De Stijl (1917) Muncul di Belanda. Gerakan ini bertujuan memunculkan kaidah estetika bercitra baru pada kehidupan modern. Pencetus: Theo van Doesburg,

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
BAHAN AJAR MATRIKULASI GAMBAR TEKNIK Oleh : Herwin Sutrisno,ST
Advertisements

keyakinan, kepercayaan, ketelitian, kehidupan.
MEMBUAT POLA MOTIF HIASAN BUSANA DAN LENAN RUMAH TANGGA
(Penjelasan bahasa rupa & semiotika)
PENGANTAR FILSAFAT Topik 9 ESTETIKA.
istilah ini berupa gabungan “Bauen” (to build) dan “Haus” (house)
PROSES DALAM ARSITEKTUR
BAB I APRESIASI KARYA SENI RUPA TERAPAN DAERAH BANYUMAS
ESTETIKA dlm ARSITEKTUR
ESTETIKA dlm ARSITEKTUR
Mata Pelajaran:Seni Budaya
ESTETIKA DALAM ARSITEKTUR
ILMU, TEKNOLOGI DAN SENI DALAM ARSITEKTUR
PENGERTIAN SENI RUPA CABANG-CABANG SENI RUPA
Perkembangan Arsitektur Abad XIX -- XX Pertemuan 7 Gb.1/6 : Judul
Periode Awal Arsitektur Modern Pertemuan 4
SENI ABAD 20 KONSTRUKTIVISME , DE STIJL Pertemuan 7
PERIODE ABAD 20 : AWAL MODERN Pertemuan 10
PERIODE ABAD 20 : POST MODERN Pertemuan 13
Unsur dasar senirupa Pertemuan ke 2.
Keseimbangan, Penekanan, Kesatuan
Estetika Bangunan Pertemuan 33
TINJAUAN DESKOMVIS TOPIK 11 MODEL TINJAUAN SIMIOTIKA
Pengetahuan audio visual
UNSUR DAN PRINSIP PERANCANGAN TAMAN
Perkembangan Desain Modern
TATA RUANG DALAM MODUL PRAKTIKUM.
Perkembangan desain grafis sejalan dengan berkembangnya tulisan.
Dimulai di Berlin sebagai pusat komersial.
Unsur dasar senirupa Pertemuan ke 2.
Sosiologi PERUBAHAN SOSIAL Margaretta Tobing ( )
PRINSIP-PRINSIP DESAIN GRAFIS
Matakuliah : R0772 – Arsitektur Tradisional
STRUKTUR KARYA DESAIN INTERIOR
SENI, SENI RUPA, dan DESAIN
PERSPEKTIF TEORI STUKTURAL-FUNGSIONAL
MK. TINJAUAN DESAIN Tujuan Instruksional Umum:
YUNANI KLASIK Kelompok 1.
FENOMENA MENJELANG MODERNISME DESAIN 1.Ekspresionisme
Seni Lukis Indonesia Modern PraNasionalisme Pertemuan 6
Peradaban Yunani Klasik
SENI BUDAYA Disusun Oleh: Esti Sugihandayani, S.Pd.
TINJAUAN DESAIN Oleh: Olih solihat Karso ISI Denpasar.
GAYA DESAIN by DANIAR WIKAN
GAYA DESAIN Pertemuan ke-4.
FUNGSI DALAM ARSITEKTUR
PERIODE ABAD 19 : ARTS & CRAFTS Pertemuan 8
SMA HARAPAN 1 MEDAN Jl. Imam Bonjol No. 35 Medan.
RUMAH TINGGAL – KONSEP DESAIN
PERIODE ABAD 20 : MODERN Pertemuan 11
ASSALAMU ALAIKUM WARAHMATULLAHI WABARAKATUH
PRINSIP-PRINSIP KOMPUTER/MEDIA GRAFIS
Bauhaus berasal dari kata Bauen (to build / mengembangkan atau membangun) dan Haus (rumah). Didirikan pada tahun 1919 di Weimar, Jerman oleh Walter Gropus,
Seni rupa 2 dimensi.
Sejarah & Teori Arsitektur ARSITEKTUR BRUTALISM
SENI BUDAYA SENI RUPA.
MATERI TENTANG DEFINISI ESTETIKA DESAIN PRODI DESAIN PRODUK & FDIK
Theory of Contemporary Architecture
PERTEMUAN 3 Huddiansyah. S.Sn.,M.A.,M.Ds. PRODI DESAIN PRODUK & FDIK
SENI, SENI RUPA, dan DESAIN
Teori tentang Desain Komunikasi Visual
PERTEMUAN 4 Huddiansyah. S.Sn.,M.A.,M.Ds. PRODI DESAIN PRODUK & FDIK
Periode Awal Arsitektur Modern Pertemuan 4 Periode Awal Arsitektur Modern Pertemuan 4 Subang University 1 Matakuliah: AR ARSITEKTUR MODERN Tahun:
Seni Lukis Kolase, Mozaik, dan Montase
project perancangan Problem desain dipecahkan melalui peralatan
Konsep Desain Mebel.
Filsafat Arsitektur 1 TJ.
ESTETIKA DALAM DESAIN Daniar Wikan Setyanto, M.Sn.
Materi 1 dan 2 Berkarya Seni Rupa Dua Dimensi (2D) dan Tiga Dimensi (3D) Rohani A., S.AN SMK PUSTEK Serpong Kelas X Ada yang pernah mengunjungi pameran?
Transcript presentasi:

