PENGANTAR ILMU PENDIDIKAN

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
PENGARUH SISTEM & NILAI BUDAYA TERHADAP MANAJEMEN INDONESIA UNIVERSITAS BINA DHARMA ANGKATAN – VII, 2011 KELOMPOK I : JUSUF HASIBUAN DEWI SARTIKA ELLYSA.
Advertisements

Sasaran pendidikan Manusia, maka perlu tahu sifat hakikatnya
PENGANTAR ILMU PENDIDIKAN
HAKEKAT KODRAT MANUSIA
HAKEKAT PANCASILA HAKIKAT SILA I :
MASALAH KEBUDAYAAN.
ALLVANIALISTA IKALOR E1A PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BIOLOGI FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS MATARAM 2012/2013 KONSEP DASAR PERTUMBUHAN.
Hakekat Manusia & kebutuhan akan Pendidikan Pengantar Ilmu Pendidikan.
PENDIDIKAN LINGKUNGAN SOSIAL BUDAYA DAN TEKNOLOGI
Hakikat Manusia dan Perkembangannya
BAB I PERLUNYA PENDIDIKAN BAGI MANUSIA
Kebudayaan.
HAKEKAT MANUSIA Pandangan tentang hakikat manusia adalah bagian dari filsafat antropologi manusia yang merupakan karya Tuhan yang paling sempurna/istimewa.
PANCASILA SEBAGAI SISTEM FILSAFAT
pengantar ilmu pendidikan
BAB VIII SEJARAH PENDIDIKANDI INDONESIA
PENDIDIKAN PANCASILA PANCASILA SEBAGAI SISTEM FILSAFAT Kelompok 3 :
PENGANTAR ILMU PENDIDIKAN
KEBUDAYAAN DAN MASYARAKAT
KEMUNGKINAN DAN KEHARUSAN PENDIDIKAN
PENYESUAIAN DIRI REMAJA
MANUSIA SEBAGAI MAKHLUK INDIVIDU DAN SOSIAL
Manusia Dan Kebudayaan
Oleh: RUSDIANTO UNIVERSITAS NAROTAMA SURABAYA 2012
PANCASILA SEBAGAI PARADIGMA PEMBANGUNAN
D Rencana Implementasi 1.
A. Manusia dan Alam Semesta
Manusia Dan Kebudayaan
ILMU BUDAYA DASAR Yanti Trianita S.I.Kom.
NILAI-NILAI KEJUANGAN,PEMBANGUNAN KARAKTER, DAN KETAHANAN NASIONAL
ALAM PIKIRAN MANUSIA DAN PERKEMBANGAANYA
HUBUNGAN INDIVIDU KELUARGA DAN MASYARAKAT
KONSIDERANSI ( HAKIKAT MANUSIA )
BAB 3 Individu,Keluarga, dan Masyarakat
Ilmu Sosial Budaya Dasar TANGGUNG JAWAB dan KESADARAN
Antropologi Hukum tentang Asal Mula Kehidupan
MANUSIA SEBAGAI MAKHLUK INDIVIDU, SOSIAL, DAN BUDAYA
MANUSIA SEBAGAI MAKHLUK INDIVIDU DAN SOSIAL
BIMBINGAN KONSELING.
Kebutuhan pokok &tujuan utama hidup manusia
ALIRAN, LANDASAN PENDIDIKAN, DAN PEMBANGUNAN NASIONAL
MANUSIA DAN PENDIDIKAN
PENDIDIKAN SEPANJANG HAYAT
MANUSIA SEBAGAI MAKHLUK INDIVIDU DAN MAKHLUK SOSIAL oleh : iswadi, Mpd
ILMU KEPENDIDIKAN Kelompok: Aqin Rizka Ayati (K )
Ilmu dan Kebudayaan.
Assalamu’alaikum.
PENDIDIKAN MERUPAKAN KEBUTUHAN VITAL MANUSIA
PANCASILA SEBAGAI SISTEM FILSAFAT
HAKIKAT MANUSIA DAN PENGEMBANGANNYA Jaya Dwi Putra, M.Pd
1. Latar Belakang Manusia disebut sebagai makhluk yang berbudaya tidak lain adalah makhluk yang senantiasa mendayagunakan akal budinya untuk menciptakan.
Manusia Manusia atau orang dapat diartikan berbeda-beda menurut biologis, rohani, dan istilah kebudayaan, atau secara campuran. Secara biologis, manusia.
HAKIKAT PENDIDIKAN DAN MENDIDIK
PENGEMBANGAN NILAI UNTUK PENDIDIKAN MANUSIA SEUTUHNYA
PERBEDAAN FILSAFAT dan ILMU PENDIDIKAN
Manusia Manusia atau orang dapat diartikan berbeda-beda menurut biologis, rohani, dan istilah kebudayaan, atau secara campuran. Secara biologis, manusia.
LANDAS AN PSIKOLOGIS DALAM PENGEM BANGAN KURIKULUM
Pertemuan 3 Kedudukan Manusia Dalam Organisasi
HAKIKAT DAN PERAN MANUSIA
DINAMIKA INTERAKSI SOSIAL
Hakikat Manusia 9/16/ :07 PM.
BAB PENDAHULUAN PENGERTIAN MANUSIA 1
Sasaran pendidikan Manusia, maka perlu tahu sifat hakikatnya
KEPRIBADIAN, KONSEP & CITRA DIRI
BAB 2 MANUSIA SEBAGAI MAKHLUK BUDAYA
HUBUNGAN MANUSIA – KEBUDAYAAN
D. Membangun Argumen tentang Dinamika dan Tantangan Pancasila sebagai Sistem Filsafat 1. Dinamika Pancasila sebagai Sistem Filsafat a.Pada era pemerintahan.
“PANCASILA SEBAGAI IDENTITAS NASIONAL”
Ideologi pancasila (Penyegaran Singkat). I. NKRI POSTEX “PRIMORDIALISME” SARA - EX PLURALISME PEMBELAJARAN:  BELAJAR MENGETAHUI  BELAJAR MELAKUKAN.
Chintya Apriliani Siti Nur Arisah SIFAT DAN HAKIKAT JIWA MANUSIA hakikat manusia adalah rohani atau jiwa. Jasmani dan nafsu merupakan alat atau bagian.
Transcript presentasi:

