OLEH: FARIS AZKA | ZIEE KSEI SCIEmics UPI | TGL

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
KONSEP DISTRIBUSI DAN KEKAYAAN DALAM ISLAM
Advertisements

Urgensi Dakwah Ekonomi Islam
PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
SELAYANG PANDANG EKONOMI ISLAM Oleh : Muhammad Hambali, SHI, M.E.I Disampaikan Dalam Kuliah MPK Agama Islam Universitas Airlangga Surabaya.
ZAKAT PADA MASA ROSULULLAH SAW DAN KHALAFAUR RASYIDIN
P EMIKIRAN E KONOM -E KONOM M USLIM K ONTEMPORER Oleh TIM 2 Kajian Ekis Dept. Ilmiy – BO Ukhuwah Fakultas Ekonomi Universitas Sriwijaya Oleh TIM 2 Kajian.
LEMBAGA KEUANGAN SYARIAH
ILMU EKONOMI DAN PERMASALAHANNYA
PASAR DAN PEMERINTAH DALAM PEREKONOMIAN MODERN (Samuelson Ch.2)
KEBIJAKAN EKONOMI MAKRO DAN MIKRO Eny Lia purwandari A
Oleh: Ruslan A Ghofur Noor
POLA KEGIATAN PEREKONOMIAN
Magister Administrasi Publik
Perkembangan pemikiran Ekonomi Islam
liberalisme dan sosialisme
Tujuan & Prinsip Bisnis Syariah
Kebijakan Moneter Islam
HERTIANA IKASARI, SE, MSi
KARAKTERISTIK DAN RANCANG BANGUN SISTEM EKONOMI ISLAM
SEC KSEI FORMAIS STIE EKUITAS BANDUNG TGL
Filosofi Dasar Ekonomi Islam
PERDAGANGAN RASULLAH SAW
Konsep Dasar Ekonomi Makro
PRODUKSI & PERDAGANGAN
Garapan Drs. Puji Suharjoko
IDEOLOGI-IDEOLOGI DUNIA
DINUL ISLAM DAN EKONOMI ISLAM (LKS)
CARAMENGATASI MASALAH EKONOMI
SISTEM EKONOMI ISLAM DAN KESEJAHTERAAN UMAT
PRINSIP DASAR EKONOMI SYARIAH
ILMU KOMUNIKASI FISIP 2015 AL MUIZZUDDIN F
SISTEM EKONOMI ISLAM BAB - 2.
PENGANTAR TEORI EKONOMI
ZAKAT DAN PAJAK oleh Farida P
SPEI (Sejarah Perkembangan Ekonomi Islam) Prodi : Perbankan Syari’ah SKS : 2 (dua) Dosen : A. Dimyati Fb : jongbintoro, kakdidim.
PERILAKU EKONOMI DAN KESEJAHTERAAN
Permintaan dan Penawaran Agregat
KONSEP DASAR EKONOMI ISLAM
BAHAN AJAR EKONOMI Kelas X Semester 2.
SISTEM EKONOMI Pengertian,,,,,,,,,????
TEMA-TEMA EKONOMI DALAM TAFSIR TEMATIK
Sekilas mengenai ekonomi islam
EKONOMI KELAS 10 (UMUM) SMAN 11 KAB. TANGERANG
Ekonomi Mikro Syari’ah
NAMA : IKA NPM : PRODI/KELAS :HUKUM EKONOMI SYARIAH/B/4 MATA KULIAH : PUSKOM.
Kesesuaian Kebijakan Ekonomi Konvensional dalam Kebijakan Pembangunan
LEMBAGA KEUANGAN SYARIAH
Sistem Ekonomi Islam Oleh Dadan Hamdani.
KONSEP ILMU EKONOMI RO’I SATIN JANNAH A / H FKIP AKUNTANSI.
PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
بِسْــــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم
Aniesa Samira Bafadhal, SAB, MAB
PENGANTAR EKONOMI MAKRO
Perekonomian Indonesia-Pertemuan ke-1
PERTEMUAN _1 RUANG LINGKUP EKONOMIKA.
Bab 3 Pengantar Ilmu Ekonomi Syariah
Bab 1 Pengantar Ilmu Ekonomi Syariah
EKONOMI SYARIAH KELOMPOK : Syaifullah Abdurrachman M. Razi
POLA KEGIATAN PEREKONOMIAN
Bab 1 Pengantar Ilmu Ekonomi Syariah
KEBIJAKAN PEMERINTAH DALAM MENGHADAPI MASALAH EKONOMI
SISTEM EKONOMI ISLAM DAN KESEJAHTERAAN UMAT
EKONOMI MIKRO DAN EKONOMI MAKRO. Ekonomi Mikro Ekonomi Makro Ekonomi Mikro Ilmu ekonomi yang mempelajari fungsi ekonomi individu dan perilaku sistem pembuatan.
KONSEP PEMBANGUNAN ISLAM.
KEBIJAKAN FISKAL BAB - 4.
EKONOMI MIKRO dan EKONOMI MAKRO STANDAR KOMPETENSI KOMPETENSI DASAR MATERI PEMBELAJARAN.
EKONOMI MIKRO ISLAM NOOR HAFIZAH UHDIYATI, S.E.I., M.E.
Bab 1 Overview dan Review
HUBUNGAN HUKUM ISLAM DG AGAMA ISLAM. Pendahuluan Sebelum masuknya hukum Islam, rakyat Indonesia menganut hukum adat yang bermacam-macam sistemnya dan.
KELOMOPOK 4 Disusun Oleh : Rizki Aidil (G1B018007) Altos Syafullah (G1B018035) Dayu Kinanda (G1B018053) Yogi Priyantoro (G1B018073) Lut Junianto (G1B018093)
Transcript presentasi:

