5.Strategi Budaya Islam: Mempertimbangkan tradisi dan modernisasi

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Perkembangan Agama dan Kebudayaan Islam di Indonesia
Advertisements

Kuliah ke 4 Kwn Identitas Nasional.
TEATER RAKYAT INDONESIA
Seni Budaya Musik dan Unsur-unsurnya
JENIS-JENIS TARI Mahasiswa mampu menyebutkan jenis-jenis tari
PERTEMUAN KE 3 AGAMA ISLAM
BUDAYA Pertemuan ke 13.
PENGERTIAN SENI MUSIK DAN UNSUR-UNSURNYA
Berinteraksi dengan sunnah
MUHAMMADIYAH sebagai gerakan dakwah
APRESIASI KARYA SENI TEATER
Bahasa dan Maknanya Cross Cultural Management IBM UC Genap
Pengaruh Kebudayaan Asing dalam Arsitektur Indonesia Pertemuan
Pengantar Kesusastraan Umum
AKULTURASI BUDAYA LOKAL,HINDU-BUDDHA DAN ISLAM
Pertemuan Ke-9.
Macam-Macam Wanita Di Dalam Al Qur’an
Mewujudkan Nilai-nilai Islam dalam Kehidupan Modern: Sebuah Tantangan*
KEBUDAYAAN ISLAM ..
Hukum Adat.
Fikom UEU Halomoan Harahap
sejarah masuknya islam di nusantara
PERMENDIKBUD NOMOR 23 TAHUN 2015
TARI TRADISIONAL NUSANTARA
I. Arti dan Ruang lingkup agama Islam
Seminar Hasil Penelitian POTENSI SENI PERTUNJUKAN BALI SEBAGAI PENUNJANG INDUSTRI PARIWISATA DI LOMBOK BARAT Oleh: I GEDE YUDARTA, SSKar., M.Si (Ketua.
Sarah Anaïs Andrieu Universitas Tirtayasa 1 Agustus 2017
KOMPETENSI DASAR Tinjauan Seni Tradisi dan Seni Modern
KEBUDAYAAN DAN MASYARAKAT
Paradigma Agus Setiawan, M.Sn.
Pendekatan seni budaya
Pendidikan bukan memasung kreatifitas, tetapi pemacu kreatifitas.
Menulis Surat Pembaca.
Candi Prambanan yang tetap Eksis
Kelas XII Semester 1 Guru Mapel: Deni Widi Arianto, S.Pd
KONSEP TEORITIS AGAMA TENTANG BUDAYA DAN SENI
TRADISI SURAN SENDANG SIDUKUN DAN NILAI GOTONG-ROYONG PADA MASYARAKAT DESA TRAJI, KECAMATAN PARAKAN, KABUPATEN TEMANGGUNG (Kajian Antropologi-Sosiologi)
Mata Kuliah Islam dan Budaya Jawa Jurusan PAI STIT Muh. Wates
5.Strategi Budaya Islam: Mempertimbangkan tradisi dan modernisasi
Pendekatan seni budaya
SUMBER HUKUM ISLAM.
Prinsip-prinsip Komunikasi
KEBUDAYAAN DAN PERADABAN ISLAM Dr. Hardiwinoto, SE., M.Si.
SUDAHKAH ANDA SIAP??? BERKONSENTRASILAH!!!!!.
5.Strategi Budaya Islam: Mempertimbangkan tradisi dan modernisasi
Pendidikan bukan memasung kreatifitas, tetapi pemacu kreatifitas.
SENI DAN MANIFESTASI BUDAYA
PEMBAHARUAN DALAM ISLAM (TAJDID)
Summative Assessment Unit 3
Simbolisme dalam Agama Drs. H. Nur Syahid, MPdI
Pendekatan seni budaya
PANCASILA DALAM KONTEKS SEJARAH PERJUANGAN BANGSA INDONESIA KELOMPOK 6 : 1. AYU PERMATASARI, 2. MIFTAHUDDIN, 3. REISYA ANJANI.
MANUSIA, KEBUDAYAAN, DAN PERADABAN
KELOMPOK 8 Metodelogi Studi Islam “Islam Sebagai Produk Budaya”
3 INDENTITAS NASIONAL Pendidikan kewarganegaraan
MUHAMMADIYAH DAN KEBUDAYAAN
PERANCANGAN PEMBELAJARAN TERPADU
Sejarah Perkembangan Islam Di Indonesia
DESA WISATA Novita Widyastuti S.,M.Si.Par. WISATA???
KEBUDAYAAN DAN MASYARAKAT
PELAJARAN 15 ASAS AKIDAH ISLAM
Disusun oleh : Irfan Nur Azhari( ) Wahyu Utomo Budi Prasetyo( ) Eko Suryo Utomo( )
KEBUDAYAAN DAN MASYARAKAT
PENGERTIAN SENI MUSIK DAN UNSUR-UNSURNYA KOMPETENSI Mahasiswa mampu menjelaskan definisi seni musik, dan menyebutkan serta menjelaskan unsur-unsur seni.
PENGERTIAN SENI MUSIK DAN UNSUR-UNSURNYA KOMPETENSI Siswa mampu menjelaskan definisi seni musik, dan menyebutkan serta menjelaskan unsur-unsur seni musik.
KREASI KARYA SENI RUPA.
SEJARAH MASUKNYA ISLAM DI NUSANTARA SEJARAH MASUKNYA ISLAM DI NUSANTARA SK/ KD Materi.
ISLAM DI NUSANTARA. Filosofi Tembang 1. Maskumambang (dalam kandungan) 2. Mijil (lahir) 3. Sinom (muda) 4. Kinanthi (tuntunan) 5. Asmaradana.
SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM. JALUR MASUKNYA ISLAM PERHATIKAN GAMBAR BERIKUT.
Transcript presentasi:

5.Strategi Budaya Islam: Mempertimbangkan tradisi dan modernisasi

Seni dan Simbol Kebudayaan yang memiliki tiga wujud (ide, aktivitas,karya) dapat dikatakan sebagai simbol. Daya dari budi manusia, berupa simbol. Oleh karena itu manusia disebut animal symbolicum (Ernest Cassirer). Simbol artinya, segala sesuatu yang dimaknai.manusia menampilkan gagasannya dalam bentuk yang tidak vulgar, tapi dengan simbol

Simbol paling dasar/penting adalah bahasa. Dengan bahasa, menusia menciptakan kebudayaan dan kehidupan sosial. Kehidupan sosial pada dasarnya adalah kehidupan simbolik. Termasuk kehidupan keagamaan. Bagian dari perangkat simbol adalah seni.

Seni Bukan Alat Seni bukan alat dakwah, juga bukan alat pendidikan, meskipun menurut Max Eastman, fungsi karya seni adalah mengkomunikasikan apa yang dilihat, membayangkan kembali apa yang sudah diketahui secara konseptual dan praktis menjadi bentuk-bentuk yang berbeda atau sama sekali baru. Sebab seni menurut Kuntowijoyo, juga ekspresi, impresi dan pemikiran. Seni bukan alat untuk mencapai tujuan dan setelah tujuan dicapai, seni dibuang. Padahal seni tidak pernah bisa dibuang.

Kesenian = ekspresi keislaman Kesenian yang merupakan ekspresi dari keislaman menurut Kuntowijoyo mempunyai tiga fungsi: a. Sebagai ibadah, tasbih untuk mengagungkan Allah. b. Menjadi identitas kelompok. c. Berarti Syiar (lambang kejayaan). Berdakwah menggunakan seni, dakwahnya menjadi sejuk. Berkampanye menggunakan seni, menjadi damai, tenteram. Mengajar menggunakan seni, menjadi menyenangkan. Bela diri menggunakan seni, enak dilihat.

Seni dan Perkembangan Islam Clifford Geertz mengetengahkan definisi agama dengan mencamtumkan dua konsep: model for (teks) bersifat tetap, dan model of (konteks) bersifat tidak tetap. Secara mudah dapat diartikan, konsep pertama yaitu ajaran agama, konsep yang kedua adalah kebudayaan. Agama, tetap, sedang kebudayaan berubah. Islam berkembang melalui konsep yang kedua.

Fungsi Para da’i/guru Para da’i/guru mengembangkan Islam di Jawa bertindak sebagai: a. Penganalisis budaya (cultural analysis) b. Penafsir budaya (cultural interpretation) c. Penyelaras budaya (cultural synthesizer). d. Penemu budaya (cultural inovator)

Lanjutan: Penganalisis budaya berarti, lebih dulu menelusuri persamaan-persamaan simbolis pada berbagai unsur budaya (Islam dan lokal) yang akan dijadikan “jembatan”

Penafsir budaya: menjadi penafsir budaya setempat. Simbol-simbol yang sangat kuat uratnya, tidak diganti, tapi diberi roh Islam, misal upacara slametan, pemimpin slametan tidak membaca mantera, tapi do’a. sedangkan upacara slametan tetap berlangsung. Kegemaran pada pertunjukan wayang pada masyarakat Jawa- maka dibuatkan lakon carangan (lakon yang bukan berasal dari pakem (Bharatayuda dan Ramayana)) seperti Dewa Ruci, Jimat Kalimasada, Petruk dadi Ratu dan sebagainya.

Penyelaras budaya: melengkapi seni budaya yang ada: di Jawa misalnya masyarakatnya dibuatkan tembang/nyanyian mocopat (Mijil, Kinanti, Sinom, Asmaradana, Megatruh,dan Pocung) selain tembang Tengahan dan Tembang Gede yang sudah ada sebelumnya. Demikian juga nasehat dan zikir dilantunkan dengan irama lokal: selawatan angguk, rodat, tombo ati.

Penemu budaya: memunculkan budaya baru: budaya santri, arusnya dari bawah, naik ke atas.

Islam datang tidak dalam ruang hampa seni budaya, Islam mengakomodasi dan juga beradaptasi dg seni budaya yang sudah ada

Strategi Budaya Islam Strategi kebudayaan Islam menyatukan dimensi ajaran al-Qur`an dan Hadits dengan dimensi ijtihad dan tajdid sosial keagamaan. Ciri khasnya adalah adanya hubungan yang erat dan timbal balik antara sisi normativitas al-Qur`an dan as-Sunnah serta historisitas pemahamannya pada wilayah kesejarahan tertentu.

MARI BERKREASI Terapkan salah satu fungsi da’i/guru dalam membelajarkan agama Islam melalui seni budaya ! Contoh; Internalisasi nilai “Islam suka Damai” dengan menggubah “Gerak Lagu ‘ARAMSYASYA’”

TEBAR DAMAI & CINTA (Aram sya sya 2x Guli guli guli guli Ram sya sya) 2x (Amore 2x Guli guli guli guli Ram sya sya) 2x (Salam Damai2x Mari tebarkan kedamaian) 2x (Mencinta Dicinta,Alangkah indahnya hidup damai) 2x