MENGIDENTIFIKASI FUNGSI MENU DAN IKON PADA PENGOLAH ANIMASI

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
MENGGUNAKAN Materi Pembelajaran SMA N 1 SRAGEN 2008/2009 TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI.
Advertisements

Penggunaan Symbol di dalam Movie Flash
Dibawah ini adalah Toolbox pada CorelDRAW X6 (apabila sampeyan adalah pengguna CorelDRAW versi dibawahnya mungkin ada Tool yang belum ada)
Pertemuan 4 Pengolahan teks.
Oleh : Deri Suyatma. Arahkan mouse pada menu View kemudian beri tanda ceklis pada Snap to Grid 7 Snap to Objects.
MENGGUNAKAN Materi Pembelajaran SMA N 1 SRAGEN 2008/2009 TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI.
Pembuatan Interaksi di dalam Movie Flash (1)
Menggambar dengan Macromedia Flash
Penuntun Kelas VIII Semester 2
INKSCAPE 5 Oktober 2013.
FAKULTAS TEKNOLOGI INFORMASI1DESAIN DAN PEMROGRAMAN WEB 1 – PG110 – 3 SKS © 2009 Fakultas Teknologi Informasi Universitas Budi Luhur Jl. Ciledug Raya Petukangan.
Pengenalan Program Macromedia Flash
Variasi Animasi dalam Flash
Aplikasi PHOTOSHOP CS series pemula dasar
Pengenalan Action di dalam Movie Flash
Pengenalan FLASH Dr. Lily Wulandari.
Mengimport Symbol, Instance dan Library Pengolahan Layer & Frame
Dasar Pembuatan Movie Flash R0312 – Grafik Komputer.
Langkah membuat gerak planet
TUGAS GAMBAR RASTER AREA KERJA PHOTOSHOP
PROGRAM S1 TEKNIK INFORMATIKA SEKOLAH TINGGI TEKNOLOGI NURUL JADID MOH. FURQAN, S. Kom.
NOMOR KODE/SKS : VCD0029 / 3 SKS / Semester III - Agustus 2010 / 13 Week DOSEN PEMBINA : Andre Oentoro : Rudi Margono TUTOR : Agus Susanto : David Junaedi.
IMPLEMENTASI PEMBUATAN ANIMASI
Digitasi Data Spasial Pertemuan 5.
Macromedia Flash.
Kelas XII / 1. Kelas XII / 1 STANDAR KOMPETENSI Menggunakan perangkat lunak pembuat grafik KOMPETENSI STANDAR Menunjukkan menu ikon yang terdapat dalam.
Kelas XII/ 1 Oleh: Adhe Whisnu K.
Adobe Photoshop CS3 Toolbox
MENGAPLIKASIKAN MENU DAN IKON PADA PROGRAM PHOTOSHOP
Bab 11- Manipulasi Gambar Dengan Photoshop
Area Kerja Macromedia Flash 8
Sekilas Impress Open Office.org.
ANIMASI MOTION SHAPE PROGRAM S1 TEKNIK INFORMATIKA
DESAIN GRAFIS MENU DAN ICON COREL DRAW.
Teknologi Dan Rekayasa
Animasi Banner dengan Flash
Animasi Banner dengan Flash
Nisn.data.kemdiknas.go.id 25/10/2017.
Perangkat Lunak Pembuat Presentasi
Menggunakan Perangkat Lunak Pengolah Data
Toolbox Pada CorelDRAW Part 1
BAB 5 Menggunakan Perangkat Lunak Pengolah Kata
Microsoft Word 2007.
Macromedia Flash.
TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI Created by Silvia Adiswan, S.Kom.
Kelas XII Semester Genap Tahun Pelajaran 2013 / 2014
Kelas XII / 1 Menu dan icon Desain Grafis 25 February 2012.
Nama : RATNA KUSUMANING P NIM : A
Manipulasi Gambar Dengan Photoshop
Frame by frame Buat objek lingkaran dengan menggunakan oval tool (warna garis hitam dan warna dalam merah)
TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI Created by Silvia Adiswan, S.Kom.
Macromedia Flash.
3. Kegiatan Belajar 3: Teknik Animasi Tweening
Animasi Tweening.
#2 Animasi Sigit Pambudi, M.Eng
Kegiatan Belajar 2: Teknik Animasi Tweening
4. Kegiatan Belajar 4: Teknik Animasi Motion Guide
Mengolah Objek Pertemuan 3 Oleh : Sri Herawati, S.Kom
Motion Guide Ambil gambar (kupu-kupu) dengan klik kiri File > Import > Import to Library.
Animasi Banner dengan Flash
MENGENAL MACROMEDIA/ADOBE FLASH
SELAMAT DATANG!!! Loading... ? Animasi Tweening MENU UTAMA Tujuan Indikator Materi Pokok Video Silakan Anda ganti judul utama, kelas dan semesternya.
Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) 1 Bab 11- Manipulasi Gambar Dengan Photoshop Web Design Team Dosen.
Macromedia Flash.
CorelDRAW Graphics Suite X4
PENGENALAN ADOBE FLASH Adobe Flash CS3 (dahulu bernama macromedia flash) adalah hasil akuisi dilakukan oleh Adobe yang salah satu perangkat lunak komputer.
PEMBAHASAN MATERI Grafik Berbasis Vektor dan Bitmap Pengertian Grafis Bentuk komunikasi visual yang dirancang dengan menggunakan kombinasi kordinat titik-titik.
SELAMAT DATANG!!! Loading... ? Animasi Tweening MENU UTAMA Tujuan Indikator Materi Pokok Video Silakan Anda ganti judul utama, kelas dan semesternya.
Pembuatan Obyek Pada Aplikasi Animasi 2 dimensi. Tujuan Pembelajaran. Setelah mengikuti kegiatan belajar ini diharapkan peserta didik dapat: Memahami.
SELAMAT DATANG!!! Loading... ? Animasi Tweening MENU UTAMA Tujuan Indikator Materi Pokok Relaksasi Silakan Anda ganti judul utama, kelas dan semesternya.
Transcript presentasi:

MENGIDENTIFIKASI FUNGSI MENU DAN IKON PADA PENGOLAH ANIMASI Oleh : Maria Etik Sulistiyani

FUNGSI MENUBAR MENU FILE  Berisi submenu dengan beberapa perintah yang berhubungan dengan pengelolaan file

 Berisi perintah yang berhubungan dengan penyuntingan halaman Lanjutan fungsi menubar 2. MENU EDIT  Berisi perintah yang berhubungan dengan penyuntingan halaman

Lanjutan fungsi menubar 3. MENU VIEW  Berisi perintah yang berhubungan pengaturan tampilan di layer dan pengaturan letak menu-menu dan ikon-ikon tambahan

 berisi perintah untuk penyisipan Lanjutan fungsi menubar 4. MENU INSERT  berisi perintah untuk penyisipan

 untuk memodifikasi objek Lanjutan fungsi menubar 5. MENU MODIFY  untuk memodifikasi objek

 Berisi perintah yang berhubungan dengan pengaturan teks Lanjutan fungsi menubar 6. MENU TEXT  Berisi perintah yang berhubungan dengan pengaturan teks

 berisi pengaturan perintah Lanjutan fungsi menubar 7. MENU COMMANDS  berisi pengaturan perintah

 pengaturan perintah untuk pengendalian objek Lanjutan fungsi menubar 8. MENU CONTROL  pengaturan perintah untuk pengendalian objek

 memonitor eksekusi program Lanjutan fungsi menubar 9. MENU DEBUG  memonitor eksekusi program

Lanjutan fungsi menubar 10. MENU WINDOW  Berisi perintah yang digunakan untuk melakukan pengaturan window yang ada di halaman animasi

 merupakan perangkat bantuan untuk aplikasi pengolah animasi Lanjutan fungsi menubar 11. MENU HELP  merupakan perangkat bantuan untuk aplikasi pengolah animasi

Mengubah bentuk objek secara bebas Menyeleksi objek FUNGSI TOOLBAR FUNGSI Selection (V) Free Transform(Q) Lasso (L) Mengubah bentuk objek secara bebas Menyeleksi objek Menggambar dengan bentuk goresan pensil Menggambar corak dekorasi dengan menggunakan simbol graphic Menggambar objek Menyeleksi objek dengan pola seleksi bebas Menggambar objek garis lurus Membuat animasi pertulangan dengan menambahkan titik sendi pada objek Mengaktifkan atau mematikan fungsi snap to objek Mengambil sampel warna dari sebuah objek Menggeser area lembar kerja atau stage Pen (P) Menentukan warna bidang objek Mengubah warna garis dan bidang menjadi hitam dan putih Line (N) Menentukan warna garis Pencil (Y) Deco (U) Bone Eyedropper (I) Hand (H) Stroke Fill Color Black and White Snap to Objects