OLEH: FARIS AZKA | ZIEE KSEI SCIEmics UPI | TGL 18-01-2015 EKONOMI MIKRO-MAKRO ISLAMI  OLEH: FARIS AZKA | ZIEE KSEI SCIEmics UPI | TGL 18-01-2015

John Pilger dalam sebuah laporan khususnya tentang akibat buruk globalisasi bagi sebuah negara besar seperti Indonesia, menyatakan ”... Hanya dengan 200 perusahaan, seperempat kegiatan ekonomi dunia sudah dikuasai. Sekarang ini General Motors lebih besar dari Denmark, Ford lebih besar daripada Afrika. Luput dari mata para pembeli di jalan-jalan besar, merk-merk terkenal, mulai dari sepatu olahraga hingga pakaian bayi, hampir seluruhnya dibuat di negara-negara miskin dengan upah buruh sangat rendah, nyaris seperti budak. Untuk mempromosikan Nike, pegolf Tiger Woods dibayar lebih tinggi dibandingkan dengan seluruh upah buruh yang membuat produk Nike di Indonesia. Desa global seperti inikah yang disebut-sebut sebagai masa depan umat manusia?” Pengantar ekonomi islam (chandra: 2009)

Pengantar ekonomi islam (chandra: 2009) New York Times dalam satu quote of day selection untuk 18 Juli 2001 menyatakan: “Dunia yang dimana setengahnya menikmati kenyamanan dan kemelimpahan, sementara setengah ras manusia yang lain hidup dengan hanya $2 per hari, sangat tidak stabil.” (George Walker Bush) Setengah dari penduduk dunia (sekitar tiga miliar orang) hidup dengan uang di bawah $2 atau sekitar Rp 18.000 sehari. GDP (Gross Domestic Product) atau Pendapatan Domestik Bruto dari 48 negara termiskin di dunia (kira-kira seperempat jumlah negara di dunia) tidak lebih sejahtera dari tiga negaraterkaya di dunia. Hampir satu miliar orang memasuki abad 21 tanpa bisa membaca atau menandatangai nama mereka sendiri. Pengantar ekonomi islam (chandra: 2009)

Yang akan dipelajari Ekonomi dalam Islam Perbedaan Ilmu dan Sistem Madzhab-madzhab Ekonomi Islam Rancang bangun ekonomi Islam Konsumsi, Distribusi, Produksi dalam Islam Pasar dalam Islam Peran Negara dalam Ekonomi Islam

