KERUKUNAN NURWITO, S.Ag., M.Pd. UNIVERSITAS ESA UNGGUL JAKARTA.

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
MAKNA 4 PILAR KEHIDUPAN BERBANGSA DAN BERNEGARA
Advertisements

UNIVERSITAS ESA UNGGUL
PERTEMUAN KE 14 Umat Katolik dan Hak Asasi Manusia.
HIDUP DIBUMI YANG SAMA Sessi keempat. INSPIRASI  Kej. 1:27-29  Sejak awal manusia hidup di atas bumi yang sama.  Setiap manusia punya hak yang sama.
HAM Untuk mempertahan kan hidup (ps 28 a) Membentuk keluarga (28b)
Anggota kelompok : Heri Fatkhurrokhim Sri Mila Lestari Danik Lestari
Berperilaku Terpuji Bayu Kresna Mukti Habibur Rachman
UNIVERSITAS ESA UNGGGUL
AGAMA BUDDHA DAN IPTEK UNIVERSITAS ESA UNGGUL JAKARTA
UNIVERSITAS ESA UNGGUL
Kerukunan antar Umat Beragama
MANUSIA DAN ALAM KEHIDUPAN UNIVERSITAS ESA UNGGUL
IX. PANCASILA-PANCADHAMMA
MASYARAKAT UNIVERSITAS ESA UNGGUL JAKARTA.
PENILAIAN KOMPETENSI SIKAP
UNIVERSITAS ESA UNGGUL
MORALITAS Pengertian:
P O L I T I K Ditinjau Dari Agama Buddha
KERUKUNAN UNIVERSITAS ESA UNGGUL JAKARTA.
UNIVERSITAS ESA UNGGUL
Merajut Manusia dan Masyarakat Berdasarkan Pancasila
TILAKKHANA DAN PATICCA SAMUPPADA
PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN
36 Butir Pedoman Penghayatan & Pengamalan Pancasila
Islam Membangun Persatuan dalam Keberagamaan
PENGEMBANGAN KARAKTER DOSEN PGPAUD
MORALITAS Pengertian:
Pusat Pelayanan Teknologi
AKTUALISASI PANCASILA DALAM BIDANG POLITIK
FALSAFAH DAN TUJUAN PENDIDIKAN AGAMA BUDDHA
KEMAJEMUKAN BANGSA INDONESIA
4 PILAR KEHIDUPAN SEBAGAI LANDASAN BERBANGSA DAN BERNEGARA
PENGAMPUNAN: BERDAMAI DENGAN MASA LALU DAN MERAJUT MASA DEPAN
Pendidikan kewarganegaraan dan hukum
X MIA 1 dan X MIA 2 SEMESTER GANJIL
Nilai-Nilai Karakter Anak di Indonesia
KOMUNIKASI DAN MANAJEMEN KONFLIK
KOMUNIKASI DAN MANAJEMEN KONFLIK
GEREJA YANG KONTEKSTUAL
Kemerdekaan Beragama Dan Berkepercayaan di Indonesia
Pengintegrasian Berbagai Nilai dan Materi ke dalam Mata Pelajaran
Character Building
Diskripsi Keberagaman Bangsa Indonesia
DISUSUN OLEH : RAHAYU SETIYANINGSIH
18 NILAI-NILAI YANG TERKANDUNG DALAM PENDIDIKAN KARAKTER BANGSA
“ MENGHARGAI DIRI SENDIRI “
1. Konsep Masyarakat Madani Pengertian Masyarakat Madani
Character Building
UNIVERSITAS ESA UNGGUL
PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN by DANIEL ARNOP HUTAPEA, S
Kerukunan Antar Umat Beragama
Pendekatan Terpadu dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia
Manajemen Konflik Rangkuman: Definisi dan Teori-teori Konflik
INTEGRASI NASIONAL DAN PLURALITAS BANGSA NASIONAL
TOLERANSI ANTAR UMAT BERAGAMA
X. AGAMA BUDDHA DAN IPTEK
Beberapa Kata Kunci Karakter - Dibangun dengan keteladanan Bukan diajarkan Temperamen - Genetis (sulit diubah) Hati Nurani - Fitrah Nilai -
PENDIDIKAN KARAKTER BANGSA
NILAI-NILAI SILA PANCASILA.
Kerjasama Tim Pertemuan 8
MAKNA 4 PILAR KEHIDUPAN BERBANGSA DAN BERNEGARA NICO GARA Disajikan pada Seminar Empat Pilar Kehidupan Berbangsa dan Bernegara. Manado, 8 September 2012.
Toleransi Beragama dalam Perspektif Hak Asasi Manusia (Disampaikan dalam Ujian Praktek Diseminator Angkatan I Tahun 2017 di BPSDM Kemenkumham Cinere.
Kelompok 5 Kerukunan Umat Beragama
PANCASILA DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI. INDONESIA MASA KINI PANCASILA MASA GITU DISUSUNO L E H : 1. DISUSUNO L E H :
PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN by DANIEL ARNOP HUTAPEA, S
PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN Oleh DANIEL ARNOP HUTAPEA, S
Kata kunci 1.1 Kepercayaan kepada Tuhan * Keyakinan wujudnya Tuhan
SELAMAT DATANG DI PEMBELAJARAN INTERAKTIF MATERI ''TOLERANSI'' KLIK ''START' UNTUK MULAI BELAJAR START.
Kasus penyimpangan pancasila sila pertama Disusun oleh: Adi Prasetyo (K ) Agung Nugroho (K ) Alvian Novitasari (K ) Andysty Andryaningrum.
FAKTOR-FAKTOR PENYEBAB KONFLIK ANTAR UMAT BERAGAMA
Transcript presentasi:

KERUKUNAN NURWITO, S.Ag., M.Pd. UNIVERSITAS ESA UNGGUL JAKARTA

Perlunya kerukunan umat beragama: Kerukunan umat beragama sangatlah dibutuhkan. Kerukunan dapat terjalin, bila diantara kita terdapat sikap saling menghormati, bekerja sama, dan saling tolong - menolong. Kerukunan juga merupakan kunci agar terciptanya suatu perdamaian.

