KONSEP PERBANKAN SYARIAH.

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
BANK DAN LEMBAGA KEUNGAN LAINNYA
Advertisements

SISTEM OPERASIONAL BANK SYARIAH.
Pengetahuan Dasar Akad Perbankan Syariah
“Skema Kerja Prinsip al-Wadi’ah yad Amanah
Dewan Pengawas syari’ah
SISTEM OPERASIONAL BANK SYARIAH
Regulasi Perbankan Syariah Dalam UU Perbankan Indonesia Sessi 1: Direktorat Perbankan Syariah Bank Indonesia Disampaikan pada : Pelatihan Perbankan Syariah.
PRODUK PENGHIMPUNAN DANA DALAM PRAKTEK PERBANKAN SYARIAH
Pengantar Manajemen Bank (Bank Syariah)
DASAR-DASAR BANK SYARIAH
SISTEM OPERASIONAL PERBANKAN SYARIAH
Perbedaan Mendasar Antara Bank Syariah dengan Bank Konvensional Keterangan Bank Konvensional Bank Syariah Sistem yang digunakan dalam produk Berbasis.
Budi Hermana, Program Pascasarjana, Universitas Gunadarma
Operasional Lembaga Bisnis Syariah
BANK DAN LEMBAGA KEUANGAN LAIN
Hakekat Perbankan Syariah
BANK SYARIAH.
Bank Syariah ( UU no 10 thn 1998)
Manajemen Bank Syariah
Perkembangan Lembaga Bisnis Syariah
PERBANKAN SYARIAH EMAN SULAIMAN, S.T, M.M STIE CIREBON 2016.
Pertemuan 3 dan 4 Rita Tri Yusnita
MANAJEMEN PERBANKAN SYARIAH
Prinsip dan nilai dasar Perbankan Syariah
BANK SYARIAH.
Sari Yuniarti,SE.,MM. Bank Syariah Sari Yuniarti,SE.,MM.
1.SEJARAH DAN PERKEMBANGAN
BANK SYARIAH.
Prinsip dan nilai dasar Perbankan Syariah
KONSEP UNTUK LEMBAGA KEUANGAN SYARI’AH
AKUNTANSI PERBANKAN SYARIAH: Teori dan Praktik Kontemporer
PERBANKAN SYARIAH Bahan Ajar S2 FH UI oleh: YUNUS HUSEIN
SISTEM OPERASIONAL PERBANKAN SYARIAH
LAPORAN KEUANGAN B U N G A
BANK SYARIAH.
Falsafah Dan Konsep Dasar Perbankan Islam Serta Sistem Ekonomi Islam
PRODUK PENYALURAN DANA PERBANKAN SYARIAH
MANAJEMEN BANK SYARIAH
JENIS JASA KEUANGAN ISLAM
BANK BERDASAR PRINSIP SYARIAH
Bank Islam Dan Latar Belakang Kelahirannya
KBI 321 HUKUM EKONOMI SYARIAH ERNAWATI , SHI. MH. FAKULTAS HUKUM.
MANAJEMEN BANK SYARIAH
SISTEM KEUANGAN SYARIAH
PENGANTAR OPERASIONAL BANK SYARIAH
Oleh: Dr. Gemala Dewi, SH., LL.M Kuliah BAHI 28 September 2010
Pertemuan V PAI Ekonomi dan Kebudayaan Islam
DITIYA HIMAWATI, SE., MM Universitas Gunadarma
Bank Konvensional dan Bank Syariah
Kelompok 5 (kelas XI-A4) :
KONSEP OPERASIONAL BANK SYARIAH DAN AKAD-AKAD DALAM KEUANGAN SYARIAH
PERBANKAN.
PERBANKAN SYARIAH Akuntansi Syariah: (Prof. Iwan Triyuwono) : sebagai proses akuntansi yang menyediakan informasi yang tepat/sesuai (yang tidak dibatasi.
Fungsi Sosial Bank Syariah
bank Disusun oleh: Puteri Asyifa Nurunnisa (XI IIS 2/15)
IV. BANK SYARIAH GAMBARAN UMUM BANK SYARIAH
PERBANKAN SYARIAH Nama Kelompok 4 : Gadis wijayanti ( )
AKUNTANSI PERBANKAN SYARIAH: Teori dan Praktik Kontemporer
KBI 321 HUKUM EKONOMI SYARIAH ERNAWATI , SHI. MH. FAKULTAS HUKUM.
BANK DAN LEMBAGA KEUANGAN LAIN
ARBI MAULANA MUHAMMAD YUSRIL M RYAN RAMADHAN SUSILO BOY PRATOMO THEODORUS DUA
BANK SYARIAH (part 1).
Perbankan syariah Oleh Nanang Kohar, SH.
Akuntansi Islam.
1 PERBANKAN SYARIAH PART #1. Jenis-Jenis Bank Syariah 1.Bank Umum Syariah (BUS) Bank Syariah yang dalam kegiatannya memberikan jasa-jasa dalam lalu lintas.
SISTEM KEUANGAN SYARIAH
MANAJEMEN BANK SYARIAH
Sistem Keuangan Syariah
INSTRUMEN DAN MEKANISME KEUANGAN SYARI'AH
MANAJEMEN BANK SYARIAH
Transcript presentasi:

