BEBERAPA TEORI TENTANG MASUKNYA ISLAM

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Pengaruh Budaya Islam Pertemuan 9
Advertisements

Perkembangan Agama dan Kebudayaan Islam di Indonesia
PERKEMBANGAN ISLAM DI INDONESIA
PROSES AWAL PENYEBARAN AGAMA ISLAM DI INDONESIA
Peninggalan Sejarah Islam Indonesia
PENINGGALAN – PENINGGALAN SEJARAH BERCORAK ISLAM
Terbentuknya Jaringan Nusantara Melalui Jalur Perdagangan
BAHAN AJAR SEJARAH BERBASIS TIK
Perkembangan Tradisi Islam di Berbagai Daerah di Indonesia
PERTEMUAN KEEMPAT PERKEMBANGAN PENGARUH ISLAM DI ASIA TENGGARA.
KD : 1. Mendeskripsikan sejarah dan perkembangan Islam di Indonesia.
Biografi Karya Sastra Keilmuan. Biografi Karya Sastra Keilmuan.
Nama : Angga Restu Pambudi Irfan Juliansyah Auliya Sarah Bachtiar
Edy Supriyadi
Proses Masuk dan Berkembangnya Islam di Indonesia &
BAB 9 KERAJAAN-KERAJAAN ISLAM DI INDONESIA
KEBUDAYAAN ISLAM Oleh : Muhammad Hambali, SHI, M.E.I
TUJUAN INSTRUKSIONAL MATERI PERKULIAHAN BUKU REFERENSI QUIZ
ASSALAMUALAIKUM WR.WB.
ISLAMISASI NUSANTARA Materi Ke 2
KELOMPOK 1.
KERAJAAN-KERAJAAN ISLAM DI INDONESIA
TEORI MASUKNYA ISLAM KE INDONESIA
Pengaruh Kebudayaan Asing dalam Arsitektur Indonesia Pertemuan
AKULTURASI BUDAYA LOKAL,HINDU-BUDDHA DAN ISLAM
Pengaruh islam di Indonesia.
INTERAKSI TRADISI BUDAYA LOKAL, HINDU, BUDHA DAN ISLAM DI INDONESIA
Rela berbagi - ikhlas memberi
Islamisasi dan silang budaya di Nusantara
PERKEMBANGAN ISLAM TERHADAP KEHIDUPAN MASYARAKAT INDONESIA.
SEJARAH INDONESIA.
A.    SEJARAH MASUKNYA ISLAM DI INDONESIA.
Perkembangan dan masuknya Agama Islam di Indonesia
Proses Masuk dan Berkembangnya Islam di Nusantara
Aliyana afiyati kautsar Anissa silviana novita
Kedatangan dan penyebaran islam di indonesia
Sejarah seni rupa indonesia
KERAJAAN BANTEN Kerajaan Banten adalah kerajaan Islam
sejarah masuknya islam di nusantara
Oleh : WALDI NOPRIANSYAH
SEJARAH PERKEMBANGAN ISLAM DI NUSANTARA
Proses awal penyebaran islam di kepulauan Indonesia.
PINTU MASUK DAN SALURAN PENYEBARAN AGAMA ISLAM
MODUL PEMBELAJARAN SEJARAH KELAS XI IPS SMA REGINA PACIS SURAKARTA
Penyebaran Islam di Indonesia pada masa Orde Lama
MODUL PEMBELAJARAN SEJARAH KELAS XI IPS
Disusun Oleh Kelompok 9:
Loading....
GERAKAN ISLAMISASI NUSANTARA
Tradisi islam nusantara
KERAJAAN HINDU-BUDHA DAN ISLAM
Sejarah Masuknya Islam ke Indonesia
Kesultanan Demak Oleh: ELY RAHMA WATI.
GERAKAN ISLAMISASI NUSANTARA
Saya dan kelompok saya akan menceritakan tentang sunan ampel.
CINDE ILAU SATU KAJIAN SEJARAH SOCIAL TENTANG ORANG MELAYU DI JALUR PERDAGANGAN INDONESIA BAHAGIAN TIMUR ABAD KE Mukhlis.
hANdout sejarah wajib - x
Mal An Abdullah Nilai-nilai Kearifan dan Religiusitas Masyarakat Melayu dalam Konteks Berbangsa dan Bernegara.
Peninggalan Sejarah Islam di Indonesia
Summative Assessment Unit 3
Sejarah Peradaban Islam “Perkembangan Islam di Asia Tenggara”
PENINGGALAN SEJARAH MASA ISLAM
Syekh Maulana Malik Ibrahim
MASUKNYA ISLAM DI JAWA DISUSUN OLEH: 1.DHEA LIVIE P.B 2.AMMA AGUS 3.ARUNG S. MAKKASAU 4.EMZA 5.ARDI 6.AIDUL.
BBM 3104 Kuliah 1 (M1) Pengertian bahasa Melayu Klasik
Interaksi masyarakat di berbagai daerah dengan tradisi Hindu-Budha
BBM 3104 Kuliah 1 (Minggu 1) Pengertian bahasa Melayu Klasik
SEJARAH MASUKNYA ISLAM DI NUSANTARA SEJARAH MASUKNYA ISLAM DI NUSANTARA SK/ KD Materi.
Masuknya Islam di Indonesia. TUJUAN PEMBELAJARAN Setelah selesai pembelajaran dengan menggunakan model Discovery Learning, peserta didik diharapkan mampu:
ISLAMISASI DAN SILANG BUDAYA DI NUSANTARA Oleh :.
Transcript presentasi:

BEBERAPA TEORI TENTANG MASUKNYA ISLAM Teori gujarat, abad ke 13, didukung oleh Snouck Hurgronye, WF Stuterheim dan HM. Vlekke. buktinya Kurangnya fakta bahwa yg menyebarkan islam ke indonesia itu adalah bangsa arab Jalur perdagangan indonesia telah lama melalui jalur: Indonesia – Indiap Timur Tengah – Eropa Adanya batu nisan Malik Al-Saleh 1297 yang bercorak khas Gujarat. Berita Marchopolo 1292, di Perlak banyak penduduk yang memeluk islam dan banyak pedagang india yang menyebarkan islam.

Teori Makkah, abad ke 7, pendukungnya: Hamka, Van Leur dan TW. Arnold Teori Makkah, abad ke 7, pendukungnya: Hamka, Van Leur dan TW. Arnold. Buktinya Pada 674 di Pantai barat sumatra sudah terdapat pekampungan arab (tasih). Pada 748 di kanton sudah ada perkampungan Arab (tasih) Kerajaan Samudra Pasai menganut Mazhab Syafii (berasal dari Ara, Mesir). Geral Raja Samudra Pasai menggunakan Al-Malik , yaitu gelar yang dipakai di Mesir.

Teori Persia, abad ke 13, pendukungnya: Umar Amir Husen dan Husen Jayadining rat. Buktinya: Peringatan 10 Muharram (hari Asyura), peringatan meninggalnya Hasan Husen, adalah berasal dari Iran (Tabuk, bubur suro). Kesamaan Syufi Syeh Siti Jenar dg Alhalaj. Penggunaan istilah dalam mengeja tanda bunyi harakat. Ditemukannya makam Malik Ibrahim 1419 Adanya perkampungan leren/leran di Gresik.

Sebutkan sumber Ektern Dari Arab ? Dari Eropa ? Dari India ? Berita Dari Cina? Sebutkan Sumber Inten ?

Saluran Proses Islamisasai. Melalui Perdagangan Melalui perkawinan Putri Campa dg Raja Brawijaya Rara Santang dg Ayarif Abdullah Putri Blambangan dg Maulana Ishaq Nyi Gede Manila dg R. Rahmat Melalui Tasyawuf Melalui Dakwah.

Sunan Ampel (Raden Rahmat) di Surabaya (Jawa Timur). Sunan Bonang (Raden Makdum Ibrahim) di Tuban (Jawa Timur). Sunan Drajat ( Raden Syarifuddin) atau raden Qosim di Lawongan, Jawa Timur. Sunan Giri (Raden Paku) di Gresik, Jawa Timur. Syeh Maulana Malik Ibrahim, di Gresik, Jawa Timur. Sunan Kalijaga (Raden Said) di Kadilangu, Semarang, Jawa Tengah. Sunan Kudus (Raden Jafar Shodiq) di Kudus, Jawa Tengah. Sunan Muria (Raden Umar Said) di Muria, Jawa Tengah. Sunan Gunung Jati (Syarif Hidayatullah) di Cirebon, Jawa Barat.

Penyebaran agama Islam di JawaTengah bagian selatan dilakukan Sunan Tembayat (Bayat) yang berkedudukan di Klaten. Penyebaran agama Islam di luar Jawa, khususnya di Sulawesi Selatan dilakukan oleh Datuk ri Bandang dan Datuk ri Sulaiman. Di Kalimantan Timur dilaku kan oleh Datuk ri Bandang dan Tuan Tunggang ri Parangan. Golongan lain yang mempercepat proses islamisasi ialah mereka yang telah menunaikan ibadah haji.

Faktor islam mudah diterima Syarat masuk islam mudah Agama islam demokratis Agama islam tidak mengenal kasta Agama islam yang masuk ke Indonesia dsesuikan dengan tradisi Islam disebarkan dengan cara damai Faktor politik yang mendukung adalah jatuhnya majapahit (1478,1526) dan jatuhnya malaka ke tangan Portugis 1511.