Ekonomi dalam Islam

PERBEDAAN ILMU EKONOMI DAN SISTEM EKONOMI Harus Dibedakan Ilmu Ekonomi Sistem Ekonomi Produksi Barang, Qualitas, & Sarananya Distribusi Kekayaan, Kepemilikan, Cara Memperoleh Harta, Mengembangkannya, Membelanjakannya Berkaitan dg Pengadaan Barang & Jasa Sebagai Alat Pemuas Kebutuhan Sangat Dipengaruhi Oleh Pandangan Hidup/ Ideologi/Keyakinan Tidak dipengaruhi oleh Pandangan Hidup/Keyakinan /Ideologi Haram Menerapkan SEK Bersifat Universal (Netral) : Sains dan Teknologi Tidak Bebas Nilai

3 mahzab pemikiran Ekonomi Islam Iqtishaduna (QS. Al Qamar [54]:49) Baqr As Sadr Masalah sama dengan konvensional Berbeda pada cara menyelesaikan masalahnya (Islam / konvensional) Mainstream Mengkritik kedua madzhab sebelumnya Islam pasti benar, ekonomi islam belum tentu benar. Alternatif Kritis

Mahzab Baqir Sadr Ilmu ekonomi tdk sejalan dgn islam, krn filosofinya kotradiktif Beda dlm melihat masalah ekonomi Mslh ekonomi: distribusi yg tdk merata & adil krn eksploitasi yg kuat kpd yg lemahkeserakahan manusia yg tdk terbatas Istilah ekonomi islamitdk sesuai, salah, kontradiktifyg sesuai iqtishad (ekonomi kita, ekuilibrium) Menolak ek konv, menyusun teori baru yg digali dari Quran & hadist Tokoh: Abbas Mirakhor, Baqir al-hasani, kadim as-sadr, dll

Mahzab Mainstream Masalah ekonomi: SD terbatas, keinginan tdk terbatas SD terbatas: suplai beras di ethiopia<thailand ”manusia diuji dgn sedikit ketakutan, kelaparan, kekurangan harta, jiwa, buah2an” (QS 2:55) Keinginan manusia tdk terbatas:alamiah “bermegah2an tlh melalaikanmu” (QS Attakasur:1-5) & hadist “manusia tdk pernah puas, diberi emas 1 lembah, minta 2, dst” Beda dgn konv: cara menyelesaikan mslh ekskala prioritas sesuai Quran-Hadist bkn hawa nafsu Transformasi ilmukonv baik diambil, yg tdk dibuang krn ilmuwan muslim jg m’ambil dr peradaban lain (Yunani, dll) Tokoh: M. Umer Chapra, MA Mannan, MN Siddiqi (IDB’ers)

Mahzab Alternatif Krisis Kritik Baqir: menemukan yg baru, yg sdh ditemukan; menghancurkan teori lama dg yg baru Kritik mainstream: jiplakan neoklasik-riba+zakat+niat Hrs ada analisa kritis thd ek islamislam pasti benar, ekonomi islami blm tentu benar krn hsl tafsir manusia atas Qur’an-hadistbenarnya tdk mutlak Teori ek islam hrs selalu diuji spt pd konv Tokoh: Timur Kuran, Jomo, M Arif

Rancang bangun ek. Islam

Prinsip umum ekonomi Islam Diwujudkan dlm rancang bangun ek islam Dasar5 nilai universalteori ek islam Tauhid: Alloh pemilik hakiki, manusia diciptakan utk beribadah (tmsk dlm muamalah) bertanggung jwb atas amanah Adl: SDA utk kesejahteraan semua, maka hrs adil (tdk zalim & dizalimi)no eksploitasi Nubuwwah (kenabian): nabi diutus sbg role model (SAFT) profesional&prestatif Khilafah (Good Gov’t-gov’n): menjamin ekonomi bjalan sesuai syariah, melindungi maqasid syariah Ma’ad (hasil): motivasi bisnis adl mencari labadunia akhirat (Al-ghazali)

