Desain MULTIMEDIA dalam.

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
MEMBANGUN MEDIA BELAJAR BERBASIS ICT
Advertisements

Kategori Desain Grafis
MEDIA PENYULUHAN PERTANIAN
PPB Media Pembelajaran & Pengelolaan Sumber Daya
MAKALAH MEDIA PEMBELAJARAN PENGEMBANGAN MEDIA
PRINSIP DESIGN IMK.
PENGEMBANGAN MODUL SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN
PROSES PERANCANGAN GRAFIS
PEMBUATAN MEDIA PRESENTASI DENGAN POWER POINT
Drs. Iwan Wijaya PELATIHAN MEDIA PRESENTASI DENGAN Ms. POWER POINT 2007 SELAMAT DATANG di.
Dra. Istiyati Catharina, M.Pd.
PRESENTASI Presenter Audiens Presentasi adalah pertukaran informasi
PERANCANGAN ANTARMUKA - 2
Desain Kartu Nama.
TIPS Presentasi dengan Power Point
  TEORI DASAR GRAFIS MULAI.
Perancangan Grafis dan Tipografi
Pengembangan Media Presentasi
Sederhana MEDIA PAU-PPAI-UT.
TIPS Membuat Media Presentasi dengan MS PowerPoint
Desain permodelan grafis
KEMENTERIAN PENDIDIKAN NASIONAL
KEMENTERIAN PENDIDIKAN NASIONAL
Pertemuan 12 Perancangan dan Pengembangan Sistem Multimedia Interaktif
Teknik Pembuatan Powerpoint
Storyboard.
Pembuatan Media Presentasi
Pusat Pendidikan dan Pelatihan BADAN TENAGA NUKLIR NASIONAL
Sederhana MEDIA PAU-PPAI-UT.
Teknologi Dan Rekayasa
Prinsip Dasar Desain Web
Tahapan Pengembangan Multimedia
Pengembangan Media Presentasi
Definisi Desain Grafis
KEMENTERIAN PENDIDIKAN NASIONAL
TIPS Membuat Media Presentasi dengan MS Power Point
Bahasa visual Untuk Media internal.
JUDUL TA NAMA : NIM :.
Definisi Desain Grafis
Pelatihan Multistudio Teknik Penyampaian Materi
Perancangan Grafis dan Tipografi
( Materi Publikasi ) Design grafis.
Komunikasi Visual Iklan Cetak
Linda Fitri Andriyani ( K )
KOMPUTER/MEDIA GRAFIS
PENGEMBANGAN MEDIA SEDERHANA
Pengembangan Media Presentasi
PRINSIP-PRINSIP KOMPUTER/MEDIA GRAFIS
KOMPUTER/MEDIA GRAFIS
DESAIN GRAFIS.
Pengantar Perangkat Lunak Program Presentasi
PROSES PERANCANGAN GRAFIS
Teknik Penulisan Naskah
MEMBANGUN MEDIA BELAJAR BERBASIS ICT
By : ijaa.wordpress.com.
Pemanfaatan Prangkat lunak Presentasi
DESAINGRAFIS PRAMANA DITA Pertemuan II.
Abdu Hari Wijaya Nurul Fajri
Disusun Oleh: Wiji Abdul Rohman Anita Hendrastuti
& Pengelolaan Sumber Daya
MEDIA PENDIDIKAN KESEHATAN
MEMBANGUN MEDIA BELAJAR BERBASIS ICT. Table of Content ICT untuk Edukasi Perangkat ICT Mengapa menggunakan ICT Karakteristik Media Belajar Berbasis ICT.
REVIEW MATA KULIAH MEDIA PEMBELAJARAN PAI
Bahasa visual Untuk Media internal.
Mengidentifikasi Perangkat Lunak Pembuat Grafis Definisi Desain Grafis Tujuan Desain Grafis Manfaat Desain Grafis Elemen Desain Grafis Prinsip Dasar Desain.
Pengantar.
INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER. PENGERTIAN DESAIN  Desain adalah ilmu yang mempelajari konsep komunikasi dan ungkapan kreatif, teknik dan media untuk.
MEMBANGUN MEDIA BELAJAR BERBASIS ICT
MEMBANGUN MEDIA BELAJAR BERBASIS ICT
Desain Grafis. Disiplin Ilmu Desain Grafis Pengertian : 1. Seni dalam berkomunikasi menggunakan tulisan, ruang dan gambar. 2. Bagian dari komunikasi visual.
Transcript presentasi:

Desain MULTIMEDIA dalam

Desain Design (perancangan) adalah membuat spesifikasi secara rinci mengenai arsitektur proyek, gaya, dan kebutuhan material untuk proyek.

Macam Desain Functional design Physical design Logical Design

Multimedia? Perpaduan antara teks, grafik, sound, animasi, dan video untuk menyampaikan pesan kepada publik

Bidang Terkait dg Multimedia Pembelajaran Desain Pembelajaran >Content >Interactivity Matter >Learning Procedure >Learning Strategy >Kontektualitas >Simulasi, Latihan, Assignment dan Ujian Desain Komunikasi Visual Graphic Icon Color Harmony Background & Layout Sound Recording Sound Editing Combine audio & Graphic Interactivity icon Animated Object Rekayasa Perangkat Lunak >Development Process >Development Tools >Code Development >Software Testing >Software Maintenance

