Token Economi.

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Ketika pembelajar menyimpang dari rencana pengajaran pada hari itu Ketika pengajar yang menyimpang dari rencana pengajaran pada hari itu Ketika muncul.
Advertisements

TUJUAN PENGEMBANGAN MANUSIA Pengembangan Manusia Melalui Peningkatan Kualitas Peningkatan Pilihan Hidup  Karir  Pengaruh  Penghasilan  Prestise 
SENAM OTAK.
SELAMAT BERJUMPA KEMBALI TEMAN-TEMAN.
PERKEMBANGAN PESERTA DIDIK SEKOLAH DASAR
Prestasi Internasional 10 November 2009  Kebutuhan untuk berhasil selalu tinggi  Usaha dan Ketekunan adalah giroskop (berputar)  Butuh energi.
ARTI PENTING SOCIAL LIFE SKILL DITANAMKAN SEJA K USIA DINI
PENGERTIAN PERILAKU Perilaku adalah merupakan perbuatan/tindakan dan perkataan seseorang yang sifatnya dapat diamati, digambarkan dan dicatat oleh orang.
PRINSIP-PRINSIP BELAJAR DAN ASAS ASAS PEMBELAJARAN
THE POWER OF PLAY OLEH FRANCISCA, M. PSI. 10 MEI 2014.
Bimbingan dan Konseling Belajar
BAB 11 Lingkungan Pembelajaran Yang Efektif
Analyzing Business Market M-5
Rewards & Punishments.
MATERI-3 EVALUASI PEMBELAJARAN
Sebagai Metode Dasar Psikoterapi
Rewards & Punishments.
MODEL-MODEL PEMBELAJARAN Oleh: Moh. Najid.
UANG.
PRINSIP-PRINSIP DASAR PENGUBAHAN PERILAKU OPERAN
TERAPI PERILAKU: APPLIED BEHAVIOR ANALYSIS (ABA)
Reinforcement in Learning
Konsumen dan PERILAKU KONSUMEN
Analisa Perancangan Sistem
DEP. EKONOMI SUMBERDAYA & LINGKUNGAN
STRUKTUR, PERILAKU DAN KERAGAAN (S-C-P) PASAR
Upaya Pendidikan Membantu Anak Autistik
UANG, INSTITUSI KEUANGAN DAN PENAWARAN UANG
Time Out & Token Economi
Analisa Perancangan Sistem
Analisa Perancangan Sistem
Kesukaran Belajar Part II
KRITERIA KESULITAN BELAJAR MACAM-MACAM KESULLITAN BELAJAR
Rewards & Punishments.
TEORI BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN IPA
Aplikasi Pemeriksaan Psikologis
MENGAJAR UNTUK MEWUJUDKAN TUJUAN IPS
PENGEMBANGAN MATERI AJAR IPA SD
PERTEMUAN 2 HARLINDA SYOFYAN, S.Si., M.Pd
Modul 1 : Mengembangkan Kecakapan Abad 21 Modul 2 : Mempelajari Dasar – Dasar Komputer dan Internet Modul 3 : Membantu Mengembangkan Pemikiran Kritis.
PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL DAN TEORI BANDURA Oleh : Casutri
Analisa Perancangan Sistem
MOTIVASI (PROSES) KELOMPOK 5 : ACINTA BUNGA PUTRI
Classical Conditioning - Skinner
decreasing behavior: EXTINCTION
LAYANAN PEMINATAN DENGAN BIMBINGAN KELOMPOK
KEWIRAUSAHAAN TOPIK 6 RENCANA PEMASARAN.
“Apa Motivasi Siswa Melanggar Peraturan”
TOKEN ECONOMY Anna Dian Savitri.
Uang.
Cummulative Record Dani Erfian Dian Anggraeni
Pengasuhan dan Pekerjaan PERTEMUAN 12
PERAN KONTEKS DALAM PENGAJARAN BAHASA
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING BERBASIS LESSON STUDY TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI IPS 3 SMAN 3 BLITAR Oleh: HAMIDA.
SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM (STAI)
Other Problem Behaviour (Berbagai Permasalahan Kebiasaan)
Pengenalan Media Pembelajaran
Natanael Dwi Nugroho Metode demonstrasi.
Prinsip-prinsip Merancang Media Pembelajaran
Content Analysis : Semiotics
R E N U N G K A N !! Orang yang bertanya , bodoh dalam lima menit, dan orang yang tak bertanya akan bodoh selamanya ( pepatah China ) Sukses dalam.
PENGERTIAN KARAKTERISTIK PESERTA DIDIK  KARAKTERISTIK PESERTA DIDIK MERUPAKAN CIRI ATAU SIFAT DAN ATRIBUT YANG MELEKAT PADA PESERTA DIDIK YANG MENGGAMBARKAN.
Analisa Perancangan Sistem
UANG, INSTITUSI KEUANGAN DAN PENAWARAN UANG
Analisa Perancangan Sistem
PENDIDIKAN DAN MOBILITI SOSIAL
Tanganku Bersih, Hidupku Sehat.
PENGERTIAN RUANG DAN INTERAKSI ANTAR RUANG Mata Pelajaran IPS Kelas VII.
Content Analysis : Semiotics
MINAT DAN BAKAT.
Transcript presentasi:

Token Economi

Token Economi token economi adalah sistem pemberian reinforcement yang menggunakan monetary system(token reinforcers) dan backup reinforcer. token economi menggunakana token (=tanda_ dalam kelompok individu. token economi dapat digunakan untukmengontrol berbagai macam token economi biasanya menggunakan konsekuensi yang beragam.

