Pondok Pesantren Sebagai Lembaga Pendidikan Islam

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Perkembangan Agama dan Kebudayaan Islam di Indonesia
Advertisements

PERKEMBANGAN ISLAM DI INDONESIA
Seminar Pendidikan Agama Islam
Komunikasi & TI Pendidikan
SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM
PENGEMBANGAN PENDIDIKAN BUDAYA DAN KARAKTER BANGSA
Hubungan Timbal Balik Antara Lingkungan Pendidikan
PENDIDIKAN AGAMA di bidang lingkungan hidup. Berangkat dari fakta Dalam kaitannya dengan lingkungan hidup, pendidikan agama sebaiknya berangkat dari fakta,
PROFIL SMP IT MA’ARIF AL- BARKAH SMP IT Ma’arif Al-Barkah merupakan bagian atau anak dari Pondok Pesantren Al- Barkah berdiri sejak tahun Seiring.
Peran Kyai dan Guru Agama Modern dalam Jalur Pendidikan Formal dan Non Formal Oleh: Ria Krisna Sema Anggraini Yuni Listianah.
A. DASAR  Undang-undang RI Nomor 20 tahun 2003 tentang Sisdiknas.  Undang-undang RI Nomor 14 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen.  Peraturan Pemerintah.
PENDIDIKAN ISLAM PADA MASA RASULULLAH DAN SAHABAT
Aplikasi Belajar MengenaI Sejarah dan Budaya Indonesia Untuk Anak Dian Pujarwaty for further detail, please visit
NU DAN PELESTARIAN TRADISI PESANTREN Jemi Anggara.
ASAL-USUL DAN PERKEMBANGAN KELEMBAGAAN PESANTREN Materi Ke 3
KOMPETENSI DASAR Memahami sistem pendidikan di pesantren.
H A I S, POLA BELAJAR MUDZAKAROH DI SMA KY AGENG GIRI BERBASIS PONDOK PESANTREN SALAF GIRIKUSUMO BANYUMENENG MRANGGEN KABUPATEN DEMAK.
Agama dan Evolusi Drs. H. Nur Syahid, MPdI
MOHAMAD HIZQIL MAHBUB, PENDIDIKAN KEWIRAUSAHAAN DIKALANGAN SANTRI (Kasus di Pondok Pesantren Assaidiyyah Desa Kirig Kecamatan Mejobo Kabupaten.
PONDOK PESANTREN DAAR EL-QOLAM PENERAPAN VOIP DAN DATA PADA JARINGAN FRAME RELAY DI for further detail, please visit
Kurikulum SMP.
Disusun Sebagai Tugas Individu Oleh : Idris Masudi
Dampak Modernisasi Bagi Keluargaku
STUDI AGAMA SEBAGAI SUATU DISIPLIN ILMU
BATASAN TEORI SOSIOLOGI PERDESAAN
MUHAMMADIYAH SEBAGAI GERAKAN PENDIDIKAN
SRI WINDARTI, PERAN MASJID MENARA KUDUS BAGI WISATAWAN, MASYARAKAT SEKITAR DAN PENDIDIKAN GENERASI MUDA.
PENERAPAN METODE EDUTAINMENT ALAT PERAGA UNTUK MENINGKATKAN RESPON SISWA DALAM PROSES PEMBELAJARAN EKONOMI AKUNTANSI Oleh : Muhammad Irham.
K.H. FAQIH USMAN KELOMPOK 6 ANGGOTA : 1. AMARAL SAFIAR I. ( 4 )
“GAGASAN TOKOH-TOKOH PENDIDIKAN”
Pendekatan Sosiologis Tentang Ekonomi :