Pengertian; Kerukunan hidup beragama adalah suatu kondisi di mana semua golongan agama bisa hidup bersama-sama secara damai tanpa mengurangi hak dan kebebasan masing-masing untuk menganut dan melaksanakan kewajiban agamanya

Kerukunan yang dimaksud bukan berarti penganut agama yang satu tidak merasa perlu atau menahan diri untuk melibatkan persoalan keberagaman dengan pihak lain, karena kebersamaan menghendaki tenggang rasa, yang hanya benar-benar dimungkinkan jika saling memahami

Faktor penunjang: Kerukunan akan bisa dicapai apabila setiap golongan agama memiliki prinsip “Setuju dalam perbedaan”.

Enam Faktor yang Membawa Keharmonisan (Sarannya-dhamma): (1) cinta kasih diwujudkan dalam perbuatan; (2) cinta kasih diwujudkan dalam tutur kata; (3) cinta kasih diwujudkan dalam pikiran; (4) memberi kesempatan kepada sesamanya untuk ikut menikmati apa yang diperoleh secara halal; (5) menjalankan kehidupan bermoral; (6) memiliki pandangan yang sama (Anguttara Nikaya. III, 288-289).

Untuk menjaga kerukunan antar umat beragama sikap toleran menjadi sangat penting ketika menghadapi suatu konversi atau alih-agama. Teladan yang patut untuk dicontoh: kisah Jenderal Siha Upali

Toleransi umat beragama: ”Janganlah kita menghormati agama kita sendiri dengan mencela agama lain. Sebaliknya agama lain pun hendaknya dihormati atas dasar-dasar tertentu. Dengan berbuat demikian kita membuat agama kita sendiri berkembang, selain menguntungkan pula agama lain.

Jika kita berbuat agama sebaliknya kita akan merugikan agama kita sendiri, di samping merugikan agama orang lain. Oleh karena itu barang siapa menghormati agamanya sendiri dan mencela agama lain semata-mata terdorong rasa bakti kepada agamanya sendiri dan dengan pikiran bagaimana aku dapat memuliakan agamaku sendiri, justru ia akan merugikan agamanya sendiri. Karena itu kurukunan dianjurkan dengan pengertian biarlah semua orang mendengar dan bersedia mendengar ajaran yang dianut orang lain” (Prasasti Batu Kalinga No. XXII)

Faktor penghambat: Ekspresi keagamaan yang keliru: fanatisme memonopoli dan memutlakkan kebenaran sendiri, semangat misioner yang militan, merendahkan pihak lain bahkan memandangnya sebagai musuh adanya disparitas antara apa yang diajarkan dengan sikap hidup dan perilaku pemeluknya Adanya prasangka, perasaan terancam, takut terdesak, kurang toleran, tidak dapat menahan diri Penyiaran agama yang ditujukan kepada orang-orang yang telah memeluk agama lain menimbulkan Ketertutupan diri pribadi manusia ataupun kelompok manusia Dll

Pada abad ke-20 ini, Dalai Lama, seorang bhiksu Buddhis yang telah menerima Hadiah Nobel Perdamaian menyatakan: “Karena kita hidup bersama di dalam planet bumi yang kecil ini, kita harus belajar hidup harmonis dan damai, baik dengan sesama maupun dengan alam. Ini bukan hanya mimpi tetapi merupakan suatu kebutuhan. Kita tergantung satu sama lain dalam berbagai macam cara, dan kita tidak lagi hidup dalam masyarakat tertutup yang tidak mengetahui apa yang terjadi di luar sana. Kita perlu saling menolong ketika berada dalam kesulitan, dan berbagi keberuntungan yang kita nikmati. Saya berbicara kepadamu sebagai sesama manusia, sebagai seorang bhiksu biasa. Jika anda menemukan manfaat dalam kata-kata saya, saya berharap anda dapat mempraktikkan.”

Akhirnya dasar-dasar penting kerukunan umat beragama di Indonesia menurut ajaran agama Buddha adalah : Penderitaan sebagai titik pertemuan persaudaraan. Keterbukaan diri sebagai kondisi inter-relasi. Pengetahuan agama-agama sebagai bakal pengertian. Saling menghormati sebagai praktik beragama. Kerja sama sebagai cara mengatasi kesulitan bersama.

Referensi: Mukti, Krishanda W. 2003. Wacana Buddha Dharma. Jakarta: Yayasan Dharma Pembangunan Piyadassi, Mahathera. 2003. Spektrum Ajaran Buddha. Diterjemahkan oleh Hetih Rusli, Vivi, dan Titin Negsi. Jakarta: Yayasan Pendidikan Buddhis Tri Ratna Sri Dhammananda. 2002. Keyakinan Umat Buddha. Pustaka Karaniya. http://infobuddhis.com/content/page96.php

KUIS: Jelaskan hakikat kebersamaan dalam pluralitas beragama! Bagaimana caranya untuk menciptakan kerukunan hidupumat beragma? Jelaskan factor penghambat kerukunan! Jelaskan sikap keberagamaan yang tepat dalam masyakat yang multi-agama! Berikan contoh kasus bahwa Buddha sangat menjunjung kerukunan!