Integrasi-Interkoneksi Antara Ilmu dan Agama

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Ilmu merupakan kata yang berasal dari bahasa Arab, masdar dari ‘alima – ya’lamu yang berarti Tahu atau Mengetahui. Dalam bahasa Inggeris Ilmu biasanya dipadankan dengan kata Science,
Advertisements

Tanggung Jawab Ilmu Prof. Dr. Nur Syam, MSi Guru Besar Sosiologi IAIN Sunan Ampel.
FILSAFAT & ETIKA PEKERJAAN SOSIAL/KESEJAHTERAAN SOSIAL
SOSIOLOGI AGAMA PRODI PENDIDIKAN SOSIOLOGI SEMESTER VI PERTEMUAN II
HAKEKAT ILMU PENDIDIKAN
LANDASAN DAN PRINSIP PENGEMBANGAN KURIKULUM
PENELITIAN DAN PENGEMBANGAN ILMU PENGETAHUAN
Metode Penelitian.
FILSAFAT ILMU program pascasarjana IAIN Sunan Ampel
Aksiologi Dalam Ilmu Pendidikan
Agama : Seperangkat nilai atau aturan yang mengikat para pengikutnya untuk menyembah Tuhan dan berbakti kepada-Nya demi mencapai kesejahteraan dan kebahagiaan.
POKOK BAHASAN TEOLOGI ISLAM
Paradigma Positivistik & Konstruktivistik
MK Filsafat dan Etika Kesejahteraan Sosial Arif Wibowo
PANCASILA SEBAGAI SISTEM FILSAFAT
PANCASILA SEBAGAI SISTEM FILSAFAT pengampu : Mustaqiem.
Keterpaduan Islam dan Iptek
Hubungan Sains dan Agama
DISUSUN OLEH: MISNANI. S.Ag. M.Pd. I
Tokoh & aliran dalam Filsafat ilmu Pengetahuan
Epistemologi dalam kegiatan ilmiah
Pertemuan ke-3 Filsafat & Pemikiran Ekonomi Islam
LANDASAN PENGEMBANGAN ILMU PENGETAHUAN
KEMAJUAN PERADABAN DUNIA (Hubungan Iman Kristen dg Ilmu Pengetahuan)
Pertemuan ke-3 Filsafat & Pemikiran Ekonomi Islam
Islamic Wordlview Vs Western Wordlview (Kajian Ontologi)
SELAMAT DATANG MAHASISWA BARU UNJ 2016
Pengantar Ilmu Sosial Budaya Dasar
Mewujudkan Nilai-nilai Islam dalam Kehidupan Modern: Sebuah Tantangan*
Peran Filsafat dalam Perkembangan Ilmu Pengetahuan
Bab 1. PENGETAHUAN DENGAN ILMU PENGETAHUAN TELAAH FILOSOFIS
Filsafat, Ilmu dan Filsafat Ilmu
AIK PROGRAM PASCASARJANA (S-2 dan S-3) PTM
Paradigma Positivistik & Konstruktivistik
MEDIA DAN IDENTITAS Pandangan Media Tentang Ras dan Kesukuan Dalam Pemantapan & Pengembangan Nilai-Nilai Demokrasi Prof. Erman Anom, Ph.D.
PANCASILA SEBAGAI PARADIGMA PEMBANGUNAN
REKONSTRUKSI KERANGKA DASAR KONSEPTUAL UNTUK AKUNTANSI DAN
ASPEK DAN MAZHAB FILSAFAT ILMU KOMUNIKASI Pertemuan 2
Worldview: Cultural Explanations
Strategi Pengembangan Sains-Teknologi di Dunia Islam Sekarang
INTEGRASI ILMU DAN AGAMA MENURUT AL-FARUQI DAN KUNTOWIJOYO (Studi Perbandingan) Oleh: Mohamad Solikin.
PARADIGMA PENDIDIKAN IPS UNIVERSITAS ESA UNGGUL
PANCASILA SISTEM FILSAFAT TM 5
PANCASILA SISTEM FILSAFAT TM 5
MANUSIA, SAINS, TEKNOLOGI, DAN SENI
UNIVERSITAS PAKUAN PROGRAM PASCA SARJANA JURUSAN ADMINISTRASI PENDIDIKAN 2015 Hakikat Ilmu Filsafat Diajukan untuk memenuhi tugas mata kuliah : FILSAFAT.
ASSALAMUALAIKUM WR WB.
Oleh : dr. Nur Indarawati Lipoeto
LANDASAN DAN PRINSIP PENGEMBANGAN KURIKULUM
INTEGRASI ILMU DAN AGAMA
Kontribusi Agama dalam Pengembangan Ilmu Pengetahuan dan Riset
Latar Belakang Integrasi-Interkoneksi
1. Konsep Masyarakat Madani Pengertian Masyarakat Madani
Pengertian Integrasi-Interkoneksi
Pertemuan 3 & 4 FILSAFAT PENDIDIKAN
Filsafat Pendidikan Islam
UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA
KEDUDUKAN FILSAFAT DALAM PERKEMBANGAN ILMU
KONSTRUCTED REALITIES
Paradigma Keilmuan Islam Oleh: Hamid Fahmy Zarkasyi
LANDASAN ONTOLOGI, EPISTEMOLOGI DAN AKSIOLOGI SUPERVISI PENDIDIKAN
Konsep Iptek Dalam Islam By: Kelompok 10.
AKHLAK MULIA DALAM KEHIDUPAN
Pengetahuan yang Benar
AKSIOLOGI Nilai Kegunaan Ilmu.  Menurut Suriasumantri aksiologi adalah teori nilai yang berkaitan dengan kegunaan dari pengetahuan yang di peroleh. 
PENGANTAR FILSAFAT Oleh: AHMAD TAUFIQ MA. Belajar Filsafat 1. Dari Sejarah Perkembangan Pemikiran: Yunani Kuno – Filsafat Timur Abad Pertengahan Filsafat.
Paradigma Positivistik & Konstruktivistik
Universiti Sains Malaysia
Filsafat Pendidikan Islam Oleh : suyatno Kandidat doktor ilmu kependidikan islam UIN Sunan Kalijaga.
Diambil dari : Pendidikan IPS Dr Rudy Gunawan
Transcript presentasi:

Integrasi-Interkoneksi Antara Ilmu dan Agama

APAKAH AGAMA ITU BUKAN ILMU? DIMANA ANDA MENGAMBIL POSISI, ILMU ITU BEBAS NILAI ATAU TIDAK BEBAS NILAI?

(1) Integrasi – Interkoneksi itu apa? Ian R. Barbour a. Berseberangang/Bertentangan (Konflik) b. Tidak saling berhubungan (Independent) c. Saling bersentuhan (Dialog) d. Integrasi (Saling meminjam dan menggunakan)

Cara Integrasi Islamisasi Ilmu - Adanya Kesepadanan antara ilmu dg Agama (Koherensi) Pengilmuwan Islam - Mengupayakan agama sebagai ilmu (objektif), untuk bisa diuji kesepadanan antara empirik dg konsep agama tsb (korespondensi) Interkoneksi Keilmuwan - Menempatakan agama sebagai ilmu, dapat berangkat dari agama atau ilmu, dan menekankan saling meminjam baik dari konsep agama ataupun metodologi ilmu komunikasi

(2) Integrasi Ilmu Komunikasi dg Agama ? Ilmu Komunikasi memiliki peran menyumbangkan metodologi di dalam studi integratif Ilmu Komunikasi dapat menyumbangkan studi2 empiris atas konseptual yg ada dlm agama Ilmu Komunikasi dpt melakukan kritik thd ortodoksi agama Ilmu komunikasi dapat memanfaatkan konsep2 yg telah dimiliki oleh tradisi keilmuwan agama

(2) - Ilmu Komunikasi sangat akan terbantu dr konsep2 agama, berkenaan dg etika keilmuwan, dan etika dlm konteks kemasyarakatan (studi empirik)

Ide Ideologi Ilmu

Aspek Agama Keyakinan/Akidah/Dogma Ritual Person/Individu Kelompok Tempat Ibadah Alat-alat

Agama sebagai Ilmu Spiritualitas Intelektualitas Moralitas Etika

Tugas Kelompok Filsafat Ilmu

Integrasi antara Islam dan Ilmu

Kondisi di era Positivisme Anggapan ‘agama’ dan ‘ilmu’ yang tidak bisa dipertemukan Exp. Pemimpin Gereja menolak teori heliosentris Galileo, juga menolak teori Evolusi Darwin Tuhan seperti pembuat jam, setelah mencipta membiarkan Ilmu terbagi antara cara pandang integralistik-ensiklopedik dan spesifik-parsialistik

Dampaknya, sistem pendidikan di Indonesia juga terbagi secara dikotomik (PTU dan PTAI) Terjadi krisis relevansi dlm Ilmu Agama dan krisis dekadensi dlm Ilmu umum (sains, humaniora, sosial) Upaya Rapproachment  reintegrasi epistemologi keilmuan

Apa maksud Reintegrasi? Mengusahakan perolehan keilmuan dengan corak epistemologi keilmuan, plus etika moral keagamaan = integralistik Memberikan landasan moral islam terhadap pengembangan iptek, lingkungan hidup, sosial-ekonomi, sosial budaya, sosial-keagamaan. Sekaligus mengartikulasikan ajaran Islam sesuai dg kemajuan teknologi, humaniora, san sosial kontemporer

METODE INTEGRASI

ONTOLOGI Teo-antroposentris Wahyu bukan satu-satunya sumber pengetahuan. Melakukan : 1. resakralisasi 2. deprivatisasi 3. dediferensiasi

EPISTEMOLOGI dan AKSIOLOGI Agama menyumbangkan tolok ukur keabsahan suatu ilmu yang integralistik berupa dloruriyyah (benar, salah), bagaimana ilmu diproduksi (hajjjiyyah, baik buruk), dan tujuan-tujuan ilmu (tahnisiyyah, manfaat)

….Manusia beragama (islam) yg terampil dlm menangani dan menganalisa isu yg menyentuh problem kemanuisaan dan keagamaan di era modern dg menguasai ilmu alam (natural science), ilmu sosial (social science), dan humaniora (humanities)  METODE Upaya tersebut dibarengi dg landasan etika-moral keagamaan objektif dan kokoh…diperuntukan bagi kesejahteraan manusia secara bersama tanpa pandang latar belakang etnisitas, agama, ras, maupun golongan  ETIKA, AKSIOLOGI karena keberadaan Al-Qur’an dan As-Sunah dimaknai secara baru (hermeneutis) menjadi landasan pijak pandangan hidup (worldview)  ONTOLOGI

Referensi Kuntowijoyo, Islam Sebagai Ilmu Kuntowijoyo, Muslim tanpa Masjid Amin Abdullah, Islamic Studies di Perguruan Tinggi