PENGGUNAAN MUSIK MATERI TATA SUARA 01 PRODI S1 TELEVISI DAN FILM

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
MATERI – 12 PENGEMBANGAN MEDIA KOMUNIKASI
Advertisements

TAHAP PENGEMBANGAN FILM KARTUN M.SUYANTO
Kontrak Kuliah dan Pengantar
Media Dalam Katekese L. Atrik Wibawa.
PENULISAN NASKAH.
Mahasiswa mampu menyebutkan dan menjelaskan jenis-jenis musik
Teknik Pengambilan Gambar Produksi
ANAK CERDAS DAN KREATIF BERKAT ALUNAN MUSIK Musik tidak cuma merupakan materi hiburan yang memanjakan telinga. Alunan suara yang berirama ini bisa dimanfaatkan.
Guru SMA Negeri 1 Takalar
Macam-macam bidang pemandangan gambar
Dialog, Musik dan Sound Effect
METODOLOGI PENCIPTAAN SENI RUPA
Joesana Tjahjani, M.Hum. Program Studi Prancis FIB UI
Bahan Ajar Bahasa Indonesia SMP Kelas IX
Herdito Sandi Pratama, M.Hum Dari beberapa sumber
TUJUAN INSTRUKSIONAL MATERI PERKULIAHAN BUKU REFERENSI QUIZ
NAMA : RAHMAT HIDAYAT AKKAS NIS : KELAS : XI IPA 1
Penulisan Skenario Film dan Televisi
BERKARYA DALAM MUSIK.
PROSEDUR PENULISAN NASKAH TELEVISI.
DRAMA Senada dengan film, drama adalah karangan yang berbentuk dialog/percakapan antara pemainnya. Dialog dalam drama tidak jauh berbeda dengan percakapan.
Menggunakan Macromedia Flash MX Pembuatan CD Interaktif Untuk Mengenal
pra-produksi audio visual ( penulisan naskah) Pertemuan 06 Matakuliah: U0152 – Audio Visual I Tahun: 2007.
POST PRODUCTION (lanjutan)
Pelatihan Pendidikan Karakter Bagi Mahasiswa Baru Universitas Nasional Tahun 2015 RETORIKA DAN PROTOKOLER.
Storyboard.
TEKS ANEKDOT.
Akhris Fuadatis Sholikhah (136792)
UNSUR DAN PRINSIP PERANCANGAN TAMAN
PROSEDUR PENULISAN NASKAH TELEVISI.
Pembangunan Konteks dan Pemodelan Teks Cerita Pendek
Tujuan Pelajaran: Mendalami masalah sosial yang dilukiskan oleh
Start.
Operasional Dasar Tata Suara
Tujuan Pelajaran: 1. menulis cerpen berdasarkan pengalaman pribadi.
Mitologi,visual, dan narasi
Naskah Iklan Radio Semester Genap (2013/2014) Fakultas Ilmu Komputer
TAHAP PENGEMBANGAN FILM KARTUN M.SUYANTO
ORGANISASI DAN MANAJEMEN II
STRUKTUR KARYA DESAIN INTERIOR
PRODUKSI NASKAH RADIO Produksi Naskah Jurnalistik Radio Pertemuan 12
Microsoft Power Point.
KONTRAK PERKULIAHAN DAN PENGANTAR
WELCOME TO OUR PRESENTATION
MENGAPRESIASIKAN KARYA SENI MUSIK
Menanggapi pementasan drama
KARYA DALAM DUA DIMENSI
WAWANCARA.
1.
MUSIK ERA KLASIK Oleh Nur Suci Sekar Arum
CERPEN Oleh Aqmarina.
PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA
KONTINUITAS DALAM NASKAH
MEMAHAMI TEKNIK KHITOBAH MELALUI RADIO DAN TELEVISI
Pertemuan 12 Karakter Jenis Huruf
Karaoke カラオケ.
Penjelasan Tentang Cerpen
ML2 - Komputer Materi: Aplikasi Pembuatan Video
SIFAT UMUM AKTIVITAS MANUSIA
KELOMPOK VI NAMA : Farid M Z Hilman S Erlangga G Zulfahmi.
Dasar Perlengkapan Pementasan
Loading
MEDIA AUDIO VISUAL © syaifulhalim.
MATERI – 12 PENGEMBANGAN MEDIA KOMUNIKASI
POKOK-POKOK PEMENTASAN KARYA SASTRA
Story Board.
Rahannisa Putri Salma G11
STRUKTUR FILM Oleh Siti Khusnul K., M.A..
Pengertian Puisi, Ciri, Jenis-Jenis, Unsur & Struktur Puisi Lengkap
DASAR MEMBUAT DAN MENGEDIT VIDEO
Transcript presentasi:

PENGGUNAAN MUSIK MATERI TATA SUARA 01 PRODI S1 TELEVISI DAN FILM FAKULTAS SASTRA UNIVERSITAS JEMBER 2013

PROGRAMA MUSIK DAN MUSIK UNTUK PROGRAM APA PERBEDAAN KEDUANYA ? PROGRAMA MUSIK ADALAH DOMINASI MUSIK ATAS UNSUR KATA-KATA YANG MENJELASKAN TENTANG MUSIK TERSEBUT, SEDANGKAN MUSIK UNTUK PROGRAM ADALAH DOMINASI KATA-KATA ATAS UNSUR MUSIK YANG MENJELASKAN KATA TERSEBUT