Menyeleksi bagian objek untuk proses editing Lanjutan fungsi toolbar Subselection (A) 3D Rotation (W) FUNGSI Text (T) Menyeleksi bagian objek untuk proses editing Rectangle (R) Mengetikkan teks dan paragraf Mengambar dengan bentuk polesan kuas Memperbesar atau memperkecil tampilan lembar kerja atau stage Memberi warna bidang objek Menghapus bidang objek Membalik warna antara warna garis dan warna bidang objek Menggambar objek kotak Melakukan rotasi 3D pada objek berdasarkan sumbu X, Y, dan Z Brush (B) Paint Bucket (K) Eraser (E) Zoom (M,Z) Swap Colors

Mengubah transformsi warna gradasi pada sebuah objek Lanjutan fungsi toolbar Gradient Transform Tool (F) FUNGSI 3D Translation Tool (G) Add Anchor Point Tool (=) Mengubah transformsi warna gradasi pada sebuah objek Melakukan transformasi bentuk dan posisi 3D pada simbol movie clip dengan acuan tiga sumbu X,Y dan Z Menambah titik anchor pada sebuah path Mengubah sudut lancip dari sebuah path menjadi sudut lengkung Menggambar objek oval atau lingkaran Delete anchor Point Tool (-) Menggambar objek kotak dengan sudut yang dapat dilengkungkan Menggambar objek lingkaran dengan berbagai variasi Menghapus titik anchor Menggambar objek poligon dan bintang Convert Anchor Point Tool (C) Oval Tool (O) Rectangle primitive Tool (R) Oval Primitive Tool (O) PolyStar Tool

Menggambar dengan spray, yaitu menyemprotkan warna atau simbol Lanjutan fungsi toolbar Spray Brush Tool (B) FUNGSI Bind Tool (Z) Menggambar dengan spray, yaitu menyemprotkan warna atau simbol Melakukan pengeditan dan modifikasi titik sendi dari piranti bone tool Ink bottle Tool (S) Memberi warna dan bentuk garis outline pada sebuah objek

Mengatur kecepatan gerak animasi dalam tiap detiknya FUNGSI TIMELINE Show All Layers as outlines Lock/Unlock All Layers Show/Hide All Layers Timeline Playhead Frame Blank Keyframe Layer Simbol Pencil Kotak Outline Titik Show/Hide Current Frame Delete New layer New Folder Onion Skinning button Frame Rate Elapsed Time FUNGSI Mengatur kecepatan gerak animasi dalam tiap detiknya Menambah folder baru Menambah layer baru Klik untuk menampilkan objek dalam layer aktif menjadi bentuk outline Sebuah simbol lingkaran kosong yang menampung suatu objek Mengunci atau melepas kunci objek dari semua layer Jarum untuk membaca frame pada saat animasi dijalankan Menampilkan objek pada semua layer dalam bentuk outline Sebuah bagian dari layer yang digunakan untuk mengatur pembuatan animasi Menunjukkan layer yang aktif Tabulasi dari lembar kerja atau stage yang sedang dikerjakan Klik untuk menampilkan atau menyembunyikan layer aktif Mengatur tampilan animasi di dalam stage Menunjukkan durasi atau lamanya animasi Menunjukkan posisi frame aktif Lembar kerja yang menampung objek yang akan dianimasikan dalam timeline Menyembunyikan atau menampilkan semua isi layer Menghapus Layer

Lembar kerja untuk menyusun objek yang akan dianimasikan FUNGSI STAGE Scene Edit Symbol Edit Scene Zoom Stage FUNGSI Lembar kerja untuk menyusun objek yang akan dianimasikan Mengatur besarnya tampilan stage atau lembar kerja Memilih nama scene yang akan diedit Memilih nama simbol yang akan diedit Menunjukkan nama scene yang aktif

Motion Editor Efek Filter Panel Action  Untuk melakukan kontrol animasi yang telah dibuat seperti mengatur motion, transformasi, pewarnaan, filter dan lain-lain Efek Filter  Untuk menampilkan berbagai jenis efek filter yang dapat digunakan untuk mempercantik tampilan objek Panel Action  Untuk menuliskan perintah action script saat membuat animasi

Panel Color  Untuk memodifikasi warna pada objek terpilih

Persiapkan untuk UH Materi : Pengantar animasi, pengenalan Flash,Mengidentifikasi Fungsi menu dan ikon pada pengolah animasi

Latihan Soal Sebutkan 4 kegunaan dari software Adobe flash? Menu apakah yang ada di adobe flash tetapi tidak ada di macromedia flash? Jelaskan fungsi dari menu tersebut! Apakah fungsi dari : a. Stage b. Timeline c. toolbox 4. Apa yang dimaksud dengan : Layer Frame Keyframe 5. Apa fungsi dari toolbox berikut ini : Deco Bone Stroke color