TOKEN Token dapat dipilih berbagai bentuk, tapi haruslah yang : Dapat digunakan berulang kali Mudah dibawa Sulit dicuri Sulit ditiru Sistem dapat meningkatkan nilai token sistems dapat membuat asosiasi antara tipe token yang berbeda dengan perilaku yang berbeda. sistems dapat menggunakan kelompok atau group contingency

MEMULAI Token Economy Tentukan perilaku target Definisikan perilaku target sehingga perilaku yang diharapkan dan tidak diharapkan menjadi jelas. Buatkan functional analysis (peraturan) Pilih dan tentukan staf yang akan menjadi pelaksana Tetapkan perilaku awal /baseline behavior

Token Token dapat dipilih berbagai bentuk, tapi haruslah yang : Dapat digunakan berulang kali Mudah dibawa Sulit dicuri Sulit ditiru Sistem dapat meningkatkan nilai token sistems dapat membuat asosiasi antara tipe token yang berbeda dengan perilaku yang berbeda. sistems dapat menggunakan kelompok atau group contingency

Backup Reinforcers and Punishers Lakukan asesmen untuk mengetahui backup consequences Gunakan backup consequences yang beragam Dapat diterakan sistem yang melibatkan response cost sebagai hukuman pada perilaku yang tidak diharapkan (undesirable behavior)

Mengatur Konsekuensi Pastikan backup reinforcers berada di tangan Jelaskan kriteria membelanjakan dan menukar token Berikan token segera Gunakan reinforcer seperti pujian bersama dengan pemberian token Catat perilaku dan konsekuensi Berikan bonus jika perlu pada hasil yang melampaui harapan.

Latih orang yang menjadi pelaksana Jika token ekonomi dilakukan oleh diri sendiri, pastikan objektivitasnya

Berapa Banyak? Aktivitas yang kurang disukai diberikan leboih banyak Individu dengan kemampuan yang lebih lemah mendapat lebih banyak Pada hari pertama berikan lebih banyak Secara bertahap kurangi pemberian token

Menentukan Penukaran “Harga “ berhubungan dengan jumlah token yang dapat ditukar “Harga “ dapat mewakili harga sebenarnya dari item (tetapi bisa juga tidak) Item yang banyak diinginkan berharga lebih tinggi Harga lebih rendah untuk backup yang bernilai terapeutik Sistem penukaran harus melibatkan kemampuna intelektual dan kognitif

Menghentikan Program Dalam jangka panjang sistem token harus dihentikan. Gunakan natural reinforcers (pujian, umpan balik) Hilangkan penggunaan token Tingkatkan jumlah token untuk membeli backup Tingkatkan jarak waktu pemberian token

Achievement Place Achievement Place didisain unutk pelaksanaan token ekonomi pada kelompok anak laki-laki dengan masalah perilaku yang termasuk "predelinquent" Anak tinggal bersama dengan ibu asrama , pergi ke sekolah masing-masing. Token adalah poin yang diberikan dan diambil (plus dan minus) Poin ditulis pada kartu yang dibawa tiap anak

Achievement Place: Backup berupak hak istimewa dan sesuatu yang dapat dikonsumsi Anak dapat berperan sebagai manager dan dapat memberikan poin pada perilaku anak lain.

Achievement Place: Self-Regulation Program diatur supaya individu dapat mengatur sendiri (slef regulation): Poin harian – poin ditukar di akhir hari itu Backups dapat ditukar di akhir minggu Sistem penukaran di mana hak istimewa dapat dimiliki seseorang selama ia melakukan perilaku yang diharapkan.

Token Economi di dalam kelas Birnbrauer dkk : Token Ekonomi untuk kelas khusus (special education classroom) Siswa mendapat token untuk perilaku : melakukan tugas akademik Perilaku bekerjasama Token berupa simbol dari guru. Backups berupa benda yang telah ditentukan bagi tiap individu.

Token Economi di Dalam Kelas Boegli dan Wasik : Program untuk anak Tk s/d kelas 6 SD. Perilaku target: Tugas akademik Perilaku di kelas Siswa dapat menukar dengan barang di toko Siswa juga dapat menawar untuk objek yang dilelang.

Token Economi di Tempat Kerja Nelton: Token Economi di pabrik target behavior : absensi Perilaku disiplin Point diberikan jika: Selalu hadir Semua disiplin dilakukan tepat waktu Poin hilang jika: Tidak masuk kerja Poin dapat ditukar jaket

Token Economies di Tempat Kerja Fox dkk: Token economi di pertambangan Penambang mendapat token jika bekerja tanpa luka atau kecelakaan kerja. Token dapat ditukar dengan alat olah raga, asesories, dll.

Token Economies di Institusi Ayllon and Azrin: Token Economi di RS Jiwa target behavior: Kebersihan diri (mandi,sikat gigi,dll) self-help skills Token berupa koin Backup adalah item yang disediakan di toko di RSJ backups juga berupa kesempatan terlibat dalam aktivitas khusus