MANUSIA, SAINS, TEKNOLOGI, DAN SENI

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
PANCASILA 13 PENGETIAN PARADIGMA
Advertisements

Assalamualaikum Wr. Wb Psikologi Agama.
TEORI ANTROPOLOGI NON POSITIVISTIK
ANALISIS KRITIS KANDUNGAN QUR’AN SECARA SAINTIFIK
Rasionalisme dalam Kebijakan Publik
Filsafat Ilmu: administrasi
ISBD: ILMU SOSIAL DAN BUDAYA DASAR
KAJIAN ILMIAH TERHADAP PANCASILA
INTEGRASI ISLAM DAN ILMU PENGETAHUAN Oleh: Asep Solikin Universitas Muhammadiyah Palangkaraya 2015
ILMU PENGETAHUAN TEKNOLOGI DAN SENI DALAM ISLAM
LANGKAH-LANGKAH BERFIKIR ILMIAH
PANCASILA SEBAGAI SISTEM FILSAFAT
Materi II KEBENARAN TAUHID Orientasi Nilai-Nilai Dasar Islam (ONDI)
Hubungan Sains dan Agama
METODE ILMIAH ILMU DAN TEKNOLOGI
KONSEP ILMU.
MANUSIA, SAINS DAN TEKNOLOGI
Memahami Mengetahui Mengenal MAN Menguasai Mendalami Menjiwai Menghayati Merenungi HATI AKAL NAFSU PENGET ILMU HIKMAH KE BU DA YA AN REALITAREALITA.
Pertemuan ke-3 Filsafat & Pemikiran Ekonomi Islam
LANDASAN PENGEMBANGAN ILMU PENGETAHUAN
PENGHEGEMONI ALIRAN KRITIS
FILSAFAT, ILMU, & PENGETAHUAN
KE ARAH PEMIKIRAN FILSAFAT
BUDAYA AKADEMIK dan tri darma perguruan tinggi
WORKSHOP “RESEARCH DENGAN METODOLOGI PENELITIAN KUALITATIF”
DOSEN DAN TRIDHARMA PERGURUAN TINGGI (TEORI DAN PRAKTEK)
PARADIGMA ILMU PENGETAHUAN
MANUSIA DAN TEKNOLOGI.
Hubungan Ilmu, Penelitian
PERTEMUAN 4 HARLINDA SYOFYAN, S.Si., M.Pd
BERBAGAI ANCAMAN TERHADAP KEUTUHAN NKRI
FILSAFAT ILMU SEBAGAI PENGEMBANGAN METODE ILMIAH
PANCASILA SISTEM FILSAFAT TM 5
BAB 1. RISET ILMIAH.
PANCASILA SISTEM FILSAFAT TM 5
METODE PENELITIAN AKUNTANSI
Teori Akuntansi.
KEGIATAN KEILMUAN SEBAGAI SUATU PROSES
PENGERTIAN PARADIGMA Definisi paradigma
SEJARAH FILSAFAT ILMU.
Oleh : dr. Nur Indarawati Lipoeto
Membangun Jiwa Ilmiah Mahasiswa
FILSAFAT DAN PARADIGMA ILMU
Integrasi-Interkoneksi Antara Ilmu dan Agama
PROSES SISTEMATIKA KEILMUAN DAKWAH
GEOPOLITIK INDONESIA KELOMPOK 6A MENTAWATI SILAEN (A1D515017)
PRINSIP-PRINSIP METODOLOGI
BIAS BUDAYA DAN AGAMA DALAM “KLAB”
FILSAFAT ILMU SEBAGAI UPAYA MENEMUKAN KEBENARAN
METODOLOGI PENELITIAN
Peradaban Awal Indonesia dan Dunia
PETA KONSEP : TUHAN YANG MAHA ESA DAN KETUHANAN
2.3.Metode Ilmiah.
Apa yang dinamakan Teori?
Pancasila sebagai sistem filsafat, perbandingan filsafat pancasila dengan sistem filsafat lainnya didunia.
FILSAFAT PENDIDIKAN.
Memahami hakikat ilmu pengetahuan
BUDAYA AKADEMIK dan tri darma perguruan tinggi
METODOLOGI AGAMA ISLAM
Metodologi.
X. AGAMA BUDDHA DAN IPTEK
Konsep Iptek Dalam Islam By: Kelompok 10.
CARA BERPIKIR FILSAFAT
IPTEK, DAN SENI DALAM ISLAM
DNJ //Landasan Pendidikan
BAB 1 PENGANTAR ISBD IIS DEWI LESTARI, M.Pd.
SEJARAH PERKEMBANGAN PEMIKIRAN
SEJARAH PERKEMBANGAN PEMIKIRAN
POSITIVISME DAN POSTPOSITIVISME Pertemuan 4
KEBENARAN Cara menemukan kebenaran : Secara kebetulan
Transcript presentasi:

MANUSIA, SAINS, TEKNOLOGI, DAN SENI

PARADIGMA GANDA PENGEMBANGAN SAINS “THOMAS KHUN”

PARADIGMA "TAUHIDI" PENGEMBANGAN IPTEKS

PENGEMBANGAN POTENSI MANUSIA HATI HIKMAH Menjiwai Menghayati Merenungi R E A L I T KE BU DA YA AN MAN AKAL Menguasai Mendalami ILMU NAFSU Memahami Mengetahui Mengenal PENGET