PENGANTAR ILMU PENDIDIKAN LEARNING RESOURCES CENTER FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS SEBELAS MARET SURAKARTA PENGANTAR ILMU PENDIDIKAN Sukarmin, S.Pd., M.Si., Ph.D. 19670802 200012 1 001 08122608267 karmin.abdulkarim@gmail.com

PENGANTAR ILMU PENDIDIKAN BAB I PENDAHULUAN BAB II PENGERTIAN PENDIDIKAN BAB III MACAM-MACAM ILMU PENDIDIKAN BAB IV KOMPONEN-KOMPONEN PENDIDIKAN BAB V PERGAULAN DAN KEWIBAWAAN BAB VI TINJAUAN SOSIOLOGI TENTANG PENDIDIKAN BAB VII TINJAUAN PSIKOLOGIS TENTANG PENDIDIKAN DI INDONESIA BAB VIII SEJARAH PENDIDIKAN DI INDONESIA BAB IX PENDIDIKAN SEUMUR HIDUP BAB X PENDIDIKAN DAN PERUBAHAN JAMAN BAB XI FILSAFAT DAN FILSAFAT PENDIDIKAN

BAB I PENDAHULUAN A. Manusia Pendidikan B. Dressur dan Pendidikan C. Hakekat Manusia 1. Manusia Sebagai Makhluk Raga dan Jiwa 2. Manusia Sebagai Makhluk Individu dan Sosial 3. Manusia Sebagai Makhluk Pribadi dan Makhluk Tuhan D. Konsekuensi Pendidikan Terhadap Manusia 1. Manusia Sebagai Makhluk Raga Jiwa 3. Ditinjau Dari Monodilaisme Pribadi dan Makhluk Ciptaan Tuhan E. Pengembangan Dimensi Hakekat Manusia F. Pembawaan 1. Pembawaan dan Lingkungan 2. Pembawaan dan Keturunan 3. Pembawaan dan Bakat 4. Lingkungan (Environment)

Manusia dan Pendidikan Masalah pendidikan adalah merupakan masalah yang muncul sejak adanya manusia. Manusia itu adalah sesuatu yang ada yang penuh potesi untuk berkembang terus, merealisasikan diri, menyempurnakan ujud adanya sebagai manusia. Dalam menyempurnakan diri ini disamping dipengaruhi unsur-unsur yang datang dari luar juga daya-daya yang datang dari individu (daya eksogin dan endogin). Di antara sekian banyak pengaruh atau daya dari luar diri manusia yang disengaja dan menguntungkan itu tidak lain adalah pendidikan. Hanya manusialah yang memerlukan pendidikan sedangkan selain manusia tidak memerlukan pendidikan.

