DAYA SERAP PESERTA PELATIHAN MODUL 6
KEMAMPUAN SERAPAN PROSES MANUSIA dengan citra manusia. BELAJAR ? Proses hewan belajar ? (pemain sirkus dilatih secara khusus) Kera dianggap paling dekat Gajah, anjing, kuda, singa, harimau, dll.
KEMAMPUAN MENYERAP DIPENGARUHI : kemampuan indra manusia (stimulasi sensoris) INDRA PENGLIHATAN 75% INDRA PENDENGARAN 13% INDRA SENTUH, CIUM, RASA 12%
INPUT DENGAR & LIHAT Daya simpan input setelah 3 hari/72 jam tinggal lupa : INDRA DENGAR (AUDIO) : 10% INDRA LIHAT (VISUAL) : 30% Kedua indra tsb kalau digabungkan dalam jangka waktu sama masih menyimpan 70%.
EFEKTIFKAN DAYA SERAP ITU !!! PAHAMI KEMAMPUAN SERAPAN USIA MANUSIA MAKIN TINGGI, DAYA SERAP BERKURANG SESUAIKAN METODE MENGAJAR : Dengar, Lihat, Lakukan. ANDRAGOGIE SECARA EFEKTIF (partisipatif, repetisi, lambat, jelas, dll)
KURVA EFEKTIVITAS BELAJAR Daya serap dipengaruhi lama waktu belajar terlalu lama hanya mendengar akan ngantuk; Agar tidak jenuh, perlu diadakan perubahan metoda; Kejenuhan pada metode ceramah memuncak pada 20 menitakibatnya “masuk telinga kiri langsung keluar kanan”
KURVA DAYA SERAPAN Daya serap Bisa dijaga tetap tinggi krn metode 0 20 40 60 80 90 mnt 100% Daya serap Bisa dijaga tetap tinggi krn metode yg tepat Daya Serap rendah Hasil turun… tidurrr !!
PORSI ANDRAGOGI PARTISIPATIF (participatory) dalam contoh 90 menit proses belajar Menit Distribusi waktu/peran Proses kegiatan 10 Penjelasan tujuan 20 Penjelasan proses 30 Proses 40 50 KETERLIBATAN 60 PESERTA 70 Pembahasan umum 80 90 Rangkuman KETERLIBATAN FASILITATOR fasilitator fasilitator