GUI Event Handling Alpro-2.

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Oleh: Mike Yuliana PENS-ITS
Advertisements

Pemrograman Visual I Pendahuluan Presented by : Herianto.
Event Handling di JAVA.
Pemrograman JAVA (TIB09)
MENGENAL IDE DELPHI 7.0 ABDUL WAHID.
Plugin GUI Builder berbasis XML Generator untuk Membuat Graphical User Interface Aplikasi Android pada Netbeans IDE 6.91 KoTA 105 Irwan Nugraha ( )
KOMPONEN DALAM DELPHI Form
BAHASA PEMROGRAMAN JAVA
Menggunakan Event dan Property
Struktur Kode Aplikasi Java (2) As’ad Djamalilleil
GUI & Event Handling Viska Mutiawani, M.Sc.
Antarmuka Tingkat Bawah (Canvas)
JAVA GUI (Graphical User Interface)
Modul 9: antarmuka grafis (GUI) dalam window
PEMROGRAMAN APLIKASI BISNIS I (VISUAL STUDIO 2010)
PBO - PERTEMUAN 9- JAVA GUI.
Graphic User Interface
Bahasa Pemrograman 3 Lab Bahasa Pemrograman 3
Advanced Class 2 Pertemuan 11 Pemrograman Berbasis Obyek Oleh Tita Karlita.
Membangun Aplikasi GUI
Layout Managers and Event Handling
GUI Event Handling.
KOMPONEN DALAM DELPHI Form
GUI event handling.
Penjelasan Umum Penjelasan Umum PowerBulder 9.0 Aplikasi PowerBulder 9.0 berisi komponen Yang mencakup objek window, menu, function dan kode PowerScript.
Kelas Lanjut 2 Oleh Tita Karlita.
Pertemuan 12. Pemrograman Window Sejauh ini Anda melakukan pemrograman pada level konsul Java sesungguhnya juga mendukung pemrograman Window. Salah satu.
Pengenalan Pemrograman Jaringan dengan GUI Materi 2
Graphical User Interface
Pemrograman Berorientasi Obyek
Implementasi Pemrograman Berorientasi Objek
KONSEP SWING.
Graphical User Interface (GUI)
Pemrograman Visual Oleh : Erni Fatmawati.
High Level User Interface
Pertemuan 10 GUI (Graphical User Interface)
KONSEP AWT.
Java GUI PBO.
Dewi Kusumaningsih, M.Kom
Konsep delphi Pertemuan Ke-1 & 2.
Algoritma & Pemrograman 1
Package dan package standard java
Java User Interface (Swing)
Algoritma & Pemrograman 1
GUI Event Handling.
Algoritma Pemrograman 2A
GUI AWT & SWING Alpro-2.
Struktur Kode Aplikasi Java (2)
Menggunakan Event dan Property
Pengenalan Pemrograman 2
Matakuliah : M0864/Programming I
JAVA GUI (Graphical User Interface)
MODUL PRATIKUM PEMOGRAMAN BERORIENTASI OBJEK (OOP)
Mobile Teknologi Pertemuan 3
PIBJ (PEMROGRAMAN INTERNET BERBASIS JAVA)
MODUL PRATIKUM PEMOGRAMAN BERORIENTASI OBJEK (OOP)
Pengenalan Borland Delphi 7.0
Graphical User Interface
GUI Event Handling Sussi.
JSF Java Server Faces.
Pemrograman Berorientasi Obyek
Interface pada Java Untuk memahami lebih mudah, interface sekumpulan dari method-method yang dibuat tapi belum ada operasi di dalam tubuh method tersebut,
antarmuka grafis (GUI) dalam window
Package dan package standard java
9 Mobile Computing 2 SKS Dedy Alamsyah, S.Kom..
Pemrograman Berorientasi Obyek
Mobile Computing Fery Updi, M.Kom..
VISUAL PROGRAMMING DALAM JAVA
TIPE DATA, KONVERSI TIPE DATA JLABEL, JTEXTFIELD, JBUTTON, JOPTIONPANE
Pemrograman berorientasi objek
Transcript presentasi:

GUI Event Handling Alpro-2

Target: Mhs mampu mengetahui komponen” delegation event model Mhs Mengerti bagaimana delegation event model bekerja Mhs bisa menciptakan aplikasi GUI yang berinteraksi dengan user

GUI Event Handling Bagaimana mengendalikan events triggered ketika user berinteraksi dengan aplikasi GUI

Delegation Event Model bagaimana program Anda dapat merespon interaksi dari user Komponen: Event Source Event source mengacu pada komponen GUI yang meng-generate event c/jika user menekan tombol, event source dalam hal ini adalah tombol Event Listener/Handler Event listener menerima berita dari event-event dan proses-proses interaksi user c/ Ketika tombol ditekan, listener akan mengendalikan dengan menampilkan sebuah informasi yang berguna untuk user Event Object Ketika sebuah event terjadi (misal, ketika user berinteraksi dengan komponen GUI), sebuah object event diciptakan Object berisi semua informasi yang perlu tentang event yang telah terjadi. Informasi meliputi tipe dari event yang telah terjadi, seperti ketika mouse telah di-klik

Delegation Event Model Event listener diregistrasikan dengan Event source u/ menerima informasi event” yang terjadi pada source Ketika sesuatu terjadi dengan event source, sebuah event object akan menguraikan event yang diciptakan. Saat event listener menerima sebuah event object (pemberitahuan) dari eventsource, dia akan bekerja.

Registrasi Listeners Event source mendaftarkan sebuah listener d/ method: void add<Type>Listener(<Type>Listener listenerObj) <Type>Berupa event source: Key, Mouse, Focus, Component, Action dll Listener  di registrasi d/ method: void remove<Type>Listener(<Type>Listener listenerObj)

Class AWT Event Sebuah event object mempunyai sebuah class event sebagai tipe data acuannya Akar dari hirarki class event class EventObject, yang dapat ditemukan pada paket java.util. Immediate subclass dari class EventObject class AWTEvent. Class AWTEventada pada paket java.awt

Sintaks: <Type>Event Class AWT Event

Event Listeners Mrk: class yang mengimplementasikan interfaces <Type>Listener

Event Listeners 1. Method ActionListener Hanya ada 1 method:

Event Listeners 2. Method MouseListener

Event Listeners 3. Method MouseMotionListener

Event Listeners 4. Method WindowListener

Next Aplikasi MouseEventDemo.java CloseFrame.java

Class” Adapter Class Menerapkan semua method dari interface yang semuanya akan membutuhkan banyak pekerjaan Implementasi dari method-method semuanya adalah kosong. CloseFrame1.java

Inner Class sebuah class yang dideklarasikan di dalam class lain Fungsiu/ membantu dalam menyederhanakan program, terutama dalam event handling CloseFrame2.java

Anonymous Inner Class inner class tanpa nama Fungsiu/ menyederhanakan kode-kode Anda lebih lanjut CloseFrame3.java