KONSEP PERBANKAN SYARIAH

Pendahuluan 1. Perbankan syariah telah hadir dalam sistem perekonomian Indonesia 2. Pengembangan perbankan syariah di Indonesia merupakan amanah UU guna mengoptimalkan potensi bagi seluruh masyarakat Indonesia

Bank Syariah dan Latar Belakang Kelahirannya Kata “bank” sebagai istilah lembaga keuangan tidak pernah disebutkan secara eksplisit dalam Al Qur’an. Perbankan melaksanakan 3 fungsi utama : menerima simpanan uang, meminjamkan uang dan memberikan jasa pengiriman uang. Fungsi-fungsi tsb telah dijalankan sejak jaman Rasulullah SAW : (secara individu dan satu fungsi). Praktek Perbankan pada zaman Bani Ummayah dan Bani Abbasiah : (individu, 3 fungsi)

Pada Zaman Abassiah, tumbuh orang-orang yang mempunyai keahlian khusus : naqid; sarraf; jihbiz. Praktek Perbankan di Eropa :Jihbiz dibawa secara perorangan dan telah dilakukan oleh institusi sampai di Eropa : Raja Henry VIII tahun 1545 membolehkan bunga tetapi mengharamkan riba. Raja Edward VI melarang praktek bunga, Ratu Elizabeth I kembali membolehkan bunga. Terjadi renaissance pada bangsa Eropa, peradaban muslim runtuh. Dunia dikuasai praktek perbankan yang berbasis bunga.

Mengisi kekosongan bagi mereka yang tidak meyakini bunga bank halal, sebagai pertanggung-hisaban di Yaumil Masyar Sebagai alternatif pengguna jasa bank sebagai sistem yang khas dan unik.

PERBANKAN SYARIAH MODERN Negara-negara muslim mulai mendirikan bank tanpa bunga. Malaysia tahun 40-an, Pakistan tahun 50-an. Inovasi bank syariah di Mesir tahun 1963; paling sukses dan inovatif : Mit Ghamr Local Saving Bank. Tahun 1967 terjadi kekacauan politik sehingga mengalami kemunduran dan diambilalih National Bank of Egypt yang berbasis bunga. IDB didirikan oleh OKI tahun 1975, 22 negara Islam sbg pendiri. Saat ini dimiliki oleh 43 negara anggota dng kantor pusat di Jeddah. Tahun 70-an mulai menyebar di beberapa negara Pakistan, Iran dan Sudan.

PERBANKAN SYARIAH DI INDONESIA Tahun 1992 : UU No7 Ttg Perbankan; PP No.72 tentang bank bagi hasil; Bank Muamalat dan BPRS. Tahun 1998; UU No.10/98; Perbankan Syariah, Bank Konvesional diperbolehkan membuka Cabang Syariah; berdiri BSM dan UUS Perkembangan sampai dengan akhir Juni 2004: jumlah bank syariah: 2 BUS; 10 UUS dan 86 BPRS.

Perkembangan Perbankan Syariah Modern Kesadaran Ummat Islam yang ingin menjalankan aktifitasnya sesuai tuntutan agama. Ummat Islam membutuhkan perbankan bebas bunga, tidak bersifat spekulatif dan pembiayaan kegiatan usaha riil. Bank syariah didirikan untuk mempromosikan dan mengembangkan aplikasi dari prinsip-prinsip Islam, syariah dan tradisinya ke dalam transaksi keuangan dan perbankan serta bisnis lain yang terkait, dengan prinsip utama berupa: penghindaran riba        perolehan keuntungan yang sah menurut syariah dan menyuburkan zakat.

LARANGAN RIBA Al Qur’an menurunkan larangan riba dalam beberapa tahap : pertama : Surat (30) Ar Rum ayat 39 kedua : Surat (4) An Nisa’ ayat 160-161 ketiga : Surat (3) Ali Imran ayat 130 terakhir : Surat (2) Al Baqarah ayat 278-279

Larangan Riba pada Agama Lain Dalam Perjanjian Lama: Leviticus 25 : 37 Deutronomi 23 : 19 Exodus 25 : 25 Dalam Perjanjian Baru : Luke 6 : 35

IDENTIFIKASI TRANSAKSI YG DILARANG Haram Zatnya: li dzatihi PENYEBAB Tidak didasarkan prinsip kerelaan (ridha); asymetric information Tadlis Melanggar prinsip An Taraddin Minkum Haram Selain Zatnya Ihtikar Rekayasa Pasar (Supply) Rekayasa Pasar (demand) Bai Najasy Melanggar prinsip La Tazhlimuna wa la tuzhlamun Uncomplete Information; uncertainty to both party Gharar Riba Fadl Rukun tdk terpenuhi Nasiah Tidak Sah Ta’aluq Jahiliah Two In One