BAB III PENERAPAN PROSES BELAJAR MENGAJAR DARI SUDUT GURU DAN SISWA
KELOMPOK 2 Disusun Oleh : GINAH MARDEANAH MIRANTI VISKA PERTAMI
SEJARAH PERADABAN ISLAM 2
STATE UNIVERSITY OF MALANG
Kurikulum IPS dan Seni.
PESANTREN SEBAGAI KIBLAT POLA PENDIDIKAN UNGGUL
Keadaan Penduduk Indonesia
UJIAN NASIONAL DAN KURIKULUM
Masjid dan Fungsinya bagi Masyarakat
PONDOK PESANTREN AR-RAHMAN SMP – SMA UNGGULAN AR-RAHMAN
STUDI AGAMA SEBAGAI SUATU DISIPLIN ILMU
TEORI DAN PRAKTIK PEMBELAJARAN AL-QUR’AN HADITS DI MADRASAH IBTIDAIYAH KELAS 1-3 Oleh IDRUS :
Hubungan Timbal Balik Antara Lingkungan Pendidikan
NU DAN PELESTARIAN TRADISI PESANTREN Jemi Anggara.
Metode Curah Pendapat(Brainstroming)
BIRO KEMASYARAKATAN Nasirin, S.Pd.I..
2011 PESANTREN SEBAGAI KIBLAT POLA PENDIDIKAN UNGGUL OLEH:
KTSP- Berkarakter KTSP- Berkarakter
Pusat Inkubasi Bisnis Berbasis Pesantren: Upaya Integrasi Sektor Keuangan Dengan Sektor Riil Alfalisyado.
STUDI AGAMA SEBAGAI SUATU DISIPLIN ILMU
MENINGKATKAN KEIMANAN KEPADA KITAB-KITAB ALLAH
Konflik Negara India dan Pakistan
Tipe-tipe budaya politik yang berkembang dalam Masyarakat Indonesia
SMPN I SUKARAJA SUKABUMI TAHUN 20
ISLAM DALAM DISIPLIN ILMU
Hubungan Timbal Balik Antara Lingkungan Pendidikan
PROGRAM PASCA SARJANA KEUANGAN SYARIAH STIE AHMAD DAHLAN JAKARTA
PRESENTASI PPKN Anggota Kelompok : - Elizabeth M P (8B/9)
UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MALANG, 03 JAN 2013
RUNTUHNYA TEORI EVOLUSI
SINERGI IMPLEMENTASI PERKADERAN DI AMAL USAHA MUHAMMADIYAH BIDANG PENDIDIKAN : PONDOK PESANTREN MUHAMMADIYAH Disampaikan pada Pengajian Ramadhan Pimpinan.
MENGAPA SUPERVISI PENDIDIKAN ITU PERLU
Model-Model Pembelajaran di Sekolah Kecil Oleh: Dr. Reddy Siram, M.Pd.
Oleh : KEPALA BIDANG PENDIDIKAN MADRASAH
Oleh : KEPALA KANTOR WILAYAH KEMENTERIAN AGAMA PROVINSI JAWA TIMUR
PEMBINAAN GURU DALAM UPAYA PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN ISLAM SEKRETARIS DIREKTORAT JENDERAL PENDIDIKAN ISLAM DEPARTEMEN AGAMA RI DIREKTORAT JENDERAL PENDIDIKAN.
H. Ach. Saiho, S.Ag., MA. Kepala Seksi PD Pontren Kantor Kementerian Agama Kabupaten Lumajang.
LOGO SELAMAT DATANG PARA PESERTA RAPAT PENGURUS PP. IHYA ULUMIDDIN Tema Pembahasan: “SISTEM P3S” Pamarican, 245September 2019.
PANITIA PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU (PPDB) SMP – SMA NURUL HAYAH TAHUN PELAJARAN 2020/2021.
Transcript presentasi:

Pondok Pesantren Sebagai Lembaga Pendidikan Islam Siti Nurul Fitriyani 15220031 3A/Akuntansi

Pengertian Pondok Pesantren Pengertian pesantren berasal dari kata santri dengan awalan pe-dan akhiran an berarti tempat tinggal santri. Soegarda Poerbakawatja yang dikutip oleh Haidar Putra Daulay mengatakan pesantren berasal dari kata santri yaitu seseorang yang belajar agama Islam sehingga dengan demikian pesantren mempunyai arti tempat orang berkumpul untuk belajar agama Islam. Ada juga yang mengartikan pesantren adalah suatu lembaga pendidikan Islam Indonesia yg bersifat “tradisional” untuk mendalami ilmu tentang agama Islam dan mengamalkan sebagai pedoman hidup keseharian (2004: 26-27).

Tipologi Pondok Pesantren Seiring dengan perkembangan masyarakat maka pendidikan pesantren baik tempat bentuk hingga substansi telah jauh mengalami perubahan. Pesantren tidak lagi sesederhana seperti apa yg digambarkan seseorang akan tetapi pesantren dapat mengalami perubahan sesuai dengan pertumbuhan dan perkembangan zaman.

Menurut Yacub yg dikutip oleh Khozin mengatakan bahwasa ada beberapa pembagian pondok pesantren dan tipologi yaitu : Pesantren Salafi yaitu pesantren yang tetap mempertahankan pelajaran dengan kitab-kitab klasik dan tanpa diberikan pengetahuan umum. Model pengajarannyapun sebagaimana yang lazim diterapkan dalam pesantren salaf yaitu dgn metode sorogan dan weton. Pesantren Khalafi yaitu pesantren yang menerapkan sistem pengajaran klasikal (madrasi) memberikan ilmu umum dan ilmu agama serta juga memberikan pendidikan keterampilan. Pesantren Kilat yaitu pesantren yang berbentuk semacam training dalam waktu relatif singkat dan biasa dilaksanakan pada waktu libur sekolah. Pesantren ini menitik beratkan pada keterampilan ibdah dan kepemimpinan. Sedangkan santri terdiri dari siswa sekolah yang dipandang perlu mengikuti kegiatan keagamaan dipesantren kilat. Pesantren terintegrasi yaitu pesantren yang lebih menekankan pada pendidikan vocasional atau kejuruan sebagaimana balai latihan kerja di Departemen Tenaga Kerja dengan program yang terintegrasi. Sedangkan santri mayoritas berasal dari kalangan anak putus sekolah atau para pencari kerja. (2006:101)

Dinamika Pondok Pesantren Peningkatan secara kuantitas terhadap jumlah pesantren. Tercatat di Departemen Agama bahwa pada tahun 1977 ada 4195 pesantren dengan jumlah santri 677.384 orang. Jumlah tersebut menjadi 5661 pesantren dengan 938.397 santri pada tahun 1981 kemudian meningkat menjadi 15.900 pesantren dengan jumlah santri 59 juta orang pada tahun 1985. Kemampuan pesantren untuk selalu hidup ditengah-tengah masyarakat yang sedang mengalami berbagai perubahan. Pesantren mampu memobilisasi sumber daya baik tenaga maupun dana serta mampu berperan sebagai benteng terhadap berbagai budaya yang berdampak negatif. Kenyataan ini juga menunjukkan bahwa pesantren merupakan lembaga pendidikan yang mempunyai kekuatan untuk survive. Dan pesantren juga mampu mendinamisir diri ditengah- tengah perubahan masyarakatnya. Secara sosiologis ini menunjukkan bahwa pesantren masih memiliki fungsi nyata yang dibutuhkan masyarakat. (Khozin2006:149)

kesimpulan Latar belakang pondok keberadaan Pendidikan Pondok Pesatren tidak lepas dari proses masuknya islam keIndonesia yang mengalami beberapa penolakan dari penduduk lokal yang kemudian dilakukan penelitiandengan hasil mentran&ormasikan budaya islam kedalm buday hindu waktu itu, yang klimaksnya dariPadepokan di rubah menjadi Pondok Pesantren. Pondok pesatren merupak pusat menimba ilmu Agama Isla m dengan berpegang pada ajaran nabi muhammad SA+ dengan merujuk pada kitab-kitab klasik (kitab kuning), dengan system asrama yang integral antara Kyai, Santri, dan masjid sebagai pusat pembelajaran