tahun 1970-an hingga tahun 1980-an. Merupakan penyempurna atas generasi pertama, yang muncul pada pertengahan tahun 1960-an. Dan ciri-ciri adanya catatan kaki, terjemahan perkata, kadang-kadang disertai dengan indeks sederhana. Model tafsir dengan penyajian dan objek tafsir pada era ini juga, terdapat literatut yang masih berorintasi kepada tafsir surat tertentu, yang masih mengkususkan surat tertentu pula, beberapa contoh, misalnya : Samudera Al-Fatihah,(Surabaya : Arini, 1972) karya Bey Arifin, Tafsir Ummul Qur’an, (Surabaya : Al-Ikhlas, 1981), karya M. Abdul Kahim Malik, Butir-butir Mutiara Al-Fatihah (Surabaya : Bintang Pelajar, 1986) karya Labib MZ, Tafsir Surat Yasin, Jakarta : Bulan Bintang, 1978) t.tp : Yulia Karya. 1978) karya Mahfudli Sahli.juga pada era ini tafsir-tafsir yang berkonsentrasi keseluruhan Al-Qur’an dan juga ayat-ayat hukum muncul, misalnya : Tafsir Rahmat, (Jakarta : 1983 ), karya H.Omar Bakry dan Tafsir Ayat Ahkam, tentang Beberapa Perbuatan Pidana dalam Hukum Islam (Jogjakarta : Bina Usaha, 1984), Karya Nashikun. Islah Gusmian, Khazanah Tafsir Indonesia dari Hermeneutika hingga Ideologi, 2003 ), cet.I, h. 68-69

Periode Ketiga : Muncul 1980-an, hingga tahun 1990-an Penafsiran yang lengkap dengan komentar-komentar yang luas terhadap teks yang disertai dengan terjemahannya. Kreatifitas penulisan tafsir bukan saja terjadi, tetapi berkembang dan muncul beragam metodologi karya tafsir yang digunakan, memperlihatkan adanya trend baru dalam sejarah penulisan tafsir pada awal dasawarsa 1990-an, karya tafsir yang muncul, pada periode ketiga ini, misalnya : Konsef Kufr Dalam Al-Qu’an, Suatu kajian Teoloi dengan Pendekatan Tafsir Tematik (Jakarta : Bulan Bintang, 1991) karya Harifuddin Cadiwu, juga Konsep Perbuatan Manusia menurut Al-Qur’an, Suatu Kajian Tafsir Tematik (Jakarta : Bulan Bintang, Mei 1992) karya Jalaluddin Rahman, Manusia Pembentuk Kebudayaan Dalam Al-Qur’an( Yogjakarta : LESFI, 1992 ), karya Dr. Musa Asy’arie. Khazanah Tafsir Indonesia dari Hermeneutika hingga Ideologi, 2003), cet.I, h. 69-79

Tarjuman al-Mustafid (Singkel 17th c.) Tafsir Nusantara Tarjuman al-Mustafid (Singkel 17th c.) Tafsir Hidayatur Rahman (Chalil); Al-Furqan (Hassan 1928); Tafsir Qur‘an Indonesia (Yunus1935); Tafsir al-Azhar (Hamka 1973); Tafsir al-Qur‘an (Hamidy 1959); Tafsir al-Qur‘anul Karim (Hassan 1955); Al-Qur‘an dan Tafsirnya (Depag 1975). 8

Tafsir lokal Qur’an Jawi (Darat 1310 H.); Terjemah al-Qur’an 30 Juz (Kauman Sala 1924); Qur’an Kejawen/Qur’an Sundawiyah (Kemajuan Islam Yogyakarta); Al-Ibriz (Mustofa 1960); Al-Qur’an Suci Basa Jawi (Adnan 1969); Al-Huda (Syahid 1972); Tafasere Korange (As’ad; Ismail). 9

Generasi Tafsir Generasi Pertama (-1900): terjemah dan tafsir yang terpisah-pisah; 1010

Generasi Kedua (1900-1960): Al-Furqan (Hassan 1928); Tafsir Qur‘an Indonesia (Yunus1935); Tafsir al-Qur‘an (Hamidy 1959): catatan khusus, footnote, indeks sederhana; Teks Arab (kanan), terjemahan (kiri), catatan-catatan tafsir; Penjelasan untuk echnical terms; Sejarah al-Qur‘an. 1111

Generasi Ketiga (1970): Tafsir Qur‘anul Karim (Hassan 1955); Tafsir An-Nur/al-Bayan (Ash-Shiddieqy 1966); Tafsir al-Azhar (Hamka 1973); Al-Qur‘an dan Tafsirnya (Depag 1975): Pengantar metodologis; ‘Ulum al-Qur‘an; Pengelompokan ayat; Indeks Individu/lembaga. 1212