KONSEP PERBANKAN SYARIAH Allah menghalalkan jual-beli – mengharamkan riba (QS 2:275). Jual-beli boleh dilakukan dengan penyerahan tangguh (QS2:282). Ummat Islam mengajarkan ta’awun (QS5:2) dan menghindari iktinaz (QS9:34) Hampir semua pekerjaan muamalah adalah mubah kecuali ada dalil yang melarangnya (ushul fiqih)

RUANG LINGKUP KEGIATAN USAHA PERBANKAN SYARIAH Bank Syariah tidak menempuh cara transaksi pinjam-meminjam dana sebagai kegiatan komersil. Kegiatan kemersil bank syariah meliputi: Perdagangan, baik tunai atau tangguh (al bai’) Sewa dan sewa beli (al ijarah) Investasi/penyertaan (syirkah), baik untuk keuntungan sendiri (investment banking) maupun untuk kepentingan dan atas perintah nasabah (investment management)

Jasa-jasa titipan (al wadi’ah): custodian dan trusteeship Jasa-jasa (ju’alah)dalam lalu-lintas pembayaran, seperti pengiriman uang (transfers), penerbitan L/C, collections (wakalah), garansi bank (kafalah), dll. Lingkup usaha Bank Syariah bersifat universal banking : commercial banking and investment banking

STRUKTUR AKAD BANK SYARIAH Qadr, Wadiah, Wakalah, Kafalah, Rahn, Hibah, Waqf TABARRU’ non profit transaction WAAD/AKAD Natural Certainty Contract Murabahah, Salam, Isthisna, Ijarah TIJARAH profit transaction Natural Uncertainty Contract Musyarakah, mudharabah,

Perbandingan sistem perbankan BANK KONVENSIONAL BANK SYARIAH Imbalan Tetap Beban Revenue Sharing Kemitraan Profit Sharing Profit & Loss sharing KONSEP Obtaining terpisah dg Use & Funds Tidak terpisah PROSES PERANAN Peminjam dan pemberi pinjaman Penyimpan harta, Pengusaha dan pemodal

? ? Berdasarkan tingkat bunga yang dijanjikan Simpanan yang dijamin investasi SIMPANAN Kredit/Pinjaman berdasarkan imbalan bunga Jual-beli tangguh Pembiayaan modal PEMBIAYAAN KOMITMEN ? Integrity Pelayanan Pakaian Do’a Sholat Jama’ah Makan & minum tangan kanan, tidak berdiri CORPORATE CULTURE ?

AKAD DAN ASPEK LEGALITAS ? Kehalalan dan keharaman sesuatu antara lain ditentukan oleh akad Konsekuensi akad bersifat duniawi dan ukhrawi STRUKTUR ORGANISASI Yang paling menonjol adalah adanya Dewan Pengawas Syari’ah BISNIS DAN USAHA YANG DIBIAYAI Bisnis dan usaha yang dibiayai harus jelas kehalalannya

MEKANISME KERJA BANK SYARIAH Nasabah BANK Pemegang Saham Kegiatan Produktif Added Value

- Giro wadiah - Tabungan mudharabah SISTEM OPERASIONAL BANK SYARIAH Zakat Nasabah Deposan - Giro wadiah - Tabungan mudharabah bagi hasil & bonus bagi hasil Pemilik Bank Modal Simpanan Debt Financing (Jual beli) Equity Financing /PLS Bank Syariah profit margin bagi hasil Murabahah Salam Isthisna Ijarah Mudharabah Musyarakah Qardhul Hasan Fee Pinjaman kebajikan

Lima transaksi yang lazim dipraktekkan oleh perbankan syariah adalah : Transaksi yang tidak mengandung riba Transaksi yang ditujukan untuk memiliki barang dengan cara jual beli (Murabahah) Transaksi yang ditujukan untuk mendapatkan jasa denga cara sewa (Ijarah) Transaksi yang ditujukan untuk mendapatkan modal kerja dengan cara bagi hasil (Mudharabah) Transaksi deposito dan tabungan yang imbalannya adalah bagi hasil (Mudharabah) dan transaksi titipan (Wadiah) dengan imbalan bonus.

Pesan-pesan moral dalam perjanjian pembiayaan dan piutang : “……maka, jika sebagian kamu mempercayai sebagian yang lain, hendaklah yang dipercayai itu menunaikan amanatnya dan hendaklah ia bertakwa kepada Allah Tuhannya………” (QS. Al Baqarah 2 : 283) Menunda pembayaran bagi orang yang mampu adalah suatu kezhaliman (ketidakadilan), sebab sesungguhnya dia akan menjadi kegelapan pada hari pembalasan nanti. (H.R. Imam Ahmad) Menunda pembayaran yang dilakukan oleh orang mampu menghalalkan harga diri dan pemberian sanksi kepadanya. (H.R. Nasa’I, Abu Dawud, Ibn. Majah, dan Ahmad) Dari Abu Hurairah bahwa nabi Muhammad SAW, pernah bersabda : “Barang siapa meminjam dari saudaranya dengan tekad mengembalikan, maka Allah akan membantu melunasinya. Dan barang siapa meminjam dengan niat tidak mengembalikan, maka Allah akan membuatnya bangkrut.

Wassalamu’alaikum Wr.Wb TERIMA KASIH Wassalamu’alaikum Wr.Wb