Rekayasa Perangkat Lunak Melihat multimedia pembelajaran sebagai sebuah perangkat lunak Pengembangan perangkat lunak harus melewati tahapan proses yang diatur di bidang ilmu rekayasa perangkat lunak Fokus ke bagaimana sebaiknya multimedia pembelajaran dikembangkan: Kemudahan instalasi dan pemakaian (usabilitas), efisiensi program, pemaketan, kompatibilitas, dokumentasi, dsb

Desain Komunikasi Visual Pemahaman media Gagasan kreatif dan konsep komunikasi visual Eksekusi audio-visual Ketepatan tata letak, tipografi, gambar dan warna

Desain Pembelajaran Cakupan dan kedalaman materi pembelajaran Ketepatan penggunaan strategi pembelajaran Pemberian motivasi belajar

Desain Pembelajaran (Lanjutan) Kontekstualitas dan aktualitas Sistematis, runut, alur logika jelas Kejelasan uraian, pembahasan, contoh, simulasi, latihan

Tujuan Karya Desain Grafis : Menarik perhatian, Mengikat perhatian, dan Menimbulkan kesan.

Kelebihan desain grafis : Memperjelas atau memberikan penekanan Dapat menterjemahkan ide-ide yang abstrak Mengatasi keterbatasan ruang Mengatasi keterbatasan waktu

Pertimbangan dalam mendesain: Sasarannya Waktu pembuatan Biaya produksi Bahannya Sarana produksinya Selera pemesan

Desain Grafis merupakan salah satu alat komunikasi yang lebih menonjolkan visualnya. Visual merupakan alat komunikasi yang mudah diingat dan mudah dimengerti

PERBANDINGAN KELIMA INDERA Doug Malouf, dalam How to Create and Deliver a Dynamic Presentation, memberikan tanggapan dramatis melalui lima indera (Malouf, 1988, h. 81):

DAMPAK KOMUNIKASI Sebuah studi dari UCLA (University of California at Los Angeles) menemukan 90% lebih darI apa yang dipahami dan dipercaya peserta berasal dari pesan audio dan visual. Untuk teks hanya sebesar 7% (Brody & Kent, 1993, h. 23)

INGATAN TERHADAP PESAN Sebuah studi di Wharton Reasarch Center di University of Pennsylvania pada tahun 1981 menemukan, ingatan terhadap presentasi verbal saja hanya 10%. Bandingkan dengan tingkat ingatan dari kombinasi komunikasi verbal dan visual yang berjumlah 50% -- suatu penambahan 400% dalam efektivitas (Hallan, h. 42-43).

TUJUAN YANG INGIN DICAPAI Decker Communications menyimpulkan, pembicara tanpa visual mencapai sasarannya dalam 33% kasus, sementara pengguna visual mencapai sasarannya dalam 67% kasus (Malouf, 1988, h. 82).

Prinsip-prinsip Desain 1. Pusat perhatian 2. Keseimbangan/balance 3. Kontras 4. Irama/ritme 5. Kesatuan/unity 6. Proporsi 7. Keserasian/harmoni

1. Pusat perhatian a. Warna b. Bentuk c. Penempatan d. Ukuran

2. Keseimbangan a. Simetris b. Asimetris c. Arah pandang

1 2 3 4

3. Kontras Background gelap Objek terang Background terang Objek gelap

4. Irama/ritme

5. Kesatuan/unity

6. Proporsi

7. Serasi/harmoni Sejarah NAMAKU KWEK

Unsur-unsur Desain 1. Warna 2. Bentuk 3. Garis 4. Bidang 5. Ruang 6. Tekstur 7. Titik 8. Huruf/teks

WARNA DASAR

CAMPURAN WARNA KEDUA

CAMPURAN WARNA KETIGA

PETA WARNA

BENTUK Geometris Kurva Tidak beraturan

GARIS Lurus Lengkung Zig-zag Putus-putus

BIDANG KOSONG ISI

RUANG

TEKSTUR

Kelompok huruf/teks: 1. Roman (kait segitiga) ---> Time 2. Bodoni (kait garis tipis) ---> Bodoni 3. Egyption (kait batang)---> Play Bill 4. Sans Serif (tidak berkait) ---> Arial 5. Fantasi/dekorasi (hiasan) ---> Monotype

Fungsi Teks Untuk menerangkan materi Sebagai penjelas dari visual Sebagai keterangan tambahan di samping visual Sebagai penekanan materi

Ukuran/size Teks Judul dan Sub judul lebih besar dari teks materi, tentang jenisnya dan warna disesuaikan dengan materi serta sasarannya 60 sampai 80 karakter dari kiri sampai kanan

Untuk media cetak antara lain : Desain sampul Poster Stiker Brosur Leaflet/pamflet Karikatur Cartoon/Kartun Iklan Flip charts Bilboard/Baliho Ilustrasi Diagram/grafik dsb.

Desain Sampul Tenis LOGO Nama Penulis

Brosur dan leaflet Judul atau Topik Periksakan Gigi secara rutin Alamat Judul atau Topik Materi Dan ilustrasi Periksakan Gigi secara rutin Keterangan singkat

Billboard/baliho BEBAS HAMBATAN KERETA API

Kartun dan Film kartun

Poster dan Iklan di media cetak BANYAK MEMBACA TERCAPAI CITA-CITA LOGO PERUSAHAAN

Contoh Grafis untuk media elektronik (film, televisi, OHP, slide, dan komputer) antara lain : Tampilan Web Tampilan program multimedia Animasi Kartun Transparansi Fotografi digital Slide Iklan dsb

Desain Grafis Desain Komersial Media Cetak Periklanan Film Televisi Fotografi Komputer Grafik Martin, Judy. 1986 h. 94. Lognman Dictionary of Art.