faktor yang dapat mendorong Perlak menjadi pusat kerajaan dan perdagangan Letaknya strategis untuk perdagangan, yaitu di tepi jalur perdagangan internasional. Daerah Aceh merupakan daerah penghasil lada yang merupakan bahan ekspor ke India dan Timur Tengah. Mundurnya Kerajaan Melayu sebagai pusat perdagangan memberikan kesempatan kepada Perlak untuk berkembang. Kapan pastinya Kerajaan Perlak muncul tidak banyak diketahui. Hanya saja sejarah telah mencatat bahwa Raja Perlak yang pertama ialah Sultan Alauddin Syaid Maulana Abdul Aziz Syah atau singkatnya Sultan Alaudin Syah (1161–1186), seorang penganut Islam aliran Syi'ah. Pelabuhan Perlak dicatat dalam sejarah karena mendapat kunjungan musafir bernama Marco Polo. Ia singgah dalam perjalanan kembali dari Negeri Cina ke Venesia (1292). Dalam beritanya, Marco Polo menceritakan bahwa penduduk di ibu kota kerajaan telah menganut agama Islam. Sebaliknya, penduduk di luar kota masih menganut kepercayaan animisme dan dinamisme.Dinasti Syaid Aziz memerintah kurang lebih seabad lamanya. Dalam bagian akhir abad ke-13 terjadi perebutan kekuasaan antara Dinasti Syaid Aziz keturunan Arab dan Dinasti Marah yang merupakan keturunan asli. Akibatnya kerajaan terpecah menjadi dua, yakni Perlak Baroh (selatan) di bawah Dinasti Marah dan Perlak Tunong ( utara) di bawahDinasti Syaid Azizi. Akibat perebutan kekuasaan pada akhir abad ke-13 Perlak mengalami keruntuhan sebab dikuasai oleh Samudra Pasai.

Akulturasi Kebudayaan Indonesia dan Kebudayaan Islam Seni Bangunan a. Masjid Dilihat dari segi arsitektuknya, ciri-ciri masjid-masjid kuno di Indonesia ciri-ciri sebagai berikut. Atapnya bertingkat/tumpang dan ada puncaknya(mustaka). Pondasinya kuat dan agak tinggi Ada serambi di depan atau di samping. Ada kolam/parit di bagian depan atau samping. Bagian mana unsur islamnya dan tradionalnya ?

Adapun bangunan masjid kuno yang beratap tumpang, antara lain: yang beratap dua Masjid Agung Cirebon abad ke-16. Masjid Angke, Tambora dan Marunda di Jakarta abad ke-18. Masjid Katangka di Sulsel. abad ke-17. Masjid beratap tumpang tiga, antara lain: Masjid Agung Demak abad ke-16. Masjid Baiturahman di Aceh, dibangun pada masa pemerintahan Sultan Iskandar Muda, yakni pada abad ke-17. Masjid Jepara Masjid Ternate Masjid beratap tumpang lima ialah Masjid Banten yang dibangun pada abad ke-17.

b. Makam Makam khususnya untuk para raja bentuknya seperti istana dilengkapi dengan keluarga, pembesar, dan pengiring terdekat. Budaya asli Indonesia terlihat pada gugusan cungkup yang dikelompokkan menurut hubungan keluarga. Pengaruh budaya Islam terlihat pada huruf dan bahasa Arab, misalnya Makam Puteri Suwari di Leran (Gresik) dan Makam Sendang Dhuwur di atas bukit (Tuban). c. Istana Hampir sama dengan masjid dan makam beratap tumpang dan dan terdapat gapura dan rana (penyekat).

Masjid Banten

Seni Rupa dan Aksara Berkembang tulisan arab melayu (arab gundul). bidang seni rupa terlihat pada seni kaligrafi atau seni khot, yang indah dan penulisannya bersumber pada ayat-ayat suci Al Qur'an dan Hadit. Adapun fungsi seni kaligrafi adalah untuk motif batik, hiasan pada masjid-masjid, keramik, keris, nisan, hiasan pada mimbar dsb

Ukiran Kayu dari Cirebon.

Seni Sastra berhuruf arab melayu ceritanya ada yang mengambil dari cerita hindu (pra islam) Hikayat: cerita /dongeng yg berpangkal pada peristiwa atau tokoh berbentu gancaran (prosa). Contoh: 1001 malam, Amir Hamzah, Pndawa Lima, Sri Rama. Babat: merupakan rekaan pujangga keraton sering dianggap sebagai peritiwa sejarah. Contoh: Babat Tanah Jawa, Babat Cirebon Suluk: kitab yang membahas soal-soal tasawuf. Contoh Suluk Sukarsa, Suluk Wijil, suluk Malang Sumirang. Primbon, suluk yang berisi ramalan-ramalan.

Sistem Pemerintahan Terdapat gelar-gelar baru seperti Sunan, Susuhunan, al-malik, sultan Sistem Kalender Pada masa Sultan Agung diciptakan kalender Jawa yang merupakan perpaduan antara Saka dan Hijriyah yang dimulai 8 Agustus 1633 M/ 1 Muharram 1053/ 1 Syuro 1555. Seni Musik dan Tari Akulturasi pada seni musik terlihat pada musik qasidah dan gamelan pada saat upacara Gerebeg Maulud. Di bidang seni tari terlihat pada tari Seudati yang diiringi sholawat nabi, kesenian Debus yang diawali dengan membaca Al Qur'an yang berkembang di Banten, Aceh, dan Minangkabau.