Kementerian Agama Yayasan Penyelenggara Penterjemah/Penafsir al-Qur’an (Soenarjo); Lajnah Pentashih Mushaf al-Qur’an 1313

Tafsir Indonesia: tata bahasa Indonesia yang benar; terjemahan kata yang representatif; revisi bab muqaddimah dan ‘Ulum al-Qur’an; Mushaf al-Qur’ân standar. 14

Tafsir Bugis/Makassar Disertasi Mendukung Pendapat Tafsir Bugis/Makassar Anregurutta’ Aji Sade (d. 1952) in 1948: تفسير سورة عم باللغة البوقسية tPEeser bicr aogin sur عم Tafsir Bahasa Boegisja Soerah Amma Anregururutta’ Yunus Martan (d. 1986) in 1961: تفسيرالقرآن الكريم باللغة البوقسية tPEeser akor ebtuw bicr aogi Anregurutta’ Hamzah Manguluang () in 1985: Tarjumah al-Qur’ân al-karîm, Tarjumanna Akorang Malebbié Mabbicara Ogi Anregurutta’ Daud Ismail (d. 2006) in 1983: Tafsir al-Munir Anregurutta’ Muin Yusuf (d. 2004) in 1988: Tafsir al-Qur’an al-Karim. ت 15

Tafsir al-Munir (1980) AG.H. Daud Ismail (1908-2006); Initially written in 1980, assisted by Hamzah Manguluang, Ismail Husain, As’ad Al-Yafi, continued by Khuzaimah 16

trEjumn enniy tpEesern jusu mmulGE mbicr aogi Tafsir al-Munir (1980): Different titles: trEjumn enniy tpEesern jusu mmulGE mbicr aogi تفسير المنير ترجمة وتفسير الجزء الأول والثاني والثالث. تفسير المنير الجزء الثالث عشر والرابع عشر والخامس عشر. Since 1985: تفسير المنير with difference titles referring to juz of the Qur’an. Two columns: verses at the right and translation at the left. Interpretation take full page under the two columns. Methodology: combining tahlili, muqaran, and mawdhu‘i. 12

Tafsir al-Munir (1980): Sources: Tafsir al-Maraghi (Ahmad Mustafa al-Maraghi), Tafsir al-Jalalayn (al-Mahalli and al-Suyuti), Tafsir al-Sawi (Ahmad al-Sawi), Al-Qur’an dan Terjemahannya (Depag RI). 13

Tafsir al-Qur’an al-Karim (1988): Tafsir al-Qur’an al-Karim Mabbasa Ogi, (Ujung Pandang: MUI Sul-Sel, 1988), 11 vols. Work team: Muin Yusuf (chair), Makmur Ali, Hamzah Manguluang, Junaid Sulaiman, Syamsul Bahri, Mukhtar Badawi. 19

الحمد لله رب العالمين TERIMA KASIH Pontianak, 25 September 2013 Tafsir al-Qur’an al-Karim (1988): Primary sources: Tafsir al-Maraghi (Ahmad Mustafa al-Maraghi), Tafsir al-Qasimi (Jamal al-Din al-Qasimi), Tafsir Ibn Katsir (Ibn Katsir), Tafsir al-Baydawi (al-Baydawi). Secondary sources: Tafsir al-Tabari (Ibn Jarir al-Tabari), Tafsir Jami’ al-Ahkam (al-Qurtubi), Tafsir al-Wadih (), Safwa al-Tafasir (), al-Durr al-Mansur (al-Suyuti), al-Muntakhab (Egyptian Waqf Ministry). Methodology: tahlili (analytical) and ijmali (global) combining tafsir al-Qur’an bi al-Qur’an/al-Hadis, tafsir al-fiqhiya, tafsir kalami, tafsir ijtima‘i. Systematization: subject, verses, translation, munasaba (chronological interpretation), ijmali (global interpretation), contextual interpretation, Qur’an bi al-Qur’an and ulama’s opinion. Not socialized as expected. الحمد لله رب العالمين TERIMA KASIH Pontianak, 25 September 2013 20

Tafsir Indonesia Kontemporer: Tafsir al-Mishbah (Shihab 1999); Tafsir al-Lubab (Shihab 2010); Al-Qur’an dan Tafsirnya (Kemenag 2000); Tafsir Tematik (Kemenag 2000); Tafsir Ilmiah (Kemenag 2012)

Terjemah al-Qur’an dan Tafsir Kebutuhan umat Islam; Qur’an Braille; Ideologi…