Prinsip derivasinyaciri sistem ekonomi islam Multitype Ownershiptauhid+adil Sistem kapitaliskepemilikan swasta; sosialisnegara IslamAlloh: pemilik primer, manusia:sekunder  swasta diakui, tp utk hajat hidup org byk agar adilnegaraswasta, negara, campuran Freedom to actadil+nubuwwah+khilafah Menciptakan mekanisme pasar, tdk ada distorsi(proses penzaliman MAGRIB)-hrs adil&dijamin gov’t Social justicekhilafah+ma’ad Pmth menjamin kbthn dasar rakyat & menciptakan keseimbangan sosial Sosialis: peran negara dominan, penguasa bg kaum sosialis miskin, kapitalis: industri korporasi, monopoli legal, inefisiensi modal dgn bunga Adil= antarradin minkum/ latazlimuna wa la tuzlamun

Akhlak: Perilaku Islami dalam Perekonomian Landasan teori kuat prinsip sistem ekonomi mantappenerapan nilai dalam teori & sistem oleh manusia yg berakhlak profesional dlm bidang ekonomi (ihsan dan itqan)perekonomian umat Islam maju Akhlak indikator baik buruk manusia

Fungsi Utiliti Dalam ilmu ekonomi tingkat kepuasan (utility function) digambarkan oleh kurva indeferen (indeferent curve) Belajar Ekonomi Budget constrain Waktu belajar= 4 jam 4 3 U2 2 U1 1 Belajar Bahasa 1 2 3 4

Barang Halal, Haram, dan Analisis Kurva Indifference Y Haram Y Haram Solusi optimal Y=0 Solusi optimal (0,0) X Halal X Haram Y Halal Y Halal Solusi optimal = budget line Solusi optimal X=0 X Halal X Haram

Maqasid Syariah Al Ghazali : Dharuriyat, Hajiyat, Tahsiniyat As Syaitibi : Ad Dien, An Nafs, Al Aql, An Nasl, Al Maal. Agama Jiwa Akal Keturunan Harta Dharuriyat Hajiyat Tahsiniyat Tabel skala prioritas

Budget Contrain Segala keinginan pasti ada konstrain yang membatasinya, tentu batasan ini akan sangat dipengaruhi oleh kemampuan dan usaha yang dikeluarkan untuk mendapatkan konstrain yang lebih tinggi. Di Islam Rasulullah pernah menggambarkan hubungan antara cita-cita atau keinginan manusia dan segala hambatan yang mesti dijumpainya.

Untuk menjelaskan bagaimana seorang mukmin berusaha meraih cita-citanya ia membuat gambar empat persegi panjang. Di tengah-tengah ditarik satu garis sampai keluar. Kemudian beliau membuat garis pendek-pendek di sebelah garis yang di tengah-tengah seraya bersabda “Ini adalah manusia dan empat persegi panjang yang mengelilinginya adalah ajal. Garis di luar ini adalah cita-citanya, serta garis yang pendek-pendek adalah hambatan-hambatannya. Apabila ia dapat menghadapi hambatan yang satu, maka ia akan menghadapi hambatan yang lain. Dan apabila ia dapat mengatasi hambatan yang lain, maka ia akan menghadapi hambatan lain lagi.”

Untuk tetap bersemangat melangkah dari setiap hambatan tersebut, maka ia mengembalikan sepenuhnya kepada Allah Swt., ia percaya bahwa tiada sesuatu yang terjadi di alam ini tak lain atas kehendak Allah. (HR. Bukhari Muslim)

Konsumsi dalam Islam Monzer Kahf berusaha mengembangkan pemikiran tentang hal ini dengan membuat asumsi sebagai berikut: Islam dilaksanakan oleh Masyarakat Zakat hukumnya wajib Tidak ada riba dalam perekonomian Mudharabah wujud dalam perekonomian Pelaku ekonomi bersikap rasional dengan memaksimalkan kemaslahatan

Dalam konsep Islam yang dijelaskan oleh hadis Rasulullah Saw Dalam konsep Islam yang dijelaskan oleh hadis Rasulullah Saw. Yang maknanya adalah “Yang kamu miliki adalah apa yang telah kamu makan dan apa yang telah kamu infakkan”. Oleh karena itu persamaannya menjadi: Dimana: FS = C+Infak FS adalah final spending di jalan Allah Y = (C + Infak) + S

Produksi dalam Islam Ibnu Khaldun sendiri mengatakanbahwa kekayaan sebuah bangsa sangat tergantung pada produktivitas bangsa tersebut. Bangsa yang produktif dapat memenuhi kebutuhannya sendiri serta jika surplus dapat mengekspornya sehingga menikmati neraca perdagangan yang positif dan cadangan devisa yang besar. Hal ini sudah dikatakan oleh Ibnu Khaldun sebelum Adam Smith.

