As’ad Djamalilleil http://kampusku.my.id asad.kom@gmail.com Intent As’ad Djamalilleil http://kampusku.my.id asad.kom@gmail.com.

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Pemrograman JAVA (TIB09)
Advertisements

3 – Activity and Intent Willy, M.Kom.
BAHASA PEMROGRAMAN JAVA
Komponen Class Item (2) As’ad Djamalilleil
Struktur Kode Program MIDlet As’ad Djamalilleil
Struktur Kode Aplikasi Java (2) As’ad Djamalilleil
MIDlet User Interface (2) As’ad Djamalilleil
Inheritance Ery Setiyawan Jullev A.
Pemrograman Berbasis Obyek
Mendapatkan input dari keyboard
PROGRAM APLIKASI MOBILE EMHA TAUFIQ LUTHFI PERTEMUAN 2.
Struktur Project Android
Mobile Programming Pertemuan 3 Presented by Mulyono
Pengaktifan Activity secara Explicit
Mobile Programming Intro Android.
UI Controls dengan Widget TextView, EditText dan Button
Perancangan dan Pemrograman Web
Pemrograman Mobile Android # 11
High Level User Interface
Pengelolaan Database Lanjutan
Content Provider pada Android
Pemrograman Mobile Android # 3
Pemrograman Bergerak Pembuatan Service 1.
Struktur Class Java Android
Pemrograman Perangkat Mobile
Pemrograman Mobile Android # 4
Struktur Kode Aplikasi Java (2)
MIDlet User Interface (2)
Struktur Kode Program MIDlet
As’ad Djamalilleil Komponen Class Item (2) As’ad Djamalilleil
Pengelolaan Database Lanjutan 2
As’ad Djamalilleil Struktur Android As’ad Djamalilleil
As’ad Djamalilleil Class List As’ad Djamalilleil
Tipe Data, Variabel, dan Operator
Pemrograman Bergerak Pembuatan Activity 1.
PIBJ (PEMROGRAMAN INTERNET BERBASIS JAVA)
Instalasi JME & Uji Coba
ANDROID ACTIVITY.
Komponen GUI Menambahkan Komponen.
Mobile computing – Android Activity dan Intent
Content Provider pada Android
Mendayagunakan Activity External
DISKUSI PERTEMUAN 3 Pemrograman mobile 2 Ti 15 D
Android multimedia Anggota : Ragil Setiawan ( )
PEMROGRAMAN MOBILE Kelompok 2
Diskusi Pertemuan 4 Anggota : Kukuh Prasetyo Adhi ( ) Warsito Aji ( ) Karima Dewi R ( ) Alfano Kurniawan W ( ) Bagus.
Pengenalan Pemrograman Mobile PART 3.
Belajar Pemrograman Mobile Part 2.
Permograman Mobile 2 Notification, dialog, dan intent.
Pemrograman Mobile Kelompok Pertemuan 4.
PEMROGRAMAN MOBILE 2 Nama Anggota : Moh.Solahudin ( )
PEMROGRAMAN MOBILE 2 Nama Anggota : Kelompok 1 Rizky Aditya
PEMROGRAMAN MOBILE 2 Nama Anggota : Nur Dwi Ramadani ( )
Notification dialog intent
PEMROGRAMAN MOBILE Kelompok 2
Dialog Intent & Notification
PEMROGRAMAN MOBILE 2 KELOMPOK 7 TI 15 D.
Notification, Dialog, dan Intent
Kelompok 3 Khoerul Umam Dwi Yulianto K.W
Klompok 2 Dedi wahyudi ( ) Muhammad ichan ( )
Penerapan Notification, Dialog & Intent Pada Program Android Studio
PEMROGRAMAN MOBILE 2 Nama Anggota : Moh.Solahudin ( )
ANDROID LOCATION BASED SERVICE
Mobile Programming Intent dan Activity.
Mobile Programming Folder Resources (Res) dan tata kelolanya
Dialog, NOTIFICATion, Intent
Pemrograman Perangkat bergerak Dosen: RBD
Pemrograman Perangkat bergerak Dosen: RBD
PEMROGRAMAN MOBILE 1 RPS 8
Komponen activity Dosen: Maimun, S.T., M.T.. 1. Activity Kegiatan apa yang akan ditampilkan dan dilakukan user pada sebuah window Berisi lifecycle / daur.
Transcript presentasi:

As’ad Djamalilleil http://kampusku.my.id asad.kom@gmail.com Intent As’ad Djamalilleil http://kampusku.my.id asad.kom@gmail.com

Class Intent Intent adalah cara untuk menghubungkan/menjalankan sebuah activity/proses pada activity yang lain Intent juga dapat digunakan untuk mengirimkan data antar activity Intent dapat digunakan dengan terlebih dahulu mengimport class android.content.Intent

Intent Object Sebuah objek intent adalah sebuah bundle berisi informasi yang digunakan oleh komponen penerima intent tersebut Objek intent dapat berisi komponen berikut: Action, konstanta yang menentukan jenis aksi apa yang dijalankan Data, format data tertentu yang dapat dikirim bersama dengan intent Category, tambahan informasi Extras, pasangan key-value yang dapat diisi data Flags, intruksi yg dikirim ke system android Component Name, menentukan nama komponen berupa activity, service, atau penerima broadcast Contoh pasangan nilai Action/Data yang dapat digunakan:

ACTION_VIEW content://contacts/people/1 Display information about the person whose identifier is "1". ACTION_DIAL content://contacts/people/1 Display the phone dialer with the person filled in. ACTION_VIEW tel:123 Display the phone dialer with the given number filled in. ACTION_DIAL tel:123 ACTION_EDIT content://contacts/people/1 Edit information about the person whose identifier is "1". ACTION_VIEW content://contacts/people/ Display a list of people, which the user can browse through. ACTION_SET_WALLPAPER Show settings for choosing wallpaper ACTION_SYNC It going to be synchronous the data,Constant Value is android.intent.action.SYNC ACTION_SYSTEM_TUTORIAL It will start the platform-defined tutorial(Default tutorial or start up tutorial) ACTION_TIMEZONE_CHANGED It intimates when time zone has changed ACTION_UNINSTALL_PACKAGE It is used to run default uninstaller

Kegunaan Intent Menjalankan sebuah activity Menjalankan sebuah service Sebuah activity ditampilkan berupa sebuah layar tunggal pada sebuah aplikasi. Sebuah objek intent dapat menggambarkan activity yang akan dijalankan dan mengirim data yang diperlukan. Menjalankan sebuah service Service adalah komponen yang melakukan operasinya di background tanpa user-interface Mengirim broadcast Broadcast adalah pesan yang dapat diterima oleh semua aplikasi.

Context.startActivity() Objek intent dikirim ke method ini untuk menjalankan activity Context.startService() Untuk menjalankan sebuah service atau mengirim instruksi ke service yg berjalan Context.sendBroadcast() Mengirim pesan ke semua penerima broadcast yang sesuai

Tipe Intent Explicit Intents Implicit Intents Secara eksplisit menentukan class mana yang akan dijalankan. Biasanya dalam aplikasi yang kita buat sendiri Implicit Intents Menggunakan aksi-aksi yang telah tersedia untuk menjalankan komponen yang sesuai. Misal: membuka maps, galeri, kamera, sms, dll

Explicit Intent Membuat objek dari class Intent Intent intent = new Intent(ActivityA.this, ActivityB.class); Menampilkan activity tersebut startActivity(intent); ActivityA.class ActivityB.class intent

Implicit Intent Mengirim teks ke aplikasi pengirim SMS Membuka kontak Intent kirim = new Intent(); sendIntent.setAction(Intent.ACTION_SEND); sendIntent.putExtra(Intent.EXTRA_TEXT, pesanTeks); sendIntent.setType("text/plain"); startActivity(kirim); Membuka kontak Intent kontak = new Intent(); kontak.setAction(android.content.Intent.ACTION_VIEW); kontak.setData(ContactsContract.Contacts.CONTENT_URI); startActivity(kontak);

Menjalankan Service Misalnya di class dengan nama LayanUnduh dirancang untuk mendownload file dari web Intent downloadIntent = new Intent(this, LayanUnduh.class); downloadIntent.setData(Uri.parse(fileUrl)); startService(downloadIntent);

com.example.aplikasiku.PESANX Intent Dengan Data Intent juga dapat disisipi dengan data public class UtamaActivity extends AppCompatActivity { public static final String KEY_PESAN = "com.example.aplikasiku.PESANX"; @Override protected void onCreate(Bundle savedInstanceState) {     super.onCreate(savedInstanceState);     setContentView(R.layout.activity_main); } // saat klik tombol kirim public void kirimPesan(View view) {     Intent intent = new Intent(this, TampilPesanActivity.class);     EditText editText = (EditText) findViewById(R.id.kotakTeks);   String isiPesan = editText.getText().toString();     intent.putExtra(KEY_PESAN, isiPesan);     startActivity(intent);  } } Key/nama variabel Value/Isi data com.example.aplikasiku.PESANX isiPesan

Menerima Intent TampilPesanActivity.java @Override protected void onCreate(Bundle savedInstanceState) {     super.onCreate(savedInstanceState);     setContentView(R.layout.activity_tampil_pesan);         // membaca intent yang memulai activity ini     Intent intent = getIntent(); // membaca pesan yang dikirim     String pesan = intent.getStringExtra(UtamaActivity.KEY_PESAN);     // menampilkan pesan di textview     TextView textView = (TextView) findViewById(R.id.kotakTampil);     textView.setText(pesan); }

Intent Filter Activity yang kita buat dapat didaftarkan sebagai salah satu komponen yang menerima intent dengan jenis tertentu Contoh:

Mendaftarkan activity sebagai browser, sehingga akan dipanggil ketika ada yg ingin membuka halaman web <activity android:name=".BrowserActivitiy" android:label="@string/app_name"> <intent-filter> <action android:name="android.intent.action.VIEW" /> <category android:name="android.intent.category.DEFAULT" /> <data android:scheme="http"/> </intent-filter> </activity> Mendaftarkan activity untuk share intent, khusus untuk data bertipe text/plain <activity android:name=".ActivityTest" android:label="@string/app_name”> <action android:name="android.intent.action.SEND" /> <data android:mimeType="text/plain" />

Pilih salah satu gambar dari galeri foto Tugas Buatlah app yang dapat membuka galeri foto kemudian menampilkan salah satu gambar yang kita pilih ke dalam komponen ImageView pada activity yang kita buat GALERI FOTO Pilih salah satu gambar dari galeri foto Tombol Buka galeri Gambar