Prinsip Antarmuka Pengguna

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Perancangan Perangkat Lunak lanjutan Kuliah - 7
Advertisements

Prinsip Utama Mendesain Antarmuka Rizqi Sukma Kharisma, S.Kom.
Mata Kuliah INTERAKSI KOMPUTER - MANUSIA
Interaksi Manusia Dan Komputer (Konsep IMK, Interface)
INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER
Pemodelan & Kualifikasi
Interaksi Manusia dan komputer
Interaksi Manusia dan Komputer Kuliah 2 : IMK dan Manusia
INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER
Neilsen Menggunakan urutan dialog yang simple dan alami
Pertemuan 1 Pengenalan Organisasi Komputer
DESIGN INTERFACE.
Analisa dan Desain dalam Penelitian
KONSEP PERANCANGAN SISTEM INFORMASI LANJUTAN)
MEMAHAMI KONSEP IMK Oleh : Sestafianus Komandono. S.komp, MBA
Teori, Prinsip, dan Pedoman
Designing Effective Output / Input
Interaksi Manusia dengan Komputer
1 Pendahuluan Pertemuan 12 Matakuliah: H0062/Teori Sistem Tahun: 2006.
NamaSlide Tika Listiani Umar3-5 Erwin Suganda6-8 Indah Rahmawati Putri9-11 Ivan David12-14 Heru Setiawan15-17.
PRINSIP DASAR DESAIN ANTARMUKA
KONSEP USER INTERFACE.
Antar Muka Pengguna.
Perancangan antarmuka (design interface)
Interaksi Manusia & Komputer Penanganan Kesalahan dan Help Dokumentasi
INTERAKSI MANUSIA & KOMPUTER
SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN INFORMATIKA & KOMPUTER
Perancangan Antar Muka
KONSEP INTERFACE
Prinsip Desain Pertemuan 9.
Sumber :
Prinsip Antarmuka Pengguna
Robustness Diagram dan Sequence Diagram
INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER
PERANCANGAN ANTARMUKA (Design Interface) – part 1
PARADIGMA & PRINSIP IMK
DIALOG.
Implementation Support
Membangun User Interface
Prinsip Perancangan Antarmuka
PRINSIP DESIGN ANTARMUKA (INTERFACE)
USER INTERFACE.
BAB 1 : Kegunaan dari Sistem Interaktif
PRINSIP DASAR DESAIN ANTARMUKA
Analisa [Kebutuhan] Sistem
INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER PRINSIP UTAMA DESAIN ANTAR MUKA (INTERFACE) 1.User Compatibility11.Flexibility 2.Product Compatibility12.Responsiveness.
Kelompok 4 1. Dessy aryanti Eva Rosyifa Ega Mawarni Rosalina Miliartha Tuti Mulyanah
(User Interface Design--UID)
Principles of User Interface UI
INTERAKSI MANUSI DAN KOMPUTER
Interaksi Manusia Dan Komputer (Konsep IMK, Interface)
Kelompok 4 Tugas 5 1. Dessy aryanti Eva Rosyifa Ega Mawarni Rosalina Miliartha Tuti Mulyanah
Chapter 7 design rules.
PRINSIP DESIGN ANTARMUKA (INTERFACE)
Desain Antarmuka (User Interface Design)
PRINSIP DESIGN ANTARMUKA (INTERFACE)
Paradigma dan prinsip interaksi
Interaksi Manusia dan Komputer
PRINSIP DESAIN Prinsip utama mendesain antarmuka yang baik dengan memperhatikan karakteristik manusia & komputer.
PENGANTAR KOMPUTER DAN TEKNOLOGI INFORMASI 1B
Interaksi Manusia Komputer [IF ]
Rekayasa Perangkat Lunak
Interface Design.
Interface Design.
Konsep Interaksi manusia dan komputer Ahmad Sujana IF STT MANDALA.
Interaksi Manusia dan Komputer
INTERAKSI MANUSIA & KOMPUTER PENDAHULUAN.
Desain antar muka Julio warman.
KONSEP USER INTERFACE PENGANTAR KOMPUTER DAN TEKNOLOGI INFORMASI 1B.
Modul 5 Kegiatan Belajar 4: DESAIN MULTIMEDIA INTERAKTIF Kelompok 4: Nur Awaludin Warjito Totok Hermawan.
Transcript presentasi:

Prinsip Antarmuka Pengguna Teknik Informatika – Unikom 2014

Prinsip-prinsip umum Perancangan UI User Compatibility Product Compatibility Task Compatibility Work Flow Compatibility Consistency Familiarity Simplicity

Prinsip-prinsip umum Perancangan UI Direct Manipulation WYSIWYG Flexibility Responsiveness Invisible Technology Control Robustness

Prinsip-prinsip umum Perancangan UI Protection Ease of Learning & ease of use Trade-off !!!

User Compatibility Semua user adalah tidak sama dan semua user tidak seperti developer Designer harus paham tentang pengetahuan psikologi dasar

Product Compatibility Kompatibilitas antar produk harus diperhatikan dan dipertahankan (mengorbankan perubahan UI dimana sistem mungkin lebih kompatibel)

Task Compatibility Struktur dan aliran sistem harus sesuai dan mendukung tugas user

Work Flow Compatibility Sistem harus diorganisasikan dengan baik sehingga dapat mem-fasilitasi transisi antar tugas user

Consistency Konsistensi membuat user berfikir dengan meng-analogi-kan dan memprediksi bagaimana melakukan sesuatu yang belum pernah dilakukan sebelumnya

Familiarity Konsep, terminologi, pengaturannya di antarmuka harus yang dipahami user dengan baik

Simplicity Kesalahan umum yang terjadi pada perancangan interface adalah berusaha untuk menyediakan SEMUA fungsionalitas Gunakan konsep defaults

Direct Manipulation Users secara langsung dapat melihat aksinya pada objek yang terlihat

Control Dapat membuat frustasi dan demoralisasi bagi user, jika mereka merasa dikontrol oleh mesin

WYSIWYG Adanya korespondensi satu ke satu antara informasi di layar dengan informasi di printed-output atau file

Flexibility Mengijinkan makin banyak kontrol user dan mengakomodir skill user yang bervariasi

Responsiveness Komputer harus selalu merespon dengan segera setiap input dari user

Invisible Technology User sebaiknya mengetahui sesedikit mungkin detil teknis bagaimana sistem diimplementasikan

Robustness Sistem sebaiknya mentolerir kesalahan manusia yang umum dan tidak dapat dihindar. Crash system harus diminimalisir, menyediakan recovery yang mudah dipahami jika terjadi crash

Protection User seharusnya memproteksi dari hasil-hasil yang menyebabkan ‘bencana’ karena kesalahan umum manusia

Ease of Learning Sistem mudah dipelajari bagi pemula

Ease of Use Sistem mudah digunakan bagi para expert