PENGARAHAN IMAJINASI MUSIK MUSIK MAMPU MERUBAH SUSUNAN SUASANA DENGAN CEPAT, SEPERTI: SEDIH KE GEMBIRA, TEGANG KE SANTAI, DAN PERANG KE DAMAI DENGAN DEMIKIAN MUSIK DAPAT DIKATAKAN SEBAGAI SESUATU YANG TERLETAK DALAM ALAM IMAJINASI

KONTINUITAS MUSIK SEBUAH PROGRAMA DENGAN KONTINUITAS HARUS MEMPERHATIKAN KESATUAN DUA UNSUR YANG SALING MELENGKAPI, YAITU: 1. KESATUAN TEKS DENGAN MUSIK 2. MELENGKAPI SATU SAMA LAIN

MENJAMIN KONTINUITAS MUSIK DALAM PROGRAM HAL-HAL YANG HARUS DIPERHATIKAN: Jangan memasukkan/mencampurkan musik klasik dan musik hiburan bersama-sama, supaya mendapatkan kesatuan suasana dalam programa. Lebih baik memilih musik dari komponis yang beraliran sama karena tiap komponis punya jiwa, hati, dan, watak sendiri-sendiri 

Pilih musik dari lagu yang sama, hal ini penting artinya, bukan hanya untuk Intro dan Extro, melainkan juga untuk tema,musik latar belakang, dan bahkan smash, sehingga dapat dikatakan “Programa kita pandang dari segi musik  adalah suatu rangkaian yang bagus”

BAGAIMANA KITA MENGARAHKAN IMAJINASI TESEBUT? KITA HARUS MEMILIH MUSIK YANG PALING BANYAK MEMBANTU KITA DALAM MEMASUKAN UNSUR PESAN, OLEH KARENA ITU SEDAPAT MUNGKIN MUSIK MENJIWAI SUASANA DAN SITUASI.

KARAKTER MUSIK BERDASARKAN KOMPONIS UNTUK MENGENAL SIFAT DAN KARAKTER MUSIK AGAR KESELARASAN IMAJINASI KITA DAPAT TERWUJUD, MAKA MUSIK PADA TATARAN KOMPONIS, MENGENAL 3 TIPIKAL KOMPONIS, YAITU: 1. INTROVERT 2. EXTROVERT 3. MODERN

KOMPONIS INTROVERT SEORANG KOMPONIS INTROVERT RATA-RATA SUKAR MENTERJEMAHKAN KESAN-KESAN IMAJINASI KE DALAM MUSIK, SEHINGGA PENDENGARPUN SULIT UNTUK MENAFSIRKAN KESAN TERSEBUT. KOMPONIS PADA TIPE INI, BIASANYA BERALIRAN KLASIK ATAU KLASIK ROMANTIK, SEPERTI: VIVALDI, J.S. BACH, AMADEUS MOZART, DLL.

KOMPONIS EXTROVERT SEORANG KOMPONIS EXTROVERT CENDERUNG LEBIH MUDAH MENTERJEMAHKAN IMAJINASI DALAM SUSUNAN NADA DAN NOTASI YANG HARMONIS, SEHINGGA PENDENGAR LEBIH MUDAH MENGINTERPRETASIKAN KESAN YANG DITIMBULKAN. TIPIKAL INILAH YANG DAPAT MEMBANTU KITA DALAM MENGKONSTRUKSI MUSIK UNTUK KEBUTUHAN AUDIO VISUAL

KOMPONIS MODERN MERUPAKAN PENGEMBANGAN DARI KARAKTER EXTROVERT. PENGEMBANGANNYA TERDAPAT PADA KESAN YANG LEBIH MENCOLOK DAN KEROMANTISAN YANG MENDOMINASI KADANG PENGEMBANGAN INI JUSTRU DAPAT MENGALIHKAN PERHATIAN DARI TEKS KE MUSIK, SEHINGGA FOKUS AUDIO VIUSAL TIDAK SELARAS/BERIMBANG.

ISTILAH MUSIK DALAM NASKAH MUSIC INTRO UP FULL DOWN OUT YAITU MUSIK MENGGUNAKAN FADE-IN SECARA NORMAL SAMPAI MENJADI KERAS/UTUH, DAN PADA AKHIRNYA LAGU MENJADI LEBIH LEMBUT, LALU MENGHILANG

THEME MUSIC UP FULL DOWN TO BACKGROUND YAITU TEMA MUSIK MENGGUNAKAN FADE-IN DARI VOLUME LIRIH SAMPAI NORMAL, KEMUDIAN PADA SAAT/SITUASI TERTENTU VOLUME MUSIK DILIRIHKAN 1/3, DAN BERJALAN TERUS DALAM SATU SCENE SEBAGAI MUSIK LATAR

SMASH CROSS FADE TO THEME MUSIC YAITU MUSIK SMASH/HENTAKAN MUNCUL DENGAN CEPAT LALU MEREDA, KEMUDIAN BERJALAN TERUS MASUK PADA TEMA MUSIK THEME STEALING IN SOFTLY DOWN TO BACKGROUND YAITU TEMA MUSIK MASUK DENGAN SANGAT LEMBUT (STEALING IN), DAN PADA SUASANA TERTENTU DILIRIHKAN VOLUMENYA MENJADI MUSIK LATAR

STEALING IN DAN STEALING OFF MERUPAKAN BENTUK FADING YANG KHUSUS. YAITU PERUBAHAN YANG SANGAT LAMBAT DARI VOLUME LEMBUT KE VOLUME KERAS, ATAU SEBALIKNYA

SEKIAN DAN TERIMA KASIH