PERTEMUAN 3 I/O STREAMS PERINTAH MASUKAN.

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Mendapatkan Input dari Keyboard
Advertisements

Mendapatkan Input dari Keyboard
OOP berputar pada konsep dari obyek yang merupakan elemen dasar dari program Anda. Ketika kita membandingkan dengan dunia nyata, kita dapat menemukan.
BAHASA PEMROGRAMAN JAVA
Java Progamming Operasi I/O
Pemrograman Berorientasi Objek
Pemrograman Dasar[PTI-15001] 2012
Paradigma OOP Ery Setiyawan Jullev A.
Rekursi, Overloading, Konversi
Pemograman beorientasi objek
MATA KULIAH : PEMROGRAMAN 3 JAVA PROGRAMMING (JSE)
Polymorpism.
Mendapatkan input dari keyboard
Mendapatkan Input dari Keyboard
Operasi File Oleh: Idris Winarno.
Function(2).
Struktur Kode Aplikasi Java (1)
Pemrograman Berorientasi Objek
Pemrograman Berorientasi Objek 1
Argumen Command-line Sebuah aplikasi Java dapat menerima sejumlah argumen dari command-line. Argumen dari command line memberikan kesempatan bagi.
Operator Bilangan Bulat
TIPE DATA DAN INPUT/OUTPUT Matakuliah: T0974 / Algoritma dan Metode Object Oriented Programming I Tahun: 2008 Versi: 1/0.
PEMROGRAMAN SISTEM DASAR STRING Pertemuan VIII
Mendapatkan input dari keyboard
1 Pertemuan 1 Pengenalan Pemrograman Terstruktur C Matakuliah: H0112 – Pemrograman Bahasa Tingkat Tinggi Tahun: 2005/2006 Versi: xxx/2.
Method merupakan serangkaian statemen / perintah (perintah = baris program) dalam suatu class yang menghandle task tertentu (method adalah bagian-bagian.
Input/output dan Kelas File
VARIABEL TIPE DATA OPERATOR INPUT
Fakultas Ilmu Komputer Informatika Universitas Bina Darma
KONSEP DASAR PEMROGRAMAN
MENDAPATKAN INPUT DARI KEYBOARD.
Aplikasi berbasis teks
Algoritma dan Struktur Data 1 pertemuan 12
Objek-Oriented Programming (OOP)
Struktur Kontrol Pemilihan
Package dan package standard java
Pengenalan C++ Oleh : Dewi Sartika.
Input/output dan Kelas File
Mendapatkan Input dari Keyboard
INPUT DATA, PERCABANGAN & PERULANGAN DENGAN JAVA
Pengaksesan File Disusun Oleh: Reza Budiawan Untuk:
MODIFIER JAVA.
Algoritma & Pemrograman 3
Pemrograman berorientasi Objek
Mendapatkan input dari keyboard
PENGANTAR TEKNOLOGI INFORMASI
Pemrograman internet ABU SALAM, M.KOM.
INPUT DARI KEYBOARD Pertemuan 4 Muhamad Haikal, S.Kom,. MT.
Daasar Komputer dan Pemrograman 2A
ALGORITMA DAN PEMROGRAMAN Tipe Data
Matakuliah : M0074/PROGRAMMING II Tahun : 2005 Versi : 1/0
PEMROGRAMAN JAVA.
Aplikasi Berbasis Teks
PEMROGRAMAN JAVA.
Review Algoritma 1 Teks Algoritma terdiri dari tiga bagian :
Variabel dan Tipe Data.
Pemrograman Berorientasi Objek <PBO>
Pemrograman Berorientasi Obyek
Package dan package standard java
Konsep Bahasa Pemrograman I Data Jamak
Konsep Bahasa Pemrograman I Konsep OOP
Mendapatkan input dari keyboard
Identifier, Keywords, Variabel, Tipe Data Primitif dan Operator
Mengulang Kembali Type Data Input Output Struktur Kontrol
Mendapatkan Input dari Keyboard
Pemrograman Berorientasi Objek
Mendapatkan Input dari Keyboard
Input Keyboard & Keyword “Final”
Pengenalan Pemrograman 1
FONDASI PEMROGRAMAN & STRUKTUR DATA #3 - 4
Transcript presentasi:

PERTEMUAN 3 I/O STREAMS PERINTAH MASUKAN

a).Scanner Class Scanner digunakan secara ekstensif untuk memasukan data dari keyboard. Tidak seperti perintah masukan lainnya, data-data yang dimasukan misalnya berupa angka, tidak perlu dilakukan konversi dari string ke integer atau tipe data lainnya. Untuk menggunakan Class Scanner, harus menyertakan package java.util.

contoh penggunaan Scanner

Berikut penggunaan Scanner dan pembuatan Class yang digunakan di dalam main Class, untuk masukan data dari keyboard. 1.buatlah sebuah Class dengan nama ClassScanner.java

Kode program ClassSCanner yang telah di buat diatas adalah sebuah class yang kan digunakan didalam main Class sesuai dengan konsep dari pemrograman berorientasi Objek kemudian buatlah sebuah main class dengan nama Aksi Scanner

Sedangkan pada kode program AksiProgram Sedangkan pada kode program AksiProgram.Java merupakan sebuah main class yang dalam penulisan kode programnya hanya perlu memanggil method yang telah dibuat di dalam ClassScanner Berikut output dari kode program AksiScanner.java

b.)BufferedReader InputStreamReader digunakan membaca arus byte stream dan mengkonversi byte-byte ke dalam nilai-nilai bilangan bulat yang merepresentasikan karakter-karakter Unicode. Kelas BufferedReader membaca masukan Stream karakter dan penyangga tersebut untuk efisiensi. Pada penggunaannya harus mempunyai Reader Object untuk membuat versi buffered. Berikut konstrutor yang digunakan untuk membuat BufferedReader. Berikut kode Program penggunaan InputStreamReader dan Buffered, untuk masukan data dari keyboard.