Makna Desain Oleh rudi irawanto Slide 2.

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
(Penjelasan bahasa rupa & semiotika)
Advertisements

MODEL-MODEL KOMUNIKASI DAN ESENSI PROSES KOMUNIKASI
Persepsi Dalam Dunia iklan
Program : IPA/IPS/Bahasa
pengantar ilmu pendidikan
INTERAKSI MANUSIA dan KOMPUTER (HUMAN COMPUTER INTERACTION)
PENGORGANISASIAN MATERI IPS
KONSEP ADMINISTRASI IKA RUHANA.
MANUSIA DAN KEBUDAYAAN
Sosiologi Antropologi Pendidikan
TUJUAN MATA KULIAH PENGANTAR ARSITEKTUR
Lingkup Pekerjaan Desainer Interior Pertemuan 3 - 4
Komunikasi Terapeutik
TINJAUAN DKV Agus Setiawan, M.Sn
SKL, KI, KD, dan Indikator Pencapaian Kompetensi
Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Perilaku Pembelian Konsumen
PEMIKIRAN TOKOH – TOKOH DALAM ILMU SOSIAL
MANUSIA DAN KEBUDAYAAN
KONSEP TEKNOLOGI.
PERTEMUAN 1 MANAJEMEN OPERASI JASA (EKMA4369)
DESAIN dan PERKEMBANGANNYA
SOSIOLOGI DESAIN TIU: Setelah mengikuti Mata Kuliah Sosiologi Desain, mahasiswa mengerti tentang proses pemikiran dan perwujudan hasil karya yang terkait.
PENGANTAR Komunikasi Grafis I
Periode Pra Modern Bagian I Oleh rudi irawanto SLIDE 4.
KEBUDAYAAN DAN MASYARAKAT
Minggu 4 Estetika Sebagai Media Komunikasi.
Sosiologi Desain.
MODEL TINJAUAN TRANSFORMASI BUDAYA
MK. TINJAUAN DESAIN Tujuan Instruksional Umum:
TINJAUAN DESAIN Oleh: Olih solihat Karso ISI Denpasar.
Pertemuan 13 Desain Aplikasi pada POS
TATARAN KOMUNIKASI Komunikasi Massa Komunikasi Organisasi
SUDUT PANDANG DALAM SEBUAH TINJAUAN
KEBUDAYAAN Antarin Prasanthi.
PENDAHULUAN: PENDEKATAN DALAM MEMAHAMI KEKUATAN POLITIK DI INDONESIA
Aspek Sosiologis dalam Desain Komunikasi Visual
Pengertian dan Ruang Lingkup Sosiologi Politik
FUNGSI DALAM ARSITEKTUR
Seni Sebagai Ekspresi Mukhsin Patriansah S.Sn., M.Sn.
PENGERTIAN DAN HAKIKAT IPS DALAM PROGRAM PENDIDIKAN
MANUSIA SEBAGAI MAKHLUK INDIVIDU, SOSIAL, DAN BUDAYA
MENGANALISIS PASAR KONSUMEN
Perkuliahan Minggu 7 Sosiologi Komunikasi
ANATOMI TUBUH BIROKRASI
Ilmu dan Kebudayaan.
MASALAH-MASALAH SOSIAL DAN BUDAYA
TEORI-TEORI TINJAUAN DESAIN
KURIKULUM Pengertian Kurikulum 1. Kurikulum sebagai rencana belajar.
PENGORGANISASIAN MATERI IPS
DESAIN dan PERKEMBANGANNYA
Manusia Manusia atau orang dapat diartikan berbeda-beda menurut biologis, rohani, dan istilah kebudayaan, atau secara campuran. Secara biologis, manusia.
Manusia Manusia atau orang dapat diartikan berbeda-beda menurut biologis, rohani, dan istilah kebudayaan, atau secara campuran. Secara biologis, manusia.
DESAIN DAN KEBUDAYAAN Oleh rudi Irawanto Slide 3.
KONSEP DASAR “KLAB”.
METODE PEMECAHAN MASALAH DESAIN
KONSEP ADMINISTRASI IKA RUHANA.
DKV Campaign Ratih Pertiwi, M. Ds Pertemuan 12
DESAINGRAFIS PRAMANA DITA Pertemuan II.
Persiapan Guru sebagai Fasilitator dalam Memberikan
DESAIN KOMUNIKASI VISUAL MEDIA CETAK
Konsep Desain Mebel.
Kedudukan dan Peran Pancasila bagi Bangsa Indonesia
KEBUDAYAAN DAN MASYARAKAT
PT. Tayang Visi Aplikasi Digitasi (TVaD)
Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Perilaku Pembelian Konsumen
KONTRAK KULIAH KOMTING : BAGAS UTS : 30% UAS : 30% TUGAS : 35%
HUBUNGAN MANUSIA – KEBUDAYAAN
Seni Seni Budaya Kelas X Yusriati, S.Pd
1.ADHISTI FEBY ANGGRAENY 2.CAHYANINGTYAS IRNA AUGUSTYN 3.EVA LISWIANINGRUM 4.IFA AFIANTI 5.LI’ANAH KELOMPOK 6.
Transcript presentasi:

Makna Desain Oleh rudi irawanto Slide 2

Dimanakah letak DESAIN? Desain merupakan disiplin ilmu yang “baru”. Di Indonesia desain tidak di kenal secara baik, dan dalam wilayah aktifitas yang tidak disadari “ (unconsious activity).

