Content Provider pada Android

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
3 – Activity and Intent Willy, M.Kom.
Advertisements

BAHASA PEMROGRAMAN JAVA
Praktikum Bahasa Pemrograman
Singleton Pattern 1 one uno. What is Singleton ? One object of a kind Ada class yang hanya perlu diinstansiasi 1 kali saja Alasan: Dalam beberapa kasus.
Pemrograman Aplikasi Bergerak
Penyimpanan Informasi di Android
PERTEMUAN KE 2 JAVA SERVER PAGES (JSP) BY : TITO SUGIHARTO
Free Powerpoint Templates Page 1 Free Powerpoint Templates Mobile Computing Dengan Android Pertemuan 7 View Component Oleh: Adam Arif Budiman STMIK Bani.
Pemrograman Bergerak Lokalisasi Aplikasi 1.
Struktur Project Android
Mobile Programming Pertemuan 3 Presented by Mulyono
Pengaktifan Activity secara Explicit
Mobile Programming Intro Android.
UI Controls dengan Widget TextView, EditText dan Button
Pemrograman Mobile Android # 11
Pengelolaan Database Lanjutan
MODIFIER JAVA.
Pemrograman Mobile Android # 5
Pemrograman Bergerak Pembuatan Service 1.
Animasi dan Game pada android
Struktur Class Java Android
Pemrograman Perangkat Mobile
Pemrograman Mobile Android # 4
As’ad Djamalilleil Database As’ad Djamalilleil
Pengelolaan Database Lanjutan 2
As’ad Djamalilleil Struktur Android As’ad Djamalilleil
As’ad Djamalilleil Intent As’ad Djamalilleil
Pemrograman Bergerak Pembuatan Activity 1.
Mekanisme penyimpan data pada Android
Mobile Teknologi Pertemuan 2
Mobile Computing Oleh: Adam Arif Budiman
Komponen GUI Menambahkan Komponen.
Mobile computing – Android Activity dan Intent
Struktur Aplikasi Android
Content Provider pada Android
Mendayagunakan Activity External
PEMROGRAMAN MUTLIMEDIA
PEMROGAMAN MOBILE ANDROID DATABASE : SQLiTE
Pertemuan 3 : Komponen Aplikasi Android
Android multimedia Anggota : Ragil Setiawan ( )
PEMROGRAMAN MOBILE Kelompok 2
Diskusi Pertemuan 4 Anggota : Kukuh Prasetyo Adhi ( ) Warsito Aji ( ) Karima Dewi R ( ) Alfano Kurniawan W ( ) Bagus.
PEMROGRAMAN MOBILE 2 Android Multimedia Pertemuan 7.
Belajar Pemrograman Mobile Part 2.
PEMROGRAMAN MOBILE 2 Nama Anggota : Moh.Solahudin ( )
Android Multimedia Vidio, Musik dan Gambar
Android Multimedia Nur Dwi Ramadani
Android Multimedia Anggota kelompok: Kukuh Prasetyo Adhi ( )
PEMROGRAMAN MOBILE Kelompok 2
PEMROGRAMAN MOBILE 2 KELOMPOK 7 TI 15 D.
PEMROGRAMAN MOBILE 2 Dina Murniati Putri (NIM )
Android database sqlite
Notification, Dialog, dan Intent
Android Multimedia PENGOLAHAN GAMBAR DAN VIDEO.
Pengenalan Pemrograman Mobile PART 5 - FRAGMEN.
KELOMPOK 6 Ragil Setiawan Muhamad Ma’ruf Siti Roudhotul Janah
Kelompok 3 Khoerul Umam Dwi Yulianto K.W
PERTEMUAN 5 KELOMPOK 2.
PEMROGRAMAN MOBILE Kelompok 2
PENGENALAN Pemrograman MOBILE 2
Klompok 2 Dedi wahyudi ( ) Muhammad ichan ( )
Android Location Based Services
ANDROID LOCATION BASED SERVICE
Mobile Programming Intent dan Activity.
Mobile Programming Folder Resources (Res) dan tata kelolanya
Pemrograman Mobile Location Based Service
Penggunaan Kartu SD PEMROGRAMAN MOBILE 2.
Pemrograman Perangkat bergerak Dosen: RBD
Pemrograman Perangkat bergerak Dosen: RBD
Komponen activity Dosen: Maimun, S.T., M.T.. 1. Activity Kegiatan apa yang akan ditampilkan dan dilakukan user pada sebuah window Berisi lifecycle / daur.
Transcript presentasi:

Content Provider pada Android Pemrograman IV / V STIMIK Bani Saleh Bekasi – 2012-P10 Free Powerpoint Templates

Definisi Content Provider adalah mekanisme Android untuk mengakses data yang dimiliki aplikasi lain Contoh: melihat daftar alamat dari aplikasi contact Menampilkan posisi peta dari nilai koordinat milik aplikasi GPS dll

Pada umumnya pada content provider menggunakan SQLite sebagai penyimpan data

Content Provider yang digunakan (by Default) Browser  menyimpan data seperti bookmarks, browser history CallLog  data log seperti list panggilan, miss call dll Contact  mengambil data contact MediaStore  data dari media simpan seperti SD Card, video, image dll Setting  menyimpan data setting dan preferense

Content provider dibuat sendiri Format query URI: <standard_prefix>://<authority>/<data_path>/<id> Contoh: Content://com.BukuProvider/buku Untuk mengambil data secara spesifik misalnya no id 25 maka penulisannya Content://com.BukuProvider/buku/25