De Stijl (1917) Muncul di Belanda. Gerakan ini bertujuan memunculkan kaidah estetika bercitra baru pada kehidupan modern. Pencetus: Theo van Doesburg, Piet Mondrian, JJP Oud dan Rob van t Hoff yang mengarah kepada bentuk geometris-abstrak. Gagasan de Stijl, dipengaruhi oleh pemikiran teologis, mistik dan matematika. De Stijl mempercayai teori komposisi semesta yang dibatasi oleh garis horizontal dan vertikal dengan warna primer: merah, biru dan kuning. Disamping hitam, putih dan abu-abu yang tidak dianggap warna. Pencitraan de Stijl berusaha memadukan konflik antar garis,bidang dan warna dalam citra kelayakan proporsi dan keseimbangan sebagai simbol kehidupan universal. Gerrit Rietvield menciptakan kursi merah, biru dan kuning.

BAUHAUS (1919-1933) Bauhaus didirikan dalam suasana sosial politik Republik Weimar (Jerman) yang tidak menentu. Terjadi pemogokan buruh, pemberontakan tentara Ruhr Merah, upaya kudeta golongan konservatif danJerman harus membayar ganti rugi Perang Dunia I (1915-1918). Bauhaus didirikan tahun 1919 dengan Walter Gropius sebagai direktur pertama. Falasafah Bauhaus yaitu menyatukan kembali kemampuan berkarya kekriyaan dengan metode industri dalam sintesa baru.

Tujuan Bauhaus adalah: Mencari sintesa estetik yang tumbuh sebagai akibat positif dari integrasi semua cabang seni dalam lingkup arsitektur. Terjadi sintesa sosial di masyarakat antara produk dengan kualitas estetis yang dihasilkan melalui proses desain modern yang mampu menjawab kebutuhan masyarakat luas. Bauhaus adalah institusi pendidikan pertama yang secara sistematis mengajarkan metode desain secara ilmiah dan pendidikan Seni Rupa disusun dengan tahap ekskalasi pengetahuan dan kematangan siswa secara berjenjang melalui metode eksperimen, diskusi dan kuliah.

Karena kehadiran Bauhaus selalu ditentang oleh kalangan konservatif dan Nazi, akhirnya terpaksa tahun 1933 di tutup. Tokoh-tokoh Bauhaus beremigrasi ke Inggris dan Amerika dan melahirkan mazhab baru yang mendunia, yaitu International Style.

STREAMLINING (1935-1955) Dikenalkan oleh Norman Bell Geddes. Terinspirasi oleh hukum aerodinamika. Perkembangan teknologi dirgantara (dirancangnya Boeing 247 sebagai pesawat komersial pertama, 1933) dan otomotif (dirancangnya Volkswagen yang terinspirasi dari bentuk kumbang, 1936, oleh Ferdinand Porshe) sangat mempengaruhi gaya streamlining. Dikritik karena lahirnya gaya ini serba diada-adakan. Namun karena kekuatan simbolisnya serta serasi dengan desain produk industri maka gaya ini diterima secara luas). Gaya strealining menjadi reaksi terhadap munculnya kembali gaya Neo Baroque.

FALSAFAH BAHASA RUPA MODERN Walter Gropius (1883-1969) Menangkap ruang secara matematis dalam bentuk angka dan dimensi. Sebuah benda harus dapat memenuhi fungsinya dengan cara apapun. Louis Sullivan Form follow function Ruang harus disesuaikan dengan fungsi Struktur tidak perlu ditutupi Frank Llyod Wright Makna suatu bangunan secara objektif harus terlihat nyata. Estetika dan konstruksi sama pentingnya.

Ludwig Mies van Der Rohe Less is more Mengutamakan unsur keteraturan (geometri) dan simetrik Mencerminkan keindahan mesin dan mengutamakan detail. Le Corbusier Modular tubuh manusia secara matematis menentukan besarnya ruang hunian. Bakema Forms evokes function

Secara visual desain modern akan menunjukan kecenderungan: Bentuk: geometris, penyederhanaan (abstraksi) bentuk, matematis, sederhana, fungsional, konstruktif (terstruktur) dan rasional (terukur), merefleksikan bahasa mesin (presisi, produksi massal, standar, logika, pabrikan, seragam, kaku) Ornamen: tanpa ornamen Warna: warna standar (pantone), warna natural (jujur, warna asli material, sesuai fungsi), warna pabrikan (sintetis, silver, metalik, kaca), warna berdasarkan riset pasar. Unsur dominan: Bentuk: kaku, membosankan, mekanistis, tanpa identitas, tanpa ornamen, massal, instan, industrial. Nilai: standarisasi , mekanistis, egoistis, universal, homogen. Metode: rasional, kuantitatif, sistematis, matematis. Gaya: fungsionalisme, rasionalisme, fungsionalisme, gaya internasional, streamline, high tech, pop.