DESAIN DALAM KEHIDUPAN Desain merupakan artefak kebudayaan.

Desain menciptakan kebaruan fungsi, trend, ataupun nilai-nilai.

TIDAK ADA TREND TANPA DESAIN

Desain tidak berhenti pada tataran fungsional, tetapi bergerak mengikat nilai-nilai dalam satu kurun waktu tertentu.

Pada hakekatnya desain merupakan puncak dari nilai-nilai yang berkembang pada satu era tertentu. Desain merupakan produk kebudayaan, yang didalamnya mencakup ilmu, teknologi dan seni.

ARTS SCIENCE TECHNOLOGY DESIGN

FINE ART DESIGN CRAFT DESIGN

PERFORMING ART MEDIA ART VISUAL ART DESIGN

GRAPHIC COMMUNICATION INTERIOR PRODUCT GRAPHIC COMMUNICATION DESIGN

Bagan Kompleksitas permasalahan desain Psikologi Pengguna Biro Iklan Persoalan Desain klien Keuangan Pemerintah Manufaktur Teknik Bagan Kompleksitas permasalahan desain

Faktor Psikologi Perancangan karya desain idealnya melibatkan unsur emosional dari lingkungan dan memperhatikan karakter psikologis pengguna

Faktor Pengguna Salah satu Prinsip perancangan desain adalah memperhatikan pengguna (user) sebagai tolok ukur kelayakan karya. Tolok Ukur Kelayakan desain setidaknya melibatkan 3 komponen, yaitu tool, enviroment, dan user.

Faktor Pemerintah Keberadaan pemerintah merupakan salah satu pihak yang menjadi pertimbangan dalam penentuan standarisasi dan kelayakan produk. Kebijakan pemerintah yang tertuang dalam peraturan ataupun perundangan menjadi salah satu faktor kunci dalam penentuan standar desain yang baik.

Faktor Manufaktur Faktor manufaktur berperan dalam mewujudkan gagasan menjadi bentuk-bentuk faktual.

Faktor Teknik Perwujduan gagasan yang konseptual hanya dapat terjadi jika kemampuan taknik yang mengiringi dapat berjalan dengan baik.

Faktor Keungan Keungan menjadi salah satu faktor vital penentu keberhasilan suatu proses perancangan. Keuanga dalam konteks ini merupakan faktor keungan dari pihak klien ataupun yang menyangkut pra maupun pasca produksi

Faktor Klien Klien merupakan pihak yang secara legal memberikan kesempatan untuk berkarya. Kesempatan dalam konteks ini merupakan kesepakatan yang terbentuk secara formal untik melaksanakan kesepkatan tentang konsep hingga prototype karya.

Faktor Biro Iklan Biro iklan merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari proses desain komunikasi visual. Pihak yang secara lazim melakukan eksekusi visual terhadap karya-karya iklan.

Kondisi Sosial Ekonomi Tingkat Ketrampilan Teknis Unsur Manusia Kepercayaan/adat Dinamika Kebudayaan NILAI ESTETIKA DESAIN Kondisi Sosial Ekonomi Tingkat Intelektual Sumber Daya Alam Tingkat Ketrampilan Teknis

Dinamika Kebudayaan Kebudayaan selalu berkembang dan berubah, baik melalui proses transformasi, akulturasi, maupun asimilasi. Fenomena yang kemudian melahirkan konsep yang cenderung tidak sama dari satu generasi ke generasi berikutnya, termasuk di dalamnya pemahaman tentang estetika.

Kondisi sosial ekonomi Pemahaman tentang estetika tidak memiliki korelasi terhadap situasi sosial ekonomi. Desain tidak selalu hadir dalam situai yang mapan.

Tingkat Ketrampilan Teknis Nilai estetika desain tidak terlepas dari ketrampilan teknis para desainer atau pelaku di lapangan. Gegasan yang abstrak mampu diwujudkan yang secara viusal dapat dinikmati oleh orang lain.

SUMBER DAYA ALAM Keberadaan sumber daya alam menentukan aspek fisik dari satu karya desain. Lingkungan geografis yang berbeda mengakibat persepsi tentang estetika dan desain menjadi berbeda.

TINGKAT INTELEKTUAL Intelektualitas mempengaruhi cara bersikap dan bertindak, serta menentukan model-model penyelesaian masalah yang dihadapi.

Kepercayaan/adat Manusia merupakan makhluk yang berbudaya. Konsep-konsep tentang kosmologi menentukan bentuk-bentuk sikap normatif yang diambil ketika memutuskan sesuatu.

Unsur manusia Desain merupakan hasil karya manusia yang berbudaya. Kebaradaan manusia merupakan konseseptor, kreator, hingga evaluator dari karya yang dihasilkannya.