Bagian URI Standard prefix  content:// Authority  nama content provider. Datapath  pengalamatan Id  data spesifik yang diminta Uri allContacts = ContactsContract.Contacts.CONTENT_URI; Uri.parse("content://com.contentPBuku/books") projectProvBS; contentProviderBuku

Query string

public class mainActivity extends ListActivity { /** Called when the activity is first created. */ @Override public void onCreate(Bundle savedInstanceState) { super.onCreate(savedInstanceState); setContentView(R.layout.main); Uri allContacts = ContactsContract.Contacts.CONTENT_URI; String[] projection = new String[] {ContactsContract.Contacts._ID, ContactsContract.Contacts.DISPLAY_NAME, ContactsContract.Contacts.HAS_PHONE_NUMBER}; Cursor c = managedQuery(

Application view Android Contact view

Untuk mengakses data ditambahkan permission

Android Multimedia Android menyediakan fungsi multimedia yang komprehensip Pengolahan image, record, voice, play music

Tipe media yang didukung

Permission Aplikasi yang merekam berbagai tipe media meminta settingan permission pada AndroidManifest. Misal: <uses-permission android:name=”android.permission.RECORD_AUDIO”/> <uses-permission android:name=”android.permission.RECORD_VIDEO”/>

Audio Player Trend mobile device. Tidak sekedar untuk telpon. Penggunaan multimedia Aspek hiburan

openCORE Android mendukung multimedia sistem multimedia open source yang disebut OpenCORE. Java open source, platform multimedia yang mendukung format-format multimedia see: file:///home/adam/android-sdk-linux_x86/docs/guide/appendix/media-formats.html

Arsitektur OpenCORE

Audio Player Letakkan file mp3 dalam folder res/raw Buatlah instance MediaPlayer dan link ke file mp3 kemudian panggil dengan MediaPlayer.create(). player = MediaPlayer.create(this, R.raw.bird); Call MediaPlayer method, prepare() dan start()

Main.xml <?xml version="1.0" encoding="utf-8"?> <LinearLayout xmlns:android="http://schemas.android.com/apk/res/android" android:orientation="vertical" android:layout_width="fill_parent" android:layout_height="fill_parent"> <TextView android:layout_width="fill_parent" android:layout_height="wrap_content" android:text="@string/hello" /> <Button android:layout_width="fill_parent" android:layout_height="wrap_content" android:id="@+id/bird" android:text="Bird"></Button> android:layout_height="wrap_content" android:id="@+id/frog" android:text="Frog"></Button> <Button android:layout_width="fill_parent" android:layout_height="wrap_content" android:id="@+id/cat" android:text="Cat"></Button> </LinearLayout>

Audio.java Paket import android.app.Activity; import android.media.MediaPlayer; import android.os.Bundle; import android.view.KeyEvent; import android.view.View; import android.view.View.OnClickListener; import android.widget.Button; import android.widget.Toast;

Audio.java Toast.makeText(this, isPlaying+" Frogs", Toast.LENGTH_LONG).show(); player = MediaPlayer.create(this, R.raw.frogs); }else if (arg==3){ Toast.makeText(this, isPlaying+" Cat", Toast.LENGTH_LONG).show(); player = MediaPlayer.create(this, R.raw.cat);

Susunan file

Pengolahan grafik pada Android Secara lokal gambar diletakkan pada folder res/drawable Diakses melalui resources identifier seperti R.drawable.gambarku getPixel() and setPixel()

Membentuk gambar 2 dimensi sederhana dengan program Paket yang diperlukan import android.graphics.Canvas; import android.graphics.drawable.ShapeDrawable; import android.graphics.drawable.shapes.RectShape; (project= gambarsederhana)

Membentuk gambar 2 dimensi sederhana private ShapeDrawable mDrawable = new ShapeDrawable();//create view public SimpleView(Context context) { super(context); setFocusable(true); this.mDrawable = new ShapeDrawable(new RectShape());//MEMBUAT OBJEK SEGIEMPAT this.mDrawable.getPaint().setColor(0xFFFF0000); }

Membentuk gambar 2 dimensi sederhana @Override protected void onDraw(Canvas canvas) { int x = 150;//POSISI TERHADAP LAYAR, SUMBU X int y = 10; // POSISI TERHADAP LAYAR, SUMBU Y int width = 300;//RESOLUSI LEBAR int height = 350;//RESOLUSI TINGGI this.mDrawable.setBounds(x, y, x + width, y + height); this.mDrawable.draw(canvas); y += height + 5; }

Hasil

Menggambar dengan XML Lebih sederhana Mudah dimodifikasi pada file XML Mudah ditambahkan dengan menambahkan file XML (project: GambardgXML)

Komponen pembentuk File Layout untuk menampilkan urutan gambar xmllayout.xml File gambar pada format xml yang disimpan pada folder drawable gambar1.xml, gambar2.xml, gambar3.xml, kotak.xml, garis.xml File Java untuk memproses aplikasicreateGambarXML.java

Objek yang ditampilkan File yang memanggil

referensi wei Meng Lee, “Beginning Android Application Development”, 2011 Satya Komatineni, Dave MacLean, “ Pro Android 4”, Adam AB, “Modul Praktikum Mobile Computing”, 2011 projectProvBS; contentProviderBuku, gabardenganXML, belajaraudio

Pekerjaan Rumah Kerjakan file project content provider “projectContentProvBS.zip” Kerjakan file “contentProviderBuku.zip” dan buatlah aplikasi yang menampilkan data dari project database tersebut (contentProviderBuku)