Dressur dan Pendidikan Dressur tidak dapat disamakan dengan pendidikan. Dengan kata lain: “pendidikan” yang dilakukan terhadap binatang berlainan dengan pendidikan yang dilakukan terhadap manusia. Dalam beberapa hal memang ada persamaannya. Persamaan itu umumnya terletak pada pertumbuhan biologis saja, yaitu yang berhubungan dengan perkembangan jasmaniah. Sedangkan pada manusia haruslah diperhitungkan pula perkembangan hidup psikisnya. Binatang adalah makhluk alam yang tidak berkebudayaan. Manusia masuk bilangan alam, tetapi juga termasuk bilangan kebudayaan. Manusia adalah makhluk yang lebih tinggi daripada binatang. Dengan demikian maka manusia adalah makhluk yang berbudi, berpikir dan manusia adalah anggota dari persekutuan masyarakat

Hakekat Manusia Manusia sebagai makhluk yang memiliki Raga dan Jiwa Menurut Prof. Noto Nagoro bahwa manusia adalah monodualisme. Manusia sebagai makhluk yang memiliki Raga dan Jiwa Manusia mempunyai unsur raga dan jiwa yang merupakan kesatuan Dengan adanya unsur raga ini, manusia mempunyai sifat-sifat sebagaimana halnya makhluk yang lain dan benda-benda yang lain pula yang mempunyai raga Perbedaan hewan dan manusia disebabkan manusia memiliki jiwa yang terdiri dari unsur-unsur cipta, rasa, dan karsa. Manusia Sebagai Makhluk Individu dan Sosial Manusia sebagai makhluk individu dan sosial artinya bahwa manusia tidak pernah hidup sendiri-sendiri, melainkan juga hidup berkelompok Manusia sebagai makhluk pribadi dan makhluk Tuhan Manusia sebagai makhluk Pribadi yang berdiri sendiri dan makhluk Tuhan. Hal ini mengandung arti bahwa manusia memiliki kemampuan-kemampuan yang dapat berkembang untuk selanjutnya dapat merencanakan sesuatu, membudayakan alam semesta/mengolah alam lingkungan untuk kepentingan manusia

Konsekuensi Pendidikan Terhadap Manusia Manusia sebagai makhluk raga dan jiwa Atas dasar tinjauan manusia sebagai makhluk monodualisme, maka pendidikan akan menyelaraskan pemenuhan kebutuhan-kebutuhan baik yang menyangkut kebutuhan-kebutuhan jasmaniah maupun kebutuhan rohaniah dipenuhinya secara selaras dan seimbang Manusia sebagai makhluk individu dan sosial Pendidikan akan memberikan petunjuk/pengarahan agar di dalam hidup manusia perlu dipenuhi kebutuhan individunya tanpa mengabaikan kebutuhan orang lain. Sebaliknya kebutuhan kelompok dipenuhi tanpa menelantarkan dirinya sendiri. Ditinjau dari monodualisme pribadi berdiri sendiri dan makhluk ciptaan Tuhan Pendidikan akan menyadarkan kepada manusia bahwa apa-apa yang direncanakan ataupun yang dicita-citakan tidak sepenuhnya berkat usaha manusia itu sendiri tetapi Tuhan ikut menentukannya.

Pengembangan Dimensi Hakekat Manusia Dimensi-dimensi hakikat manusia yang secara singkat terdiri dari tujuh macam, yaitu: Pertama: manusia sebagai makhluk yang berdimensi raga dan berdimensi jiwa. Jiwa terdiri dari tiga hal, yaitu cipta, rasa, dan karsa. 2. Kedua, manusia sebagai makhluk yang berdimensi individu dan berdimensi sosial. 3. Ketiga: manusia sebagai makhluk yang berdimensi pribadi dan makhluk Tuhan. Mengembangkan dimensi manusia secara utuh dilakukan dengan jalan memberikan perlakukan terhadap ke tujuh dimensi manusia secara merata dan proporsional.

Pembawaan Bagaimanakah hubungan antara pembawaan dan lingkungan, keturunan, dan bakat? Pembawaan dan Lingkungan a. Aliran Nativism b. Aliran Empirisme c. Aliran Konvergensi Pembawaan dan Keturunan Pembawaan ialah seluruh kemungkinan yang terkandung dalam sel benih yang akan berkembang mencapai perwujudannya. Keturunan adalah sifat-sifat yang ada pada seseorang yang diwariskan, (jadi ada persamaannya dengan orang yang mewariskannya) dengan melalui sel-sel kelamin dari generasi yang satu kepada generasi yang lain yang berikutnya Pembawaan dan Bakat Lingkungan (environment)