PENGEMBANGAN BUDAYA Unsur Statika KE IPTEK BU DA YA PRODUK AN IPTEKS KESE JAH TERA AN ATAU KEHAN CURAN MANU SIA P E R A D B N Unsur Statika IPTEK KE BU DA YA AN PRODUK IPTEKS Unsur Dinamika SENI

SKEMA IPTEKS SKEMA METODOLOGI SIFAT REALITA KEHIDUPAN OBJEKTIF (APLIKASI IPTEKS) INDUKSI EMPIRIK (TEKNIS) FAKTA VERIFIKASI ILMU RASIONAL (KREASI) DEDUKSI IPTEK (TEORI) INTUITIF (ILHAM) PARADIGMA INTUISI MUKJIZAT AGAMA

MANUSIA, SAIN, DAN TEKNOLOGI Manusia sebagai Pencipta Kebudayaan Kebudayaan menghasilkan peradaban. Produk peradaban adalah Sains, Teknologi, dan Seni Produk Sains, Teknologi, dan Seni untuk meningkatkan kesejahteraan manusia IPTEKS itu netral tetapi tidak bebas nilai Hakikat IPTEKS sebenarnya hanya sebatas penemuan bagaimana natural process itu terjadi di alam semesta bukan menciptakan HUKUM SENDIRI BAGAIMANA PENERAPAN IPTEKS UNTUK PENGEMBANGAN KEPRIBADIAN MANUSIA

Bagamana Aplikasi IPTEKES untuk kemajuan agama MANUSIA dan IPTEKES Manusia sebagai Pencipta Kebudayaan Kebudayaan menghasilkan peradaban. Sain, Teknologi, dan Seni sebagai wujud peradaban manusia Hakikat IPTEKES adalah penemuan bagaimana proses sunatullah itu terjadi di alam semesta IPTEKES itu netral tetapi tidak bebas nilai Bagamana Aplikasi IPTEKES untuk kemajuan agama

AGAMA, SAINS, DAN TEKNOLOGI

IPTEKS DALAM AJARAN AGAMA 1. Konsep AGAMA 2. Konsep Ipteks 3. Hubungan Agama dengan Ipteks

HUBUNGAN AGAM DENGAN IPTEKS AGAMA SBG SUMBER NILAI HUBUNGAN AGAM DENGAN IPTEKS Ian Barbour

Tentang Manusia ttg Hubungan Ipteks dg Agama Tipologi Pemikiran Tentang Manusia ttg Hubungan Ipteks dg Agama 1. Pendekatan Konflik 2. Pendekatan Independensi 3. Pendekatan Dialogis 4. Pendekatan Integratif

? PENDEKATAN KONFLIK PENDEKATAN INDEPENDENSI Suatu pendekatan yang muncul karena adanya kesadaran bahwa metodologi yang digunakan sains dan agama berbeda. Mereka berpendapat bahwa : Agama dan sain tidak mungkin bisa bersatu Agama gunakan hati sedangkan sains menggunakan akal Sain mengembangkan akal sedangkan agama/wahyu mengembangkan hati (sekuler Wilayah kajian agama berbeda dengan wilayah kajain sain Agama dan sain harus dipisah agar Tidak terjadi komplik yang melelahkan (Imanuel Kant, Tomas Akuinas, Toha Husen, ) Suatu pendekatan yang dikem bangkan kelompok Penganut aliran materialisme ilmiah. Mereka berpendapat bahwa : Agama sebagai musuh sains Agama sebagai virus campak Agama sebagai penghambat pengembangan sains Agama sebagai candu masyarakat Alasan mereka karena dalam agama ada IMAN yaitu suatu keyakinan yg tidak dapat dibuktikan secara ilmiah. (Richard Dawkins, Peter Atkins, Carl Sagan)

PENDEKATAN INTEGRATIF PENDEKATAN DIALOGIS PENDEKATAN INTEGRATIF ? Suatu pandangan yang mempersatukan sain dengan agama. Keduanya merupakan dua wilayah yang berbeda namun berada dalam suatu kesatuan yang utuh dalam memahami realita kehidupan. (Fazlurrahman, Ian G.Barbour) Pandangan ini merupakan tuntutan yang bersifat alamiyah dari pendekatan dialogis karena telah disadari bahwa sain tidak mampu memecahkan segala persoalan hidup. Demikian pula agama hanya akan bermakna manakala ditafsirkan dalam kontek kehidupan nyata. Suatu pandangan yang melihat adanya kesamaan antara agama dan sain. Keduanya merupakan upaya pemahaman terhadap realitas kehidupan sebagai sumber pengetahuan manusia. Mereka mencocok-cocokan teks kitab suci dengan temuan-temuan sain. (Islamisasi sain) (IHarun Yahya)

PENDEKATAN ALTERNATIF : Suatu pandangan yang melihat PENDEKATAN HOLISTIK Suatu pandangan yang melihat Agama merupakan pedoman dan petunjuk bagi manusia, di dalamnya terdapat penjelasan tentang petunjuk-petunjuk pengembangan sains untuk kesejahteraan hidup manusia Kitab Suci bagaikan daftar isi dalam sebuah buku besar tentang alam semesta. Fenomena alam sebagai rahasia kehidupan yang hanya dapat digali melalui melalui sains,

http://alhada-fisip11.web.unair.ac.id/