Faktor Produksi Amal/Kerja (Labour) Bumi/Tanah (Land) Modal (Capital) Menurut Islam, kepemilikan pada dasarnya adalah sebagai naluri alamiah yang dimiliki manusia dan hanya berfungsi sebagai sarana penunjang untuk mencapai tujuan yang lebih besar, karena semua yang ada di muka bumi (termasuk harta) adalah milik Allah SWT.

Gambar 6.1. Fungsi produksi dengan Dua variabel Independen Kurva fungsi produksi dengan tingkat produksi yang berbeda, yaitu para Q1, Q2, dan Q3 K (JAM/MESIN) Q3 Q2 Q1 L (JAM/TENAGA KERJA) Gambar 6.1. Fungsi produksi dengan Dua variabel Independen

Distribusi dalam Islam Menurut Taqyuddin An Nabhany, masalah ekonomi itu sebenarnya hanya terletak pada distribusi harta dan jasa tersebut kepada tiap-tiap individu, dalam rangka memenuhi kebutuhan-kebutuhan primer (basic needs) mereka secara menyeluruh, serta membantu mereka berusaha untuk memenuhi kebutuhan-kebutuhan sekunder hingga kebutuhan lux mereka. Instrumen : zakat, infak, shadaqah, wakaf

Pasar dalam Islam Pasar adalah milik umum. Ia adalah milik umat Tidak ada seorang pribadi pun berhak mengklaim satu tempat di pasar sebagai milik pribadinya, bahkan walaupun ia sanggup membayarnya Orang berhak untuk masuk dan keluar dari pasar dengan bebas untuk membuka dagangannya, namun ketika ia sudah selesai menjual semua dagangannya, ia harus membiarkan orang lain menggunakan tempat tersebut Setiap orang dapat membuka dagangannya tanpa membayar kepada siapapun Jika seseorang sudah selesai melaksanakan aktivitas jual belinya orang lain dapat menggantikannya di tempat tersebut dengan gratis Hisbah, sebuah institusi unik dalam sistem Islam, mempunyai peran utama sebagai pengatur, pengawas, pengelola dan pengendali pasar

Kebijakan Fiskal (APBN pada masa Rasulullah)  Kaum Muslim  Non-Muslim Sumber lain Zakat Ushr Zakat fitrah Wakaf Amwal fadhla Nawaib Shadaqah, seperti qurban dan kafarat Jizyah Kharaj   Ghanimah Fa’i Uang tebusan Hadiah dari pemimpin dan negara lain

Kebijakan Moneter Sistem keuangan pada zaman Rasulallahmenggunakan bimetalic standard (emas dan perak/dinar dan dirham) karena keduanya adalah alat pembayaran yang sah dan beredar di masyarakat.

Peran Negara dalam Perekonomian Islam Peran Ibadat Peran Politik Peran Ekonomi

“kemenangan ekonomi syariah bukanlah ketika setiap orang memilih formalitas ekonomi syariah, namun ketika kita mampu mempengaruhi dan membentuk ekspektasi selera kebanyakan orang dengan ekspektasi yang sesuai dengan nilai-nilai kebaikan, walaupun hal itu harus dilakukan dengan susah payah” Adiwarman Karim

1. Silabus FoSSEI Jabar: Sumber lain Sumber: Mikro dan makro islam, Adiwarman Dari gerakan ke negara, Anis Matta Buku kang Ali, tinjauan kritis. Al amwal, Abu Ubaid Principle of economics, Mankiw Muqaddimah, Ibnu Khaldun Al-Amwal, Abu Ubaid Euforia Emas, Zaim Zaidi Ayo Berdagang, Muhaimin Iqbal Modul Kajian ISEG (Chandra Natadipurba) Modul Mikro-Makro SCIEmics Kritik terhadap Kapitalis (slide PPT disampaikan pada mata kuliah ekonomi syariah prodi p.akuntansi smt.3)  Sumber lain